15.7.19

5 Tips SEO Sederhana untuk Blog Kita


Teman-teman, suka pada mupeng gak sih lihat lomba blog SEO? Saya mah iya. Lihat hadiahnya yang gede-gede, wuih… mata langsung aja berbinar. Tapi karena tahu diri gak ngerti dan gak jago SEO, jadinya sejak dulu hingga sekarang, gak pernah sekali pun saya ikutan lomba blog SEO. Lha iya, buat apa capek-capek mikir kalo nantinya pasti kalah. Saingannya kan para senior dan dedengkot SEO semua. Lambai tangan ke kamera deh, nyerah senyerah-nyerahnya!

Tapi, walopun gak ngerti dan gak jago bukan berarti saya cuek dengan SEO. SEO blog saya maksudnya. Begini-begini juga saya praktekin tips SEO sederhana di blog saya. Tujuannya tentu saja biar blog saya ramah dan terindeks mesin pencari dengan baik. Terutama Google. Jadinya kan, postingan-postingan saya banyak yang baca.

Temen-temen pada optimalkan SEO di blognya juga gak? Harus dong ya. Di tengah arus teknologi internet yang begitu cepet dan penuh persaingan kayak sekarang, SEO mutlak dibutuhkan. Apalagi yang blognya di-monetize. Tanpa SEO, blog kita gak akan bisa menghasilkan materi yang banyak. Dan sebaliknya, dengan SEO yang baik, pundi-pundi uang dari blog bisa mengalir dengan deras.

Saya sih gak terlalu ribet dengan SEO blog saya ini. Saya hanya menggunakan tips sederhana yang masih bisa saya ikuti. Ya gimana, belom bisa bayar ahli SEO secara serius. Tapi meskipun begitu, manfaatnya lumayan kerasa. Ada beberapa artikel di blog saya, terindeks Google di halaman pertama alias Page One.

Tips SEO Sederhana

Untuk teman-teman yang mungkin masih belom mengoptimalkan SEO blognya, saya mau ngasih tips sederhana. Seperti yang saya bilang tadi, walopun gak bikin blog kita jadi wow, tips SEO sedehana ini lumayan deh. Simak dan praktekin sampe selesai ya. Biar saldo rekening teman-teman dari blog semakin banyak. :D

1. Optimalkan Judul, URL, dan Deskripsi Blog Kita

Ini kayaknya merupakan tips SEO yang paling basic. Sejak zaman jebot hingga sekarang, tips ini merupakan tips awal di dalam men-SEO-kan blog/website kita. Untuk bisa tahu seperti apa maksudnya, coba lihat contoh di bawah ini.


Menurut teman-teman, yang mana sih yang deskriptif? Yang mana sih yang menarik pembaca untuk berkunjung? Saya yakin yang paling atas. Sebab yang paling atas deskriptif, memberi gambaran jelas bagi calon pengunjung, dan URL-nya pun teroganisasi dengan baik.

Nah begitu juga dengan blog kita. Usahakan seperti itu. Atur Page Title dan Meta Description semenarik mungkin. Tetapi tetap menjelaskan isi dari blog kita. Cara membuat page title untuk blogspot pernah saya tulis di blog ini. Silakan saja cari dengan kata kunci ‘page title’.

2. Terus Menulis Hal-hal Baru dan Bermanfaat

Ini masih jadi PR besar buat saya. Menulis hal-hal baru dan selalu update serta bermanfaat untuk pengunjung. Dengan rajinnya kita menulis hal-hal yang bermanfaat, otomatis pengunjung akan sering dan selalu mampir ke blog kita. Jika demikian, maka mesin pencari, terutama Google, akan merekomendasikan blog kita kepada calon pengunjung saat mereka membutuhkan informasi yang kebetulan memang ada di blog kita.

Logis juga kan, kalo pengunjung lama-lama akan males berkunjung ke blog kita jika isinya tak update dan isinya hal-hal yang tidak berguna. Karena hal ini, Google pun enggan merekomendasikan blog kita kepada pengunjung.

3. Perbaiki Kecepatan Loading Blog Kita

Sering bete saat butuh informasi tapi website yang kita akses loading-nya lama? Begitu juga dengan pengunjung yang mampir di blog kita. Kalo loading-nya lama, mereka akan kabur dan beralih ke blog lain yang cepet. Jika sudah begitu, reputasi blog kita di mata Google menjadi tidak baik. Ujung-ujungnya, blog kita tidak direkomendasikan ke calon pengunjung. Untuk mengatasinya, yuk perbaiki kecepatan loading blog kita. 


Sebelum memperbaikinya, cek dulu kecepatannya dengan menggunakan Gtmetrix, PageSpeed Insights, YSlow, Which Loads Faster, Speed Test Tool by Pingdom, dan lain sebagainya.  Nantinya, tools ini secara otomatis akan mengecek tingkat kecepatan blog kita. Bahkan juga sekaligus memberikan keterangan bagian mana yang memperlambat kecepatan loading blog kita. Nah dari sini, kita jadi bisa menentukan apa yang harus dilakukan untuk membuat loading blog cepat. Misalnya saja menghilangkan foto-foto berukuran besar dan menggantinya dengan foto yang sudah di-resize dan di-compressed, mencopot file-file JavaScript yang tidak perlu seperti widget, dan beralih pada provider hosting yang lebih cepat.

Untuk 2 langkah contoh di atas, kita bisa melakukannya secara sendiri. Nah yang ketiga, melibatkan provider hosting. Jangan salah, provider hosting ini sangat berperan lho di dalam kecepatan loading. Semakin terpercaya, semakin cepat loading blog kita. Maka semakin besar kemungkinan blog kita direkomendasikan Google ke calon pengunjung.

Qwords adalah salah satu provider Hosting Indonesia yang bisa diandalkan itu. Reputasi kecepatan loading-nya tak diragukan lagi. Saya nih udah lebih dari 5 tahun pake Qwords gak pernah dapet gangguan loading lama atau laporan adanya blog saya yang gak bisa diakses. Paling-paling kendala sinyal internetnya saja. Dan kayaknya begitu juga dengan klien-klien lain seperti korporat.

Teknologi Cloud Hosting yang dimiliki Qwords pun sudah terbukti membuat blog kita bekerja lebih baik. Blog kita teroptimasi dari sisi kecepatan, keamanan, hingga SEO-nya.

4. Pastikan Blog Kita Ramah di Gadget Mobile

Ini nih yang masih sering saya temui saat blog walking. Masih banyak temen-temen blogger yang blognya cuma nampilin versi web. Kita kan semua pada punya hape. Jadi pasti yang akses akan lebih banyak dari hape. So, biar para pengunjung gak kabur karena males akses blog kita yang berat karena versi web, atau malas baca karena tulisannya kecil-kecil dan harus di-zoom, yuk segera optimasikan dengan tampilan mobile juga. Gampang kan bisa di-setting secara mandiri. Jangan lupa juga untuk memilih tamplate blog yang support versi mobile.

5. Daftarkan Blog Kita di Google Webmaster

Tak mendaftarkan blog ke Google Webmaster konon katanya seperti membawa kendaraan dengan mata merem. Iya sih, tanpa mendaftarkannya pun Google sudah tahu apa yang ada di blog kita. Tapi dengan mendaftarkannya, kita jadi bisa tahu saat terjadi masalah. Seperti halaman yang tak terindeks, kueri penelusuran di blog, informasi link ke blog kita, informasi duplikasi ke blog kita, hingga informasi malware. Dan ini jelas sangat penting.

Itu dia 5 tips SEO sederhana yang saya praktekan ke blog saya. Masih banyak yang kurang sih. Dan tentu saja harus selalu dibenerin. Apalagi mengingat ilmu SEO yang selalu dinamis seiring algortima mesin pencari yang selalu berubah-ubah. Harus banget deh yang 5 dasar ini dilakukan.

Oke deh teman-teman, sampai di sini tulisan saya. Teman-teman punya tips SEO lain yang gak rumit? Sok atuh kasih tahu saya. Pengen juga deh saya bisa teknik SEO yang lebih mutakhir. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!


67 komentar:

  1. Saya juga sudah mulai menerapkan SEO sederhana, terutama di point nomor 1. Belum tampak hasilnya, tapi semoga bisa bikin blog mudah ditemukan orang & byk pengunjungnya. Nuhun tipsnya,teh :)

    BalasHapus
  2. Aku baru banget belajar bikin blog. Baru jalan 6 bulan. Masih banyak banget ya urusan seo yg harus dipelajari. Dulu awal awal ga ngerti apa2. Ya asal nulis aja. Hehehe. Belajar nulis metadescription aja baru2 ini. Makasih mba, aku jadi bisa belajar lebih dalam lagi.

    BalasHapus
  3. aq pke qwords teh buat domain, alhamdulillah sejauh ini lancar jaya ga ada kendala

    BalasHapus
  4. Makasih ya, bermanfaat banget..

    BalasHapus
  5. Wah ini tulisan yang berguna buatku soalnya newbie banget soal SEO. Seringkali pas nulis, ga memperhatikan ini. Pantes aja blogku jarang dilirik ahahaha

    BalasHapus
  6. Wah makasih banget nih tips SEOnya. Selama ini kalau nulis ya mikirnya asal nulis aja sih. Nggak kepikiran banget SEO kecuali pas ada lomba, haha. Tapi ini simpel dan praktis banget tipsnya. Bermanfaat

    BalasHapus
  7. Kadang kalau sangking diuber sama si deadline Teh, 5 kunci SEO itu suka kelewat, haaddeeh. Padahal tulisan udah dibikin semenarik mungkin, lupa dah ama teknik ini

    BalasHapus
  8. Aaakk, tengkyuu tipsnya Mak.
    Walopun mumet belajar SEO, tapi kita kudu bisa dan telaten!
    Siap buat praktik, yeayy
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  9. Aku lagi belajar nih pelan pelan nerapin basic SEO ditulisanku, kadang ngematch keywords utama jadi bagian judul aja masih lama mikirnya hehe

    BalasHapus
  10. Nah iya tuh di jaman serba mobile ini masih ada lho blog yang tampilannya gak diseting ramah smartphone. Jadi versi desktop gitu. Padahal hasilnya tulisan jadi keciiiil banget. Bikin gak nyaman. Semoga kalau maj SEO lancar jaya, pemilik blog terkait segera memperbaikinya.

    BalasHapus
  11. Menerapkan SEO ke dalam tulisan emang perlu bgt, pastinya tulisan kita kan pengen banyak pembacanya. Basic SEO ini bermanfaat bgt mb

    BalasHapus
  12. Iya nih, SEO penting banget, dan aku masih menguasai yang basic banget hihihi...
    Blogku juga pakai QWords dan alhamdulillah lancar-lancar saja. Dari pertama hingga sekatang pakai QWords terus

    BalasHapus
  13. Akupun masih belajar SEO kak, page title-ku ini belum aku ubah wkwkw aduuh PR-nya banyaak

    BalasHapus
  14. Aku kayaknya perlu memperbaiki deskripsi blog deh. Biar makin jelas dan fokus dan mudah ditemukan

    BalasHapus
  15. dari awal beli domain sampai sekarang ilmu ku masih cetek banget soal SEO kak, ya bener kata kakak kalau ada lomba SEO gitu yaudah langsung outar lagu Maudy Ayunda - Tahu diri ~

    BalasHapus
  16. I feel u Teh, udah males ikut lomba apalagi klo ngga di endorse apalagi itu lomba seo heheh ngga ngerti tapi makasih tipsnya bermanfaat pisan

    BalasHapus
  17. Memang bener sih kalo blog lemot banget dibuka, boro-boro mau nerusin, lanjut aja ke blog orang, toh topiknya hampir sama

    BalasHapus
  18. Wiwin | pratiwanggini.net14.44

    Saya juga masih terus belajar tentang SEO, mba Nia.. Saya makin paham ketika ada project bikin artikel yang harus SEO-friendly. Nah disitu kami dibimbing mbenerin meta tag, meta description, dsb.. Lumayanlah dikit-dikit blog saya ada yg mulai diperbaiki supaya SEO friendly.

    BalasHapus
  19. Saya langsung cek sendiri. Mudah-mudahan udah menerapkan tip-tips di atas. Memang enaknya kalau buka blog tuh yang cepat. Kalau kelamaan duka saya tutup lagi

    BalasHapus
  20. Saya sepertinya harus memperbaiki kecepatan loading blog nih mbak..juga beberapa hal di tips SEO di atas masih belum saya optimalkan.
    Trims sharingnya..pengin blog lebih baik lagi memang nesti peduli dengan SEO ini yaa

    BalasHapus
  21. Hal sederhana yg saya lakuin utk menstabilkan loading selalu usahain resize gambar sebelum post
    Pingin banget bisa mahir SEO biar tulisan bisa gampang ke detect google

    BalasHapus
  22. aku mau lah menerapin ilmunya diblog saya. biar makin banyak orang mendapat manfaat karena sudah berkunjung di blog saya

    BalasHapus
  23. Beberapa kali dapat pencerahan dari teman blogger & ikut project berSEO, sekarang tiap posting selalu praktekin langkah langkah SEO. Alhamdulillah PV jadi nambah

    BalasHapus
  24. Karena da Ku melorot jadi ga begitu semangat blogging.. harus ningkatin ilmu SEO nih

    BalasHapus
  25. Kebanyakan SEO diterapkan di wordpress ya optimasinya, nah aku pingin banget belajar SEO untuk di blogspot soalnya udah gak punya blog wordpress lagi

    BalasHapus
  26. saya nih mba nia yang masih ngeblog sekedar nulis (itupun belum produktif banget). belum merhatiin yang gini2 :D

    BalasHapus
  27. Menerapkan SEO ke blog tuh skarang udah jadi wajib deh agar tulisan kita dikenali dan juga banyak yang baca . Aku praktekkan deh

    BalasHapus
  28. point 1, sudah diterapkan, walau kadang mikirnya lama kalau mau buat deskripsi.
    point 2, sedang mencoba untuk konsisten nulis
    point 3, tergantung web hosting
    point 4, alhamdulillah sudah
    point 5 belum. Mau coba setelah baca postingan ini hehe...

    BalasHapus
  29. Masih belum bisa pakai qword...atau gak niat hahahaha .

    Belum ada survei survei qwords..

    Kalau judul mulai dirapiin..

    BalasHapus
  30. dulu aku ngeblog asal nulis, sekarang kok makin kesini blog aku makin tenggelam, ternyata karena aku nggak menerapkan SEO ini :( peer terbesarku adalah "Perbaiki Kecepatan Loading Blog" karena dari dulu nggak pernah di resize langsung upload huhuhuuu

    BalasHapus
  31. semua tips sudah saya praktikkan mbak, hanya yang page title itu lho yang belum paham, huhhuhuuuu

    BalasHapus
  32. saya malah belum tahu menahu tuh soal daftar di web master, omg kemana aja saya selama ini, thanks infonya mba nia

    BalasHapus
  33. Kumasih suka males update blog mba, penyakit sih ini hhahha.. btw makasi buat tipsnya mba, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  34. Terima kasih ya udah mengingatkan dengan tips2 seonya. Walau sederhana namun tentu berguna dong buat meningkatkan performa blog kita

    BalasHapus
  35. Masih belajar dan terus belajar tentang SEO untuk optimasi blog. Soalnya persaingan blog makin ketat .. :)

    BalasHapus
  36. aku masih belum mudeng banget teh tentang SEO kudu belajar offline hehehe semoga bisa nih

    BalasHapus
  37. aku tuh udah berkali - kali baca tips maksimalisasi SEO tapi teuteup ajaaa kalua ngblog banyak lupanya hehehe. Yang penting nulis dengan baik dan taruh foto kereen heehehe

    BalasHapus
  38. Kalo Google Webmaster itu sekarang udah otomatis ya kayaknya. Teknik SEO ini semua udah aku terapkan, memang makin meningkat trafik di blog. Tapi kudu konsisten juga, ya mbak

    BalasHapus
  39. Yang masih aku bingung itu mendaftarkan blog di google webmaster teteh. Ada gak ya tutorial videonya? Biar langsung belajar sendiri.

    BalasHapus
  40. Dulu aku kita ngeblog ini hanya sebatas nulis, share dan selesai. Ternyata banyak banget yang harus dipelajari terutama SEO ini. huah belajar SEO gak khatam" aku.

    BalasHapus
  41. Optimasi dengan SEO ini perlu ketekunan. Harus dibiasakan setiap publish artikel menerapkan semua tips ini. Saya bookmark ah biar bisa dibaca-baca lagi tipsnya.

    BalasHapus
  42. Point yg ke 5 belum nih mba.. dan baru tau loh.. mau cb daftarkan ahh makasih mab tulisannya

    BalasHapus
  43. aku masih buta banget nih tentang SEO..
    makasi infonya, mba...beberapa bisa langsung dipraktekin nih :)
    sapa tau abis itu PV nya jadi ribuan ya...hehehehe...

    BalasHapus
  44. Aku nih masih kudu belajar SEO, suka bacain beberapa tulisan tentang SEO dan aku terapkan pelan-pelan. Sebenarnya membuat konten ini yang kudu rajin juga ya teh.

    BalasHapus
  45. tadinya saya juga cuek soal SEO ini mbak, tapi lama-lama akhirnya belajar juga yang sederhana. dari tips di atas point nomer 2 nih yang masih jadi PR

    BalasHapus
  46. Pengin bimbingan khusus, teh..
    Hehhe..terutama bikin Meta yang menarik, keyword yang pas di mata mbah gugel.
    Soalnya pas dapet job SEO, gak bisa memenuhi ekpektasi si pemberi job itu...sedih.

    BalasHapus
  47. sebagai newbie blogger aku memang harus belajar ilmu SEO ini supaya blog lebih dikenali di SERP :)

    BalasHapus
  48. Makasih banyak info nya.. aku maih peer bgt sih klo uh urusan SEOm soal nya gampang gampang susah klo gini tuh..

    BalasHapus
  49. Nyesel waktu minta bikinin template yang lucu...
    Harusnya minta yang sederhana aja asal responsif dan cepet loadingnya.

    BalasHapus
  50. Udah baca ttg seo ini jd ngingetin diri sendiri lagi deh, kadang sering lupa, apalagi kalau lg males update blog pdhal ngakunya blogger, ya salamm malu aq tuhhh

    BalasHapus
  51. Tips SEO nya mantul nih, blog ku blum maksimal buat seo nya haha. Tp paling ga beberapa poin sudah aku lakuin buat blog ku. Hehe

    BalasHapus
  52. yap no 3 utama banget buat saya. kalau lola, kan pembaca kebanyakan ogah nunggu dan langsung close. cari blog lainnya... saya jg gitu sih, haha

    BalasHapus
  53. Semenjak migrasi ke WP, aku harus belajar banyak niiihh. Masih bingung ngutak ngatiknya.

    BalasHapus
  54. Jadi pengen tahu kecepatan blogku. Soalnya suka ada yang komplain gak cepet padahal di aku baik2 aja. Apa jaringan internet juga pengaruh kali ya. Coba ah aku tes dulu. Thx infonya mbak :D

    BalasHapus
  55. Bermanfaat sekali tips nya kak, langsung deh tak cek dan coba satu-satu. Penyakitnya sih cuma satu, males hehehe

    BalasHapus
  56. saya juga baru belajar menerapkan seo blog ini. Hasilnya belum ketara. semoga suatu saat bisa ikutan page one. semangaaat

    BalasHapus
  57. Wah, bermanfaat dan bener banget nihh tips-tips nya! Nice post beb! Jadi bisa nambah referensiku supaya postingan blog ku lebih SEO friendly ni..

    BalasHapus
  58. Wah, bermanfaat dan bener banget nihh tips-tips nya! Nice post beb! Jadi bisa nambah referensiku supaya postingan blog ku lebih SEO friendly ni..

    BalasHapus
  59. Noted Mak, trnyata aq masih ada 3 peer ini. Daftarin blog ke webmaster, uji kecepatan blog, sama isi meta desc blog. Tq sharingnya Mak

    BalasHapus
  60. Aku semangat sih mba kalo belajar SEO. Tapi praktiknya kan perlu waktu, duuh susyah sekali baru buka laptop udah dirubung bocah-bocah. Tapi, tetep berusaha nerapin yg dasar2 aja :D

    BalasHapus
  61. Barusan banget aku ngecek page speed blogku, mbak. Hasilnya masuk kategori slow, haduhhhhh. Kudu buru-buru berbenah nihhh :(

    BalasHapus
  62. Sebagai blogger pemula aku merasa terbantu baca ini mbak, soalnya emang belum paham soal SEO dan hal hal seperti itu , tapi setelah ini bakal lebih peduli terhadap seo blog

    BalasHapus
  63. Aku ngerasain banget nih mba setelah hosting sendiri, blog jadi lebih rame tapi ya gitu mahal bayarnya haha

    BalasHapus
  64. Wah, aku masih harus banyak belajar nih. Masih bingung harus diapain blog-nya.

    BalasHapus
  65. Aku pun lagi belajar SEO ini, blog aku pun di otak-atik terus biar semakin SEO friendly ya

    BalasHapus
  66. bermanfaat banget teh Nia, duh aku sebagai newbie banyak banget PR nya ini mah hehe. Dan yang belum aku ulik dari webmaster itu tuh

    BalasHapus
  67. Masih harus banyak belajar lagi nih tentang SEO, terkesan kayak rumit padahal kalau diterapin dengan seksama mudah banget. Aku penasraan sama kecepatan blogku, mau coba tes ah..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)