13.8.19

3 Museum di Bandung yang Ingin Saya Kunjungi Bersama Anak-anak


Manteman, ada yang pernah ngajak anak-anak ke museum? Terlebih Museum Geologi yang ada di Bandung? Saya nih, dalam waktu dekat ini, berencana ngajak anak-anak ke sana. Soalnya, anak-anak saya katanya kepengen lihat fosil dinosaurus. Dan selain ke Museum Geologi, saya berencana ke museum yang lainnya juga. Biar nanti judulnya, kita piknik seharian, dari satu museum ke museum yang lain. Tapi kita gak bawa kendaraan sendiri. Kita mau keliling Bandung pake car rental saja. Supaya bebas, dan bapaknya anak-anak gak kecapean karena harus bawa kendaraan.

Kenapa anak-anak pada pengen main ke museum? Karena Game Minecraft. Iya, anak-anak saya yang cowok tuh, pada doyan banget deh dengan game yang satu ini. Dari anak yang kedua sampe yang bungsu. Si bujang yang usianya 14 tahun, si bocah 7 tahun, dan si kecil yang 5 tahun. Tiap hari, saat si bujang pulang sekolah, pasti deh, mereka bertiga asyik main game ini.

Apa Hubungannya Minecraft dan Museum?

Anak saya yang ketiga adalah yang paling semangat kepengen ke museum Geologi. Dari game Minecraft, dia jadi tahu banyak hal. Jadi dia banyak nanya ke saya. Dia nanya batubata, batu-batu, batu bara, kayu-kayu, bahan-bahan untuk rumah, dan banyak yang lainnya. Gak sampai di situ, dia juga jadi banyak eksplor bangunan-bangunan unik di Google. Katanya sih, buat ide dia untuk bikin-bikin bangunan saat main Minecraft.

Beberapa waktu lalu, saat saya dan dia nonton film kartun, ketika ada tokoh dinosaurus, anak ketiga saya nyeletuk. “Mah, emang dinosaurus itu ada?”. Saya langsung aja jelasin kalo zaman dulu memang ada dinosaurus. Saya juga bilang kalo di Museum Geologi Bandung itu ada fosil tulang dinosaurus. Anak saya pun excited. Dia makin banyak nanya, hingga ujungnya kepengen main ke Museum Geologi. Apalagi setelah saya sebutkan bahwa di sana, ada juga berbagai macam batu-batuan. Makin mupeng sajalah dia untuk berkunjung ke museum Geologi.

3 Museum di Bandung yang Ingin Saya Kunjungi Bersama Anak-anak

Ngomong-ngomong soal main ke museum, sudah sejak lama sebenernya saya kepengen ngajak anak-anak untuk wisata ke sana. Tak hanya ke museum Geologi. Tetapi juga museum-museum lain. Dan dari sekian banyak museum yang ada di Bandung, Museum Geologi, Museum KAA, dan Museum Gedung Sate, adalah museum-museum yang ingin saya dan anak-anak singgahi. Kenapa? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Melihat Batu-batuan dan Fosil Dinosaurus di Museum Geologi

Fosil dinosaurus di Museum Geologi, Bandung

Ini seperti yang saya bilang tadi. Main ke museum Geologi untuk melihat berbagai jenis batuan dan fosil dinosaurus. Anak-anak, terutama anak ketiga dan keempat saya yang gemar game Minecraft dan film dinosaurus membuat mereka kepengen lihat langsung benda-benda yang selalu bikin mereka penasaran itu.

Yang kepengen main ke Museum Geologi, dateng aja ke Bandung. Alamatnya di jalan Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122.

2. Melihat Langsung Bendera-bendera Negara Asia dan Afrika di Museum KAA

Bendera negara-negara peserta KAA di depan gedung Museum KAA, Bandung

Lagi-lagi anak ketiga saya. Dia sangat suka dengan berbagai hal yang berbau dengan negara-negara sedunia. Saat beberapa waktu lalu kami merencanakan untuk main ke Museum Geologi, saya sebutkan juga tentang Museum Konferensi Asia Afrika. Lengkap dengan isinya, yang saya baca bersama dia di internet. Dan ya, dia juga antusias banget.

Yang mau main ke Museum Konferensi Asia Afrika, bisa dateng ke Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111.

3. Melihat-lihat Isi dan Mengagumi dari Dekat Museum Gedung Sate

Gedung Sate, gedung yang selalu memukau anak-anak saya 😁

Setiap melewati Gedung Sate, anak ke-3 dan ke-4 saya selalu terpukau dengan bangunan dari Gedung Sate. Awalnya sih, karena mereka kira di gedung ini banyak sate, makanan favorit mereka. Tapi setelah saya jelaskan, saya yang mengira mereka bakal menganggap biasa Gedung Sate, ternyata malah jadi makin penasaran. Dan saat tahu kalo mereka bisa masuk ke sana, karena di sana juga ada Museum Gedung Sate, mereka jadi kepengen main ke sana. Jadinya, nanti saat mengunjungi Museum Geologi, kami juga akan main ke Museum KAA, dan Museum Gedung Sate.

Yang mau main ke Museum Gedung Sate, dateng aja ke Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115.

Semoga Bisa Segera!

Rencana sudah dibuat. Budget juga gak banyak. Toh masih di Bandung-Bandung juga. Terusnya, biar praktis dan gak bikin capek bapaknya anak-anak karena harus bawa kendaraan sendiri dan besoknya harus kerja, saya sudah tentukan untuk pilih car rental Bandung saja. Semoga saja, keinginan anak-anak untuk bisa main ke museum-museum di atas bisa terwujud minggu depan.

Harga car rental Bandung di Traveloka

Yuk ah manteman, kita main ke museum-museum terdekat dengan mengajak anak-anak. Begitu juga saat ke Bandung. Mari mampir ke museum-museum yang ada di sini. Biar anak-anak nambah wawasan. Ortunya juga. Hehehe… biar gak kayak saya. Masih banyak ngandelin internet saat ditanya soal sejarah.

Biar gak capek, kayak saya aja, pilih car rental Bandung. Seperti di car rental Bandung di Traveloka. Harganya terjangkau, gampang pesannya, memberi pelayanan yang bagus, pilihan kendaraannya bermacam-macam, dan bisa dipilih berdasar rating yang diberikan para pelanggan yang pernah menggunakan jasanya.

Alasan mempertimbangkan car rental Bandung Traveloka

Oke deh manteman, sampai di sini cerita saya. Nanti kalo udah jalan-jalan, bakalan saya tulisin deh pengalaman saya dan anak-anak saat jalan-jalan ke museum-museum tersebut. Semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa!

47 komentar:

  1. Aamiin semoga bisa kesana secepatnya bawa krucil ya. Yang pertama dan ketiga saya sudah waktu tinggal di Bandung, Kalo yang kedua cuma sering lewat - lewat aja 😊

    BalasHapus
  2. Sekarang enak ya, kalau mau ngerental mobil gitu gak perlu bingung karena sudah ada di Traveloka. Ini menjawab kebingunganku, soalnya mau naik kereta ke Bandung sama anak dan suami terus kita bingung nanti disana jalan-jalan naik apa ya? Langsung cek appsnya Traveloka ah.

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah ke Museum Geologi, mbak. Karena ini lokasi field trip Szd anakku saat di kelas 6. Jadi mereka dah pergi sama teman dan gurunya.
    Kalau Gedung Sate pengin juga ah ke museumnya, selama ini cuma pepotoan di depan. Mending memang car rental, praktis. Dari Jakarta naik LA lanjut sewa mobil aja. Semua di Traveloka pesannya. Praktis dan ekonomis!

    BalasHapus
  4. wahh aku juga pengen banget jelajah Bandung sama anak-anak...Museum termasuk salah satu destinasi yang cocok buat dikunjungi karena banyak edukasi disana...

    BalasHapus
  5. owh buset, sekarang rental mobil aja udah bs lewat Traveloka? Ini bakal membuat perjalanan jadi lebih menyenangkan ya, apalagi kalau jalan ramai2 sama teman... Ditunggu ya ulasannya tentang museum, terutama museum gedung sate ^_^

    BalasHapus
  6. yeaaay udah pernah ke 3 museum itu! Seru emang yamain ke museum, kadang ngeri ngeri sedap . Horor kitu

    BalasHapus
  7. Wah sama mbak, aku juga ada rencana mau ke Bandung. Baca ini jadi dapat referensi baru tempat-tempat yang mau aku kunjungi nanti. Yang masih bingung mau nyari tempat menginap yang Family friendly tapi harga ramah dikantong. Kalau ada tolong diinfoin ya mbak hehehe

    BalasHapus
  8. Aaaaakkk, aku juga mauuukkk dtg ke museum2 ituuu :D
    Nyenengin banget ya Mba
    Bisa nambah wawasan jugak
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  9. Wiwin | pratiwanggini.net16.29

    Iya ya jalan dari satu museum ke museum lainnya enaknya pake mobil aja. Berhubung (kalo saya) belum punya sendiri ya pake jasa car rental dong... Enaknya lagi sekarang Traveloka nyediain car rental, jadi semakin mudah kalo mau sewa kendaraan :)

    BalasHapus
  10. saya penasaran nih isi gedung sate itu apa ya mba? beberapa kali nginep di hotel dekat sana tapi belum pernah coba mampir. ga kepikiran juga ya saat itu untuk sewa mobil. sekarang jadi tau deh bisa sewa mobil via traveloka.

    BalasHapus
  11. Hanya gedung sate yang pernah kukunjungi. Tapi museumnya beluum. Enaknya emang ke Bandung itu naik kereta aja. Dari sana baru sewa mobil yaa lewat traveloka.

    BalasHapus
  12. Baru tahu ternyata Traveloka ngerentalin mobil ya. Praktis jadinya. Aku sudah pernah lewat di gedung konferensi Asia Afrika, yang belum je museum geologi sama gedung sate

    BalasHapus
  13. Asik bgt museum geologi. Pengein suatu saat juga ngajak anak2 ke sana. BTW emang kalau lihat tarifnya, hemat ya Mbak. Aku kemarin pas di Semarang sempat ngintip. Meski akhirnya belum jadi makai. Gara-gara ada anak pecinta bus garis keras di keluargaku, yg ngotot naik bus aja. Wkwkwk. Next time di kota lain mau nyoba ahh.

    BalasHapus
  14. Museum Geologi udah pernah, seruuu. waktu anak2 masih kecil, masuk suka banget liat dino dan hafal nama2 dinosaurus. tapisekarang yg ebsar udah SMP, mainnya udah lain lagi

    BalasHapus
  15. Saya pernah ajak anak-anak ke Museum Geologi. Mereka seneng banget. Kalau museum KAA, kayaknya terakhir ke sana zaman saya SMP hehehe. Tetapi, yang belum pernah sama sekali itu yang di gedung sate. Kalau sewa mobil, kayaknya bisa dalam sehari keliling 3 museum ini.

    BalasHapus
  16. Woaaaa.. Jadi pengen ke Bandung lagi. Kemarin waktu kesana, masih tutup. Jadi cuma foto dari depan pagarnya aja, hiks

    BalasHapus
  17. Aku kira gedung sate itu kantor aja gitu, ternyata itu museum ya. Kemana aja aku ya ampun. Hahaha.. pengen bgt ke museum geologi

    BalasHapus
  18. Lha kok sama, anakku pun suka games minecraft. Bagus banget bisa mengajak anak-anak berkunjung ke museum karena sudah pasti menambah wawasan mereka kan, mengenal sejarah juga. Sik asyik.. :)

    BalasHapus
  19. meski cukup sering bolak balik Bandung tapi aku belum pernah sama sekali ngajak anakku berkunjung ke 3 museum yang mba sebutin di atas lho hahahah

    BalasHapus
  20. Asyik juga ya kalau dari game anak jadi tertarik untuk berkunjung ke museum

    BalasHapus
  21. Dari semua yang udah berlama.lama ya didepan gedung sate kalau ke Bandung. Makasih infonya kak

    BalasHapus
  22. Daku udah pernah sampai gedung sate, Teh, tapi belum sampai ke dalamnya, karena waktu itu hanya transit dijemput sama sepupu

    BalasHapus
  23. Minggu depan kayaknya aku bakalan ke Bandung nih, pengen masukan beberapa list untuk tempat yang akan aku datangi nanti deh. Termasuk referensi dari teh Nia.

    BalasHapus
  24. Kalau ke Bandung mainnya cuma ke alun-alun sama Lembang mbak, belum pernah ke Museum. Pengen juga sesekali ke Museum Geologi bawa anak-anak pasti seru banget.

    BalasHapus
  25. anakku yang petama juga senengggg bgt main Minecraft.
    kadang mamanya ini mikir, itu bangunan apa sih? orang cuma kotak-kotak ajah, tapi kok dia seneng banget. hehe

    BalasHapus
  26. dari 3 museum diatas semuanya saya belum pernah masuk teh he he paling yang gedung sate hanya foto didepannya aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah samanya kayak sama mbak, haha.. Berarti kita harus #SemangatCiee buat masuk ke museumnya

      Hapus
  27. belum kesampaian Mba ke bandung liat museum, masih berkutat dengan wisata anak, alam dan kulineran, hahaha. next waktu deh mampir

    BalasHapus
  28. Gedung sate dan museum KAA baru pernah lihat depannya aja sih. Belum pernah masuk. Kalau yang geologi, worth it banget Mom untuk dikunjungi anak-anak. Banyak dinonya. Bisa mancing imajinasi mereka juga

    BalasHapus
  29. Kak Nai nanti studi tur september bakal ke Bandung dan salah satu tujuannya ke museum Geologi, seru ya..alde jadi ngiri..

    BalasHapus
  30. Kalau saya ajak anak ke museum geologi kayaknya bakal nyambung juga secara dia memang permainannya mine craft. Hobby banget dan sudah pintar membangun rumah dari batu bata serta jenis benatuan lainnya. Membuat lantai dan dinding juga dari macam-macam batu.

    BalasHapus
  31. Aku pernahnua gedung sate. Karena iconic bandung sih ya mba.

    Ku belum pernah sama sekalu ngajak anak2 wisata museum gini mba. Rencannya pengen pas liburan gt. Lah tibak e kudu ada bayi. Napas dulu dah maen ke museum

    BalasHapus
  32. Aku belum pernah masuk gedung Sate. Pas ke Bandung tahun lalu cuma sempat main di luarnya aja pepotoan

    BalasHapus
  33. Asik yaa, teh...bisa car rental without driver.
    Soalnya kalo ada driver, ada biaya tambahan lagi yaa...
    Hehhe...

    BalasHapus
  34. Oh Gedung Sate itu bisa dimasukin ya? Haha aku gak tau. Trus waktu bukanya jam berapa mbak? Tiap hari?
    Seru jg nih kalau kapan2 jelajah ke museum2 yang ada di Bandung :D

    BalasHapus
  35. Apa cuma aku yang gak tau games minecraft itu kaya apa?
    Huhu...anakku perempuan semua, gamesnya senengnya kaya Dragon apaaa...gitu.
    Kalo nonton di Netflix, pilihannya Barbie.
    Eaa...mamak jadi berasa ada di dunia Princess.

    BalasHapus
  36. Mueseum KAA itu juga menarik banget buat dikunjungin ya mbak soalnya untuk memperkenalkan negara asing ke anak2 juga, sekaligus belajar sejarah :D

    BalasHapus
  37. Wah, enak deh sekarang ada museum dinosaurus du Bandung, waktu anak-anak masih kecil masih belum ada

    BalasHapus
  38. Aku bulan lalu main ke Bandung, tapi tetep aja engfak sempet main kemana-mana selain nyobain kulinernya. Hahaha. Cuma ke Braga aja, main di depan masjid

    BalasHapus
  39. Baru ke Museum Asia Afrika aja kemarin, bisa nih mengagendakan ke Bandung lagi nanti akhir tahun. Ketagihan ke Bandung.

    BalasHapus
  40. Saya juga jadi ingin mengunjungi museum bareng neng Marwah nih, belum semua museum dikunjungi. Noted teh ah.

    BalasHapus
  41. Sampai sekarang saya belum pernah masuk ke gedung sate Bandung, in sya Allah Ada kesempatan mampir!

    BalasHapus
  42. museumnya asik asik banget, bisa membawa keluarga sekaligus juga bisa memperkenalkan sejarah. jadi jalan jalan sambil belajar. bisa dapat beberapa manfaat sekaligus dalam satu kali perjalanan, seruuuu

    BalasHapus
  43. Aku belum pernah ke museum-museum tersebut. Anak-anak lebih suka diajak ke tempat wisata yang ada mainannya nih.

    BalasHapus
  44. Jadi kangen kota bandung, udah 2 tahun silam gk singgah disana.
    Lihat gedung sate jadi makin rindu makan dipinggir jalan..
    Tpi sy blm pernah ke museum nya, kesana hanya keliling jalan-jalan aja.

    Mungkin next-time akan main kesini, terima kasih untuk informasinya iya.

    BalasHapus
  45. Huwaa jadi kangen Bandung. Terakhir kali ke sana tahun 2017 setelah itu belum ke sana lagi. Btw, tempat-tempat yang mbak Nia tulis alhamdulillah udah pernah kukunjungin semua. Cuman ke dalam museum KAA dan ke dalam museum gedung satenya aja yang belum.

    BalasHapus
  46. Museum Geologi memang mengasyikan mba. Koleksi museumnya lengkap dari jaman purbakala hingga segala informasi tata Surya
    Memang tempat yg sangat pas utk wisata edukasi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)