27.8.19

Hey Milenial, Begini Lho Cara Cek Saldo BPJS!


BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan sebuah program yang dibuat pemerintah Indonesia, termasuk program kesehatan. Tidak hanya bermanfaat, BPJS juga bisa membantu para pemiliknya untuk membantu keringanan proses pembiayaan pengobatan. Namun, ada studi yang mengatakan bahwa masih banyak warga yang belum terdaftar BPJS Kesehatan, terutama milenial. Padahal, cara pembuatannya, cara cek saldo BPJS sangat mudah. Apa alasannya?

Dalam kelompok milenial yang pernah diteliti di tahun 2018, dalam jurnal The Lancet, mendapatkan hasil bahwa hanya 52% milenial dengan rentan usai 20-35 tahun, yang terdaftar sebagai peserta JKN - BPJS. Bahkan faktanya, banyak milenial yang sebenarnya mampu untuk membayar iuran BPJS, namun belum memiliki keinginan untuk mendaftar dan menjadi peserta.

Ada banyak alasan yang mereka sampaikan, mulai dari belum percaya akan pelayanannya, hingga merasa kalau mereka belum membutuhkannya, karena mereka merasa belum sakit, seperti yang dikatakan dr. Rina dari Departemen Ilmu Gizi, FKUI-RSCM.

Tidak hanya soal keraguan mereka, milenial juga masih belum memahami sistem premi asuransi yang diterapkan JKN - BPJS. Karena, mereka sering kali mempertanyakan soal pengembalian uang ketika tidak lagi menjadi peserta BPJS. Padahal, jika mereka memahami sistem iuran, premi, pelayanan, manfaat, hingga mudahnya cara cek saldo BPJS, mungkin mereka bisa menyadari bahwa memiliki BPJS sangat penting, apalagi untuk kesehatan karena bisa mempengaruhi keberlangsungan kehidupan mereka di masa depan.

Sehingga, sampai sekarang BPJS masih terus membuat beragam inovasi baru, seperti kemudahan cara cek saldo BPJS, serta cara yang tepat agar mereka bisa memberikan pemahaman tentang penting BPJS. Sehingga milenial mau mendaftar menjadi peserta BPJS.

Nah, bagi yang belum tahu cara cek saldo BPJS online, di bawah ini adalah rangkuman yang bisa diterapkan dengan mudah.

Cara cek saldo BPJS yang pertama dan yang paling praktis adalah melalu halaman website resmi BPJS, di https://bpjs-kesehatan.go.id/ dan www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Karena, dengan cara tersebut, kita bisa cek saldo BPJS di mana saja dan kapan saja. Berikut langkah-langkahnya.

1. Melalui BPJSTK Mobile

Untuk cara cek saldo BPJS yang pertama dan mudah, kita bisa cek saldo BPJS melalui smartphone, yakni melalui aplikasi bernama BPJSTK. Selain mudah, kita juga melakukan pengecekan saldo di mana saja dan kapan saja. 
  • Langkah pertama cara cek saldo BPJS melalui smartphone adalah dengan download dan install aplikasi BPJSTK Mobile di Google Play atau App Store.
  • Setelah di-download, kita membuat akun BPJS di aplikasi tersebut terlebih dahulu.
  • Login ke akun BPJS dengan email dan PIN yang kita buat.
  • Pilih fitur Saldo JHT, lalu Cek Saldo JHT. Informasi yang diinginkan akan muncul di layar ponsel.

2. Melalui SMS

Jika cek saldo BPJS melalui smartphone harus menggunakan kuota internet, kita juga bisa melakukannya tanpa jaringan internet, yakni melalui SMS.
  • Ketik: REG#No.BPJS Ketenagakerjaan atau kesehatan #Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung kemudian kirim ke 08111009696.
  • Nanti kita akan mendapatkan balasan SMS berisi nomor ID.
  • Untuk mengecek saldo, kita dapat kirim SMS lagi dengan formast ketik: SALDO#No. ID lalu kirim ke 08111009696.
  • Setelah itu barulah kita menerima balasan SMS berisi saldo.

3. Melalui ATM

Tidak hanya mengecek saldo rekening tabungan, mengecek saldo BPJS pun juga bisa dilakukan di mesin ATM. Salah satunya adalah di ATM BNI. Pasalnya, BNI telah bekerja sama dengan pihak BPJS untuk memberika pelayanan cek saldo BPJS melalui ATM BNI.

Namun, cara ini hanya bisa melakukan pengecekan saldo saja, bukan untuk mencairkan saldo menjadi berupa uang. Untuk caranya sangat mudah. Kita hanya perlu klik pilihan cek saldo BPJS yang tersedia, kemudian mesin ATM akan memproses permintaan kita dan menunjukkannya.

Selain 3 cara di atas, kita bisa melakukan pengecekkan saldo BPJS melalui website resmi BPJS dengan cara lain yang tak kalah mudahnya. Untuk langkah-langkah beserta informasi terkait cara cek saldo BPJS lainnya tersebut, kita bisa baca di link artikel ini. 

19 komentar:

  1. saya dulu tiap tahun terima laporan dari perusahan berupa kertas, tapi sejak 3 tahun lalu sudah ga ada lagi :( saya yang puyeng wkwkwk ternyata sekarang ada aplikasinya ya? aku kudet hahahaa

    BalasHapus
  2. Wah bisa di cairkan ya BPJS ini ?

    BalasHapus
  3. waaah aku baru tau loh teh kalo bpjs bisa di cek nih saldonyaa, soalnya selama ini kirain ga bisa di cek, jadi pengen ngecek ah ehhehe

    BalasHapus
  4. Ya ampun teteh aku naru tau kalau saldo BPJS bisa dicek via aplikasi dan ATM! Mau langsung kabarin ke orang rumah haha

    BalasHapus
  5. Wah aku bisa kasih tau orang tua nih soal cek bpjs ini. Aku sendiri belum punya bpjs soalnya. Tapi makasih ka info nya, useful banget

    etherealpotato

    BalasHapus
  6. aku baru tauuu kalau saldo di BPJS bisa di cek wkwk.. aku belum daftar BPJS lagi nih, tadinya join yang keluarga gitu, tapi umur udah lewat jadi harus bikin lagi yang pribadi XD

    BalasHapus
  7. Akupun termasuk milenial yang masih skeptis sama bpjs 😆. Untuk sekarang sih pakai inhealth yg sudah kerjasama dgn bpjs dr kantor suami. Kalau daftar sendiri juga belum dan lagi sekarang banyak berita ttg bojs yg lagi bergejolak 😅

    BalasHapus
  8. pas bgt baru ngobrolin bpjs sama ibuku , ini ngebantu bangetsih dan aku malah baru tau mbaaaak thankyou loh infonyaaaa ini bpjs penting banget hahaha

    BalasHapus
  9. Ternyata bisa di cek juga yaa saldo BPJS duh baru tau banget aku hehe
    Makasih banyak udah sharing infonya yaa Teh

    BalasHapus
  10. Huwaaa BPJS, aku belum bikin hiks.
    Katanya sekarang naik ya BPJSnya mba Nia. Keluarga suamiku udah punya

    BalasHapus
  11. REG#No.BPJS Ketenagakerjaan atau kesehatan #Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung kemudian kirim ke 08111009696. Catet... Trus kalo udah terdaftar ketik #Saldo #No.ID

    BalasHapus
  12. Suamiku tuh nasabah BNI, jadi mudahkan buat pembayaran BPJS, terutama saat urusan rawat inap.

    BalasHapus
  13. Aku sering cek saldo bpjs ketenagakerjaan ini, soalnya suka beda sama saldo kantor hihih jadi biar ke cek dan bisa disamain, enak yah sekarang bisa langsung cek online ga usah ribetin ke kantornya.

    BalasHapus
  14. Baru tau ada saldo BPJS juga ya mba, kebetulan BPJSku udah expired ni mba perlu di renewal

    BalasHapus
  15. BPJS oh BPJS aku daftar aja sih sekeluarga dengan harapan gak pernah dipakai hehe. Anggap aja beramal per bulan.
    Bagus udah ada aplikasi mobilenya jg, walau aku blm dunlud wkwkwk.Semoga BPJS makin baik lagi, denger2 juga mau naik ya heuheuheu

    BalasHapus
  16. Sebenarnya yaa teh...aku termasuk banyak orang yang gak punya BPJS.
    Uhuuuk~
    Banyak hal yang bikin kita gak bikin kartu Jaminan Kesehatan ini teh...

    BalasHapus
  17. Aku sedih nih karena iuran BPJS nya sekarang naik ya, apalagi untuk BPJS pribadi, ayah dan ibuku pemakai BPJS juga

    BalasHapus
  18. wah makasih mbak aku baru ngeh ternyata ngecek saldo bpjs bisa lewat aplikasinya yah mantaphh makin mudah deh ngakses

    BalasHapus
  19. "Bahkan faktanya, banyak milenial yang sebenarnya mampu untuk membayar iuran BPJS, namun belum memiliki keinginan untuk mendaftar dan menjadi peserta." Mungkin millenialnya mikir jaminan kesehatan yang ga makan waktu antri saat mau dipakai dan fleksibilitas pemakaian langusng ke RS tanpa ke faskes dll.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)