31.8.19

Generasi Milenial Jabar Juara di Cooperative Fair 2019


​Teman-teman, ada yang tahu Hari Koperasi? Tanggal berapa coba kita merayakannya? Betul, tanggal 12 Juli. Keren deh, teman-teman pada hafal dengan Hari Koperasi ini. Saya sih, jujur udah​​ lupa. Kalo aja gak dateng ke acara kegiatan yang memperingati Hari Koperasi yang ke-72 kemaren, saya pasti gak ingat sama sekali.

Cooperative Fair 2019 yang Sangat Meriah!

Benar, Hari Minggu, 25 Agustus 2019 lalu, saya dateng ke acara yang merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Koperasi yang ke-72 ini. Kegiatannya bernama Cooperative Fair 2019, di Metro Indah Mall, Bandung. Kegiatan ini ternyata merupakan kegiatan rutin tahunan. Di mana Cooperative Fair 2019 kemaren adalah gelaran yang ke-16 kalinya.

Seneng banget saya bisa dateng ke sana. Meski cuma sebentar, dan hanya di hari terakhir, kemeriahan dari perhelatan ini sungguh terasa. Iyalah, acara ini sangat meriah, sebab di hajatan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat yang mengusung tema “Generasi Milenial Jabar Juara” ini dimeriahkan oleh berbagai acara. Dari mulai pameran produk; atraksi seni dan budaya; atraksi helaran atau arak-arakan berupa fashion on the street, komunitas reptil, cosplay, komunitas Ngaduide, komunitas lainnya; serta hiburan musik. Tak lupa, berbagai lomba kreativitas bagi para pengunjung juga dibuat di acara Cooperative Fair ini.

Lomba menghias donat

Para juara lomba menghias donat

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Jabar, Kusmana Hartadji mengatakan bahwa Cooperative Fair merupakan pameran produk Koperasi dan UMKM. Pameran ini diikuti pelaku KUMKM dari 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat, serta pelaku KUMKM dari provinsi-provinsi lainnya di Indonesia. Beliau juga menambahkan bahwa di kegiatan yang berlangsung selama tiga hari penuh tersebut ditampilkan lebih dari 100 produk unggulan. Tentu saja, produk-produk unggulan ini sudah dikurasi terlebih dahulu oleh tim juri.


Produk-produk Koperasi dan UMKM yang keren-keren

Gak percaya kalo produk-produk yang ada di pameran Cooperative Fair ini keren-keren? Coba deh lihat foto-fotonya. Dijamin, teman-teman semua bakalan ngiler kayak saya.

Produk-produk koperasi dan UMKM yang cantik-cantik

FYI, produk yang tampil di pameran ini di antaranya merupakan produk kuliner, fashion, craft handmade, alas kaki, makanan dan minuman, serta produk lainnya dari anggota koperasi berbagai UMKM yang inovatif, kreatif, unik dan inspiratif dari Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, organisasi perangkat daerah Provinsi, komunitas industri kreatif, kuliner kreatif, termasuk unsur dari perguruan tinggi.

Tentang Cooperative fair

Cooperative Fair pertama kali dibuat pada 23-28 Juli 2004, di Lapangan Gasibu Bandung. Selain dalam rangka memperingati Hari Koperasi yang ke-72, kegiatan yang berupaya meningkatkan daya saing, kreativitas, produktivitas, serta kemandirian Koperasi dan UMKM ini juga sekaligus perhelatan untuk merayakan Hari ulang tahun Provinsi Jawa Barat ke-74, yang jatuh pada tanggal 19 Agustus.

Kegiatan Lain Yang Sangat Berfaedah

Selain pameran, atraksi seni, dan juga lomba-lomba, di event Coperative Fair ke-16 ini juga dibuat acara-acara yang nambah wawasan dan pengalaman. Ada acara bimbingan konseling perkoperasian (pendirian koperasi, konsultasi koperasi, dan lain-lain); perijinan usaha untuk UMKM; serta seminar mengenai koperasi dan UMKM. Tentu saja, kegiatan-kegiatan ini bertujuan menciptakan interaksi positif pada masa sekarang dan masa mendatang.

Ah ya, di Cooperative Fair kemaren juga ada acara speed consultation yang melibatkan 12 konsultan pendamping usaha. Program yang merupakan hasil kerjasama dengan ABDSI Korwil Jawa Barat, Kadin Jawa Barat, serta PUM Netherland ini menghadirkan seorang konsultan ahli, yaitu Ibu Saskia Smith (PUM Netherland). Seorang pakar bidang pemasaran fashion ke Eropa yang pernah menjadi mitra dagang Indonesia.

Pastinya ya, acara-acara yang digelar dalam Cooperative Fair ini menjadi ajang yang saling memberikan inspirasi di antara para peserta dan juga pengunjung. Sehingga tidak mustahil jika pada akhirnya, event Cooperative Fair menjadi momen yang dirindukan oleh semua kalangan masyarakat. Dan jelas, hal ini juga bisa menjadi sebuah milestone untuk kemajuan Jawa Barat juga sebagai inspirasi bagi bangsa Indonesia secara umum.

Produk-produk koperasi dan UMKM

Generasi Milenial Jabar Juara

Pak Kusmana berharap, ajang Cooperative Fair ini tak hanya dijadikan sebagai ajang pameran, promosi, dan pemasaran produk kreatif unggulan Indonesia saja. Tetapi juga sekaligus menciptakan jaringan pemasaran produknya yang seluas-luasnya.

Diambilnya tema Generasi Milenial Jabar Juara sendiri menggambarkan sebuah harapan agar generasi muda Jabar dapat berperan aktif dalam pembangunan ekonomi Jawa Barat, khususnya melalui koperasi. Sebab selama ini, generasi muda masih kurang paham dan kurang mengenal koperasi. Tak sedikit dari generasi muda yang beranggapan bahwa koperasi itu jadul, dan hanya dikelola generasi tua.

So, melalui kegiatan ini, Dinas KUK Provinsi Jawa Barat mengajak dan mendorong generasi muda untuk paham, mengenal, sekaligus melihat bahwa koperasi itu sebenarnya sangat keren. Pemanfaatan TI melalui program digitalisasi koperasi merupakan buktinya. Di mana sejak tahun 2019 ini, sebanyak 200 koperasi diJawa Barat sudah melakukan laporan keuangan berbasis online dan pemasaran menggunakan platform koperasi.

Bimbingan teknik, pendampingan, dan pemberian aplikasi laporan keuangan berbasis online terus dilakukan pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada para pelaku koperasi. Sementara untuk generasi muda, dan dalam upaya mendorong era koperasi yang modern, telah dibuat aplikasi kopsismart.

Sebagian stand peserta Pameran Cooperative Fair 2019

Harapannya, dengan aplikasi koperasi ini, siswa dapat bertransaksi secara online. Selain tentunya, hal tersebut juga mendorong koperasi untuk mampu bersaing dan memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung usaha.

Well...

Melihat sendiri bagaimana kerennya acara Cooperative Fair 2019 yang lalu, sungguh membuka mata saya. Beneran deh, koperasi ternyata enggak jadul. Koperasi sekarang udah modern. Hampir semua peserta pameran sudah mengekspor produknya ke luar negeri, lho. Dan dari wawancara saya ke para pelaku usaha yang ikut pameran, animo dan permintaan dari luar negeri untuk produk mereka sangatlah tinggi. Nilai uang yang dihasilkannya pun sangat menjanjikan.

Beuh, malu banget saya dengan hal ini. Koperasi yang selama ini saya kira mati suri, ternyata berkembang pesat tanpa kita semua ketahui. Karenanya, buat anak-anak muda, yuk kenali koperasi. Coba deh masuki bidang ini. Selain bisa menjadi alternatif usaha, koperasi juga sangat menjanjikan.

Tak usah ragu untuk nanya ini itu tentang koperasi, jika belum tahu. Dinas Koperasi dan Usaha  Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat, dengan tangan terbuka akan membantu kita. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi saja:

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Bidang Usaha Kecil
Jl Soekarno Hatta No 705 Bandung 40286 Telp (022) 7320913-7302775
www.diskumkm.jabar.go.id
www.geraikumkm.com

Gak afdol kalo gak selfie! :D

29 komentar:

  1. Bagus-bagus banget produk-produk UKM nya mba, unik banget nih.
    Emang nggak salah disebut milenial Jabar juara.
    eventnya memang juara banget sih ya :)

    BalasHapus
  2. Aaakkk, seru banget kalo ada pameran koperasi dan produk UMKM macem gini.
    dijamin, ibu2 bakal mboroooonggg produk2 UKM ntuuh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Seru banget yaa event-nya, btw aku salah fokus sama produk-produk UMKM yang kreatif dan kece banget
    Pokoknya Jabar Juara yaa Teh!

    BalasHapus
  4. aku malah baru tahu ada hari koperasi teh, kakak aku kerja di koperasi tapi simpan pinjam bukan koperasi semacam ini, apa sama saja teh?

    BalasHapus
  5. Aku bru tau 12 juli adalah hri koperasi hahaha.. btw trnyata produk ukm bagus bagus juga ya.. kualitas nya juga pasti bersaing..

    BalasHapus
  6. Produk kerajinannya bagus2 banget. Aku selalu suka acara2 kayak gini. Betah.

    BalasHapus
  7. Wah keliatan seru yah. Aku paling suka sama kain batik nih, jadi pengen liat batik buatan UMKM deh, pasti ngga kalah keren!!

    etherealpotato

    BalasHapus
  8. sedih gak sempet kesini soalnya agak jauh dari Cimahi :(( Semoga ukm2 khususnya yang di Jabar makin sukses dan JUAARAAAA

    BalasHapus
  9. Cantik-cantik dan lucu-lucu produk-produk koperasi dan UMKM-nya. Stand-nya pun banyak dan beragam, ya.. wih.. seneng lihatnya. Saya pun juga mengira kalo koperasi udah jadul banget, Mbak.. ternyata meski udah tua usianya tapi tetep berjiwa muda, ya. Hihihi. Keren, deh :)

    BalasHapus
  10. Iya teh, aku pun kalau denger koperasi kesannya jadul gitu. Ternyata yaa banyak kontribusinya untuk bantu UMKM. Kalau aku ke sana kemarin pasti bakalan mupeng banget beli macem-macem. Cantik-cantik banget produknya 😍

    BalasHapus
  11. Produk UMKM sekarang makin cantik, aku suka kalung yang kece itu mba, etnik banget ya. Nah untuk lomba menghias donat pasti jadi favorit anak-anak nih. Mereka bisa menyicipinya setelah selesai penjurian ya

    BalasHapus
  12. Aku baru tau kalo ada cooperative fair gini. Tp bagus jg event kayak gini. Harus sering2 ada , sangat membantu pemasaran produk2 UKM

    BalasHapus
  13. Baguus - baguuus ya produk yang ditawarkan mba. Aku suka dengan perhiasan dan pernak - perniknya deh

    BalasHapus
  14. Aku kira Koperasi itu sama kaya Bekraf, teh...yang ada di Jalan Juanda.
    Senang banget kalau para pelaku usaha UKM bisa maju dan memasarkan produknya hingga keluar negeri.

    BalasHapus
  15. Wah keren banget ya event ini, dan Eny baru tau kalo koperasi sudah berkembang sangat cepat dan semodern ini. Semangat buat Jabar Juara !!!!

    BalasHapus
  16. Paling suka datang ke event UMKM, selain karena produknya yang unik dan kebanyakan handmade bisa belajar bisnis juga

    BalasHapus
  17. Keren ya ada acara begini. Produk lokal sekarang udah berkembang pesat, kualitasnya juga oke. Aku sempat langganan di toko sepatu lokal, walaupun masih dijual online dan belum ada offline storenya, tapi kualitasnya udah oke banget

    BalasHapus
  18. Produk-produk Koperasinya bagus-bagus banget ini teh Nia, apalagi kalau produk lokal. Aku sekarang lagi menggalakan untuk menggunakan produk-produk lokal juga soalnya.

    BalasHapus
  19. Wah banyak juga produk yang dipamerin mba, semuanya produk UMKM. Kece dan kreatif pisan deh

    BalasHapus
  20. Iya Mba Nia, setuju bgt Mba. koperasi juha harus melek teknologi agar tidak digilas zaman. Kalo udah gampang , bisa pesan lewat aplikasi insya Allah lebih maju lg koperasi

    BalasHapus
  21. Produk - produk UMKM tuh sebenernya pada keren - keren ya teh huhuhu ku jadi mupeng liatnya nih, kenapa kemarin ga kesini ya pdahal ini deket banget sama kantorku.

    BalasHapus
  22. yang craft kaktusnya bagus bangettt ih. acara-acara kayak gini harus lebih sering dibuat utk UMKM sih, supaya mereka bisa bersaing di pasar

    BalasHapus
  23. Event seperti ini seru banget ya, apalagi banyak produk-produk yang kreatif dan bagus bagus ya

    BalasHapus
  24. Huaaa cakep-cakep banget produk UMKMnya naksir berat euy sama cincin hehe. Btw emang sih dulu aku pikir klo koperasi itu jadul banget dan ingetnya waktu jaman masih sekolah kalau beli alat tulis ya harus di koperasi hehe.

    BalasHapus
  25. Barang-barang yang dihasilkan sangat cantik mbak dan memberikan nilai lebih. Memang produk milenial Kabar luar biasa :)

    BalasHapus
  26. Produk UMKM Jawa Barat ini khas yaa, teh..
    Motifnya, kesukaannya...
    Aku jadi makin cinta dengan produk-produk Indonesia.

    BalasHapus
  27. Penting bgt ini generasi milenial yang mau membangun kembali koperasi , Alhamdulillah koperasi tetap eksis , hanya sy yg kurang updet hehe

    BalasHapus
  28. Kalungnya cantik itu Mbak
    Bisa banget dipadupadankan sama pakaian pesta
    Kalau dilihat adekku pasti beli deh

    BalasHapus
  29. Wah keren Jabar, produk UMKMnya juga bagus ya teh. Aku suka produk garmen kalo dari Jabar. Kualitas nya bagus

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)