24.10.16

5 Masalah pada AC yang Sering Kita Jumpai


Teman-teman, mau nanya  nih, di tempat teman-teman, sekarang-sekarang ini sering panas, gak sih? Di saya, kok tiap hari panas banget deh. Padahal kan, saya di Bandung. Kalo Jakarta atau Surabaya mungkin maklum, pinggir pantai. Lha Bandung? Gak cuma siang aja, bahkan malem, saya sering keringetan. Boro-boro deh pake selimut tebel kayak dulu. Dan gak hanya di musim kemarau, musim hujan seperti sekarang juga, tetep sering kegerahan. Apa ini salah satu dari gejala Global Warming? Entahlah, saya kurang ngerti dengan hal ini.

Gara-gara sering kegerahan setiap hari, saya jadi kepikiran pasang AC (Air Conditioner) lho di rumah. Iyalah, gimana gak gitu, gak enak banget soalnya tiap hari mandi keringat kegerahan. Belom lagi anak-anak yang badannya jadi sering kena biang keringet. Pasang AC, sepertinya jadi satu-satunya solusi dalam mengatasi hal ini.

Karena saya awam dengan AC, saya pun bertanya ini itu kepada banyak orang. Salah satunya, ke abang saya yang tinggal di Bekasi. Ya, sebagai pengguna AC sejak lama, pengalaman dia tentang AC tentu tak bisa disepelekan. Jadi wajar jika beberapa waktu yang lalu, saya konsultasi masalah AC kepada dia.

AC di rumah abang saya

“Apa, kamu mau pasang AC? Yang bener aja. Kamu kan di Bandung? Gak usah deh, ribet!”

Begitu ucapan abang saya, saat saya curhat soal mau pasang AC di rumah. Dia heran dan menyarankan saya untuk lebih memilih tidak memasang AC. Ribet, katanya. Dan dari cerita yang panjang lebarnya, akhirnya saya tahu kenapa dia menyarankan saya begitu. AC di rumah abang saya sering bermasalah. Bahkan dalam seminggu, ada saja yang harus dibenerin. Padahal AC-nya baru dibelinya sekitar setahun lalu. Setelah yang sebelumnya mengalami banyak masalah dan rusak permanen. Selain bikin kesel karena harus memanggil tukang servis terus menerus, juga tentu menguras isi dompet. Duh, kok gitu, ya? Denger cerita abang saya tentang AC di rumahnya, saya jadi meringis. Apa semua pengguna AC merasakan hal yang sama? Tapi ya gimana, pasang AC rasanya cukup urgent di rumah saya.

Masalah-masalah AC yang Sering Terjadi
Dari penuturan cerita Abang saya, saya bisa mengelompokkan masalah-masalah AC yang biasa dijumpai. Masalah-masalah itu di antaranya sebagai berikut.

1. Kabel Rusak
Kabel yang sembarangan atau yang tidak bersertifikat bisa membuat AC sering rusak. Tak hanya itu saja, kabel yang rusak ini bahkan berisiko menjadi penyebab kebakaran. Solusi untuk hal ini tentu adalah memilih AC yang kabelnya memiliki kualitas bagus.

2. Kadar Refrigeran yang Sedikit
Refrigeran adalah zat kimia yang mendinginkan udara di dalam sistem AC. Berkurangnya kadar zat pendingin ini bisa terjadi akibat kebocoran atau memang ada masalah dengan sistem pendinginnya. Solusi untuk masalah ini jelas adalah dengan mengisi zat pendinginnya (refrigeran) lagi.

3. Kipas Luar yang Tidak Bekerja
Kipas luar berfungsi sebagai penyalur panas dari dalam rumah ke udara di luar rumah. Jika kipas ini tidak berfungsi dengan benar, perpindahan panas akan terhambat. Akibatnya, kompresor bisa menjadi rusak. Solusi untuk hal ini bisa dengan membetulkan kipas yang rusak, kompresor yang rusak, atau bahkan harus dengan mengganti AC secara keseluruhan.

4. Hal-hal Eksternal
Gangguan eksternal ini meliputi kurangnya daya listrik atau bahkan termostat yang rusak. Solusi untuk hal ini tentu tergantung kepada masalahnya. Misalnya saja dengan menambah daya listrik di rumah kita jika penyebab gangguan AC berasal dari kurangnya daya listrik.

5. Kumparan yang Beku
Kumparan adalah elemen di dalam AC yang bentuknya berupa gulungan kawat. Kumparan yang beku biasanya terjadi akibat refrigeran yang rendah. Kumparan yang beku dapat mengakibatkan masalah pada aliran udara. Misalnya saja terhambatnya penyaluran udara, gangguan filter, dan lain-lain. Solusi untuk masalah ini bisa dengan membetulkan elemen kumparan hingga mengganti AC-nya. Semua tergantung dari tingkat kerusakannya.

Semua Bisa Dicegah
Setelah panjang lebar menuturkan berbagai macam masalah yang sering menimpa AC di rumahnya, abang saya mengatakan bahwa apa yang terjadi sebenernya bisa dicegah. Iya, semua keribetan-keribetan itu bisa saja tak menimpa dirinya jika dia teliti sejak awal. Tepatnya, asalkan kita mampu memilih AC yang benar-benar berkualitas.

Jangan tergiur dengan iklan di media. Jangan tertipu dengan merek yang konon ‘besar’. Semua bisa menipu. Utamakan kualitasnya. Yaitu AC yang hemat energi, bikin nyaman, bikin sehat, dan jelas memiliki teknologi yang canggih. Begitu kata abang saya.

AC GREE adalah salah satu dari AC yang memenuhi standard kualitas tersebut. Dengan desain dan sistemnya, AC GREE mampu bekerja secara maksimal. Kombinasi pengoperasian frekuensi 1 Hz dan smart control-nya menciptakan pendingin udara dengan daya paling rendah. AC GREE juga nyaman. Suara dan getarannya yang halus membuat siapa pun, bahkan bayi yang sedang tidur tidak merasakan keberadaan AC GREE. AC GREE juga mensimulasikan perubahan alam menjadi suhu yang sesuai dengan yang diinginkan. Bagi kesehatan, AC Gree memberikan udara sehat dari berbagai sisi dengan 3D filter, ion plasma, dan fungsi pembersih otomatis. Tidak hanya penampilan, teknologi AC GREE juga yang terbaik. AC Gree mengutamakan kualitas. Dari segi desain struktur, teknologi anti korosi, berdaya tinggi, handal, dan juga aman. Untuk membuat 1 unit AC Gree, dibutuhkan lebih dari 100 tahap proses produksi yang ditangani oleh profesional dan dibantu dengan robot industri yang canggih dan presisi serta harus melewati tahap pengujian yang sangat ketat di laboratorium.

100 proses yang dilewati AC GREE

Promo 180 Hari Ganti Baru
Baru beli setengah tahun AC-nya bermasalah? Kalo beli AC GREE, diganti dengan yang baru.  Gak cuma itu aja, tapi juga 5 tahun garansi perbaikan kompresor dan 3 tahun garansi sparepart untuk tipe split mounted wall. Wow! Tawaran yang sangat menarik.

Aneka model AC GREE

Buat yang masih asing dengan merek GREE, saya punya bocoran. GREE ini sudah banyak digunakan di gedung-gedung di seluruh dunia, lho. GREE sendiri adalah perusahaan AC terbesar di dunia yang berdiri sejak tahun 1991. Pabrik produksinya tersebar di Negara Tiongkok, Brazil, dan juga Pakistan. Yang paling membanggakan, GREE ini menjadi Official Sponsor Olimpiade Rio 2016 kemaren. Keren, ya!


Ok!
Semua cerita abang saya tentang AC, well  noted banget. Semua akan jadi bahan pertimbangan saya dalam memilih AC yang tepat. Iyalah ya, kita harus selalu teliti dalam memilih dan membeli. Apalagi AC harganya mahal. Benerin AC, walopun sedikit-sedikit, tapinya sering, sama aja beli yang baru. Dan yang paling penting, AC sangat mempengaruhi kesehatan kita. Saya gak mau asal beli dan asal masang aja kayak abang saya. Ribet, rugi, dan pastinya ngeselin.

Tapi, untuk urusan AC ini, saya sudah tahu jawabannya. Betul, AC GREE sudah jadi preferensi saya. Keunggulan-keunggulannya sudah memikat saya. Duh, galau nih, apa masang AC GREE sekarang-sekarang aja gitu? Bukan apa-apa, promo 180 harinya kan berlaku dari tanggal 20 September sampai 20 Desember 2016. So, kudu buruan nih sebelum masa promonya habis.

Teman-teman ada yang bermasalah dengan AC juga? Atau ada yang galau pengen masang AC kayak saya? Coba deh kenali dan pelajari semua tentang AC GREE ini. Saya yakin, teman-teman pasti tergoda juga. Jangan sampai tertipu iklan yang wara-wiri di media, ya. Yang penting itu kualitasnya, bukan iklannya. Dan jangan lupa juga, Catat promo 180 hari dari GREE. Sebuah tawaran yang sangat sayang untuk dilewatkan. Iya, kan?


49 komentar:

  1. duh aku butuh ac ini mba
    kemarin baru 1 skrg karena raffi pisahan jadi mau g mau kudu ada ac 1 lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ya? Coba dipelajari AC GREE ini deh. Bagus...

      Hapus
  2. Merek yang sudah terkenal atau besar bukan jaminan kualitas ya, Mbak. Saya sangat setuju ini.

    BalasHapus
  3. Udah 1/2 tahun kalo ada masalah ganti baru mah ini nekat manja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu uh, menarik banget Tawarannya

      Hapus
  4. AC tersumbat paling sering saya hadapi, maklum debu dari luar rumah paling masif
    Terima kasih tipsnya yang bermanfaat
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, pakde. Debu juga jadi salah satu yang bikin ac mudah rusak..

      Hapus
  5. Aku biasanya pakai AC alami mba :D

    BalasHapus
  6. AC di rumah dianggurin aja arusak, males ngeluarin uangnya buat betulin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ngeluarin uang buat betulin barang2 itu emang nyebelin, ya. Kudu teliti beli barang2 elektronik..

      Hapus
  7. Emang adem kalau pake AC, jadi nyenyak bobonya

    BalasHapus
  8. Kebutuhan AC skr sudah jadi kebutuhan pokok ya buat sebagian orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak Lid. Panas banget sekarang mah..

      Hapus
  9. Saya ga pake AC soalnya sudah dingin alami hihi..

    BalasHapus
  10. di semarang juga panas banget mak..hujan sebentar hbs itu panas lagi..mkanya aku juga pake ac terus tiap hari.tfs ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Semarang panas. Ac jadi kebutuhan pokok...

      Hapus
  11. Br denger nih tentang gree

    BalasHapus
  12. Saya juga sering mbak mengalaminya tapi waktu masih pakai AC yang merk lain tapi kalau sekarang mah alhamdulillah sudah lama juga belum ada gangguan pada AC.

    BalasHapus
  13. Keren banget ada promo 180 hari itu 😁

    AC di rumah lagi bermasalah semua nih ada yang bocor, ada yg kotor, ada yg udah tua 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gantiii... Mumpung ada promo menarik :D

      Hapus
  14. aiih... promonya menggiurkan nih AC Gree... coba diskusiin dulu sama Pak Suami untuk beli yang merk ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk.. Menarik banget tawarannya...

      Hapus
  15. Wah AC inovasi baru ya teh.. Keren nih. . Nanti ajuin proposal ke ortu ah pasang AC buat dikamar aku hihi

    BalasHapus
  16. KAlau AC di rumah rusak, biasanya suami yag langsung benerin hehe

    BalasHapus
  17. Baru tau kalau ada merk AC GREE kayak gini mbak. Kayaknya bagus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kao lihat kualitasnya, bagus deh...

      Hapus
  18. Baru tau merk ini mbak.. aku AC rumah belum ada masalah sih cuma emang berisik.. jadi pengen beli AC GREE buat di ruang tamu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, boleh tuh. Tawarannya menarik banget inih...

      Hapus
  19. wah oke juga nih buat referensi ganti Ac baru

    Regards
    Budy | Travelling Addict
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  20. Berhubung di rumah tidak pake AC bakalan bbbrrr tambah dingin niy Teh. Tapi jadi tau deh kalo ntar pindah ke Jkt ato ke kota panas lainnya hahhaha..

    Btw ituh proonya menggiurkan yaa,kasih tau sodara yang pada punya AC ahh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ayo, tawarannya menggiurkan banget inih. :D

      Hapus
  21. Di Bangkalan hampir semua tempat panas mbak, Jadi kepikiran buat pakai AC di rumah baru. *eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyek. Rumah baru kudu pakw AC. Apalagi di Bangkalan mah panaaaaasss...

      Hapus
  22. Brand AC yang udah mendunia juga ya, Teh. Recommended ya :)

    BalasHapus
  23. Sekarang di Bandung udah gak sedingin dulu. Kalau dulu mah pasang AC di Bandung bakal aneh kayaknya. Kalau sekarang sih enggak. Abis panas juga kalau siang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya. Dulu mah diketawain. Sekarang mah biasa. Panas juga soalnya Bandung teh...

      Hapus
  24. AC kalo udah ada yg rusak melelahkan bgt. Mesti bolak balik panggil tukang service. Kalo aku sih, mending ganti baru aja sekalian. Baru denger AC Gree ini, mak. Buat referensi kl mau ganti AC.

    BalasHapus
  25. Wahh catet nih aneka masalahnya makasih mak sharingnya,,bermanfaat soale aku baru pasang AC hehe.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)