29.8.19

11 Tips Mendulang Traffic Ke Blog atau Website Kita


Blog atau website dengan traffic tinggi sepertinya merupakan impian dari para blogger dan pemilik website. Tak terkecuali dengan saya. Sebagai blogger dengan blog yang traffic-nya sebaliknya, ini tentu merupakan salah satu goal dari blog yang saya punya. Berbagai cara pun saya lakukan. tapi karena belom semuanya saya kerjakan, hasilnya jelas belom maksimal.

Ah ya, meskipun demikian, saya mau bagi-bagi ilmu tentang meraup traffic tinggi. Dan, biar teman-teman gak husnuzon, saya tekankan di awal, ya. Tips yang bakal teman-teman baca adalah hasil rangkuman saya dari berbagai sumber. Bukan dari apa yang saya lakukan. Saya sih, enggak… eh belom serajin itu. Siapa tahu, artikel inilah yang pada akhirnya mendulang traffic yang tinggi. 😁

1. Buat Judul yang Menarik

Judul yang menarik jelas akan membuat pembaca penasaran. Dulu waktu zaman sekolah, guru Bahasa Indonesia pernah ngasih tips di kelas. Katanya, agar suatu karya bisa dibaca sampe akhir, itu harus menggunakan bahasa yang menarik. Kalo perlu dramatis dan provokatif. Terutama bagian judul. Dulu saya setuju. Tapi sekarang kita mengenal istilah clickbait. So, judul yang menarik ini saya artikan sebagai pembangkit kepenasaranan. Dan sesuai dengan isi tulisannya. Bukan judul yang mengandung kebohongan yang isinya tidak berkualitas yang ujungnya untuk tujuan materi.

2. Menulis Konten yang Bermanfaat

Setelah judul yang menarik, tips lain agar tulisan banyak dibaca tentu adalah isi dari tulisan itu. Ya, tulisannya harus bermanfaat. Sekali pun kita ngeblog itu bentuknya kayak curhat, menambahkan tips, trik, moral story, atau semacamnya di akhir tulisan, pasti akan membuat tulisan kita jadi lebih bermanfaat.

3. Optimalisasi SEO On Page

Untuk SEO, saya pernah menuliskannya di blog ini. Baca lagi tulisan 5 Tips SEO Sederhana untuk Blog Kita di blog ini ya. Coba aja search dengan kata kunci itu. Di sana saya tuliskan cara-cara sederhana dalam optimalisasi SEO On Page. Dari judul, page title, dan juga meta description blog kita. SEO On Page yang optimal akan mendatangkan traffic organik dari mesin pencari.

4. Bagikan di Media Sosial

Setelah tulisan di-publish, share tulisan kita di akun media sosial kita. Bisa di Facebook, Twitter, atau pun di Instagram. Judul yang menarik akan membuat teman-teman di lingkaran kita membacanya. Dan apabila tulisannya bagus, tanpa segan-segan, temen-teman di circle kita pun akan membagikannya ke teman-temannya yang lain yang mungkin di luar pertemanan kita. Begitu terus menerus.


5. Bagikan di Akun LinkedIn

LinkedIn merupakan sebuah website tempat berkumpulnya para profesional. Selain berkesempatan tulisan kita mendapat traffic, juga bisa membuat kita ‘dilirik’ para profesional tersebut. Bisa jadi, gara-gara tulisan kita tersebut, ada yang akhirnya mengontak kita untuk bekerja sama.

6. Ikut Blog Walking

Meski tak banyak mendapat traffic dari sesama blogger yang ikut list blog walking, setidaknya tulisan kita menjadi rame dengan komentar. Jika kita berkomentar di tulisan teman blogger yang lain, yang mungkin komentar kita bagus serta relevan dengan tulisannya, kita bakal mendapatkan kunjungan balik dari siapa pun, bahkan blogger yang tidak ikut list blog walking. Tak hanya itu saja, dari sini juga kita jadi berkesempatan besar ‘dilirik’ agensi yang akan mengajak bekerja sama.


7. Ikut Guest Blogging

Ikut guest blogging akan membuat tulisan kita dibaca pembaca blog tersebut yang mungkin circle-nya berbeda dari kita. Jika mereka suka dengan tulisan kita, mereka nantinya akan langsung menuju ke blog kita. Boleh jadi, mereka ini akhirnya menjadi pembaca setia blog kita.


8. Mengajak Blogger Lain Jadi Guest Blogger di Blog Kita

Ini sebaliknya dari nomor 7. Dengan blogger lain menulis di blog kita, maka pembaca setia blogger tersebut, akan membaca blog kita. Siapa tahu, pada akhirnya mereka suka juga dengan blog kita yang memang merupakan tulisan kita.

9. Sisipkan Tulisan Sejenis

Menyisipkan tulisan sejenis dalam tulisan baru bisa membuat pembaca tulisan baru kita meng-klik tulisan-tulisan sejenis tersebut. Jadinya, pembaca bisa betah berlama-lama membaca tulisan kita. Nomor 9 ini sebenernya lebih pengaruh ke Bounch Rate. Namun, bisa jadi, di lain kesempatan, pembaca-pembaca yang suka dengan tulisan kita, pada akhirnya akan datang lagi dan lagi untuk membaca tulisan yang lain.

10. Beriklan di Media Sosial

Ini yang lagi ramai dilakukan. Untuk mendapat traffic tingi, banyak blogger dan pemilik website mengiklankan tulisannya. Kebanyakannya sih beriklan di media sosial. Baik di Facebook, Instagram, Twitter, atau yang lainnya. Banyak teman-teman blogger yang sudah berhasil mempraktekkan tips ini. Bahkan dari beriklan, tak sedikit dari pembacanya yang akhirnya jadi pembaca setia.

11. Pastikan Blog Kita Cepat Diakses, Responsif, dan Mobile Friendly!

Ini yang jangan lupa. Blog yang cepat, responsif, dan mobile friendly merupakan keharusan di zaman sekarang. Sebab semua orang kini menggunakan hape dalam mengakses internet. Lemot sedikit saja, atau kudu nge-zoom dulu sebelum membaca karena tampilan blognya masih versi web, pembaca bisa kabur. Bahkan mungkin kapok untuk dateng lagi. Ngapain ngabisin kuota. Mungkin begitu di pikiran mereka. Toh pilihan tulisan yang mirip dengan tulisan kita itu pasti sangat banyak.


Salah satu cara agar web/blog kita cepat diakses adalah dengan memilih hosting yang berkualitas. Dan yang berkualitas, itu tak harus mahal. Hosting murah juga bisa berkualitas. Misalnya kayak di Qwords. Banyaknya pelanggan Qwords dari berbagai kalangan, dari mulai blogger hingga korporat besar merupakan bukti dari berkualitasnya hosting di Qwords.

Tak hanya itu saja, berkualitasnya Qwords sebagai salah satu penyedia Hosting Indonesia, juga bisa dilihat dari cepat tanggapnya tim Qwords dalam membantu pelanggannya. Saya sudah membuktikannya. Saya sering menghubungi teknisi Qwords terkait blog saya. Padahal sebenernya, yang saya tanyakan gak serius-serius amat dan bisa dipecahkan sendiri dengan searching di Google. Kesabaran para teknisi Qwords patut diacungi 4 jempol!

Oke!

Oke manteman, sampe di sini tulisan saya tentang 11 tips mendulang traffic ke blog kita. Sekali lagi saya tekankan, ini hasil baca beberapa tulisan. Bukan pengalaman saya. Kan saya mah apa atuh… cuma blogger remahan berlian. Wkwkwkwk… Ada yang punya tips lain? Hayuk atuh kita sharing. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa! :D

36 komentar:

  1. Keren nih tipsnya, tulisannya perlu di bookmark biar nggak lupa kalau mau praktekan tips dari mba Nia. Sejauh ini aku baru mempraktekan sampai no.6 saja, sisanya harus aku coba. Thanks for sharing ya mbak.

    BalasHapus
  2. Ikutan blog walking list memang salah satu tips ampuh untuk mendulang traffic...Lumayan kan kalau nyebar di beberapa grup untuk saling BW :D

    BalasHapus
  3. Makasih tipsnya aa, masih ga mudeng nih tentang SEO

    BalasHapus
  4. Waaahhh aku masih peer nih bagian memberi judul yang menarik.. padahal kunci juga ya kak untuk hadir di google page

    BalasHapus
  5. Super tipsnya..makasih banyak mbak
    Saya yang belum pernah "Bagikan di Akun LinkedIn:.
    Mau coba ah..

    BalasHapus
  6. Siaaappp! Kudu mengaplikasikan satu demi satu untuk tips mendulang traffic blog nih
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. setuju kalau judul harus sesuai sama isi. jangan udah bagus judulnya bikin penasaran eh isinya kemana tau. aku masih belum paham gimana caranya ikut guest blogging mba?

    BalasHapus
  8. 5. Bagikan di aun linked in


    Waw saya mah sebelumnya nggak kepikiran sama sekali kak

    BalasHapus
  9. Masih Peer banget untuk beberapa poinnya. Apalagi yg poin 11. Makasih ya kak tipsnya.

    BalasHapus
  10. Nah aku yang belum pernah di share di Linkedln. Perlu dipertimbangkan nih, segera buat akunnya deh. Makasih infonya mbak Nia😊

    BalasHapus
  11. Setuju banget, Mbak Nia. Apalagi yang masalah SEO, terus share di medsos, itu berguna banget. Tapi aku masih belum bisa paham betul tentang SEO :( masih bingung.

    BalasHapus
  12. Optimasi SEO itu penting ya mbak.
    Percuma juga kita nulis, apalagi yang sponsored post, kalo gak sesuai dengan SEO, gak terbaca di mesin pencari.
    Jadi tentang SEO emang harus kita pelajarim

    BalasHapus
  13. terimakasih infonya, saya lagi butuh banget nih traffic ke blog.
    setelah ganti themes ntah kenapa Pageview saya terjun bebas, turun lebih dari 50% nya huhu.

    BalasHapus
  14. nuhun teh tipsnya, kebetulan PV aku anjlok pisan ini gara-gara kemarin sempet libur nulis :D ku coba deh teh tipsnya, semoga bisa naikkin kembali PV yang telah hilang hehehee

    BalasHapus
  15. Tentang guest blogging ini aku Sejujurnya baru baru ini tau loh MBmba hehe tapi sangat bisa dicobaa yah. Kalo soal SEO on page, jujur aja sangat belum maksimal, hehe

    BalasHapus
  16. Judul memang pengaruh banget. Saya sering langsung semangat membaca kalau judulnya udah menarik

    BalasHapus
  17. LinkedIn, akun ini saya enggak punya. Jadi berpikir buat bikin akun ini. Baru beberapa yang diterapkan. Memang banyak faktor yang bisa naikin trafic blog. Trims infonya, Mbak Nia

    BalasHapus
  18. Mantap nih, very nice kak

    BalasHapus
  19. Ahhh, baru eksekusi beberapa tips di atas. Blog ku masih baru kebetulan dan butuh tips tips di atas biar lebih banyak traffic ke blog. Termasuk kudu gangguin ITU kantor curi curi waktunya buat tanya ini itu seputar pengembangan blog ini. Makasih tipsnya mba

    BalasHapus
  20. Wah mantab mbak tipsnya. Aku yang pemula ini bener-bener belajar dari artikel ini. Makasih banyak yaaaa.. mau nyoba dipraktekkan satu-satu

    BalasHapus
  21. Nomor 3 PR banget buat aku.. berkali belajar seo tqpi blom bisa diterapin maksimal karena blom ngerti2 ... tapi as a blogger haruslah ya ngerti seo

    BalasHapus
  22. yang aku masih belum mengerti adalah guest blogging, gimana step by step nya gitu mbak?

    BalasHapus
  23. Remahan berlian itupun harganya muahal mbak.
    Tipsnya pelan-pelan mau saya pelajari dan diikuti, biat trafik naik, DA juga naik

    BalasHapus
  24. Aku udah melakukan semua tips di atas, Teh Nia. Tapi yang bikin guest post itu udah lama nggak melakukannya lagi. HArus ngajakin teman blogger buat bikin seperti ini ya

    BalasHapus
  25. Makasiih tipsnya yaa teh. Seringkali udah baca dan tau tapi lupa dipraktikkan euy. Jadinya belum maksimal hehehe

    BalasHapus
  26. Share di Linkedin, cukup sering saya share postingan blog di sana. Nah kalau share di sosmed ini yang masih minimal banget.

    (Harus mulai digiatkan lagi ini share ke sosmed)

    BalasHapus
  27. Blogku nih pagi kena suspend fb dan ig jadi ga bisa share di sosmed. Huhuhuhu. Kudu bersabar

    BalasHapus
  28. Tipsnya alhamdulillah dah saua jalanin semua tuh, Teh. Eh blm semua ding, tinggal iklan di medsos aja nih yg belum. Pengen sih.. kapan2 belajar aha ama teh nia ttg periklanan blog.

    BalasHapus
  29. Noted, mba! Pasti deh, blogpost nya Mba Nia selalu kasih tips yang oke bangeeet. Khususnya buat aku yang newbie ini heheee. Soal traffic sendiri ini masih PR aku bangeeett. Tipsnya bisa langsung di eksekusi nih mba hehe

    BalasHapus
  30. Ada beberapa tips yang sudah saya terapkan tapi sepertinya memang belum maksimal apalagi mengenai SEO masih perlu banyak belajar lagi.

    BalasHapus
  31. Wah iya nih aku belum memanfaatkan linkedin-ku dengan baik mbak. Ternyata bisa juga ya buat semacam portfolio gtu ngelist blog jg. Kapan2 ah aku cobain :D Mau merapikan linkedin jg nih :D

    BalasHapus
  32. Teeeeh ak belum pernah nyoba yg Guesst ini deh. Nuhun teh, semua point nya udah aku catat nih

    BalasHapus
  33. Sangat berguna informadinya, lagi coba terus bagaimana meningkatkan traffic

    BalasHapus
  34. Pengunjungku sedikit banget mbak. Sepertinya aku harus belajar tentang SEO.

    BalasHapus
  35. Kebanyakan memang judul yang provokatif selalu digemari banyak orang deh. Penasaran dan pengen berkomentar

    BalasHapus
  36. Jujur ni, baru sebagian yang kulakuin, harus lebih giat lagi deh aku setelah ini memang, untuk meningkatkan performa blog

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)