18.10.16

5 Tips Enjoy Ala Saya


Sebagai ibu rumah tangga full time, dengan 4 anak dan tanpa asisten, aktivitas saya tentu sangatlah banyak. Masak, mencuci, menyetrika, beres-beres, mandiin dua bocah yang masih balita, mengajak mereka main, mengurus keperluan suami, serta masih tetap mengerjakan PR menulis dari klien dan juga ngeblog, adalah rutinitas yang saya lakukan setiap hari. Meski repot, saya enjoy melakukannya. Inilah saya. Inilah dunia saya.

Melihat saya yang terlihat begitu 'kerepotan', padahal sebenernya biasa aja karena sudah terbiasa, beberapa teman dan beberapa sanak saudara heran. Tak sedikit dari mereka, bertanya ini dan itu kepada saya.

"Kamu gak kerepotan?"
"Kamu gak capek?"
"Kamu gak memperkerjakan ART?"
"Kamu gak pengen mengejar karir?"
"Apa sih rahasianya?"

Itu hanya sebagian kecil dari pertanyaan yang sering dilontarkan kepada saya. Meski saya memakluminya, terkadang saya menjawabnya hanya dengan senyum. Ya gimana, saya pun bingung. Saya jawab A, biasanya akan muncul pertanyaan lain. Anak beranak pertanyaannya. Persis seperti saat kita sidang skripsi. Daripada bikin saya stres, ya sudah, senyumin aja.

Akan tetapi, dari sekian banyak pertanyaan, ada satu yang saya favoritkan. Yaitu, "apa sih rahasianya?" Rahasia repot namun tetap enjoy maksudnya. Atau setidaknya, itu yang saya asumsikan. Dan untuk pertanyaan itu, saya gak jawab dengan hanya senyum saja. Saya biasanya menjawabnya panjang lebar. Sebab saya ingin, orang yang bertanya juga bisa enjoy dengan segala kesibukannya. Ya, yang bertanya seperti itu, kebanyakan memang adalah ibu rumah tangga yang cukup repot pula.

Jika temen-temen mengalami hal yang sama, yaitu kerepotan dengan segala rutinitas setiap harinya, saya punya 5 tips agar teman-teman enjoy dalam menjalaninya. Mau tahu apa saja? Ini dia.

1. Selalu Fit dan Sehat
Yupp, fit dan sehat adalah tips pertama agar kita enjoy di dalam menjalani rutinitas harian. Tanpa tubuh yang fit dan sehat, mau dienjoy-enjoykan segimana pun, tetep kita gak bakalan enjoy. Yang ada, badan kita lemes, dan akhirnya kita malah jadi sakit.

Agar senantiasa fit dan sehat, saya selalu memperhatikan asupan makanan dan minuman, olahraga, dan juga istirahat.
  • Selalu sarapan. Apa pun itu. Dari roti hingga ke buah-buahan. Terlebih saya masih menyusui. Tanpa sarapan, saya mungkin bisa pingsan.
  • Saya makan besar 2 kali sehari. Mau itu nasi, mie, baso, pempek, atau apa pun yang bikin kenyang, saya masukkan ke dalam golongan makan besar.
  • Saya selalu makan sayur dan buah dalan porsi besar. Ini mungkin karena saya memang suka. Dan sudah biasa sejak kecil. Tanpa buah dan sayuran banyak setiap hari, saya biasanya sembelit a.k.a konstipasi.
  • Saya banyak minum air putih. Sehari lebih dari 2 liter. Walopun membuat saya sering buang air kecil, ini selalu saya lakukan. Demi kesehatan ginjal tentu. Kecuali jika sedang berada di luar rumah. Khawatir mengganggu aktivitas, saya mengurangi minum air putih.Tapi tetap jumlahnya banyak. Sekitar 2 liter.
  • Saya jarang minum minuman manis. Selain tidak terlalu suka, juga untuk menghindari risiko diabetes. Kopi juga saya sudah sangat jarang. Sebulan sekali pun tidak. Paling-paling kalau sedang bareng temen-temen.
  • Saya berolahraga ringan. Dari jalan kaki ke sana ke mari, yang mungkin sehari bisa lebih dari 10.000 langkah, sesekali (kalau senggang) senam aerobik di rumah, hingga lari di lapangan sekitar 4x400 meter di saat wiken, jika sedang tidak hujan, dan sedang mood. Untuk olahraga ini, tujuannya bukan untuk kurus, ya. Karena masih menyusui, target saya belum sampai ke badan kurus.
  • Saya banyak beristirahat. Saat bermain bareng dua balita, saya biasanya banyakin duduk memperhatikan. Saat menyusui, saya biasanya sambil duduk santai atau selonjoran. Saat si bocah tidur, saya pun seringnya ikut tidur. Atau ikut tidur sebentar. Dan kemudian mengerjakan pekerjaan rumah.

2. Menghindari Stres
Hal yang menjadi tips kedua saya agar selalu enjoy adalah menghindari stres. Iyalah, stres adalah pencuri kebahagiaan. Dengan stres, kita takkan pernah enjoy dalam menghadapi apa pun.

Agar senantiasa terhindar dari stres, banyak hal yang saya lakukan. Misalnya saja sesekali makan es krim dan cokelat, main game, nonton film yang menghibur, menonton atau membaca gosip, fesbukan, blogwalking, curhat ke temen, sesekali curhat (terselubung) di medsos (contohnya di Path karena jumlah teman yang sedikit), bernyanyi, dengerin musik, serta yang lainnya yang membuat hati selalu bahagia.

3. Berkarya
Berkarya di sini saya definisikan sebagai melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan materi. Baik uang atau apa pun. Berkarya juga bisa disebut bekerja. Untuk hal yang satu ini, jujur bagi saya itu membuat saya merasa berguna. Iya, walau tanpa berkarya pun, ibu rumah tangga itu sudah berguna, tapi dengan berkarya, meski hasilnya mungkin tak seberapa, dan mungkin juga tidak banyak membantu ekonomi keluarga, mampu menghasilkan materi dan rupiah itu sangat menyenangkan. Dan jelas membuat kita enjoy di dalan menghadapi kehidupan. Bentuk berkarya bisa apa saja. Apa pun yang bisa kita lakukan. Dan untuk saya yang hanya bisa menulis, berkarya itu ya menulis. Melalui tulisan di buku, media, atau pun di blog.

4. No Worries dan Optimis
Ya, enjoy di dalam menghadapi kehidupan itu berarti no worries dan optimis terhadap apa pun. Gak parnoan. Apa pun yang sedang terjadi dan akan terjadi, optimis bisa kita lalui. Agar selalu no worries dan optimis, kita tentu harus mengantisipasi segala sesuatunya. Gak bisa juga ya kita no worries dan optimis jika kita belum ada persiapan untuk itu.

Salah satu bentuk antisipasi agar selalu no worries dan optimis, itu misalnya saja dengan ikut asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini membuat kita tidak khawatir akan segala biaya yang akan dikeluarkan jika kita atau keluarga tercinta sakit. Produk asuransi kesehatan terbaik AIA bisa menjadi pilihan. Kita bisa memilih Premier Hospital & Surgical (Premiere H&S), Hospital & Surgical Plus (H&S Plus), atau AIA Sakinah Assurance.


Di Premiere H&S, kita diberikan perlindungan medis sesuai dengan standar internasional yang komprehensif untuk menanggulangi pembiayaan rawat inap dan perawatan kesehatan lainnya dengan opsi cakupan lokasi yang luas untuk kita dan orang-orang yang kita sayangi. Ada pun untuk H&S Plus, kita diberikan proteksi maksimal untuk diri kita dan orang-orang tercinta. Sedangkan di AIA Sakinah Assurance, kita akan selalu diberi dukungan dalam meraih mimpi dengan segala risiko tak terduga yang akan dihadapi berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

5. Banyak Berdoa
Orang bijak bilang, berusaha tanpa berdoa itu namanya takabur. Nah, setelah berbagai usaha kita lakukan, banyak berdoa dan tetap bergantung kepada Tuhan YME adalah hal yang akan menyempurnakannya.

Oke, itu dia 5 tips enjoy ala saya. Saya percaya, teman-teman pasti juga memiliki tips sendiri-sendiri. Namun di balik semuanya, apa pun tips yang kita punya, ingat selalu bahwa hidup hanya satu kali. Tak ada gunanya jika kita menyia-nyiakannya dengan cemas, khawatir, dan kesia-siaan. Yuk nikmati hidup kita dengan cara-cara yang lebih bermakna!

37 komentar:

  1. Banyaknya aktifitas bikin awet muda ya mbak. Hhee... insyaallahh.

    Btw, konsumsi sayuran tiap hari meaki inensitasnya dikit. Tetap aja enak. Hhe

    BalasHapus
  2. Waaah kebiasaan hidup sehatnya jempoool teh. Saya masih PR nih sama sayur, buah dan air putih. Porsinya masih minimalis huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah... masih jauh dari jempol. Olahraga masih moody. :D

      Hapus
  3. Gaya hidup teh Nia udah keren banget. Harus ditiru nih terutama soal minuman manis. Syusaaahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olahraga masih jelek. Kalo minuman manis emang gak terlalu suka. Teh botol juga jarang banget.

      Hapus
  4. kuncinya emang dikesehatan mbak :") mau banyak ide tapi g sehat percuma huhuhu
    stay setrongggg

    BalasHapus
  5. Wahh keren teteh fulltime mom dengan 4 anak yang lucu, pasti selalu riang ya rumahnya... Bener teh klo ada yang nanya lemeshin aja tsay heheu klo nanya emang gakan ada ujungnya, tips menjaga kesehatan aku setuju banget, tips lainnya juga samaan... Sehat terus ya Teh Nia ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehat-sehat selalu juga, Sandra. :)

      Hapus
  6. kereeen, lifestyle mbak dipenuhi dengan hal hal positive ya setiap harinya.
    keep inspiring mbak! saran-sarannya jempol!

    salam kenal <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah... Enggak juga. Terutama olahraga. Saya masih moody. Yang penting sih sehat dan tetap positif. Itu saja. Salam kenal juga. :)

      Hapus
  7. menghindari stres dengan membaca gosip? wah, kalau saya bikin tambah pikiran, mikirin masalaj orang, hehe. :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Gosipnya yang ringan dan yang lucu dong. Jangan yang si om itu. Eh. Wkwkwkqk

      Hapus
  8. Keren banget mba 4 anak tanpa ART.. semoga sehat2 terus yah :)

    BalasHapus
  9. Kita samaan, ngga suka minum minuman maniis. ;)


    Btw, gimana kabar, Mbak? Lama banget aku ngga BW. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baik, Idah. Iya ih, aku pun gak pernah BW ke blogmu lagi. Semoga mulai sekarang rajin lagi deh. :)

      Hapus
  10. Point no 3 membuktikan kalo ibu rumah tangga juga bisa berkarya.. Makanya teh aku suka gemes kalo ada temen yang udah ibu-ibu malah diem ngurus anak doang dirumah seakan-akan pasrah aja gitu sama hidup tanpa mau berkarya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay. Hidup ibu-ibu! Wwkkwkwk..

      Hapus
  11. Stress,, saya belum bisa menghindari stress, Mbak, untung aja masih stress kecil karena kerjaan. Dan, untuk tubuh tetap fit dan sehat, itu harus, iya, kesehatan memang sangat utama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, saya juga sering stres. Tapi sebisa mungkin jangan berlarut-larut. Enjoy aja. :D

      Hapus
  12. iya, teh. banyak berdoa bikin lebih nyaman hatinya. jadi nggak banyak pikiran, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap. Berdoa bikin tenang dan terhindar dari stres. Justru menyempurnakan hidup kita banget. Jadinya, enjooooy. :D

      Hapus
  13. Kayaknya aku kurang olahraga n makan buah sama sayur.. jadi berasa lesu terus, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk biasain makan buah dan sayur. Biar sehat. Olahraga dih, saya juga masih moody. :D

      Hapus
  14. kadang stres datang tak di undang kayak pas PMS , jadi rarudet,hal sepele bikin stress dan rungsing :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, paling kalo lagi pms. Aku biasanya menyendiri. Takut banyak yang kena semprot. Hihihi...

      Hapus
  15. Menghindari stress itu yang kadang sulit buat saya, Mak... ituh.... anak-anak gak ada yg mau ngalah kalo main :(
    *curhat mainstream emak2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iya, di sini juga. Pada berantem. Tapi gak diambil pusing saya mah. Omelin aja. Udah ngomel, plong deh. :D

      Hapus
  16. harus ditiru nih cara Mba Nia biar selalu enjoy dan awet muda, hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Yang penting bahagia, mbak

      Hapus
  17. Poin 3 itu yang bener-bener bikin aku enjoy. Berkarya. Melakukan apa yang kita suka trus dapet hasilnya deh. Kaya ngeblog aja, trus dapet penghasilan deh :)

    BalasHapus
  18. Lagi berusaha supaya bisa menikmati hidup, mba Nia. Kebanyakan digulung stress :D
    Makanya balik ngeblog, buat aktualisasi diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay, betul banget! Jangan setres-setres ah, enjoy aja. :)

      Hapus
  19. intinya jaga kesehatan yaaa mbaaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)