10.8.19

Mahasiswi Baru, Menuntut Ilmu Tak Kenal Waktu


Hore! Akhirnya tiba juga tanggal 8 Agustus 2019. Hehe, iya... saya kan nunggu banget tuh tanggal 8 Agustus kemarin. Ada yang tahu kenapa? Wkwkwk... bener banget, apa lagi cobak kalo bukan nonton film Mahasiswi Baru. Yang tayang perdananya memang 8 Agustus kemaren itu. Seperti yang saya harapkan di curhatan saya, abis nonton trailer-nya di link ini.


Manteman udah pada nonton film Mahasiswi Baru? Apa, belom? Duh... kok belom. Ayo buruan nonton. Rame deh. Kata saya sih, ini salah satu film Indonesia terbaik di tahun ini. Bakalan nyesel kalo gak nonton.

Nah manteman, sesuai janji saya, yang jika udah nonton bakalan nulis tentang filmnya, maka kali ini, saya bakal cerita tentang film Mahasiswi Baru. Simak terus ya, pokoknya seruuuu banget;

Tentang Dunia Perkuliahan

Iyes, sesuai judulnya, film ini bercerita tentang dunia perkuliahan. Tepatnya kehidupan mahasiswa-mahasiswi baru di Universitas Cyber Indonesia. Yang setting-nya berada di kota Jogja.

Widyawati, di film ini berperan sebagai Lastri. Seorang Oma berusia 70 tahun yang mendaftar sebagai mahasiswi baru di kampus tersebut. Bersama dengan Sarah (Mikha Tambayong), Danny (Morgan Oey), Erfan (Umay Shahab), dan Reva (Sonia Alyssa), Lastri menjalani kesehariannya berkuliah di sana. Suka, duka, hingga gokil, mereka lalui bersama.

Heran dengan oma-oma 70 tahun yang bisa berkuliah? Tadinya saya juga begitu. Tapi setelah nonton, saya mendapatkan jawabannya. Masuk akal dan tidak terlalu mengada-ada.

Oma Lastri saat hari pertama jadi mahasiswi baru

Problematika Kehidupan

Konflik di film ini tak hanya terjadi dalam urusan perkuliahan. Dalam kehidupan pribadinya, Oma Lastri juga mengalami lika-liku. Bahkan sebuah kejadian penting di kehidupan pribadinyalah yang mendorong Oma Lastri bersikeras untuk berkuliah lagi.

Ah ya, Oma Lastri tinggal bersama dengan Dokter Anna (Karina Suwandi), putri tunggalnya. Dan juga Amri (Izur Muchtar) menantunya. Ada pun suaminya konon sudah meninggal sejak lama.

Karakter-karakter Unik

Mengikuti jalan cerita film ini pasti tak terlepas dari melihat karakter-karakter unik para pemainnya. Dari Oma Lastri sendiri, hingga ke teman-teman kampus se-gank-nya. Ada karakter yang mewakili anak milenial yang kekinian, yang sedikit-sedikit membuat live story di media sosial. Ada karakter anak milenial kritis pejuang keadilan dengan petisi online. Ada karakter modis yang manis. Hingga karakter mahasiswa pinter. Ceplas-ceplosnya, komedi-komedi segarnya, dan berbagai permasalahan dari setiap karakter pemainnya membuat film ini seru. Jujur, selama 96 menit menonton, saya tak sedetik pun merasa bosan. Sebaliknya, saya merasa durasinya sangat terasa singkat. Tahu-tahu udahan aja. Huhuhu… padahal masih kepengen nonton!

Ah, hampir lupa! Di film ini, Slamet Rahardjo juga ikut main. Beliau berperan sebagai Dekan dari kampus Universitas Cyber Indonesia. Karakter beliau di film ini juga lumayan penting. Banyak sekali andilnya di dalam cerita dan juga ngakaknya saya saat nonton film ini.

Rasanya Campur Aduk!

Saat lihat trailer-nya, saya kira film ini hanya menyuguhkan cerita komedi. Ternyata saya salah. Iya memang, di sepanjang film, saya dan penonton-penonton lain pada ngakak terus-terusan. Tapi jangan salah, ada juga lho adegan-adegan lain yang membuat perasaan diaduk-aduk. Bahkan saya dibuat nangis. Iya, nangiiiiis!

Serunya genk Oma Lastri

Yang bikin perasaan diaduk-aduk, dari ketawa-ketawa hingga nangis, selain dialog-dialognya dan juga adegan-adegannya, itu adalah score film-nya. Iya, musik yang mengisi adegan-adegannya. Duh… saya suka banget! Ada musik bersemangat yang bikin ngekek; ada musik selow yang bikin termehek-mehek; dan ada juga musik romantis yang bikin berbunga-bunga. Lengkap banget pokoknya. Gara-gara nonton film ini nih, saya jadi searching-searching dan nambahin lagu-lagunya ke playlist di hape saya. :))))

Penuh Pesan Moral

Secara umum, film ini memang bergenre komedi. Namun pun begitu, humor-humor yang terlontar dari tiap pemain sarat dengan pesan moral. Tak menggurui tapi cukup jleb dengan kehidupan kita sekarang ini. Untuk para orang tua, untuk anak-anak milenial, untuk para mahasiswa, untuk para dosen, dan untuk berbagai kalangan, pesan-pesan moral yang tersirat dan tersuratnya sangat patut untuk diambil hikmahnya.

Ya bener, film ini bisa ditonton semua kalangan. Tiga belas tahun ke atas. Dan akan lebih seru kalo ditonton banyakan. Mau itu sama temen kuliah, temen sekolah, keluarga, temen kantor, atau pun yang lainnya. Biar ngakaknya semakin asyik.

Well…

Hmmm… apa lagi, ya? Gak mau spoiler ah. Sayang banget! Biar teman-teman langsung nonton dan lihat sendiri seperti apa seru dan ramenya film ini. Monty Tiwa, sang sutradara, buat saya sudah sukses menghadirkan film bermutu, namun ringan dan mudah dicerna berbagai usia.

Saya sendiri sangat berharap kalo film ini bisa ditonton banyak orang. Sebab ya itu tadi, selain sangat menghibur juga bergizi. Kaya akan nilai-nilai kehidupan yang kekinian.

Akting para pemainnya juga bagus. Natural dan tidak berlebihan. Untuk Tante Widyawati sih, saya salut banget. Total deh aktingnya. Energik dan lincahnya Oma Lastri sangat dijiwai oleh Tante Wadyawati.

Oke deh manteman, segitu aja cerita saya tentang film Mahasiswa Baru ini. Jangan lupa nonton ya. Mumpung sekarang masih tayang di banyak bioskop di seluruh Indonesia. Kapan lagi coba bisa nonton film bermutu kalo enggak sekarang. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

Selfie abis nonton! :)))

36 komentar:

  1. Asyik banget kayaknya : )

    BalasHapus
  2. Ini tuh film yang lagi heboh banget diomongin setelah Dua Garis Biru. Sayang banget saya belum punya kesempatan untuk menonton film di bioskop dalam waktu dekat.

    BalasHapus
  3. Ngebayangin oma 70 tahun kalian dan punya gank pula keren banget, jadi penasaran pengen nonton juga.

    BalasHapus
  4. Hahahah. Ya ampunn, aku baru nonton trailernya aja udh ngakak. Kudu nonton ini sih

    BalasHapus
  5. Sepanjang nonton film ini akuwl selalu dibuat tertawa tapi juga terbaru. Banyak hikmah Yang bisa diambil Dari film ini

    BalasHapus
  6. Aku nih belum nonton filmnya. Belum ada pergerakan hati soalnya. Karya om Monty Tiwa sih nggak diragukan lagi deh. Selalu mengesankan.

    BalasHapus
  7. Nonton film ini jadi semangat mau kuliah lagi teh,, Dan pnasaran mau tahu endingnya klo aktingnya udh gal d raguin lg y

    BalasHapus
  8. Penasaran sama film ini, terutama cerita Oma bisa kuliah di umur 70th gimana yaah, kl dunia nyata kayaknya ga bisa deh hihi

    BalasHapus
  9. Penasaran deh adu akting Tante Widya, Umay dan Morgan Oey, pasti kece bener mereka bertiga, natural semua aktingnya ya

    BalasHapus
  10. Sumpah ini film bikin penasaran banget, tanggal 8 kemarin ketika baru rilis di bioskop aku langsung nonton loh mba, dan ternyata ini film kocak abis. Dari awal mulai diputar sampai berakhir nya film, satu studio dibuat ngakak sama peran Lastri CS

    BalasHapus
  11. yes betul, suamiku hobinya juga sekolah mulu :)

    BalasHapus
  12. Aku belum sempat nonton ni, tapi lihat pemain dan sutradaranya, jadi jaminan banget klo film ini bagus.

    Dan aku setuju, menuntut ilmu tak kenal usia

    BalasHapus
  13. Meski udah Oma-oma tapi da Widyawati mah cantik dan enerjik ya. Beda sama Oma di kampung saya, hahaha udah peyot, ringkjh, bahasa Indonesia saja banyak yg tidak lancar.

    Senang banget sih saya dengan adanya film ini suami jadi termotivasi buat kuliah lagi hahaha...
    Alhamdulillah... Semoga lancar dan lulus tepat waktu deh mantan pacarku. Amin.

    BalasHapus
  14. Asli Oma Widya keren banget deh.. dapet banget humor dan pesannya. Aku liat traillernya loh kak

    BalasHapus
  15. wah mantap bikin penasaran nihh

    BalasHapus
  16. Lumayan nih,lama tidak nonton film ada referensi film bagus. Mau ah nonton sama mantan pacar...tfs mb...

    BalasHapus
  17. Belum nontooonnn... Padahal hari ini ada jadwal nonton bareng para pemainnya lho di semarang.

    BalasHapus
  18. Nggak nyangka oma Widyawati yang selama ini pembawaannya kalem dan berwibawa bisa kocak dan energik juga ternyata ya..

    BalasHapus
  19. Semoga film ini bisa membangkitkan semangat orang untuk menimba ilmu kaya oma lastri ya teh. Hihi.

    BalasHapus
  20. Wah saya belum sempat nonton, padahal penasaran banget pengen lihat widyawati berakting lagi

    BalasHapus
  21. Daku belum nonton Teh, hix.. Minggu ini lumayan padat merayap, jadinya masih belum sempat lihat aktingnya Oma

    BalasHapus
  22. Aku belum nonton film ini tapi udah ngelihat trailernya lucu banget lihat tante Widyawati jadi anak sekolah lagi, suka deh fim Indonesia kayak kini menyegarkan hehe

    BalasHapus
  23. Jalan ceritanya unik ya mbaa, apalagi diselingi dengan komedi dan isu-isu terkini. Kece banget nih film. Mesti nonton kayaknya.

    BalasHapus
  24. Seriusan film ini jadi bikin kangen masa-masa jadi mahasiswi, jadi penasaran juga dengan filmnya secara aktingnya Oma Widya mah ngak perlu diragukan lagi tapi kalau kolaborasi dengan pemain muda dengan karakter seumur pastinya beda banget nih.

    BalasHapus
  25. dari artis sampe ceritanya menarik semua ya teh sayang banget kalau ga pada tau ada film humor tayang bulan ini :) seru sih liat trailernya

    BalasHapus
  26. itu foto waktu oma di ospek lucu bangeet sih mba..suka litany. Agak geli juga hehehe. Kebayang seru dan asyik nonton film ini

    BalasHapus
  27. Aku suka ama film yang menghibur tapi ada nilai moral. Mau banget ah nonton ini kelak :)

    BalasHapus
  28. aku terlecut engan film ini, sebab keinginan buat kuliah lagi juga maju mundur loh, masa kalah ama oma lidya yah, hihihi. btw asli ngakak ya liat trailernya

    BalasHapus
  29. Banyak yang penasaran sama kating Widya Wati jadi nenek Lastri hehehe.... Monty Tiwa keren banget angkat tema komedi tapi menurutku sarat pesan sih

    BalasHapus
  30. duuuh saya jd pengin nonton film ini deh mbak nia. tapi anak2 dikemanaiin? hihihi...btw tempo hari pernah nonton kick andy yg ceritain mahasiswa baru kelahiran lama ini. dan nonton wwcrnya dg bung andy juga bikin gerrrrr

    BalasHapus
  31. Sempat nton trialnya memang kocak, semoga bisa nton filmnya langsung.

    BalasHapus
  32. Jadi inget belum nonton, kemaren udah baca2 pas mau tayang eh kelupaan. Kayaknya seru dan lucu jadi pengen nonton :)

    BalasHapus
  33. Hahaha aku nonton mahasiswi baru ini ngakak terus aku kak, aktingnya kece2 semua

    BalasHapus
  34. Duh jadi makin penasaran sama jalan cerita film ini deh :D
    Soalnya pada bilang ringan, lucu, tapi pesannya dapat :D
    Akting Widyawati plus anak2 muda lainnya jg tek tokannya bagus ya mbak :D

    BalasHapus
  35. Spoiler dikit donk mba ...apa alasan oma lastri pengen kuliah lagi, penasaran .

    BalasHapus
  36. seru banget sih liat acting mama wid, dan aku hepi banget kalo tau mama wid jadi pemeran utama d film mahasiswi baru ini.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)