26.7.19

Sudahkah Teman-teman Ikut Revolusi Industri 4.0?


Teman-teman, pada merhatiin gak kalo akhir-akhir ini, semua bidang kehidupan pada masuk ke dunia digital? Bahkan ke aplikasi mobile? Keren ya, gak cuma hal-hal yang sifatnya informatif dan juga hiburan kayak berita dan games, bahkan produk barang dan jasa, sekarang merambah ke dunia internet. Ya mungkin ingin mengikuti jejak pendahulunya. Seperti transportasi online tuh. Dulu yang awal kemunculannya banyak dicibir, kini malah jadi favorit banyak orang.

Misalnya saja seperti yang saya tahu kemaren-kemaren lalu. Ada marketplace yang menyediakan hewan qurban. Sepintas mungkin bakal kepikiran, kok bisa? Yang dijual kan hewan, gimana caranya? Masa nanti dikirim via kurir? Ternyata, ini dilakukan persis marketplace yang lain. Kita akan direkomendasikan ke seller yang domisili lokal, yang dekat dengan kita. Jadinya saat transaksi, bisa dilakukan face to face secara langsung. Buat saya, ini keren. Sebab sebelum bisa masuk ke maketplace tersebut, produk yang diperjual-belikan dicek dulu kelayakannya. Untuk hewan qurban, tentu sudah diperiksa kesehatan dan ini itunya. Jadi pembeli akan mendapatkan hewan qurban yang kualitasnya bagus.

Lain lagi dengan dunia kesehatan. Sebelumnya, suatu rumah sakit atau klinik, itu hanya sebatas informasinya saja yang masuk ke dalam website. Nah sekarang, mereka juga menambah fitur konsultasi online dan juga fitur janjian dengan dokter. Dan malah sudah ke pemberian resep serta delivery obat. Lagi-lagi, buat saya ini luar biasa. Sebab sebagaimana kita tahu, sakit itu tak kenal waktu. Nah dengan adanya fitur baru tersebut, konsultasi jadi bisa dilakukan kapan saja.

Revolusi Industri 4.0

Seperti itulah Revolusi Industri 4.0. Semua bidang kehidupan memanfaatkan internet sebagai salah satu cara marketing. Iyalah, hari gini kan semua orang pada punya hape, bahkan hingga ke anak kecil. Dan dalam kesehariannya, hape ini merupakan barang yang selalu menemani tanpa pernah bisa lepas. Akan sayang sekali jika dunia bisnis tak memanfaatkannya dengan baik. Terbukti, banyak sekali brand yang sukses berkat pemasaran yang dilakukan melalui internet.

Jangan membayangkan kalo Revolusi Industri 4.0 ini hanya berlaku untuk brand-brand besar. Kaum profesional dan kaum-kaum yang mengandalkan kreativitas seperti UMKM sekarang juga banyak yang sudah terjun ke pasar yang sangat potensial ini. Dari yang hanya mengandalkan media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, dan lain-lain, sampai ke website interaktif dan responsif serta aplikasi mobile.

Sudah Ikut Revolusi Industri 4.0?

Teman-teman gimana? Sudah masuk ke Revolusi Industri 4.0? Atau masih di Revolusi Industri 3.0? Untuk yang belum, saya sarankah untuk segera ikut. Apa pun bidang yang teman-teman geluti. Apalagi jika yang berhubungan dengan barang dan jasa. Ikut masuk ke Revolusi Industri 4.0 akan banyak membawa perbaikan. Dari yang hanya sekadar prestige hingga ke omzet bisnis yang teman-teman miliki.

Saya aja yang cuma gemar curhat-curhat gak jelas sudah ikut. Masa teman-teman tidak? Iya, coba aja lihat. Kini saya aktif pake blog. Saya membeli domain dengan nama sendiri. Saya juga aktif di media sosial. Saya yang dulu hanya mengandalkan menulis buku, artikel di koran dan majalah, serta yang sejenisnya, kini merambah internet.

Kalo dibandingkan, keadaan sekarang jauh lebih baik. Dari segi kreativitas, penghasilan, bahkan yang sifatnya kekinian. Dulu saya kudet banget. Nulis di rumah cuma berhadapan dengan laptop. Sekarang, walopun tetap di depan laptop, saya bisa berinteraksi dengan orang luar secara online. Belum lagi kalo ada acara offline. Seru-seruan deh sama temen-temen dan juga klien yang selama ini berkomunikasi lewat layar gadget saja.

Bener, bisnis temen-temen kudu segera ikut Revolusi Industri 4.0. Yuk buat websitenya, yuk apdet semua informasi bisnis teman-teman di website tersebut, dan yuk optimasikan semuanya termasuk media sosialnya. Dijamin, bisnis teman-teman semakin berkembang. Tak hanya di tingkat dalam negeri, bahkan sampai ke luar negeri. Revolusi Industri 4.0 itu bersifat global. Tak ada jarang, ruang, dan waktu.

Tapi…

Masuk dan ikut Revolusi Industri 4.0 memang akan mengglobalkan bisnis teman-teman. Tapi jangan sampai teman-teman salah memilih hosting provider untuk website bisnis yang teman-teman miliki. Pastikan memilih yang terbaik. Sebagai saran, saya merekomendasikan Qwords untuk jadi pilihan teman-teman. Sebab Qwords merupakan Provider Hosting Indonesia yang berkualitas. Pengalamannya dan mitranya yang banyak dari perusahaan-perusahaan besar serta korporat merupakan bukti yang cukup nyata.

Selain itu juga jangan lupa, jangan sampai teman-teman memilih provider hosting yang menyediakan Cloud Hosting yang nanggung. Akan percuma juga dioptimasi jika begitu. Percayakan saja ke Qwords. Teknologi Cloud Hosting yang dimiliki Qwords sangat mumpuni. Sehingga website bisnis teman-teman akan bekerja secara maksimal.

Walopun ngeblog gak butuh banyak ini itu layaknya website bisnis, saya juga termasuk salah satu pelanggan Qwords. Pelayanannya yang bagus, serta tak pernah adanya gangguan membuat saya betah. Saya percaya, sekarang dan seterusnya juga akan begitu.


Oke!

Baiklah teman-teman, sampai di sini cerita saya soal Revolusi Industri 4.0. Semoga kita semua bisa selalu beradaptasi dengan zaman yang akan kita hadapi nanti. Semoga bermanfaat!



60 komentar:

  1. Iya, sekarang apa-apa emang digital sih mba. Udah lama sebenarnya. Semenjak internet plus perangkatnya semakin terjangkau. Ya, dan aku ngerasa banget kalau masyarakat udah masuk ke revolusi 4.0

    BalasHapus
  2. Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan jaman dan teknologi ya Teh. Kalau tidak kita bisa jalan di tempat atau bahkan tertinggal...
    Sedang berusaha untuk lebih biak dan bijak menggunakan internet nih teh.
    Internet jalan Al Qur'an juga jalan hehehe

    BalasHapus
  3. Waduh semakin sini semakin dipermudah saja nih, tambah mager dong ya haha. Tapi buat yang super sibuk atau lagi urgent membantu banget yaa.

    BalasHapus
  4. Di era industri 4.0 semuanya memang serba digital. Saya baru tahu sih seperti cerita di atas tentang pembelian hewan kurban tapi bagaimanapun semuanya memudahkan manusia dengan segala urusannya

    BalasHapus
  5. Semua kudu bisa mendayagunakan semua potensi diri di Revolusi Industri 4.0 ya Mak.
    Mau generasi millenial ataupun kolonial, hayuk terus pacu diri kita yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  6. Belom mom.. Aku belom ikut industri 4.0 ini masih akan dan mau.. Masih belajar juga nie...

    BalasHapus
  7. zaman makin berkembang ya mbak. sekarang apa apa terdigitalisasi. kita pun juga harus mengikuti perkembangan zaman, asalkan masih bersifat positif. aku setuju mbak, semoga kita bisa selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman

    BalasHapus
  8. Wah kebetuln mbak, ku juga lagi cari self hosting buat dua blogku. Memang lebih aman dan enak aja kalau yg berbayar ya.

    BalasHapus
  9. Menurutku kita emang perlu mengikuti perkembangan dunia digital termasuk industri 4.0, mengoptimalkan produksi para pengusaha, kita juga terbantu ya mb mendapatkan produk dan jasa lainnya

    BalasHapus
  10. Baru ngeh juga saya dengan resolusi industri 4.0 ini mba.
    Emang zaman sekarang, bisnis online itu penting.
    Meskipun ada toko offline, toko onlinenya juga penting.
    Boleh juga nih pakai hosting dari Qwords :)

    BalasHapus
  11. Bener bgt deh jaman skrg makin maju. Teknologi jg mkin berkembang ya.. wah keliatan nya menarik juga nih..

    BalasHapus
  12. Kalo buat bisnis sih aku belum nyoba langsung. tapi kalo ikutan bimtek soal ini dan ngajrin lagi ke orang lan udah bbeerapa kali Mba, buat para mahasiswa dan komunitas. ini penting bangetloh. ajarin dong kalo buat bisnis

    BalasHapus
  13. Harus cepat beradaptasi dengan hadirnya industri 4.0. Move on itu perlu agar bisnis terus berjalan dengan lancar tanpa ketinggalan jalan

    BalasHapus
  14. Wah sudah industri 4.0 aja ya... Kita harus bisa ngikutin perkembangan nih 😁

    BalasHapus
  15. Hidup memang terus berubah y mba..kalau tak mau tergilas jaman ya harus mau menyesuaikan diri dg perubahan itu. Salah satunya revolusi industri 4.0 ini ya..

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah sudah ikut revolusi industri 4.0 dan di revolusi ini saya juga mencoba beberapa peluang yang menghasilkan pendapatan hehe.

    BalasHapus
  17. udah dong...
    bahkan sekarang uang belanja bisa ada di beberapa e-wallet: O**, g**ay, lin**ja, bahkan di bu******k.
    ya ampun,,, berasa orang kaya ya, duit tercecer dimana-mana, haha

    BalasHapus
  18. Pemilihan rumah di dunia Maya yang benar dan membantu saat masalah datang. Bikin qwords bisa jadi pilihan buat melancarkan serangan cinta keluarga berupa tips ringan lewat blog

    BalasHapus
  19. Sekarang semua serba digital sih yaa. Enaknya apa2 gampang. Tapi sebenernya agak kasian sama yg orang tua jaman dulu gak paham gadget dan gak punya gadget. Masih banyak yg kadang mau pulang ke rumah aja harus jalan jauh krn semua jadi serba online :(


    Tp selain itu sih aku suka2 aja, memudahkan buat kita yg milenials

    BalasHapus
  20. Kok saya berasa kalah star ya mba, aduj banyak banget pr buat saya agar lebih banyak membaca untuk perkembangan digital.. Harus siap" juga yaa

    BalasHapus
  21. Zaman now sepert ini, mau nggak mau kita harus ikut nyemplung ke revolusi industri 4.0 jika tidak mau tertinggal dan ingin bisnis yang dijalani tetap eksis. Salah satu caran jituya, ya memang lewat website dan media sosial.

    BalasHapus
  22. Emang bener perkembangan jaman semakin ceopat. Dan dunia digital juga mengikutinya. Smoga dmanfaatkan secara baik dan maksimal ya

    BalasHapus
  23. aku bahkan baru tahu kalau yang aku lakukan sudah termasuk ke dalam Revolusi Industri 4.0 wkwkwk walau belum terlalu aktif blog ataupun youtubenya sih, tapi seenggaknya udah mulai.. tetap semangat kaak

    BalasHapus
  24. Era digital bikin pemilik usaha kudu smart ya mbak. Branding bisnis online itu kayaknya juga lebih gampang, apalagi ada suport sistem yang bantuin usaha jaman now dengan revolusi industri 4.0

    BalasHapus
  25. Zaman sekarang apa2 nya serba canggih, tinggal klik-klik dari hp, kita bisa melakukan banyak hal. Harus bijak juga sih, kita sebagai pengguna.

    BalasHapus
  26. Mau tidak mau memang kita harus mengikuti perkembangan termasuk industri 4.0 nih. kebetulan pak suami selalu menjadi pembicara tentang industri 4.0 untuk UMKM jadi sedikit banyak belajar sama dia juga.

    BalasHapus
  27. Dengan kemudahan akses internet, perkembangannya pun semakin pesat di Indonesia. Sekarang produk UMKM bisa menjangkau lebih banyak orang, ngga cuma di Indonesia, sampai ke luar negeri pun. Qwords ini bantu banget pastinya.

    BalasHapus
  28. Serba praktis ya kak. Dulu antre ke RS kudu datang pagi2 banget dan antre desel2an sampai mau jatuh. Sekarang bs ambil antrean via online sambil jaga anak di rumah. Kayak mimpi rasanya. Kemajuan ini banyak berguna asal kita jg cerdas manfaatkannya

    BalasHapus
  29. Sunggu aneh jika kita masih tetap bertahan dengan prinsip bisnis atau usaha dibidang offline tanpa menyentuh sedikit pun online. Karena jaman sekarang kalau tidak berinovasi dan mengikuti revolusi industri 4.0 apapun itu maka akan sulit maju nya..kalah bersaing ya mba

    BalasHapus
  30. Revolusi industri 4.0 ini emang mau gak mau ya harus diikuti yaaaaa.BTW Blogku yang sekarang juga pakai cloud hosting mbak, tdnya aku mau downgrade tapi kupikir2 ntr malah space kurang akhirnya udah ngrasa enak aja pakai ini :D
    Tapi blm pernah pakai Qwords. Ada promo menarikkah menyambut 17-an ? :D

    BalasHapus
  31. aku sempat baca juga tentnag revolusi industri 4.0 ini mbak, intinya harus semakin mengupgrade kemampuan dan ilmu kita, soalnya tenaga kerja yang tidak terlatih akan semakin tergeser dengan revolusi 4.0 ini

    BalasHapus
  32. Tukang sayur dan warung tetanggaku udah pake revolusi industri 4.0 karena sekarang bisa pesan belanjaan via WhatsApp wkwk

    BalasHapus
  33. Mengikuti perkembangan zaman tuh penting. Apalagi kalo zamannya teknologi atau industri 4.0. Mau nggak mau harus mengikuti. Walaupun ada baik dan buruknya jg.

    BalasHapus
  34. industri 4.0 sangat perlu untuk dicermati agar setiap bisnis dan usaha kita lancar, bahkan banyak peluang didalam jika kita mampu untuk memanfaatkannya

    BalasHapus
  35. revolusi industro 4.0 memang tak terbendung mba. Bagi para pelaku industry dan bisnis, sudah jadi kewajiban untuk bias mengikuti perkembangan dan tuntutan jaman

    BalasHapus
  36. Kemajuan jaman sekarang memang sebaiknya diikuti tapi juga mempertimbangkan asas kemanfaatana ya mba. Kalau kita ga ikutan,. ntar ketinggalan :)

    BalasHapus
  37. udaah, karena sekarang semua serba digital, termasuk pembayaran pun juga. Saya masih ada nih satu blog yang belum dibeliin domain tapi masih maju mundur mau dibeliinnya hehehe

    BalasHapus
  38. Sebenarnya perbedaan revolusi industri yang 4.0 ini dengan sebelumnya apa ya? Aku masih belum begitu paham tuh. Taunya ya apa2 sekarang sudah melalui internet.

    BalasHapus
  39. Iya Mba, menurutku semua bidang usaha harus ikut perubahan ini. Kalau engga ya bisa tergerus oleh kemajuan jaman deh.

    BalasHapus
  40. Otomatis kayaknya ya bakal kebawa arus revolusi industri 4.0. Biar ga hanyut, kita kudu bekali diri dengan skill dan tools yang memadai ya

    BalasHapus
  41. Saya sudah mengikuti industri 4.0 dan semoga bisa terus berkembang dan menjangkau ranah bisnis mbak. Saya jadi penasaran sama Qwords, langsung ke web nya mbak.

    BalasHapus
  42. iya bener banget mbak aku juga dulu kalau nulis paling di buku notepad atau buku catatan gitu sekarang apa-apa bawaannya nulis di blog zaman sudah berubah jauh ya

    BalasHapus
  43. Mereka yang nggak ikutan Revolusi Industri 4.0 ini akan cepat tua, cepat aus, karena tidak bisa beradaptasi dengan zaman.

    BalasHapus
  44. Iyes adaptasi itu penting banget, dari dulu kita disekolah sudah diajarkan untuk mudah beradaptasi dengan lingkngan baru, dan jaman sekarang sudah semakin maju.. mau tidak mau suka tidak suka harus siap dengan kemajuan teknologi ya teh

    BalasHapus
  45. Mau tidak mau sih pasti kadodorong katarik tarik ya sama kemajuan industri jni jd dipaksa keadaan hehe

    BalasHapus
  46. Salah milih provider bisa-bisa webnya error ya, apalag kalau slowrespon bisa-bisa bisnisnya macet deh

    BalasHapus
  47. iya yah teh makin keren aja dari jual hewan qurban lewat marketplace sampe konsultasi online dokter memudahkan banget :)

    BalasHapus
  48. Sudah ikut Revolusi Industri 4.0 dong! Memang belum seupdate orang lain, tapi kita kudu beradaptasi kan ya biar enggak ketinggalan

    BalasHapus
  49. Iya mbak revolusi 4.0 mau gak mau harus kita ikutin, apalagi yang punya bisnis gtu ya mbak. Minimal bisa punya website sendiri buat memasarkan bisnisnya

    BalasHapus
  50. Industri 4.0 ini sudah merambah ke segala macam institusi. Keren sekarang sudah menyasar para UMKM

    Ekonomi digital saat ini memang lebih pesat pencapaian nya drpd sebelumnya ya

    BalasHapus
  51. Setelah baca bukunya Prof Kasali mengenai Rvolusi 4.0 ini jadi tercerahkan banget, teh..
    Generasi sekarang, harus ikut semua kemajuan zaman.
    Kalau gak mau..ya bakal tertindas.

    Qwords memfasilitasinya dengan baik.

    BalasHapus
  52. masuk revolusi industri kita tuh dituntut untuk serba melek teknologi ya kak, kalo nggak ya akan ketinggalan dengan negara lain, atau tak sanggup bersaing

    BalasHapus
  53. seiring perkembangan teknologi, kita dituntut untuk menyesuaikan diri pada kemajuan tersebut yaa, Mba. Sedikit saja lengah, kita akan ketinggalan jauh

    BalasHapus
  54. sekarang segala sesuatu serba online yaa, Mba. mulai dari toko online sampai buka rekening bank pun udah bisa dilakukan via online

    BalasHapus
  55. sekarang segala sesuatu serba online yaa, Mba. mulai dari toko online sampai buka rekening bank pun udah bisa dilakukan via online

    BalasHapus
  56. Kita harus mengikuti perkembangan jaman ya mbak, karena nantinya anak-anak kita juga perlu belajar. Semuanya sudh serba online, menguntungkan dan memudahkan.

    BalasHapus
  57. awalnya aku tuh ga paham apa sih RI 4.0 kok dimana-mana pake istilah 4.0. Setelah ikut talkshow ternyata emak-emak ini pun penting banget catch up info seputar revolusi industri 4.0 karena ngefek ke parenting segala lho.

    BalasHapus
  58. Aku sudah ikutan Revolusi Industri 4.0 dong. Kalo enggak, ya bakal ketinggalan zaman.

    BalasHapus
  59. Era teknologi yang serba canggih ini emang memudahkan semus orang untuk mencoba peruntungan bisnis dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada

    BalasHapus
  60. Bener teh, sekarang mah zamannya serbainterner ya, memberi peluang makmak rumahan kayak saya juga untuk bisa mendapatkan penghasilan melalui internet yaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)