26.8.19

Tips Memilih Asuransi yang Tepat dan Terjamin


Sekarang ini, banyak masyarakat yang menggunakan jasa layanan asuransi sebagai tunjangan hari tua kelak. Selain karena hal tersebut, asuransi juga digunakan sebagai salah satu aset jaminan masa depan. Banyak orang yang sudah menjadikannya sebagai sebuah kewajiban yang harus dipenuhi. Dan sebagai contohnya, asuransi yang banyak dipercaya adalah asuransi CIGNA. Namun, dari banyak pengguna ada beberapa yang mengeluhkan susahnya untuk klaim asuransi tersebut, hingga timbul pertanyaan bahwa benarkah asuransi cigna penipuan?

Dalam memilih asuransi yang digunakan juga perlu ditelusuri kebenaran dan keasliannya. Awalnya untuk menjamin masa depan mendatang, akan tetapi karena asuransi yang diambil tidak memiliki kejelasan yang pasti, ini bisa membuat kerugian untuk para penggunanya. Untuk itu, apa pun yang akan dipilih sebaiknya ditinjau lebih dalam terlebih dahulu, agar tidak menjadi masalah ke depannya.

Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa disetiap kehidupan pasti ada saja masalah yang harus dihadapi. Entah itu masalah ringan atau masalah yang serius, membutuhkan materi finansial mau pun yang bisa diselesaikan hanya dengan jalan pemikiran dan pemecahan masalah secara kekeluargaan. Tetapi tetap, tidak ada salahnya jika setiap manusia memiliki rencana cadangan untuk meminimalisasi kerugian apabila terjadi suatu peristiwa yang tidak diharapkan. Berikut adalah tips dalam memilih asuransi yang tepat dan sudah terjamin untuk keluarga.

1. Pastikan Penjual Produk Asuransi adalah Agen Berlisensi AAJI

Jika penjual merupakan agen resmi, dia akan bertanggung jawab terhadap klien yang menjadi tanggungannya. Apabila agen tersebut tidak resmi serta tidak memiliki sertifikasi, kelangsungan penjualan produk asuransi tersebut tentu saja dipertanyakan. Bisa dicirikan, jika orang tersebut tidak memiliki kemampuan di bidangnya, kemungkinan besar klien yang ingin mengklaim asuransinya akan merasa kesulitan. Sebab penjualnya itu sendiri bahkan tidak tahu bagaimana caranya, dan tidak dapat membantu kesulitan klien secara langsung.

Jelas ini akan sangat merugikan diri Anda sendiri dan keluarga. Untuk memastikannya, kita bisa menanyakan keanggotaan AAJI (Anggota Asuransi Jiwa Indonesia)-nya. Harap diingat, setiap agen resmi pasti telah terdaftar dan memiliki kartu AAJI. Baik yang bersifat sementara mau pun berlisensi penuh. Hal ini sebagai antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya. Jika agen tersebut tidak dapat menunjukkan kartu AAJI-nya, kita harus waspada. Dan boleh jadi meragukan keresmian agen asuransi tersebut.

2. Kenali Perusahaan Asuransi yang Menawarkan Produk

Dalam membeli produk asuransi, kita tidak perlu terburu-buru. Tapi juga sebisa mungkin tidak terlalu lama, karena sejatinya masalah kesehatan atau musibah, bisa saja terjadi kapan saja dan tidak bisa diprediksi.

Untuk memilih perusahaan asuransi yang tepat memang bukan hal yang mudah. Tetapi ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan. Seperti kredibilitas suatu perusahaan yang bisa ditentukan berdasarkan umur perusahaan tersebut. Ini tentu membuktikan eksistensi dalam pelayanannya kepada klien yang memilihnya.

Kredibilitas lainnya dari sebuah perusahaan dapat ditunjang dari seberapa banyak perolehan penghargaan. Di mana penghargaan yang didapatkan tersebut dapat dijadikan sebagai daya tarik bagi klien-klien baru lainnya. Yang artinya dengan perolehan penghargaan tersebut, berarti telah mendapat kepercayaan masyarakat banyak dan tidak bisa diragukan lagi.

3. Bandingkan Produk dengan Asuransi Lain

Kita juga dapat membandingkan profit yang ditawarkan oleh perusahan yang satu dan yang lainnya di dalam menemukan produk asuransi yang sesuai dengan kemauan kita. Karena membandingkan produk adalah hak dari konsumen. Kita juga dapat memilih yang terbaik dari beberapa pilihan produk asuransi yang ada.

Salah satu cara mengujinya yaitu dengan meminta bagaimana cara mereka memberikan ilustrasi tindakan perusahaan ketika kita mengalami suatu musibah. Perbandingan yang dilakukan juga harus sesuai dengan pengetahuan yang sudah dipelajari dari beberapa perusahaan asuransi lainnya, sehingga ketika mendapatkan produk asuransi yang tepat itu adalah hasil dari pertimbangan yang cukup matang.

Dengan mempelajari beberapa pertimbangan yang harus dilakukan sebelumnya dalam memilih produk asuransi yang akan digunakan, tentu akan sangat membantu kita dalam menentukan yang tepat dan sesuainya dengan kebutuhan. Untuk itu, selalu pertimbangkan dengan baik dan matang sebelum memilih sesuatu apapun itu dalam kehidupan sehari-hari.


18 komentar:

  1. Setuju teh pelajari dulu sebelum memutuskan produk asuransi yang akan digunakan yah dan pertimbangannya juga kudu mateng banget sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  2. Sebagai menteri keuangan di rumah, rasanya memilih asuransi sepertinya harus detail dan tau dulu perusahaannya. Kebetulan aku juga menggunakan asuransi sebagai proteksi diri kami sekeluarga.

    BalasHapus
  3. Pilih asuransi itu ibarat cari kutu Mak, kudu JELI bin TELITI hehehehe
    Banyak penawaran yg datang, dan kita musti "bawel" nanya ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Nah, kalau beli di agen harus memastikan lagi ya, sudah ada belum lisensinya...Kadang kan ada yang main nawar-nawarin aja trus dijanjiin macem-macem...Kita kudu mastiin juga ya mba

    BalasHapus
  5. Membandingkan perusahaan asuran yang satu dengan yang lainnya itu emang penting banget, supaya kita tau yang mana yang lebih berpihak pada kita selaku pengguna.

    BalasHapus
  6. Aku pernah tertipu dengan asuransi, agennya nggak mau menanggung apa yang sudah kami bayarkan, malah udah resign. Harus bener-bener aware ya, ngecek dan memilih mana asuransi yang tepat sesuai kebutuhan keluargaku

    BalasHapus
  7. Aku pernah jadi pengguna asuransi Cigna dan Alhamdulillah waktu itu aku nggak pernah klaim asuransi dan pas banget ada program kalau setahun nggak ada klaim ada cashback atau pengembalian dana gitu masuk ke rekening. Jadi nggak ada penipuan deh pakai Cigna.

    BalasHapus
  8. memang jangan lupa untuk membandingkan dengan yang lain dan pilih yang coveragenya sesuai dengan kebutuhan kita yaa mba

    BalasHapus
  9. Iya bener mba, harus hati2 klo milih perusahaan atau jasa asuransi. Takutnya abal2. Aku juga lagi was2 ni mba, sbg pemegang polis.. perusahaan asuransi yang aku pake sepertinya lagi ga sehat keuangannya...

    BalasHapus
  10. Thank infonya Mbak Nia, sebelum ini pas bikin asuransi saya belum tahu kalau sebaiknya teliti Agennya Berlisensi AAJI atau belum.

    *well noted

    BalasHapus
  11. penting banget berhati-hati memilih asuransi,aku ya pernah "gagal" pdhal perusahaanya sudha cukup tua dan malang melintang di dunia perasuransian...
    wajib banget cek profile perusahannya

    BalasHapus
  12. Kalau ingat AAJI, jadi ingat dulu pernah ikut tesnya ini. Bener banget memilih asuransi memang harus yang tepat.

    BalasHapus
  13. Wah makasih tipsnya ya maaak, Tau aja sih sampe sekarang aku masih pilih pilih asuransi. Eheheee

    BalasHapus
  14. yap untuk pilih asuransi, saya cari yg perusahaan nya punya kredibilitas dg dilihat dari seberapa banyak perolehan penghargaan. browsing2 dulu gitu deh

    BalasHapus
  15. Nah, selain mempelajari perusahaan asuransinya, harus mengenal juga agen penjualnya ya... Jangan sampai salah pilih...

    BalasHapus
  16. gimana ya menyiasati aruransi yang ketika kalim nggak semudah pas promonya mbak?

    BalasHapus
  17. Penting banget nih utk tau detail dan membandingkan yaa. Karena banyak juga kuliat yang asal iyain aja tanpa baca lengkap polisnya.

    BalasHapus
  18. Keluargaku ada yg pake cigna ini bagus kok. Tipsnya well noted banget Mak :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)