5.10.16

OPPO F1s, Selfie Expert untuk yang Ingin Expert Selfie


Di penghuujung bulan September 2016 lalu, sebuah undangan mampir di email saya. Sebagai tukang selfie, jelas saya tertarik. Saya penasaran, sehebat apa sih gadget yang akan di-explore di acara gathering blogger-blogger Bandung bersama OPPO tersebut? Tentu saja demikian, sebab tagline ponsel ini jelas-jelas menyebut dirinya Selfie Expert. Se-expert apa sih ponsel baru ini? Ya betul, undangan tersebut berasal dari OPPO Community yang mengundang blogger-blogger Bandung untuk menjajal kemampuan ponsel terbaru OPPO. OPPO F1s. Tanpa basa-basi, saya pun langsung membalas email tersebut sebagai tanda konfirmasi untuk ikut acara.

Hari yang dinanti pun tiba. Saya sampai di tempat acara tepat pukul 17.00 WIB. Meski badan sedikit basah akibat kehujanan, saya tetep exciting dengan pengalaman menjajal ponsel baru yang akan segera dilakukan. Karena peserta lain, yaitu blogger-bloger Bandung lainnya dan Ofans (sebutan untuk pengguna dan fans ponsel OPPO) belum banyak yang datang, saya bersama Ulu (blogger dari BandungDiary.id) berkesempatan mencoba si ponsel yang expert untuk selfie tersebut.

OPPO F1s yang saya uji jeprat-jepret

Yes, Saya Berselfi-selfie Ria!
Takut peserta lain keburu datang, kami pun langsung membuka box OPPO F1s. Kami lalu selfie di dalam ruangan, di luar ruangan, mencoba kamera belakang, dan terus saja jepret sana jepret sini. Dan ya, hasil jepretannya cukup memuaskan. Gambar tajam, jernih, dan saya serta Ulu pun terlihat lebih cantik. *Tolong jangan protes :D* Sayang sekali, karena peserta lain keburu banyak yang datang, Si OPPO F1s itu pun segera berpindah tangan. Iyalah, masa ponsel panitianya kami kuasai terus-terusan. Memangnya kami siapa? Entar diprotes yang lain gimana? Kami tidak berdaya. Wkwkwkwk… lebay banget ah. Tapi so far, kami puas dengan kamera yang ada di OPPO F1s tersebut.

Wefie di dalam ruangan menggunakan OPPO F1s (no edit, no filter)

Wefie di luar ruangan menggunakan F1s (beautify)

Kenapa Selfie Expert?
Setelah semua peserta datang, dan lalu setelah semuanya selesai makan dan peserta muslim selesai shalat Maghrib, acara pun dimulai. Perkenalan satu per satu peserta, dan kemudian acara utama. Pemaparan segala sesuatunya mengenai OPPO F1s.

Jadi begini, kenapa OPPO F1s ini tagline-nya Selfie Expert, menurut Mas Vany Hilman, itu adalah karena ponsel ini mempunyai kamera depan yang yahud. 16 Mega Pixel, bo! Dan gak cuma itu saja, kamera depan ponsel ini juga merintegrasikan fitur Beautify dengan sensor 1/3.1-inci dan aperture F/2.0 Buat apa? Untuk menghasilkan cahaya yang lebih banyak diterima kamera dan untuk meningkatkan sensitivitas kameranya. Dan ini jelas membuat foto selfie kita terlihat lebih natural meski pun kondisinya kurang cahaya.

Jangan salah membedakan Fitur Beautify pada OPPO F1s dengan aplikasi Make Up plus atau Beauty Plus yang banyak digunakan untuk mengedit foto. Fitur Beautify 4.0 pada OPPO F1s itu merupakan sebuah fitur yang memudahkan pengguna untuk mengabadikan tampilan terbaik. Fitur ini mampu mengurangi cacat dan menghasilkan selfie yang terlihat natural. Sedangkan aplikasi Make Up plus yang dipakai mengedit foto itu hanya menambahkan efek-efek agar foto terlihat lebih cantik. Misalnya dengan penambahan efek penggunaan lipstick, eye shadow, eye liner, bulu mata tambahan, blush on, dan efek pemutihan kulit wajah. Kalau diibaratkan, fitur Beautify itu seperti skin care product. Dan Aplikasi Make Up plus itu seperti make up product. Sementara skin care product itu membuat kita cantik alami karena memberi kita perawatan, baik dari dalam atau pun luar; nah make up product kan cuma membuat kita cantik hanya karena tambahan polesan. Lagian ya, fitur Beautify di OPPO F1s sudah terintegrasi dari dalam. Gak perlu nginstal-nginstal lagi. Sedangkan aplikasi Make Up plus atau Beauty plus mah, ponsel mana aja bisa nginstall. Tinggal cari aja kan aplikasinya di Google Play?

Gak puas dengan mode normal, OPPO F1s juga menghadirkan beraneka ragam plug-in yang bisa ditambahkan. Kita bisa menambahkan kreativitas saat berselfie dengan menggunakan aneka filters, water mark, dan yang lainnya. Yang satu ini juga gak perlu menambah aplikasi dari luar. Semua sudah terintegrasi dari dalam. Termasuk selfie panorama. Dalam sekali jepret, selfie dengan tampilan foto landscape yang cantik bisa didapatkan.

Kamera Belakang pun Tak Mau Kalah
Puas berselfie dengan kamera yang oke tentu tak akan sempurna jika kamera belakangnya biasa-biasa saja. OPPO F1s tidak demikian. Meski tagline-nya Selfie Expert yang tentu mengacu pada kamera depan, kamera belakang tetap diperhatikan. Dengan kekuatan 13 Mega Pixel, dan dengan chip pengolah citra yang memimpin, serta sensor 1/3.06 inci untuk memaksimalkan cahaya, bahkan jepretan suasana malam yang minim cahaya pun tetap akan memberikan hasil yang maksimal. Pixel yang besar ini tentu menambah ruang dinamis dan kedalaman gambar yang tajam dan detail. Mengabadikan momen malam tahun baru pasti akan menjadi berbeda ya kalau menggunakan OPPO F1s?

Hasil jepretan kamera belakang OPPO F1s menjelang malam

Ini Dalemannya!
OPPO F1s dibekali RAM 3 GB dan prosessor octa core 64 bit. Dengan bekal seperti itu, pengalaman multitasking yang lancar dan ngebut bisa didapatkan. Gonta-ganti aplikasi, streaming video, mendengarkan musik, bahkan dalam satu waktu yang bersamaan akan sangat mudah dilakukan. Saya yang hobi Youtube-an gimana? Ah cetek itu mah!

F1s sudah support dual slot SIM 4G yang mendukung kecepatan tertinggi hingga 150 Mbps. Tak hanya itu saja, slot tambahan untuk kartu memori memfasilitasi penggunanya untuk menambah ruang penyimpanan hingga 128 GB. Dengan ROM bawaan 32 GB, kita juga jadi punya ruang yang luas untuk semua media favorit.

F1s berbasis Android 5.1. ColorOS 3.0-nya sudah mampu menjalankan operasi yang responsif dan mulus dengan performa yang efisien, serta menawarkan memori dan tenaga yang lebih banyak bagi penggunanya. Eh ya, beterai F1s ini sudah memakai baterai tanam. Dan jelas, baterai tanam memiliki banyak keunggulan daripada baterai lepasan. Seperti daya yang lebih besar, lebih awet, dan lebih irit dalam pemakaian. F1s sudah support fast charging juga.

Spesifikasi lengkap OPPO F1s

Tampilannya?
OPPO F1s Tampilan OPPO F1s cukup cantik. Dibuat dari bahan sleek metal (alumunium alloy dengan finishing warna emas) dan 2.5D Gorilla Glass membuat ponsel bertagline Selfie Expert ini cantik dilihat dan cantik digenggam. Untuk pilihan warna sendiri tersedia dalam dua varian warna, yaitu Gold dan Rose Gold. Saya ngebet sama yang Rose Gold-nya, euy! :D

Dua varian warna OPPO F1s: Gold dan Rose Gold

Yang Keren Lainnya
Selain kamera depan dan belakangnya yang kece, OPPO F1s mempunyai teknologi unik yang lain. Di antaranya adalah teknologi 0.22s Touch Acces. Yaitu teknologi pemindaian sidik jari yang baik, halus, dan sensitif. Teknologi ini mampu memindai sidik jari kta dengan cepat. Semakin sering digunakan, semakin sensitif dan akuratlah ponsel tersebut. Tak cuma itu saja, OPPO F1s juga bisa diatur secara costumize agar aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel bisa dibuka oleh jari yang berbeda-beda. Misalnya saja mengaktifkan kamera dengan jempol, membuk pesan dengan teliunjuk, dan lain sebagainya. Sensor sidik jari yang sangat cepat dan fleksibelnya membuat lima sidik jari bisa di-costumize sekehendak kita.

Tips Selfie
Selesai penjelasan mengenai OPPO F1s, gathering beberapa waktu lalu itu juga dilengkapi dengan pemberian materi Tips Selfie dari Bang Aswi. Ya, supaya selfie kita semakin cakep dan enak dilihat siapa saja. Apalagi kalo difotonya pake OPPO F1s, menerapkan tips selfie yang oke akan membuat hasil selfie kita sempurna. Mau tahu apa saja tips selfie yang saya dapat di acara tersebut? Oke, saya kasih bocorannya.
  • Kenali dirimu. Kenali bentuk wajahmu. Bagian yang fotogenik. Tonjolkan itu dan sembunyikan bagian yang tidak suka kamu lihat. Lakukan percobaan terus menerus saat sedang sendiri dan nilai sendiri pose mana yang paling pantas dan enak dilihat. Kalau sudah terbiasa, kamu bisa melakukannya di tempat umum.
  • Pencahayaan. Percayalah bahwa cahaya alami selalu menjadi yang terbaik untuk hasil selfiemu. Kalau pun tidak mendapatkan cahaya alami, gunakan cahaya yang ada seperti memaksimalkan lampu atau gunakan aplikasi senter dari kamera lain. Tidak ada salahnya mencoba-coba selfie di tempat gelap (misal gua) dan lihatlah hasilnya.
  • Background. Yup, latar menjadi bagian terpenting dari selfie yang berhasil. Biasanya pemandangan alam, lokasi ekstrem, atau memang spot buatan yang unik. Kalau latarnya sudah sangat bagus, senaeh-anehnya wajah akan menjadi tidak masalah. Carilah spot terbaik dan ambil dari sudut (angle) yang tidak biasa.
  • Jangan pernah jaim atau sungkan melakukan selfie di tempat umum. Berselfie di tempat keramaian biasanya memberikan efek yang berbeda dibandingkan selfie di tempat sepi. Apalagi jika dilakukan di sebuah event yang memang jarang sekali terjadi. Lakukan itu dan tak peduli dengan lingkungan sekitar. Bahkan (kalau perlu) lakukan selfie dengan mimik muka yang tidak biasanya. Berkaitan dengan hal ini, selfie terbaik adalah dilakukan bersama orang terkenal.
  • Jangan pernah percaya dengan prinsip satu kali jepret. Lakukan beberapa kali selfie selama itu memungkinkan karena selalu saja ada hasil selfie yang tidak bagus setelah hasilnya diperhatikan dengan detail. Ulangi beberapa kali demi hasil yang terbaik.

That’s A Wrap!
Nah, itu kira-kira yang saya dapat dari acara Gathering Blogger Bandung plus Ofans bersama OPPO Community akhir September 2016 lalu. User experience dan brand knowledge tentang OPPO F1s plus tips selfie-nya. Gimana, keren, kan? Pasti mupeng banget deh sama Si Selfie Expert-nya. Saya juga, lho. Duh… jadi pengen punya, euy. Selain biar bakat terpendam dalam hal per-selfie-an saya terakomodasi secara maksimal, juga biar baper karena buffer saat ber-Youtuba-an ria gak kejadian lagi. Temen-temen mau juga gak OPPO F1s? Nabung yuk! Harganya cuma Rp3.799.000,- saja. Kok cuma? Iyalah, untuk ponsel secakep dan sekeren itu, harga segitu mah worth it banget. Yuk nabung yuk! OPPO F1s, Selfie Expert untuk yang ingin Expert Selfie.

Keseruan Gathering Blogger Bandung, Ofans, dan OPPO Community (Gambar: Ig OPPOCommunity)

58 komentar:

  1. Aku baru beli Oppo F1. Tipis dan ringan sekali. Kayaknya Oppo F1s lebih gede ukurannya, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah... Aku pengen aku pengen aku pengen..

      Hapus
  2. ah udah publish ajah dan lengkap... aku gentarrr... *seperti biasa*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. aku juga gak pede. Nothing to lose aja deh. Tulis yang bisa ditulis. :)

      Hapus
  3. Aku naksir banget sama hp ini.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga. Pengen expert dalam berselfie. :D

      Hapus
  4. Mbak Nia, saya pengguna oppo juga tapi bukan yang keluaran baru ini. Saya sukak banget sama kamera oppo emang bagus dia kualitasnya.

    Tapi sayang oppo saya belum kompatibel 4G. :(. Kl yang oppo selfie ini udah bisa 4G blum? Trus bisa untuk foto makro gak Mbak? Foto yg dari deket gitu, biasa dipake untuk food fotography.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya OPOO emang cetar-cetar kameranya. Ayoooo ganti sama yang ini. Biar tambah cetaaaar. :)

      Hapus
  5. Saya sudah pake OPPO F1s ini, bawaannya bikin selfie melulu heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwooow... Saya mupeng mupeng mupeeeng. :D

      Hapus
  6. Ah aku mah ga jago selfie makanya suka banget kalau difoto selfie atau difotoin pake Oppo, soalnya bikin penampilan jadi kece maksimal hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan. Aku juga baru di tahap doyan selfie. Belom expert. Supaya expert, kudu pake hape ini. Yuuuuk...

      Hapus
  7. Yang pink dong...uuuww lucuuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaah... Golden Rose ketjeh bingits. Aaakkk... Aku pengen. :D

      Hapus
  8. Ngga perlu perawatan banyak ya, hihiii kata temen mah. Uda ada si oppo ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata saya sih, perawatan masih perlu. Biar awet muda. Bukan biar selfienya keren. Kalo selfie mah, percaya sama si F1s ini. :D

      Hapus
  9. Keceeee banget siiiik mbak Nia dan mbak Nurul Bandung diaryyy
    Ini efek pake HP kece jugak kali ya, hihihi

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyoooo... Ini berkat si Self Expert. Klo liat aslinya mah lagi kucel. Itu udah soreeee :D

      Hapus
  10. Kapan ya aku kebagian hape ini 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mak, kita berdoa yang kenceng. Bismillah... :)))

      Hapus
  11. Wah keren banget uy hasil selfie nya, jernih hehe.
    Nabung dulu ah biar bisa beli OPPO f1s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, selfienya tajam dan jernih. Mari kita nabung. :D

      Hapus
  12. Ya Tuhan, salah masuk blog ini. Aku pengen banget hp itu mbak, sweet banget yang rose gold :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu uh, aku pun ngebet liat yang pink gold. Cakeeeup.

      Hapus
  13. Warna rosegold nya menarik hati hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tian banget deh. Ayo beli... :D

      Hapus
  14. foto foto selfie nya cantik cantik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Beneran emang si F1s ini Selfie Expert...

      Hapus
  15. Keke pake OPPO F1. Bagus, sih. Jadi penasaran ma OPPO F1S :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih keren, Mak Chi. Aku juga mupeeeng...

      Hapus
  16. Hihi... emang nih bikin kita jadi makin pede berselfie ria :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget, Teh Ida. Cakeeeeup. :D

      Hapus
  17. Hasil foto dari Oppo memang cakep banget ya teh

    BalasHapus
  18. Faizan Raditya07.15

    Mi,gantilah hape dede sama OPPO F1s ini. Hehehehe...

    BalasHapus
  19. Bahaya juga photo selfie yang no filter takut komedonya keliatan, jelas banget 😂
    Beda kalo pake beautify kinclong alias glowing. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya. Aku juga sukanya pake Beautify aja, takut komedonya mencrang banget. :D

      Hapus
  20. Oppo memang top banget ya, bisa fokus gitu ya, belakangnya bisa di blur. Dulu yang kayak gini hanya kamera DSLR aja ya, sekarang kamera HP bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap. Makin gak bisa pisah deh dari hape. :D

      Hapus
  21. pas bangeet buat aku..hobi selfieee hehehehe

    BalasHapus
  22. Aku ngecengin yang rose gold nya...warnanya cakep..kalem yak. Euuh, aku mah gitu da orangnya..liat penampilan dulu. Wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pink gold cakep banget. :)

      Hapus
  23. Juaraaa tulisannyaaa ...
    Selamat yaa mba Bisa :)

    BalasHapus
  24. Asyik... Selamat teh :)

    BalasHapus
  25. Selamat teteeeeh... detil banget n lengkap kap..

    BalasHapus
  26. Saya termasuk orang yg nggak PD kalo selfie krn hasilnya kurang cantik hihihihi... pakai oppo f1 expert mungkin beda yaa... o ya selamaat teh Nia... kereeennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake ini pasti pede. Makasih :)

      Hapus
  27. Yang aku suka dr oppo f1s ini adalah layarnya lebar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap. Bener. Puas deh lihat hasil selfienya. :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)