8.7.19

Parasite, Sebuah Komedi Tak Biasa dengan Ending Tak Terduga


Apa yang terbersit di benak teman-teman saat mendengar kata ‘Parasite’? Pasti hama, bukan? Ya, demikian juga dengan saya saat diajak nonton screening film Parasite, beberapa waktu yang lalu, bersama dengan rekan-rekan wartawan, di CGV Miko Mall Bandung. Dibayangan saya, saya bakalan nonton manusia-manusia yang berubah menjadi semacam zombie setelah dimasuki makhluk asing. Tetapi setelah nonton, ternyata tidak demikian.

Saat lihat flyer filmnya, dan baca tulisan yang nyebutin kalo film Parasite merupakan film ber-genre thriller, saya sebenernya sedikit takut. Entahlah, walopun tampang preman, saya rada ngeri dengan adegan-adegan sadis yang  darah-darahan. Tapi karena di sana disebut kalo film ini berhasil memenangkan piala Palme D’Or Festival Cannes 2019, saya tertarik dan penasaran. Nonton deh akhirnya.

Begini Ceritanya…

Cerita diawali dengan pengambilan gambar lingkungan tempat tokoh-tokoh utama tinggal. Keluarga miskin yang hidup di lingkungan kumuh. Sang kepala keluarga, Kim Ki-taek (diperankan Song Kang-ho), serta istrinya Choong Sook (diperankan Jang Hye-jin) yang pengangguran jelas membuat kondisi keluarga tersebut serba kekurangan. Tak heran jika kedua anaknya, Ki-woo (diperankan Choi Woo-shik) dan Ki-jeong (diperankan Park So-Dam), putus sekolah.

Titik terang mulai terlihat saat teman Ki-woo, yaitu Min-hyuk (diperankan Park Seo-joon) datang. Dia yang harus pergi ke luar negeri meminta Ki-woo untuk menggantikan perannya sebagai guru les Bahasa Inggris Park Da-hye (diperankan Jung Ji-so). Dengan kemampuannya, serta kelihaian adiknya, Ki-jeong, dalam memalsukan ijazah, Ki-woo pun kemudian diterima bekerja di keluarga Park yang kaya raya.

Ah ya, walopun miskin, Ki-woo dan Ki-jeong memang anak yang cerdas. Walopun putus sekolah, kepintaran mereka tak jauh beda dengan anak-anak kuliahan. Sehingga dengan bantuan internet, keduanya mampu mempelajari apa pun secara mudah.

Keluarga Kim Ki-taek

Sering denger ungkapan yang menyebutkan bahwa ‘memulai sesuatu harus dengan hal baik dengan cara yang baik’, bukan? Nah di film ini terjadi penggambaran dari hal yang sebaliknya. Ketika memulai sesuatu dengan tidak baik, selanjutnya akan diikuti dengan ketidakbaikan- ketidakbaikan yang lainnya. Setan dengan mudah berbisik di hati manusia untuk melakukan hal yang lebih jauh. Keserakahan pun mendominasi sehingga manusia menghalalkan segala cara. Pun demikian yang terjadi pada keluarga Kim Ki-taek. Berbuat nyeleneh untuk mencapai keinginan mereka.

Dark comedy yang tidak berlebihan, sisi-sisi manusiawi yang muncul, hingga celetukan-celetukan dialog yang ke luar dari tiap tokoh di film ini sangatlah wajar. Semua masih dalam takaran yang masuk akal. Namun pun begitu, kesemuanya patut diacungi 2 jempol. Cerita yang seolah datar ternyata banyak memberikan kejutan-kejutan yang tak disangka-sangka. Bong Joon-ho (sutradara) begitu lihai mengatur cerita. Emosi penonton terhanyut di dalam film ini. Saya dan para penonton lain ikut nyengir, ketawa-ketawa, bahkan megap-megap menahan napas ketika adegan yang bikin geregetan tersaji di depan mata. Dan endingnya… DUAR! Tidak terduga.

Buat saya, film ini luar biasa. Tak heran jika kekerenannya diganjar piala Palme D’Or Festival Cannes 2019. Sebuah film yang menyajikan realita kehidupan di sekitar kita. Kekontrasan antara golongan kaya dan miskin. Tetapi yang ditonjolkan di film ini tidak seperti film sejenisnya. Banyak angle baru yang diangkat. Misalnya saja seperti momen orang kaya begitu menikmati keindahan hujan di depan rumahnya dari balik jendela kaca yang besar, dan si miskin menyaksikan pemandangan orang mabuk yang buang air di depan rumahnya. Sementara si kaya berbau harum karena parfum nan mahal, si miskin beraroma busuk karena keringat dan kesumpekan hidup, di bawah rumah pengapnya.

Bong Joon-ho, sang sutradara, bersama dengan Song Kang-ho saat menerima piala Palme D’Or Festival Cannes 2019

Sarat Pesan Moral

Ya, film ini bertaburan pesan-pesan moral. Kejujuran, kecurangan, keserakahan, keluguan, kepercayaan, dan banyak nilai lainnya yang dibalut secara alami tanpa menggurui. Satu pesan saja yang mau saya bocorkan: berhati-hati dalam bersikap dan berucap. Terhadap siapa pun. Sebab bisa jadi, hal yang kita anggap sepele justru menjadi bencana besar bagi kita dan orang-orang yang kita cintai.

Perihal judul film, setelah nonton baru saya sadari kalo Parasite cocok dipilih sebagai judul. Sebab isinya memang tentang manusia-manusia yang bersifat merugikan inangnya. Persis seperti benalu yang malah membuat tanaman induk kerugian, bahkan mati.

Untuk teman-teman yang suka dengan film Korea, film thiller, atau bahkan jenis film apa pun, saya sarankan untuk nonton film ini. Tapi jangan bawa anak-anak, ya. Ini film dengan Rating Dewasa. Remaja juga diusahakan tidak nonton. Gak banyak adegan dewasanya memang, tapi adegan sadisnya sedikit mengganggu.

Film ini masih tayang di banyak bioskop. Untuk yang di sekitaran Bandung Selatan, bisa banget nonton film ini di CGV Miko Mall, di Lantai 3A, Jalan Kopo Cirangrang No. 599 Bandung. Tempatnya nyaman, adem, dengan harga tiket yang terjangkau. Jangan lupa, sebelom masuk, beli popcorn dan minuman juga biar nonton semakin asyik. Bareng temen-temen atau pun pasangan bakal bikin pengalaman nonton film Parasite semakin seru.

Bhaiqelah…

Oke deh manteman, sampe di sini tulisan saya tentang film Parasite. Maaf banget kalo saya gak bahas banyak dan gak ngasih spoiler. Soalnya kalo baca review film di blog atau website orang, saya pun gak suka spoiler. Gak asyik. Hehehe…. nonton langsung aja ya biar kepenasaranannya terjawab. Lebih asyik nonton kok dibanding baca. Semoga bermanfaat dan selamat menonton! :D

Trailer film Parasite

56 komentar:

  1. pingin nonton. Tapi saya juga type orang yang gak punya keberanian untuk menonyon film-film sadis begini. Ngekor di belakang anak-anak aja deh. "Jangan nonton" 😁

    BalasHapus
  2. Saya pengen spoiler! Pengen spoiler! Spoileeerrr!
    *dibakarmasyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asa serem yaa...hehehe...main bakaarr~
      Tapi aku sabar menanti kok, kak...

      Jangan spoiler tetehcuuu...
      Nanti aku aja yang bocorin spoilernya. Hehehe~

      Hapus
  3. Aku pengen nonton euy. Sama kalau film yang banyak nilai-nilainya kayak balajar dari pengalaman orang lain ya,

    btw, aku suka baca review yang ada spoilernya malah, teh. hihihi soalnya jadi penasaran.

    BalasHapus
  4. Benernya penasaran pingin nonton. Tapi kalau ada adegan sadisnya, takut ah akuuuu...

    BalasHapus
  5. Pemainnnya juga good looking ya, baiqlah, pengen juga nonton meski emang kudu mindik-mindik bebas dari lendotan si kecil

    BalasHapus
  6. hihihi... aku kira mau membahas tentang parasit, gak taunya judul film :)

    BalasHapus
  7. justru aku lebih senang sama sinopsis film yang ga banyak bocorin endingnya teh :) pengen nonton tp ga ada temen hiks :(

    BalasHapus
  8. Jadi penasaran sama filmnya, tak pikir selama ini Korea hanya didominasi oleh drama televisi aja.
    Btw, saya suka baca review yg ada spoilernya, krn kalau udah penasaran, mau dikasih cerita lengkap juga, tetap ga ngaruh sebelum nonton langsung *minta digaplok heheh*.

    BalasHapus
  9. gak tahu di bioskop sini masih tayang atau gak. Semoga nanti bisa nonton deh. Belum sempat aku tuh. Baca ini jadi semakin tertarik soalnya ada ulasan: sesuatu yang dimulai dengan kebohongan/ kelicikan, ehe

    BalasHapus
  10. aq jd makin penasaran nih Mba Nia, nonton parasite. udah banyak yg ngomporin juga. aiihhh segera tentukan waktu aja ini mah ya hehe

    BalasHapus
  11. Aku suka lihat dark comedy, jadi penasaran tapi takut-takut gitu lihatnya. Kayaknya harus ngajak teman deh pas nontonya, hihi

    BalasHapus
  12. Eeh kaua nya ini menarik juga alur cerita nya.. tp untung disini ga bnyak spoiler ya.. haha jd pen ntn juga nih jd nya..

    BalasHapus
  13. hmm..enaknya nonton gak ya..hahaha...Tapi kalo nonton ini gak bisa bawa bocah yak...

    BalasHapus
  14. Banyak yang bilang film ini bagus dan tidak biasa..jadi ikutan penasaran juga the pengen nontoooon :)

    BalasHapus
  15. OMG!! Ini film yang lagi hype banget, mbak. Bahkan di-rave banget sama banyak selebtwit. Aku jadi penasaran banget sama filmnya karena belum sempet nonton, huhuhuu :(

    BalasHapus
  16. Kejujuran memang mata uang yang sangat berharga di belahan dunia manapun ya. Sejak kecil kita pasti diajarkan tentang kejujuran itu, sebisa mungkin berbuat jujur meski kita akan rugi.
    Salut dengan film ini yang memberikan pesan moral sangat tajam.

    BalasHapus
  17. teh, seriusan aku jadi penasaran deh sama film Parasite ini. Tapi suami udah nolak duluan pas tau ini film Korea, padahal ku sudah jelaskan bahwa ini bukan drakor :'(

    BalasHapus
  18. aku suka baca yang ada spoilernya kak hoho soalnya kurang suka nonton. tapi kayanya filmnya banyak pesan moralnya ya. :D

    BalasHapus
  19. Aku dah nonton teh sendirian dan emang niat banget nonton katanya bagus. Dan aku pun merasakan hal yang sama luarrr biasa ya film ini dan setelah keluar bioskop aku cuma hening dan berfikir sejenak ternyata kemiskinan bisa merubah orang ya.

    BalasHapus
  20. Judul dan sinopsisnya menarik nih mba, biar kita ga jadi beban dan merugikan orang lain. Jadi pengen nonton juga genre dark comedy ini

    BalasHapus
  21. Jd pngen nnton filmnya.. Saya baru tau malah ada film ini hahahaha

    BalasHapus
  22. Kmrin smpet mau diajakin nont film parasit sama temen kantor, ak kira genre nya yg serem2 gmn trnyta pilm korea haha.

    BalasHapus
  23. Aq baca reviewnya banyk yg bilang bagus filmnya, menarik dan bikin penasaran jalan ceritanya deh tp emg cemen juga kalo film thriller tuh gak berani nontonnya

    BalasHapus
  24. Banyak yang bilang film ini bagus, ya. Noted! Kalau nonton jangan ajak anak-anak

    BalasHapus
  25. Penasaraaan euy.. banyak yang bikang bagus dan oke banget filmnya. Udah aah langsung aja nonton

    BalasHapus
  26. aku udah nonton film ini jugaaa, awalnya kocak ya lebih banyak komedinya sampe pertengahan barulah muncul yang agak seremnya hihihhi, seru banget filmnyaa

    BalasHapus
  27. Parasite ini film favorit banyak orang. Ku suka film-film Korea, selain bagus jalan ceritanya, dan nggak perlu baper nunggu kelanjutannya, pegel kalau nonton drakor :)

    BalasHapus
  28. Aku pengen nonton ini. Dari kemarin minta spoilernya ke mb Lidya Fitrian hahaha. Penasaran

    BalasHapus
  29. Film ini lagi rame banyak yg bilang bagus, jadi mau nonton juga, tapi lagi sibuk :(. Aku kira film ini genre nya bukan komedi, karena ga terlalu kelihatan kalau ini ternyata film komedi.

    BalasHapus
  30. Makin penasaran deh banyak yang review film ini dan merekomendasikan film yang bagus sarat makna dan juga pelajaran hidup

    BalasHapus
  31. Wahhh ini film Korea yaa? Jadi penasaran pengen nonton filmnya, apalagi banyak pesan moralnya

    BalasHapus
  32. Wo...wo...wooo~
    Kece banget ini.
    Dark Comedy.

    Aku cukup terperanjat dengan genre yang macam begini.
    Nyatanya...ada di sekitar kita.
    Namun disajikan dalam bentuk film yang tidak biasa.

    Aaah~
    Aku nungguin donlotannya di IDWS kok balom-belom ada yang share yaa...
    Hahhaa...pecinta gratisan.

    BalasHapus
  33. Dari sedikit ulasan Mbak di atas saya jadi penasaran dengan film Parasite ini. Pengen nonton ah... tapi paling bisa nontonnya kalau filmnya udah tersebar. Soalnya tdk ada bioskop di tempat tinggal saya, hehe

    BalasHapus
  34. Wah baca review nya Teh Nia ini jd penasaran juga nih, bisa diambil moral ceritanya jd inspirasi deh.

    BalasHapus
  35. Aku karena penasaran banget sama film satu ini saat tahu dia mendapatkan penghargaan dari Cannes jadi langsung ke bioskop buat nonton dan Memang luar biasa keren banget

    BalasHapus
  36. Penasaran banget sama film Parasite, apalagi setelah baca review teh Nia, soalnya beberapa film korea yang aku tonton juga gitu, keren banget, endingnya tidak terduga, sayang di sini nggak ada bioskop, huhuhh

    BalasHapus
  37. jenre komedi aku suka banget nih, wajib nonton kalo gitu ya, aku browse di YT kok blm ada

    BalasHapus
  38. Lagi rame banget ini yang bahas Parasite ya. Katanya bagus. Kemarin ke Bintaro Plasa juga lihat di XXI udah tayang, cuma kemarin belum sempat nonton.

    BalasHapus
  39. Minggu lalu ke CGV dan liat poster film ini.. mmm, jadi mau nonton juga.. waktu itu ngga jadi pilian nonton karena aku jarang nonton film thailand, dan waktu itu juga agak keluarga lengkap, semoga minggu ini masih tayang di CGV deh ya

    BalasHapus
  40. Ih penasaran pengen nontonnnn. Spoilernya kuraang beb hehe soalnya aku anaknya suka bgt spoiler wkwk

    BalasHapus
  41. Mbak ini filmnya komedi gtu? Aku pikir horor. Eh ini beda kan ya ma film yang lagi dibahas di timeline ma org2. Apa sama ya? Aku jd bingung hehe.
    Tapi film ini kyknya sarat pesan moral ya kalau baca reviewmu, jd pensaran cerita utuhnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman skrng memang tinggal belakar otodidak asal ada kemauan tu bisa ya mbak. Apa2liat inet. Jd makin penasaran sama filmnya

      Hapus
  42. aku penasaran banget sama film ini katanya komedi tapi thriller gitu ya banyak yg review soalnya

    BalasHapus
  43. Belum nonton dan bikin penasaran
    Hanya saja saya masih balita jadi nggak mungkin saya ajak nonton juga
    Masih bersabar...

    BalasHapus
  44. wajah cantik dan gantengnya tetep maksimal ya teh meskipun film nya bergenre thriller gitu, tapi baru liat trailernya aja udah serem sih buat ku yang borangan hehehe

    BalasHapus
  45. Jadi penasaran..

    Akan ada di cgv surabaya g si

    BalasHapus
  46. Ini film lagi hype banget yaaa. Banyak yang nonton dan aku jadi penasaraaan. Kayanya di Bogor belum ada deh. Tapi udah lama sih aku ga ke bioskop.

    BalasHapus
  47. Aku baca review Nia aja deh. Nontonnya nunggu dapat hidayah dulu.

    BalasHapus
  48. wah amkasih reviewnya

    BalasHapus
  49. Baiklaaaaah, aku kalomau bilang: mau nontooooooooooonnnnnn... Auto melek pas liat review film korea gini, pasti ku baca sampe habis. Hahahaha. Asli penasaran banget 😍

    BalasHapus
  50. Wah jadi pengen nonton juga nih. Makasih info reviewnya.


    Salam
    Kidalnarsis.com

    BalasHapus
  51. karena udah ngurangin nonton film dan perbanyak baca, baca reviewnya jadi penasaran. ahahaha

    BalasHapus
  52. reviewnya semua bagus-bangus ya. Makin penasaran sama film ini tapi kayaknya harus nonton di streaming aja dah. hihi

    BalasHapus
  53. Pengen nonton tapi kok ada adegan sadisnya? Takut kebawa mimpi... Tapi ini happy ending kan? Saya tipe yang tidak kuat dengan yang sedih,-sedih. Hihi...

    BalasHapus
  54. Akutu jarang nonton film terakhir kapan yak ..hahah sdh lupa yg inget waktu ngabringin ibu2 nonton film Indonesia inspiratif dua tahun yg lalu... Tapi baca2 review film jd asa diklitikin pengen nonton ha-ha-ha

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)