2.9.19

Kecanduan Game Online Sebagai Salah Satu Penyakit


Seiring dengan perkembangan zaman, kini telah bermunculan berbagai jenis hiburan bagi para kaum milenial. Beragam hiburan kini telah muncul salah satunya adalah game. Permainan game sebenarnya sah–sah saja dimainkan untuk hiburan bagi para anak dan remaja. Apalagi kini game juga terus berkembang yang dulunya hanya berkutat game offline seperti Play Station yang dimainkan dengan satu atau dua orang saja.

Kini telah berkembang game online yang memungkinkan pemainnya untuk mengenal pemain lain dari berbagai daerah untuk saling mengenal. Hal tersebut dapat digunakan untuk membangun komunikasi yang lebih intensif dengan berbagai orang di penjuru negeri bahkan dunia.

Namun bagai pisau bermata dua, game online juga merupakan salah satu penyebab masalah kejiwaan bagi seseorang. Kerap kali game online memberikan dampak negatif bagi para penggunanya. Hal tersebut diakibatkan oleh pengguna yang terlalu di manjakan dengan berbagai fitur game online yang ada.

Ciri Orang yang Telah Kecanduan Game Online

Fitur-fitur game online kini memiliki tampilan grafis yang sangat memanjakan mata, seolah membius siapa pun yang memainkannya. Warna yang cerah dan bentuk yang amat sangat realistis mampu membuat para penggunanya seolah menatap makhluk yang terlihat menarik.

Saat ini World Health Organization (WHO) sebagai organisasi kesehatan dunia telah resmi menetapkan game disorder atau kecanduan game sebagai salah satu penyakit gangguan mental.

Bayangkan ketika seseorang yang telah mengalami kecanduan game rela membuang waktu berharganya hanya untuk menatap layar komputer demi bermain game. Seringkali kita bertanya-tanya kepada para pecandu game tersebut, mengapa mereka rela membuang waktu mereka hanya untuk bermain game? Dan alasan yang paling sering mereka lontarkan adalah mereka mendapatkan kesenangan dari kegiatan bermain game mereka.

Tentunya akan sangat masuk akal apabila kita memainkan game untuk mencari kesenangan. Namun pastinya kitaa akan sering melihat orang yang kecanduan tersebut sering melontarkan kata–kata umpatan ketika bermain game. Apakah mereka mengatakan kata-kata umpatan tersebut untuk mengutarakan kegembiraan mereka saat bermain game? Tentunya tidak. Pada faktanya mereka terus memainkan game online tersebut meskipun mereka tidak merasa senang.

Para pecandu game sama halnya seperti para pecandu judi. Apabila para pecandu game tersebut kalah maka mereka akan terus bermain hingga mereka mendapatkan kemenangan. Apabila mereka telah mendapatkan kemenangan maka mereka pasti akan terus penasaran dan ingin kemenangan yang lain. Hal tersebut akan terus berulang dan berulang, sehingga baik senang atau tidak menang atau kalah tidak akan membuat mereka berhenti memainkan game tersebut.

Pernikahan yang Tak Harmonis Akibat Game Online

Dikutip dari gumilar.net, akibat dari kecanduan game online tak hanya pada kaum remaja. Tetapi juga dapat menimpa seseorang yang sudah berumah tangga. Seseorang yang dapat mengalami kecanduan game pada suatu rumah tangga bisa saja dari pihak suami mau pun istri.

Sebuah keluarga dibangun dengan dasar kasih sayang dan komunikasi. Apabila salah satu atau bahkan kedua mempelai mengalami kecanduan game, tentunya rumah tangga tidak akan berjalan harmonis. Dibutuhkan peran dari suami mau pun istri untuk membangun sebuah rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah.

Apabila suami mengalami kecanduan game maka ia tidak akan dapat mencari nafkah dengan baik, uang belanja yang digunakan untuk game, serta kewajiban mengurus anak dan istri yang terabaikan. Sedangkan apabila istri kecanduan maka  akan lalai atas tanggung jawab terhadap suami dan mengurus anak, serta seringnya timbul pertengkaran akibat buruknya komunikasi. Tak hanya game online, media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp, dan lain sebaginya tentunya juga akan memberikan dampak yang sama.

Seringkali kita memperhatikan apabila salah satu dari suami atau pun istri mengalami kecanduan akan game online, maka mereka akan lebih suka dengan dunianya sendiri dan mengacuhkan pasangannya. Dampaknya salah satu dari mereka akan merasa dicampakkan dan kemudian berakibat pada sulitnya mendapatkan waktu berkualitas kerena mereka tidak lagi bisa berbicara dari hati ke  hati, mereka hanya akan berbicara pada urusan domestik yang sebenarnya tidak akan ada habisnya.

Apabila Anda melihat pasangan lan yang memiliki hubungan lebih sehat pasti akan terlihat sangat rukun dan asik sehingga akan kerap menimbulkan rasa iri dan menyebabkab kita membanding-bandingkan pasangan kita sendiri dengan pasangan orang lain yang tentunya adalah sebuah dosa. Kondisi tersebutlah nantinya akan berakibat pada maraknya perceraian di era modern ini.

Apabila pasangan Anda berada pada tingkat kecanduan game online atau media sosial yang sudah parah, maka sebaiknya Anda mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Firdaus sebagai tempat rehabilitasi kecanduan game online yang terpercaya. Pondok pesantren Nurul Firdaus akan membimbing dan merehabilitasi para santrinya untuk terbebas dari kecanduan game online dengan menggunakan pendekatan agama dan metode ilmiah yang terpercaya.


37 komentar:

  1. Kecanduan game online memang sudah mengkwatirkan.
    Tapi kalau sudah rumah tangga kok main game sampai kecanduan ya terlalu namanya.

    BalasHapus
  2. tapi zaman sekarang malah lagi booming kammpanye game nih.
    Alhamdulillahnya saat ini, saya masih bisa sedikit santai menyikapi game online.
    Karena anak saya masih bisa terkontrol ngegame nya.
    Palingan saya kasih gejet yang game nya bukan online, jadi dia cepet bosan.

    Saya juga sering membaca keluhan para istri yang suaminya doyan ngegame.
    Kalau saya sih seandainya suami doyan ngegame, silahkan saja.
    Asal ada duitnya hahahahahahaha
    *istri matre :D

    BalasHapus
  3. aku salah satu yang sering menghabiskan waktu di rental PS teh waktu SMA dl wkwkkk tapi aku nggak sampai kecanduan kok, sampai sekarang juga aku masih main game online di ipad :)

    BalasHapus
  4. Nah... ini insyaAllah bisa jadi solusi jitu untuk siapapun yg addicted games online ya Mak.
    Semogaaaaa membawa berkah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Kecanduan apaun memang ngeri ya, apalagi kecanduan yang berkata sama radiasi ngerinya dbel nih.
    Aku pernah dindang di sebuah klinik terapi buat anak-anak, salah satunya sedang terapi anak yg kecanduan game online, duh kasihan ngeliatnya.
    Fisik maupun mentalnya memang lalu bermasalah.

    BalasHapus
  6. Bahaya game online bikin hidup.menyendiri, kesehatan juga terganggu dan obesitas . atasi dengan lebih dekat dengan allah

    BalasHapus
  7. waaah iya nih adiku juga kecanduan game online, emang agak susah lepasnya yaaa teh, untung anaknya nurut sama mama jadi sekarang di waktu sehari cuma boleh beberapa jam aja hehehe

    BalasHapus
  8. Gadget bagai dua mata sisi yang bisa membantu kita menjadi lebih baik lagi akan tetapi bisa bikin kecanduan gadget.

    Sebel juga ya kalau pasangan kecanduan gadget. Yang di perhatikan cuma gadget,Kita????

    BalasHapus
  9. Main game online kalo cuma sejam dua jam sih gpp ya, buat refreshing juga. Tapi kalo sudah kecanduan itu yang gawat, sering baca juga di berita ada yang meninggal gara2 main game, mungkin lupa makan minum dan istirahat ya.

    BalasHapus
  10. Ada loh temen kantorku, kayaknya kecanduan game online soalnya ga dimana ga dimana matanya selalu terpaku sama games nya, di rumahnya pun seperti itu sih kalau liat status isterinya heheh, bahaya yah kalau nyandu banget yah.

    BalasHapus
  11. dulu pas kecil aku suka main game online, paling lama 6 jam-an udah berasa capek banget dan lama-lama males karena uda disibukkin sekolah sambil kerja, mantep nih mbak ada tempat rehabnya kalo sekarang ya

    BalasHapus
  12. kalau anak sekolah ngeri kecanduan tuh, temen kuliah smpe DO karena g pernah masuk kuliah trus, kecnduan, kerjaannya di warnet terus dulu

    BalasHapus
  13. Saya sekeluarga memang penggemar game, termasuk online. Tetapi, memang diusahakan jangan sampai nyandu, deh. Serem banget efeknya kalau udah kecanduan

    BalasHapus
  14. Wah beruntung ngga pernah betah main game online, banyak temen aku terutama yang cowo yang udah kecanduan main Udah bahaya nih kalo nyandu gini.

    etherealpotato

    BalasHapus
  15. Agak ngeri sih yaa jaman sekarang, permainan digital emang makin menarik dan variatif aja bikin yang awalnya penasaran jadi ketagihan.

    Kalo udah addicted banget, bahaya juga buat mata ya, bund :(

    BalasHapus
  16. untungnya aku gak sampai kecanduan game online sih, tapi kayaknya agak kecanduan gadget dan social media.. tapi kerjaannya kan disitu yah jadi bingung kan XD

    BalasHapus
  17. Baca ini langsung jleb.. Apalagi suamiku penggemar maen game online, kadang bete dicuekin. Tapi untungnya aku suka ngegame juga huhu

    BalasHapus
  18. Memang mbak bahaya banget kalau sudah kecanduan game online. Kadang permainan di hape aja suka susah memberhentikannya, apalagi sudah berkali2.

    BalasHapus
  19. Game online emang bahaya banget ya kalo sampe bikin sgalanya terbengkalai. Even esport gamer aja masih bisa atur waktu. Dan aku baru tahu skrg sudah ada lembaga rehab utk yg kecanduan game online ya ternyata.

    BalasHapus
  20. Jadi inget dulu pas zaman SMP sering banget jajan ke warnet cuma buat main games online memasak dll soalnya dulu sih belum ada smartphone kalo sekarang malah aku sering liat anak SD main games terus di hpnya sampe lupa belajar

    BalasHapus
  21. Untungnya aku bukan termasuk orang yang suka main game online , pernah beberapa kali install dan main terus jadinya , lalu sadar akan tugas dan tanggung jawab pekerjaan , akhirnya uninstall deh

    BalasHapus
  22. Aku baru tau kalau ini termasuk kelainan dan bisa disebut penyakit. Bahkan ada tempat rehabilitasi khususnya juga. Tapi bagus bgt kalau ada tempat rehabilitasi kaya gini.

    BalasHapus
  23. beneran kaya dua sisi mata uang banget ya kak game online itu, tergantung bagaimana kita menyikapinya

    BalasHapus
  24. Kecanduan game online emang dampaknya luar biasa ya karena mereka bahkan bisa melakukan hal-hal negatif yang tak terbayangkan. Syukurlah udah ada tempat rehabilitasi bagi pecandu game. Di sisi lain, main game juga bagus sebagai sarana rekreasi dan melatih koordinasi motorik, cuma ya itu mesti ada batasnya

    BalasHapus
  25. khawatir juga aku sama anak yang kecanduan games online, meski aku udah batasin waktu main games di handphone cuma kadang yang namanya anak2 suka nice try

    BalasHapus
  26. Ya Alloh.. Sedih sekaligus bahagia bacanya. Dampak dr zaman millenial ya Mba. Butuh keimanan yg kuat ditanamkan ke anak2 jg. Rehabilitasi ada buat perubahan gaya hidup ya

    BalasHapus
  27. Setuju banget.
    Pemerintah harusnya menghimbau anak-anak untuk berolahraga sesungguhnya...bukan esport.

    Huuhuu~
    Pedih emakemak liatnya.

    BalasHapus
  28. Bahaya memang mba.. aku berharap kita semua terhindar ya.. anak - anak kita terutama

    BalasHapus
  29. Aku gak suka main games jadi aman lah ya. Tapi mantau anak-anak biar gak kecanduan &harus membatasi. Buat refreshing aja paling

    BalasHapus
  30. Dulu si bungsu kecanduan games sih tapi sekarang nggak sempat karena banyak kegiatan. Sebaiknya ortu aktif mengajak anak2 melakukan banyak kegiatan.

    BalasHapus
  31. Wah semoga jangan sampai deh ada diantara org terdekat kfita yg sampai kecanduan...ngeri sama akibat2 nya...

    BalasHapus
  32. yang namanya candu pasti berbahaya ya mbak. Lokasi pondok pesantrennya dimana tuh mba?

    BalasHapus
  33. Game online emang bagai pisau bermata dua kak huhu jujur aja anak2ku udah suka banget sama game online, memang saya batasi tapi tetap saja kalau HP diambil mereka kadang jadi bete gitu.

    BalasHapus
  34. Nah iya, kenapa sih anak-anak yang pada main game online itu suka banget mengumpat-umpat. Ngeselin deh kalau lihat yang gitu. Anakku nih udah mulai ketularan, meskipun dia main game hanya di weekend aja.

    BalasHapus
  35. Baca ini jadi was-was karena suami saya kayaknya termasuk yang sudah kecanduan game, meski nggak parah-parah amat sih tapi tetap saja harus bisa saya waspadai karen bisa dia tularkan ke anak2 nanti.

    BalasHapus
  36. yup, makanya kalau ngegame memang mesti tahu waktu. makanya atlet game aja ada jadwal berlatih kan

    BalasHapus
  37. iya kau jga pernah baca, WHO menetapkan ini sebagai salah satu gangguan karena efeknya mirip sama candu yang lain. sbnrnya kalo tau batasan, main game sih gak masalah. cuma kalo udh kecanduang ngeriiiii

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)