20.9.19

Apa Sih, Manfaat Jus Batang Seledri untuk Tubuh?


Selain buah-buahan yang sering dijadikan jus untuk kesehatan, ternyata sayuran juga bisa dibuat jus, loh. Aalah satunya adalah batang sayur seledri. Biasa digunakan sebagai pelengkap masakan, minum jus seledri setiap hari ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh. Selain itu, batang seledri juga memiliki berbagai kandungan yang dibutuhkan tubuh. Jadinya tak heran jika minum jus seledri pernah viral, bahkan pernah dijadikan tantangan untuk mengetahui seberapa berpengaruh jus tersebut ke tubuh. Lantas, ada kandungan dan nutrisi apa saja sih yang ada di dalam batang seledri?

Kandungan Serta Nutrisi Batang Seledri

Dihimpun dari berbagai sumber, seorang ahli gizi, yakni Cynthia Sass, MPH, RD, yang juga berprofesi sebagai penulis ini mengemukakan bahwa tidak sedikit orang yang tidak mengetahui jika seledri ternyata memiliki banyak nutrisi hingga manfaat. Nyatanya, seledri khususnya di daerah batang kaya akan berbagai nutrisi yang bisa menunjang kesehatan tubuh. Dari mulai serat, asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, zat besi, magnesium, flavonoid, hingga antioksidan.

Tidak hanya itu, seledri juga termasuk ke dalam sayuran rendah kalori, sehingga batang seledri sering dijadikan jus sekaligus pengganti minuman olahraga oleh para atlet, sebelum latihan dimulai. Karena minus jus seledri sebelum olahraga terbukti bisa meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh selama olahraga.

Tidak Hanya Dibuat Jus, Batang Seledri Juga Bisa Dimakan Langsung

Untuk bisa mendapatkan manfaat batang seledri, kita tidak hanya bisa menjadikan batang seledri sebagai jus. Meski minum jus seledri mungkin lebih praktis, akan tetapi tidak sedikit juga yang menjadikan batang seledri sebagai camilan yang bisa langsung dimakan.

Caranya, kita bisa tambahkan berbagai aneka saus sebagai penambah rasanya. Seperti mayones, selai kacang, dan lain-lain. Hal tersebut bisa dilakukan, bagi siapa pun yang tidak begitu suka dengan rasa seledri yang khas.

Lalu, apa saja manfaat di balik minum jus seledri untuk kesehatan?

1. Antioksidan

Antioksidan yang terdapat dalam batang daun seledri ternyata tidak kalah tinggi dari sayuran lain. Sehingga, sayuran ini sangat jitu menangkal penyakit akibat radikal bebas. Hal ini juga termasuk untuk menangkal risiko kanker yang cukup mengancam nyawa, dan beragam penyakit kronis lainnya, yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Detoksifikasi

Manfaat minum jus seledri selanjutnya adalah utnuk mendetoksifikasikan tubuh dalam jangka panjang. Dengan meningkatnya kapasitas detoks tubuh, HCL dalam usus pun akan terbangun lebih maksimal, di mana fungsinya sangat penting untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi.


3. Turunkan berat badan

Berikutnya manfaat minum jus seledri adalah untuk turunkan berat badan. Di mana seledri memiliki kandungan yang rendah gula, karena jika dihitung, satu batang seledri utuh hanya mengandung satu gram gula per cangkir. Bahkan Sara Joy Madsen, yang merupakan seorang insight coach pernah membuktikannya.

Ia mencoba mengonsumsi 16 ons jus seledri setiap hari, dan ia pun berhasil menurunkan hampir 10 kg, hanya dalam hitungan bulan. Namun, kembali lagi ke gaya hidup kita, karena jika ingin berhasil seperti Joy, kita harus benar-benar menjalaninya. Tidak lupa juga untuk selalu menjaga pola makan, dan berolahraga.

Untuk manfaat selanjutnya dari batang seledri, yaitu sebagai obat jerawat paling manjur hingga sebagai sumber magnesium. Informasi dan deskripsi lengkapnya bisa dibaca di link berikut https://www.cekaja.com/info/tantangan-minum-jus-seledri-berani-coba/.

Selamat mencoba khasiat batang seledri dan semoga bermanfaat!

17 komentar:

  1. Makasih infonya kak

    BalasHapus
  2. Wah jadi pengen nyobain untuk jus batang seledri mba. Teryata sangat menyehatkan ya mba dan mudah juga diperoleh

    BalasHapus
  3. Aku suka banget lho makan seledri. Kalau makan ya sekalian sama batangnya. Segarrrr

    BalasHapus
  4. Nice info. Memang bagus sebagai detoks alami yang murah

    BalasHapus
  5. Wah manfaatnya banyak yah, tapi aku ngga suka seledri nih. Gimana yah supaya termotivasi untuk coba wkwk

    etherealpotato

    BalasHapus
  6. I honestly baru tau kalau batang seledri bisa di konsumsi apalagi di jus. Pahit ga sih mba rasanya, tapi manfaatnya luar biasa ya

    BalasHapus
  7. berat idealku dan berat asliku kelebihan 10 kg T_T, mungkin ini bisa membbantu, plus minum air 3 lt tiap hari

    BalasHapus
  8. Ini temenku tiap pagi minumnya jus seledri yang dia bikin sendiri di rumah. Kalau sudah jadi tuh enak banget jus seledri ini.

    BalasHapus
  9. Aku suka seledri tapi sebagai sayur bukannya jus hehehe. Belom pernah minum jus seledri soalnya.

    BalasHapus
  10. Ternyata manfaat batang seledri ini banyak juga ya, mbak. Kalo aku biasanya ya pas bikin sop gitu batangnya juga dimasukin, hihiii.
    Tapi belom pernah aku coba seledrinya dibikin jus.

    BalasHapus
  11. dulu inget banget aku pakein seledri ke rambut anakku pas bayi, dan pernah minum juga cuma nggak lama karena rasanya kurang bersahabat hihi

    BalasHapus
  12. Aku baru tahu lo ada manfaat dari jus batang seledri ini bagus sekali untuk kesehatan Nah kalau untuk dapetin seledri dengan batang yang besar ini di mana ya

    BalasHapus
  13. Kalo dijus kayak apa rasanya Mak? Saya dulu seribg konsumsi ini, tapi ditumis campur irisan ayam. Enak buat lauk makan nasi.

    BalasHapus
  14. Nah, aku tuh nyari seledri yg bisa d makan pake cocolan mayonaise ini kok ga ketemu-temu ya teh padahal pengen banget udah mendambakan sejak lama

    BalasHapus
  15. bisa menurunkan bb juga yaa? rasanya gimana tuh beb..? mamaku suka dicampur nanas tp bau seldrinya itu aku gak mampu

    BalasHapus
  16. Papaku sih suka konsumsi seledri untuk diminum tapi dibuat seduhan. Digodok tuh daunnya. Aku sih ga doyan tapi kata papa bagussss...

    BalasHapus
  17. Btw ini rasanya gmn ya mbak? Penasaran pengin nyoba tapi bayangin baunya aja gmn yaa.. Dasar aku. Mau hidup sehat tp makan minum maunya juga yg enak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)