22.7.19

Ingin Wajah Bersih Tak Berjerawat? Perhatikan 7 Hal Ini!


Jerawat sepertinya adalah gangguan kulit wajah yang paling umum dan paling sering terjadi. Pria, wanita, tua, atau pun muda, bisa mengalaminya. Dari jerawat kecil yang dianggap sepele, hingga jerawat besar yang sangat mengganggu. Tak sedikit, orang menjadi stres dengan hadirnya jerawat ini. Dan bagi banyak orang juga, jerawat berperan besar di dalam menentukan tingkat kepercayaan diri.

Wajah berjerawat sering diidentikan dengan orang yang kurang bersih membersihkan wajahnya. Padahal tak hanya itu saja, wajah yang berjerawat juga bisa disebabkan oleh banyak hal. Sehingga untuk bisa membuat wajah terbebas dari jerawat, hal-hal inilah yang wajib diwaspadai dan diperhatikan. Apa saja hal-hal yang wajib diwaspadai dan diperhatikan agar wajah bisa bersih dari jerawat? Berikut ini penjelasannya!

1. Makanan Pemicu

Ini adalah hal pertama yang harus menjadi perhatian jika ingin wajah bersih dari jerawat. Kebanyakan, kejadian jerawat yang parah itu terjadi akibat kita makan makanan jenis tertentu dalam kurun waktu tertentu, bisa dalam skala harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan, yang kemudian membuat tubuh menjadi tidak seimbang.

Untuk bisa menentukan makanan yang menjadi pemicunya, kita bisa mulai menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut: sejak kapan jerawat tersebut muncul? Apa yang berubah selama jerawat tersebut muncul? Adakah ada suplemen yang dikonsumsi selama waktu tersebut? Seberapa banyak kita minum? Apakah kita punya gangguan hormonal atau gangguan pencernaan?

Bagaimana, sudah punya jawabannya? Misalnya saja sejak 3 bulan yang lalu. Sejak saya ikut diet keto; sejak saya pindah kerja; sejak saya minum suplemen X; dan lain sebagainya. Penggalian pertanyaan-pertanyaan seperti ini nantinya akan berujung pada suatu makanan ‘baru’, yang dikonsumsi dalam rentang waktu tertentu, yang pada akhirnya membuat tubuh menjadi tidak seimbang. Ini dia makanan pemicu itu.

Perlu diingat, makanan pemicu pada setiap orang itu berbeda. Misal jerawat muncul sejak menjadi vegan. Nah maka, ketidakseibangan yang terjadi di dalam tubuh kita adalah perubahan dari yang asalnya makan segala jenis makanan, menjadi sayuran saja. Sementara untuk yang lain, sayuran tidak menjadi pemicu munculnya jerawat.

2. Kebiasaan yang Memicu

Jerawat juga bisa dipicu oleh kebiasaan yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Sama dengan makanan yang menjadi pemicu jerawat, coba tanya pada diri sendiri, apa yang dilakukan dalam kurun waktu selama jerawat tersebut muncul? Misalnya saja menggunakan foam pembersih wajah secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, 5 – 6 kali sehari. Ini termasuk kebiasaan yang memicu jerawat.

Benar, alih-alih membersihkan wajah dari jerawat, mencuci wajah dengan foam pembersih wajah sering-sering dan dalam jangka waktu yang lama justru malah akan membuat wajah berjerawat parah. Hal ini terjadi karena wajah jadi tidak seimbang dalam memproduksi sebum (minyak yang dihasilkan kelenjar minyak di bawah kulit), yang pada akhirnya membuat kulit jadi lebih berminyak.

Contoh lain dari kebiasaan yang memicu timbulnya jerawat misalnya saja adalah malas membersihkan make up sebelum tidur. Tahu sendirilah ya kenapa? Tidur adalah saat yang bagus bagi semua bagian tubuh kita untuk istirahat dan detoksifikasi. Termasuk kulit wajah. Nah jika masih ada make up, pori-pori kulit akan tertutupi. Akhirnya, istirahat dan detoksifikasi menjadi terganggu.

3. Produk Pemicu

Dulu, waktu saya kuliah, saat kuliah lapangan, supaya wajah tak hitam, saya pakai sunblock. Wajah saya memang terlindungi dari sinar matahari, kulit saya tak jadi hitam. Tapi waktu itu, saya jadi berjerawat. Saya langsung tahu, sunblock tersebut merupakan produk pemicu munculnya jerawat di kulit saya. Jadinya sejak saat itu, saya gak pernah pake lagi sunblock. Saya lebih memilih menghindari efek sinar matahari secara fisik saja. Yaitu dengan pakai topi, dan selalu berjalan di tempat yang tidak terlalu tersorot sinar matahari. Tidak maksimal memang, dan saya masih kena efeknya. Tapi buat saya, itu lebih baik daripada wajah berjerawat.

Punya jerawat bandel? Coba cari produk pemicunya. Mungkin make up kita; mungkin pelembap wajah kita, mungkin bedak kita, atau mungkin produk pembersih wajah kita. Bisa apa pun. Jika sudah ketemu, coba hindarkan dan ganti dengan yang lebih baik.

4. Kurang Minum

Sudah minum air putih 2 liter per hari tapi kulit wajah masih berjerawat? Berapa indeks massa tubuh kita? Semakin besar indeks massa tubuh, semakin banyak air putih yang harus dikonsumsi.

Kita harus selalu ingat bahwa air putih berperan sangat penting di dalam tubuh kita. Salah satu fungsi air putih adalah sebagai pengangkut zat racun dari dalam tubuh ke luar tubuh. Bisa melalui keringat atau pun urin. Dalam hal kulit, kekurangan air bisa menyebabkan munculnya komedo atau pun pori-pori yang tersumbat kotoran yang akhirnya membentuk jerawat.


5. Bingung dengan Faktor Penyebab Munculnya Jerawat?

Jika makanan pemicu, kebiasaan yang memicu, dan produk pemicu sudah dihindari, serta konsumsi air putih sudah cukup dan kita masih saja berjerawat, bisa dipastikan, hormon tubuh merupakan faktor penyebab jerawat tersebut.

Faktor hormon ini sangatlah kompleks, sebab ini bisa berkaitan dengan banyak hal. Perlu diketahui bahwa kulit merupakan bagian paling besar dan luas dari tubuh. Jadinya, kulit merupakan tempat pertama yang akan menunjukkan ketidakseimbangan yang terjadi di dalam tubuh. Jadi jika kulit bermasalah, cobalah lebih teliti pada bagian tubuh kita yang dirasa sakit. Biasanya hal ini erat kaitannya dengan kebiasaan makan dan gaya hidup kita.

6. Berhenti Mengutak-atik Kulit Wajah!

Jerawat memang ‘menggemaskan’. Kita pasti saja selalu tergoda untuk ‘mengutak-atik’. Dari memijitnya, menusuknya, dan lain-lain. Stop lakukan hal tersebut. Kita malah bisa membuat jerawat tersebut saling berkontaminasi. Ujung-ujungnya bisa infeksi, dan jerawat semakin parah. Dan nantinya akan semakin susah untuk disembuhkan.

7. Hentikan Stres, dan Istirahatlah!

Istirahat itu seperti magic. Ketika kita istirahat, dan tidur dengan nyenyak, tubuh akan melakukan pemulihan diri. Jika kita teliti, istirahat dan tidur yang berkualitas itu akan membuat kulit menjadi cantik. Dan sebaliknya, stres serta kurang tidur, akan membuat kulit kusam.

Manage-lah stres kita. Kemudian carilah cara untuk membuat kita banyak istirahat dan tidur nyenyak. Olahraga, meditasi, dan yoga adalah contoh dari cara untuk bisa mendapatkan istirahat dan tidur yang nyenyak itu.

Saat stres, tubuh kita ada dalam fight mode. Jika terus begini, sistem imun tubuh bisa terganggu. Jika sistem imun terganggu, maka tubuh khususnya kulit, tak bisa menangkal bakteri atau kuman yang menyerang. Akibatnya, kulit yang luka atau jerawat yang sangat kecil pun bisa jadi parah akibat infeksi.



29 komentar:

  1. Iya nih beb wajahku berjerawat selalu mungkin krn faktor stress atau aku sering pegang2 wajah. Kan wajahku suka gatel beb.. Terus gmn dong?

    BalasHapus
  2. Makasih info nya ya.. btw bener sih.. Klo udh urusan jerawat tuh suka kesel dam stres sendiri hahaha... sama kadang akunkaya na kurang mnm jd memicu muncul jerawat

    BalasHapus
  3. Sepertinya dari semua poin yang disebutkan saya termasuk ke dalamnya. Makan sembarangan, kurang minu, utak atik wajah dan stres. Pantesan aja jerawat nggak mau hilang di wajah.

    BalasHapus
  4. bener banget teh, kalau aku sih biasnaya karena tangan ga bisa diem, ada aja pegang muka tuh :( padahal tangan tu sarang kuman ya sama ganti sprei bantal hahahaa itu juga sarang kuman

    BalasHapus
  5. walaupun aq jarang banget jerawatan tapi tipsnya ini bener banget deh mbak nia, karena jerawat tuh ngeselin dan bikin gak pede aq paling takut dan gemes kalo lagi mens dan jerawat pasti datang, susah banget untuk menghindarinya

    BalasHapus
  6. Aku kalau hormon antara percaya atau nggak, kadang sebelum datang bulan, serung muncul kadang nggak muncul jerawatšŸ¤­

    BalasHapus
  7. Poin poin nya bner bgt nih ttg jerawat. Klo ak seringnya gr2 stres. Stress dikit lgsung kluar jerawat jerawat nakal.

    BalasHapus
  8. Makanan dan produk pemicu suka sulit diinget-inget dan sulit buat dihindari

    BalasHapus
  9. Minum air putih ini pening banget sih , aku termasuk yang selalu minum air putih super banyak dan tentunya ini bagus banget loh ya buat kulit wajah bener sih kak

    BalasHapus
  10. Banyak banget ya pemicu jerawat, baca pelan2 satu2, ambil catatan, dan berusaha praktek hehe..

    BalasHapus
  11. Benar nih mba ..aku kalau kurang minum air putih dan kurang istirahat pasti deh jerawat timbul. Dan kalau sudah timbul satu, akan menjalar ke sekitar nya. Itu lama recovery mulus nya lagi..

    BalasHapus
  12. Aku pikir kalau masuk usia 25 ke atas, hormon lebih stabil, teh..
    Jadi aman lah...kalau cuma jerawat satu-dua.
    Ternyata...banyak pemicu yang bisa jadi alasan si merah ini muncul di wajah yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sereem..
      Kalo uda jerawatan gede itu selain nyut-nyutan, sembuhnya kadang butuh waktu lama untuk menghilangkan bekasnya.
      Hiiks~

      Baiknya di jaga pola hidup sehat yaa, teh...

      Hapus
  13. Alhamdulillah aku termasuk yang jarang2 jerawatan, kalaupun muncul ya karena hormon menjelang menstruasi. Tapi setuju banget sama semua yang dituliskan di artikel. Oya, sebagai orang yang suka review produk, kadang jerawat muncul karena salah satu komposisi bahan yang nggak cocok sama kulit wajah kita.

    BalasHapus
  14. Baru tahu aku mba kalau sunblock satu sisi jadi pemicu munculnya jerawat

    BalasHapus
  15. Nomor 6 itu yang paling susah buatku, kalau lagi nulis dan cari ide, gateeell kalau enggak pegang muka.

    BalasHapus
  16. betul betul, penyebab jerawat itu banyak banget jadi gabisa digeneralisir karena suatu produk aja. bisa jadi emg pola makannya yg salah!

    BalasHapus
  17. Aku kyknya kurang minum dan suka stress gtu mbak, jd hormonku saat jelang haid kacau dna jerawatan deh. Baiklah mulai skrng tambahin minum dna kurang2in stres hehe thx

    BalasHapus
  18. Wah tahu aja wajahku masih enggak bersih nih banyak jerawat kecil di sana sih hiks...perlu banget ini jaga wajah deh.

    BalasHapus
  19. Aku nih masih suka bandel buat makan makanan pemicu, padahal kalo absen dr makanan manis dan berminyak, pasti wajah ga akn ada jerawat sebelum masa pms

    BalasHapus
  20. Ternyata pemicu timbulnya jerawat itu banyak ya teh..kl sy sih biasanya jerawat muncul kl mau mens n kl males bersihin muka. Kl udh tau pemicunya sy ga panik lg kl liat jerawat tiba2 nongol hehe

    BalasHapus
  21. makan dan stres itu oemicu utama sih menurutku
    apalagi kalau stres terus makan gorengan yang banyak bin kalap
    alamat deh langsung jerawatan hehe

    BalasHapus
  22. Banyak minum air putih dan tidur cukup biasanya ampuh buat aku. Cuma kalau masanya mau datang bulan itu ya tetep muncul jerawat. Aku kalau jerawatan bisa lama, hiks

    BalasHapus
  23. Tips nya berguna banget ini ya yang terpenting menjaga kebersihan kulit wajah dan banyak minum air putih serta makan makanan sehat

    BalasHapus
  24. Pantesan jerawat di wajah kadang muncul kadang ilang kayak invoice yang ada di rekening. :( Kurang tidur dan minum airputih ternyata. :") Makasih, Kak.

    BalasHapus
  25. Kata suamiku, kalo lagi banyak pikiran biasanya wajahku muncul jerawat. Aku ngakak aja karena kata suamiku lagi, mikir bikin konten, hahahaa... ada-ada aja deh

    BalasHapus
  26. Soal perawatan wajah ini menjadi perhatian khusus nih. Harus dijaga

    Salam
    Kidalnarsis.com

    BalasHapus
  27. Karena kulit wajah amat sensitif, sebaiknya memang jangan sering - sering pegang wajah. Bisa jadi tangan kita kotor dan itu penyebab jerawatan.

    BalasHapus
  28. setuju banget teh Nia, jerawat muncul untuk memberi tahu bahwa tubuh sedang tidak seimbang

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)