26.6.19

Yuk Amankan Website dengan SSL Certificate!


Manteman, saat lagi blog walking alias BW, apa sih yang suka bikin mengganjal di hati? Kalo saya, selain tema blogpost yang sangat canggih (karena saya lemot dan bikin saya roaming, terus bingung mau berkomentar apa, hehe), itu adalah blog yang alamatnya masih http. Iya, walopun saya gak banyak ngakses hal-hal pribadi, enggak tahu kenapa sejak Chrome menyatakan ‘Tidak Suka’ dengan website yang belum beralih ke https, saya jadi parnoan. Takut aja kalo secara gak sadar, saya tiba-tiba nginput password rahasia. Macam PIN internet banking. Tapi, karena udah jadi kewajiban, mau gak mau saya pun akhirnya tetep komen di blog tersebut.

Saya sebenernya gak terlalu ngerti dengan mekanisme dari ketidakamanan website atau blog yang masih pake http ini ke kita. Tapi dari yang saya baca, ini katanya bisa bahaya banget. Bisa membuat website tersebut mudah dibobol. Dan ke kita, segala macam password, PIN, atau bahkan nomor-nomor penting kayak nomor kartu kredit bisa dilacak. Hingga ujungnya kita bisa kebobolan. Karena hal ini, blog saya pun akhirnya beralih dari http menjadi https. Biar saya merasa aman, dan yang buka blog saya juga merasa aman.

Protokol Keamanan

Dari referensi yang saya baca, keamanan blog atau web itu erat kaitannya dengan SSL Certificate. SSL sendiri yang merupakan kepanjangan dari Secure Sockets Layer (SSL) adalah teknologi keamanan standar untuk membuat tautan terenkripsi antara server dan klien; server web (website web) dan browser; atau server email dan klien email (misal Outlook).

SSL inilah yang memungkinkan informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor jaminan sosial, dan segala macam password dikirimkan secara aman. Biasanya, data yang dikirim antara browser dan server web itu berupa teks biasa. Dan ini yang akhirnya membuat segala data kita berisiko disadap, yang penyadapannya dilakukan dengan menjegal semua data di celah antara browser dan server web ini. Singkatnya, SSL ini merupakan protokol keamanan.

Semua browser pada dasarnya memang punya kemampuan berinteraksi dengan server web aman menggunakan protokol SSL. Akan tetapi browser dan server butuh Sertifikat SSL agar koneksi menjadi lebih aman.

Ikon Keamanan Website

Coba teman-teman lihat ikon di bawah ini. Familiar dengan ketiganya, kan? Website dengan gambar yang mana yang sering teman-teman akses?


Nah, yang saya parnoin itu yang kedua dan ketiga. Kalo yang pertama sih jelas enggak. Bisa dibilang aman. Sebab informasi yang kita kirim atau kita dapatkan melalui website tersebut bersifat pribadi. Namun pun demikian, saat melihat ikon ini, kita tetap selalu harus berhati-hati saat menginput informasi-informasi pribadi.

Untuk ikon yang kedua, ini artinya website tersebut tidak menggunakan koneksi pribadi. Jadinya sangat memungkinkan bagi siapa saja untuk dapat melihat atau mengubah informasi yang kita kirim atau dapatkan melalui website ini. So, saat mengakses website dengan ikon seperti ini, lebih baik kita berhati-hati dalam menginput atau menggunakan data pribadi. Besar kemungkinan bagi kita untuk disadap dan disalahgunakan oleh siapa saja.

Website dengan ikon ketiga ini sangat berbahaya. Bahkan Chrome terlebih dahulu akan menyarankan kita untuk tidak mengaksesnya. Iya, jangankan untuk memasukkan informasi pribadi, bahkan mengaksesnya saja dilarang. Bisa sih kita nekad, tapi kita harus pasrah dengan segala risiko yang mungkin akan mengancam kita.

Yuk Amankan Website Kita!

Ini yang sepatutnya dilakukan semua pemilik website: mengamankan website masing-masing agar aman diakses siapa saja. Tak membahayakan kita atau pun pihak lain. Caranya tentu saja dengan SSL Certificate. Supaya segala akses yang melalui website kita tidak berisiko disadap dan disalahgunakan.

Untuk blog, dengan mengganti http ke https bisa dilakukan secara mandiri. Sebab kita tak banyak menggunakan data pribadi yang sifatnya rahasia. Semua dilakukan demi kenyamanan pengakses serta agar disukai mesin mencari, terutama Google. Ya, website atau blog yang menggunakan https akan lebih bagus peringkatnya di Google jika dibandingkan dengan website atau blog yang masih menggunakan http saja.

Mekanisme SSL bekerja
(foxutech.com)

Hal yang berbeda adalah website perusahaan atau yang sifatnya bisnis. SSL Certificate ini sangatlah krusial. Sebab berbagai data penting perusahaan, dan berbagai jenis data yang berhubungan dengan finansial, misalnya pembayaran, itu banyak terlibat. Kebayang deh gimana jadinya jika transfer uang yang jumlahnya triliunan, atau transaksi dengan jutaan kartu kredit di dunia tidak menggunakan SSL Certificate. Kejahatan dunia maya akan sangat banyak terjadi.

Dari berbagai referensi, saya bisa menyimpulkan manfaat dari SSL Certificate sebagai berikut, baik untuk website pribadi dan juga website bisnis.
  • Membuat website mendapat peringkat Google yang lebih kuat.
  • Membuat pengalaman yang lebih aman untuk pengakses website kita.
  • Membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan konversi
  • Melindungi data pelanggan dan data internal perusahaan.
  • Memberikan enkripsi komunikasi browser-ke-server dan server-ke-server.
  • Meningkatkan keamanan aplikasi seluler dan cloud kita.

Baiklah!

Nah, itu dia sekelumit hal mengenai SSL Certificate. Yuk amankan website kita dengan SSL Certificate ini. Untuk website bisnis, ada baiknya kita memilih layanan SSL Certificate yang terbaik. Supaya website kita benar-benar aman. Sebagai referensi, saya sih menyarankan untuk memilih Qwords. Perusahaan Hosting Indonesia terbaik ini juga memberikan layanan SSL Certificate terbaik. Pengalamannya yang banyak, responnya yang cepat, dan jumlah kliennya yang semakin bertambah terus merupakan jaminan dari kualitas layanannnya yang memang bagus.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya!



Referensi bacaan


  • https://support.google.com/chrome/answer/95617?visit_id=636969398644547872-1298858620&p=ui_security_indicator&rd=1
  • https://foxutech.com/secure-sockets-layer-ssl-works/

46 komentar:

  1. Waaah makasih banyak teh infonya sangat bermanfaat, bisa langsung di praktekin ini mah agar supaya keamanan terjaga :')

    BalasHapus
  2. Wah nice info nih buat yang belum berpindah ke https yah..thanks teh sharingnya sangat bermanfaat banget..

    BalasHapus
  3. Jadi kalau mau pake layanan SSL langsung hubungi jasa penyedianya gitu ya tteh? Serem juga ya kalau blog keamanannya kurang terjaga

    BalasHapus
  4. makasih teh sharingnya, emang benar teh, kemarin pas aku migrasi juga langsung pindah dari http ke https..ya walaupun kurang paham juga tapi ikuti aja buat pengamananan

    BalasHapus
  5. SSL ini penting pisan ya teh buat website / blog kita supaya aman , jangan sampai website ga aman nih

    BalasHapus
  6. Tadi ga mudheng loh (anaknya Bolot) jadi itu toh fungsi SSL dan mengganti http ke https

    Noted... Secure Sockets Layer (SSL) adalah teknologi keamanan standar untuk membuat tautan terenkripsi antara server dan klien; server web (website web) dan browser

    Makasih Nia untung diterangin di sini. Mau tanya tanya kan malu ..

    BalasHapus
  7. Wah, saya baru ngeuh tentang pentingnya ssl... Makasih sharingnya teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qwords ini lengkap banget ya pelayanannya, mulai dari hosting, domain, ssl, dan lain-lain...

      Hapus
  8. aku masih nemuin blog yang tulisannya diujung not secure teh gemes pengen kasih tahu tapi takut aku dicap bawel :D

    Kebetulan nih pak boss kasih web ke aku bentuknya worpress suruh diulik dan aku masih ga bisa mana masih not secure wkwkwk disitu aku merasa sedih

    BalasHapus
  9. Ini tuh kaya dari http ke https gitu ya teh? *takut salah tangkep* hehe. Aku baru tau Qwords juga nyediain layanan SSL Certificate ini.

    BalasHapus
  10. Aku ada kelola website koperasi di kantorku nih
    Coba deh aku liat lagi utk pertimbangkan pake SSL Certificate

    BalasHapus
  11. Wajib banget pake SSL meskipun personal blog ya.. biar ngeblognya lebih merasa aman dan nyaman. .

    BalasHapus
  12. Keamanan web untuk bisnis memang sangat crucial. Penting banget memiliki sertifikat SSL ini agar web aman dari usaha peretasan yang mungkin dilakukan oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab.

    BalasHapus
  13. Sama dong mbak, aku juga kalo BW ada yang masih not secure jadi parno. Kalo punyaku aman mbak, udah posisi secure.

    BalasHapus
  14. Oh..jadi SSL ini wajib banget untuk web perusahaan yaa, teh..
    Maksudnya gak bisa sesimpel blog pribadi.
    Alhamdulillah kalau dibantu penyedia hostingnya...apalagi dengan pelayanan yang super cepat seperti di QWords.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah juga teh...chat sama adminnya QWords...
      Garcep banget jawabnya.
      Semoga makin banyak usaha yang maju bersama Qwords.

      Hapus
  15. Infonya bermanfaat sekali ini teh, aku mau coba deh

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah blog saya jg udah berhasil ke https. Alhamdulillah

    BalasHapus
  17. Nah ini nih baru ngerti aq dengan penjelasannya. Bbrapa hari ni baca2 tentang info SSL ini masih pusing sendiri maksudnya gimana. Mungkin karena bahasanya pada complicated ya. Makasi mba, sudah menerangkan dengan bahasa yang mudah. Jadi paham deh aku.

    BalasHapus
  18. kereen kak artikelnya..
    mampir ke blog saya juga yaa kak

    BalasHapus
  19. Jadi paham. Dulu saya bingung kenapa alamat blog kok ganti, padahal cuma nambah huruf 's', kok kudu update alamat segala. Ternyata manfaat SSL banyak banget yaa selain bikin keamanan terjaga

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah.. blog aku udah ganti ke https teh, informasinya berguna pisan! 😁

    BalasHapus
  21. berselancar di dunia maya emang kudu banyak ilmu dan aturan ya, termasuk ilmu soal SSL ini.

    Dibalik kemudahan dan kecanggihan teknologi, ada juga hal-hal yang harus kita tahu. Makasih infonya mbak :))

    BalasHapus
  22. Duh baru tahu aku teh..emang kudu banyak baca ya blogger tuh, setiap hari ada saja hal baru yang harus kita pelajari..

    BalasHapus
  23. Mahal gak teh biayanya ?

    BalasHapus
  24. Wah serem juga ya teh terkait http dan https. Penting banget untuk segera up k https nih, kan jangan sampe kejadian data pribadi kita kebobolan

    BalasHapus
  25. Dengan mengamankan website melalui Setrifikat SSL jadi sama-sama aenak ya baik bagi pengunjung atau pemilik websitenya. Ternyata lebih cepat terindex juga di google ya dengan pengggunaan SSL

    BalasHapus
  26. Sebenarnya untuk mengubah itu ke HTTPS itu cukup dilakukan sendiri atau butuh semacam sertifikat dari penyedia hosting ya, Mbak? Maaf aku memang belum terlalu ngeh. Kemarin tak utak-atik sendiri aja.

    BalasHapus
  27. Iya nih sekarang ketahuan banget blog atau web yang belum aman. Pasti ada infonya not secure. Kayak blogku yang satunya karena pakai hostingan gratis, jadi enggak bisa dikasih layanan SSL :(

    BalasHapus
  28. langsung dong kucek, ternyata punyaku not secure, duh jadi kepingin tanya tanya. Kemarin suamiku juga kome, punya kamu begini, tapi dia gak mau bantuin, katanya coba oprek dulu sendiri, nanti kalau ndak tahu diajari, duuh, ternyata penting ya

    BalasHapus
  29. mba biasanya aku pusing bacain ginian, tp ini paham dikit2, jadi makin tau deh gunanya SSL

    BalasHapus
  30. Aku dulu dianjurkan oleh blogspot atau google (lupa aku) agar mengganti http ke https, dan prosesnya juga sangat simpel dan mudah.

    Alasanya sama persis dengan tulisan di atas.
    Singkatnya, agar lebih aman!

    Baidewei,
    Aku juga beli domain di Qwords lho...
    Ini masuk tahun ketiga

    BalasHapus
  31. Aku malah baru tau tentang SSL, dan habis baca ulasan mbak, jadi pengen punya SSL demi keamanan website kita. Ntar deh bilang ke suami dulu soalnya dia yang bisa utak atik blog, aku mah bisanya nulis doang 😅

    BalasHapus
  32. Oh iya lagian kalaupun kita buat tautan ke website yang tidak secure yang kuncinya kebuka, biasanya blog kita juga mengingatkan kalau web tersebut gak aman.

    BalasHapus
  33. Iya betul nih SSL certificate sangat penting buat keamanan website. Sebel juga klo data kita diretas dan disalahgunakan.

    BalasHapus
  34. Aku udah ubah ke https juga dan merasa lebih secure. Tapi jadi dapat penjelasan lebih detail disini, hihi makasih ya Mba.
    Domainku yang Blog Kacamata Hani juga dari Qwords belinya, sejauh ini gak pernah ngalamin kendala apapun yang sampai harus komplain. QWords pelayanannya juga sigap, bantu banget saat aku ada yang gak ngerti.

    BalasHapus
  35. Wah aku baru tau nih kalo Komen di blog atau website yang belum https itu berbahaya. Berarti sekarang kudu pilih-pilih dunk yaa

    BalasHapus
  36. Iya nih aku lihat ada beberapa yang belum aman blognya bahkan di antara list BW yang saya ikutin lun masih banyak

    BalasHapus
  37. Baru tahu ttg SSL Sertificate ini, harus lebih dipelajarin lagi,baca bolak balik. Hihiii... Tengkyuuu Teh Nia

    BalasHapus
  38. Sekarang saya jarang buka website yang belum ada SSL, Mbak.
    Terutama kalau media online.

    BalasHapus
  39. saya juga khawatir kalo mengunjung mengu yang ga ada ssl ssl certificatenya mbak, maka dsri itu blog saya sendiri juga menerapkan ssl biar pengunjung jd betah, makasih sharingnya

    BalasHapus
  40. Biasanya kalau kita beli hosting sudah termasuk ssl gratisan

    BalasHapus
  41. Aku udah ganti ke https. Dan memang suka parno nemu 2 ikon web yang ga aman. Biasanya ga jadi diklik aja hehe

    BalasHapus
  42. Syukurlah sudah pindah ke https :)

    Thank you ilmunya, teh :))

    BalasHapus
  43. blog itu kayak alat untuk menghasilkan uang je, bahaya kalo kebobolan. aset berharga

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)