10.7.19

Hansaplast Spray Antiseptik, Obat Pembersih Luka Gak Pake Perih

hansaplast-spray-antiseptik

Tiap anak itu unik. Begitu kata orang-orang. Begitu juga kata saya. Sebagai ibu dari 4 anak, saya tentu tak sedikit pun meragukannya. Tapi, di antara sekian banyaknya keunikan mereka, ada pula kesamaannya. Yang dari mulai anak pertama hingga anak keempat, memiliki sifat itu. Misalnya saja adalah sifat lebay terhadap luka.

Ya, semua anak saya, paling parno dengan luka. Sekecil apa pun lukanya, saat dibersihkan dengan alkohol dan lalu diberi obat luka, mereka pasti nangis kejer. Dan begitu mandi, sekali pun si luka ditutup plester, mereka akan meronta-ronta takut kena air.

Saya tahu, saya kurang tepat jika menyebut itu sebagai sesuatu yang lebay. Mereka merasa perih dan kesakitan saat lukanya dibersihkan alkohol. Tapi ya gimana, supaya lukanya bersih dan tak menimbulkan infeksi, hal itu tetap harus dilakukan.


Jangan Bersihkan Luka dengan Alkohol!

Ngomong-ngomong soal menggunakan alkohol untuk membersihkan luka, saya baru tahu kalo itu ternyata tidak tepat. Selain menimbulkan perih karena mengiritasi luka, alkohol juga membuat sel kulit hidup di sekitar luka menjadi mati. Tak hanya kuman-kumannya saja.

Menurut dokter ahli luka, yaitu dr. Adisaputra Ramadhinara (Certified Wound Specialist Physician), Rasa perih yang menyengat saat luka diberi alkohol dan iodine itu tidak berhubungan dengan efektifitas penyembuhan luka. Keduanya hanya akan membuat kulit kering yang akhirnya memperlambat proses epitalisasi (penutupan luka dengan pembentukan sel-sel epitel baru).

hansaplast-spray-antiseptik
dr. Adisaputra Ramadhinara
(Sumber: Ig @dokterluka)

Terus harusnya gimana dong penanganan kita terhadap luka? Menurut dr. Adisaputra Ramadhinara, begini cara memperlakukan luka yang baik dan benar.
  1. Bersihkan luka secara fisik dan biologis dengan menggunakan antiseptik yang aman yang menunjang penyembuhan luka.
  2. Tutup luka dengan plester.
  3. Bersihkan luka kembali setiap mengganti plester.

Waduh, selama ini saya salah banget ternyata. Saya jarang banget pake plester. Paling banter pake plester itu saat luka mau kena air, seperti mandi. Saya kira, luka yang terpapar udara bebas bakal lebih cepat sembuhnya. Dan selama ini, saya juga selalu pake alkohol serta iodine untuk membersihkan dan mengobati luka. Cuma mitos ternyata ya!

Etapi, bukannya kalo pake plester itu, luka bakalan lembab dan lalu benyek karena kulit gak bisa bernapas? Masih menurut dr. Adisaputra Ramadhinara sih, ya pinter-pinter aja pilih plesternya. Kita kudu pilih plester yang breathable. Yang menutup luka tetapi tetap membuat luka bernapas.

Mitos juga katanya kalo luka ditutup plester bakal jadi sarang kuman. Sebaliknya, plester itu menutup luka dalam rangka meminimalkan risiko luka kena infeksi akibat masuknya kuman dari udara luar. Lagi-lagi, pemilihan plester yang tepat, yang mengandung zat antiseptiklah yang harus dilakukan.

Polyhexanide (PHMB) Sebagai Pembersih Luka

Mencermati lagi penanganan tepat terhadap luka, khususnya di langkah pertama, yaitu bersihkan luka secara fisik dan biologis dengan menggunakan antiseptik yang aman yang menunjang penyembuhan luka, menurut dr. Adisaputra Ramadhinara itu mengacu pada obat pembersih luka yang mengandung Polyhexanide (PHMB). Kenapa demikian, sebab PHMB tidak meninggalkan noda, tidak berbau, dan tidak menimbulkan rasa perih.

Masih menurut beliau, beliau tidak merekomendasikan pembersih luka yang meninggalkan noda karena warnanya hanya akan menutupi luka dengan warna yang bukan warna asli luka tersebut. Jadinya, keadaan luka yang sebenarnya tidak bisa terlihat. Obat pembersih luka yang mengandung Polyhexanide (PHMB) inilah yang lebih baik.

hansaplast-spray-antiseptik
Struktur polyhexanide

Memangnya Ada Obat Seperti yang Disebutkan?

Hansaplast membuat inovasi ini dengan meluncurkan pembersih luka yang praktis dan tidak menimbulkan rasa perih, yaitu Hansaplast Spray Antiseptik. Polyhexanide (PHMB) yang merupakan zat antiseptik yang banyak digunakan oleh para dokter di klinik dan rumah sakit karena tidak membuat perih, tidak meninggalkan noda, dan tidak berbau menjadi kandungan utama Hansaplast Spray Antiseptik. Hansaplast sudah memformulasikan zat ini agar bisa tersedia dalam bentuk produk OTC (Over The Counter), yang boleh djual bebas tanpa resep dokter.

hansaplast-spray-antiseptik
Hansaplast Spray Antiseptik

Cara penggunaannya sangat mudah. Kita hanya tinggal menyemprotkannya dari jarak kurang lebih 10 cm ke seluruh area luka dan mengulanginya jika perlu, kemudian mengeringkannya secara perlahan di area sekitar luka. Praktis banget!

Wah, harus punya nih Hansaplast Spray Antiseptik. Anak-anak saya yang lebay terhadap luka, gak bakalan lagi teriak-teriak kesakitan saat lukanya dibersihkan dan diobati. Hansaplast Spray Antiseptik kan gak bikin perih. Jangankan si sulung, bahkan si bungsu yang biasanya paling susah diobati kalo luka, dan sekaligus juga yang paling sering terluka, gak kan lebay lagi.

hansaplast-spray-antiseptik
Penggunaan Hansaplast Spray Antiseptik yang praktis

Oke!

Baiklah teman-teman, sampai di sini tulisan saya. Teman-teman punya pengalaman serupa dengan anak-anak teman-teman yang lebay terhadap luka? Coba deh pake Hansaplast Spray Antiseptik. Mereka pasti gak bakal banyak drama lagi. Anti perihnya bakalan disukai mereka. Sampai jumpa di postingan berikutnya!

57 komentar:

  1. aku juga pake ini mbak praktis soalnya anakku termasuk yang lebay kalau jatuh, ga mau di obatin, kalau pakai ini kan enak tinggal semprot :)

    BalasHapus
  2. Saya gak berani pakai alkohol. Pasti bakal jejeritan. Syukurlah kalau memang gak tepat juga. Berarti saya semakin gak berani.

    Enak banget pakai Hansaplast Spray, ya. Tinggal semprot pemakaiannya

    BalasHapus
  3. Aku baru mau coba nih Mak, penasaran kayaknya oke dan higienis untuk menangani luka. Aku sering lecet2 soalnya :p

    BalasHapus
  4. Aku baru mau coba nih Mak, soalnya kayaknya ampuh dan higienis mengatasi luka. Soalnya aku sering lecet-lecet :p

    BalasHapus
  5. Baru tahu aku, rasa perih yang menyengat saat luka diberi alkohol dan iodine itu tidak berhubungan dengan efektifitas penyembuhan luka. Keduanya hanya akan membuat kulit kering yang akhirnya memperlambat proses epitalisasi (penutupan luka dengan pembentukan sel-sel epitel baru).

    Sama ... Mikirnya mitos luka terpapar udara lebih cepat sembuh yaaa

    BalasHapus
  6. Wah saya juga pernah pake ini. Pakenya gampang, kemasannya juga praktis dibawa kemana mana. Selain itu karena bentuknya spray, saya merasa produknya lebih higienis.

    BalasHapus
  7. Saya pernah pakai ini, penggunaannya gampang sekali, tinggal semprot. Selain itu, gampang pula dibawa kemana-mana.

    BalasHapus
  8. Baru tahu ya ... Rasa perih yang menyengat saat luka diberi alkohol dan iodine itu tidak berhubungan dengan efektifitas penyembuhan luka. Keduanya hanya akan membuat kulit kering yang akhirnya memperlambat proses epitalisasi (penutupan luka dengan pembentukan sel-sel epitel baru).

    Nah selama ini malah diablak tu luka

    BalasHapus
  9. Asik banget ada spray antiseptik ini.
    Jadinya bersihkan luka beneran nggak rempong.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  10. aku baru tau deh ada hansaplast spray, di tempat ak belum masuk barangnya semoga segera ada, praktis banget tinggal semprot

    BalasHapus
  11. Baru tahu ada hansaplast spray ini, selama ini tahunya hansaplast plester, yang suka banget dipakai sama Tio karena karakter-karakternya yang lucu.

    BalasHapus
  12. Aku juga selalu sedia produk ini di kotak P3K. Ngak perih dan tinggal semprot jd lebih praktis. Solusi banget ya.

    BalasHapus
  13. Wah ternyta malah ga boleh diguyur alkohol yah wkwk selama ini salah dong ya. Btw praktis jg hansaplast spray ini ya.

    BalasHapus
  14. Akhirnyaaa ada inovasi dalam per-plester-an ya mbaaaak. Cukup semprot dan beres. Ngga perlu drama-drama kesakitan lagi karena diplester.

    BalasHapus
  15. drluka masih muda banget yaaa. saya juga kalau jatuh, maunya dibersihkan pakai ini ajah praktis. apalagi kalau anaknya pakai acara sembunyikan luka, langsung semprot ajah, bersihkan luka jd mudah

    BalasHapus
  16. Waah produk baru yah ini. Saya belum pernah liat ada yg jual nih di Krian, Sidoarjo. Beli online ajah ah, pengen punya buat taruh di kotak P3K

    BalasHapus
  17. Wah aku baru tahu teh ada yang semprotan luka yang ngga perih, anakku termasuk drama king kalau luka..diobati malah heboh..

    BalasHapus
  18. hoooo, pas banget inih... Aku lgsg share link postingan ini ke teman yg sudah putus asa menghadapi anaknya yg drama banget kalau diobatin lukanya. Mudah2an setelah menggunakan ini, anaknya gak baper lagi. Thanks mak!

    BalasHapus
  19. punya anak yang dramanya ngelebihin drama queen kalo perihal sakit, penting banget punya Hansaplast Spray Antiseptik ini di rumah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejak ada Hansaplast Spray Antiseptik memudahkan aku untuk merawat luka Darell tanpa drama hahahha

      Hapus
  20. aq sudah lama pakai ini mbak dan menurut aq pas dulu beli ini keren banget krn sebelumnya kan ribet yah harus sedia obat dan kapas juga untuk mengobati tapi ini tinggal semprot aja gitu ke lukanya, inovatif banget, terus juga bisa di bawa-bawa apalagi buat yang punya anak yang aktif harus selalu sedia deh

    BalasHapus
  21. Nah ini paling demen kalau nggak pakai perih saat dioleskan. Asyik.

    BalasHapus
  22. Anak-anak memang sering luka atau memar ya mba. Di usia yang aktif kita memang perlu punya obat antiseptik di rumah

    BalasHapus
  23. aku sering banget kena iris kalo masak teh, meskipun udah tua begini tapi gak kuat sama obat luka yang perih, suka langsung pusing dan lemes kaya mau pingsan, jadi hansaplast ini solusi banget buat ku.

    BalasHapus
  24. Ada produk baru antiseptik ya? Harus stock di rumah nih, kayanya praktis banget tinggal semprot kalau ada luka yah

    BalasHapus
  25. Handsaplast sekarang sudah ada dalam bentuk spray ya..aku belum lihat nih bentuk fisik nya. Mau beli kalo pas dapat

    BalasHapus
  26. Wah aku juga Perlu ini nih , karena aku teledor anak nya pasti Ada aja luka Muncul tetiba2 . praktis sekarang bisa di bawa kemana mana buat travelling juga nih .

    BalasHapus
  27. Kalau sudah urusan luka, pasti banyak dramanya, apalagi si bungsu nih yang karena perempuan sendiri agak cengeng. Kayaknya rekomen banget yah Hansaplast Spray antiseptik, semoga bisa mengurangi drama saat anak-anak luka.

    BalasHapus
  28. waaaah asik banget nih teh kalo bisa bersihin luka tanpa perih gini yaaa, aku juga harus punya nih kayanya buat si rumah hihi

    BalasHapus
  29. Waah baru tahu ternyata membersihkan luka dengan alkohol kurang tepat karena mematikan sel-sel kulit di sekitar luka, saya sih nggak pakai alkohol biasanya pakai air hangat untuk membersihkan luka, wajib nyimpen hansaplast spray nih, soalnya anak juga suka banyak dramanya kalau luka

    BalasHapus
  30. Aku belum nyoba yang ini teh. Padahal kami di rumah tuh boros hansaplast yg plester itu. Lah mIqdad itu ga luka aja ditempelin hansaplast hahahaha.

    BalasHapus
  31. Aku kayaknya masih lebay juga kalo ada luka d dengkul trus harus effort buat d bersihin dan d tetesin obat yg berwarna itu. Ak pikir bagus,ternyata engga ya. Jd pengen sedia Hansaplast spray deh

    BalasHapus
  32. Hhehe...iya, teh...
    Kaya barusan jatih mah...asa ga apa-apa, begitu di rumah, mau dibersihin, ya Allah....tereak-tereak.
    Tapi aku biasanya memang pakai alkohol, kan sebagai antiseptik.
    Ternyata gak bener yaa, teh?

    Harus sedia Hansaplat spray selalu di rumah niih..

    BalasHapus
  33. Ekpresinya anak-anak itu...
    Bikin orangtua melting yaa, teh..
    Polos dan ceria.

    Makin tenang sekarang kalau bersihin luka..ga pake drama nangis-nangisan karena perih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah,
      Hansaplast spray gak perih dan nyaman digunakan saat luka.

      Benda wajib ada di kotak obat di rumah.

      Hapus
  34. Saya juga selalu bawa hansaplast spray ini di tas obat, terutama kalau lagi travelling ke alam seperti hiking gitu. Anak-anak kan sering lecet, pakai ini praktis banget tinggal semprot aja :)

    BalasHapus
  35. Pernah ngerasain bersihin luka pada anak-anak itu perlu perjuangan banget.
    Belum apa-apa mereka udah meringis duluan, krn memang biasanya pembersih luka yang ada selama ini berasa perih. Hansaplast spray bisa jadi solusi pembersih luka yg membantu banget nih.

    BalasHapus
  36. Praktis banget ya buat dibawa saat pergi bareng anak anak, apalagi kalau tak perih. Kalau obat merah cair belum diolesi aja anak anak udah teriak terik perih hehe

    BalasHapus
  37. Aku sering denger gitu tu kalau luka pakai alkohol biar darahnya gak keluar lagi, ternyata salah ya. Yang benar dibersihkan pakai antiseptik, untung deh sekarang ada Hansaplast antiseptik spray yang praktis penggunaannya & perih waktu disemprot ke bagian lukanya

    BalasHapus
  38. Iya kalau bersihin luka pakai yg kuning2 biasnya tu khawatir perih ya. Kalau ini praktis dan cepet mensterilkan luka ya mbak. Wah kudu punya nih buat sediaan di kotak P3k makasih ya infonya

    BalasHapus
  39. Iya kalau bersihin luka pakai yg kuning2 biasnya tu khawatir perih ya. Kalau ini praktis dan cepet mensterilkan luka ya mbak. Wah kudu punya nih buat sediaan di kotak P3k makasih ya infonya

    BalasHapus
  40. Aku baru tahu ada hansaplast spray. Praktis juga ya mba. Bisa langsung semprot dan pas juga buat anak

    BalasHapus
  41. Penting nih nyediain hansaplast spray di kotak P3K di rumah, agar kalo sewaktu-waktu butuh, tidak perlu panik.

    BalasHapus
  42. Melindungi luka tanpa rasa sakit, asikkk ini aman deh
    aku kalo terluka males dibersihin lukanya, kalo disentuh sakit hehehe
    ini hansaplast spray aman ya mba Jadi pengen beli buat jaga-jaga di rumah

    BalasHapus
  43. Fahmi tuh Teh, kalau jatuh terus luka teh meni selalu banyak drama. Kalau udah ada hansaplast spray ini kayanya bakal gak begitu gogoakan teuing deh. Hehehe

    BalasHapus
  44. Kayanya aku perlu punya antiseptik ini di rumah. Anakku lagi sering banget jatuh dan terluka. Di kotak P3K aku sedia iodien sm plester dan perban sih. Ternyata ga boleh ya pake yang obat meninggalkan warna di kulit. Makasih sharingnya mba

    BalasHapus
  45. Aku pun pake dirumah bun.. gak drama2 lagi deh bersihin luka

    BalasHapus
  46. Wah harus sedia ini nih di rumah. Selama ini kalau anak terluka aku cuci lukanya pakai sabun anaknya meringis nangis, kalau pakai ini anaknya bebas nangis krn perih ya. Makasih info dan reviewnya :D

    BalasHapus
  47. Aku juga baru tahu kalau ngebersihin luka ggboleh pakai alkohol, karena biasanya ngebersihinnya pakai alkohol sih

    BalasHapus
  48. Saya baru tahu kalau membersihkan luka menggunakan alkohol justru tidak dianjurkan, selama ini kalau luka ringan pertolongan pertama stlh dibersihkan ya dikasih cairan alkohol.

    Btw, skrg produk hansaplast ada yg spray ya. Siip ini, jadi lebih enak pakainya.

    BalasHapus
  49. Produk baru dr hansaplast ya...mau alh klo k apotik buat stok

    BalasHapus
  50. wah wajib punya nih. iya lhoo saya juga masih biasa pake iodine /alkohol. ternyataaa....

    kalau plester sih sdh biasa pake merk ini. secara anak saya, luka dikiit aja mesti doplester hahaha

    BalasHapus
  51. Aih,baru tau kalau Hansaplast punya spray antiseptik gini. Ga perlu parno lagi ya anak jejeritan karena harus pake obat merah. Cukup semprotkan spray antiseptik ini dan bersihkan luka. Lanjut tutup pake plester yang breathable. Bereeess...

    BalasHapus
  52. Perlu banget stok ini, anak yanh jagoan ama yang cewek sama aja suka jatuh kalau maen sepeda, nah butuh banget pembersih luka yang semprot ini. Bakal aman enggak drama lagi deh

    BalasHapus
  53. Anak-anak pasti suka karena tidak pedih dan praktis digunakan ya sista

    BalasHapus
  54. ini baru ya? biasanya pake plester Hansaplast aja kalau ada luka. Berarti bersihkan terlebih dahulu dengan Hansaplast spray antiseptik baru deh pake plester.

    BalasHapus
  55. Emang ya kalo anak-anak luka sudah pasti lebay Mba. Anakku juga, tapi untung sudah ada hansaplast spray antiseptik ini ya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)