10.9.19

Dijuluki Ratu Film Horor Indonesia, Inilah Film Suzzanna yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri!


Suzzanna Martha Frederika van Osch alias Suzzana adalah aktris cantik Indonesia yang namanya sempat melejit di tahun 1950-an hingga 2000. Berkat kepiawaiannya dalam mendalami suatu karakter pada film horror, Suzzana berhasil menyabet gelar ratu film horror Indonesia. Bahkan beberapa film horror terbaik dirinya masih kerap kali ditayangkan di stasiun TV nasional. Demi mendalami peran sebagai sosok hantu, konon katanya Suzzanna rela melakukan berbagai ritual disertai mengonsumsi bunga melati.

Dalam rangka mengenang 10 tahun kepergian sang ratu horor ini, yuk kita bernostalgia kembali dengan menonton film-fim horor terbaik Suzzana dimasanya.

Beranak Dalam Kubur (1972)

Film yang disutradarai Awaludin dan Ali Shahab ini nyatanya diangkat dari komik ternama karya Ganes TH dengan judul Tangisan di Malam Kabut. Mengisahkan tentang kehidupan kakak beradik, Dhora (Mieke Wijaya) dan Lila (Suzzanna) yang memiliki kehidupan berbeda, yang mana sang adik Lila tinggal bersama tantenya di kota sedangkan Dhora harus tinggal di kampung bersama orangtua. 

Karena kedengkiannya terhadap Lila, Dhora pun merencanakan untuk menghilangkan nyawa sang adik ketika ia pulang ke desa. Dengan bantuan pesuruhnya, Dhora berhasil mengubur Lila yang tengah hamil tua itu dalam kondisi hidup. Sebelum menghembuskan napas terakhir, Lila justru melahirkan sang bayi di dalam kubur. Tak lama berselang dari kematian sang adik, kehidupan Dhora dan seluruh warga sekitar desa pun berbanding terbalik dari sebelumnya, lantaran diteror oleh hantu beranak dalam kubur yakni Lila.

Sundel Bolong (1981)

Adegan dimana sundel bolong membeli sate dalam jumlah banyak dan dimakan dalam waktu sekejap saja tentunya adalah adegan yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Film yang rilis tahun 1981 dan disutradarai oleh Sisworo Gautama ini menceritakan tentang Alisa yang tega dibunuh oleh Rudi karena cintanya ditolak. Tanpa memikirkan imbas dari perbuatannya, Rudi yang dibantu para anak buahnya itu langsung menculik dan memperkosa Alisa. Akibat kebengisan Rudi, Alisa memutuskan untuk bunuh diri setelah mengetahui bahwa dirinya tengah mengandung. Kebencian Alisa pada Rudi tidak berhenti di masa hidupnya saja, ketika menjelma menjadi sosok menyeramkan sundel bolong, ia pun mulai meneror dan membalas dendam kepada Rudi dan orang-orang yang telah merusak hidupnya.

Ratu Ilmu Hitam (1981)

Film yang sudah dibuat versi rebootnya dan siap tayang pada akhir 2019 ini, telah lebih dulu disutradarai oleh Imam Tantowi di tahun 1981 dengan judul yang sama. Dikisahkan Murni (Suzzanna) sebagai ratu ilmu hitam atas bujuk rayu Gendon, seorang dukun yang ternyata menjadi penyebab kekacauan pernikahan Kohar dan Baedah. Jauh sebelum menjadi ratu ilmu hitam, Murni dituduh oleh warga dan kekasihnya itu, Kohar sebagai orang yang paling bersalah karena mengirim guna-guna pada saat pernikahan Kohar. Berkat pertolongan dukun Gedon itulah, Murni selamat dan akhirnya menyetujui untuk membalas dendam pada Kohar.

Suzzanna


Telaga Angker (1984)

Siapa sih yang tidak takut bila melihat sosok kuntilanak? Dalam film Telaga Angker inilah, kamu akan melihat Suzzanna yang bertransformasi menjadi sosok menyeramkan tersebut. Bersama adik iparnya Lenny, Anita (Suzzanna) dibunuh secara keji oleh sekolompok penjahat dan menenggelamkan mobil mereka ke dalam telaga. Tak terima akan kematiannya itu, Anita kemudian meneror para penjahat.

Merasa bingung dengan kematian sang istri, Robby pun mulai mencari tahu kebenaran yang terjadi. Meski sudah berbeda alam dengan sang anak, naluri keibuan Anita tidak pernah mati. Ia bahkan menginginkan putra sulungnya itu untuk ikut bersamanya. Dengan bantuan paman Wijaya, Anita pun mengurungkan niatnya dan kembali dengan damai kea lam yang seharusnya.

Malam Jumat Kliwon (1986)

Di film Malam Jumat Kliwon, Suzzanna berperan sebagai Ayu yang merupakan seorang penulis dari wanitab tua bernama Minarti. Jauh sebelum kelahiran Ayu, Minarti adalah seorang ibu muda yang tengah hamil tua dan meninggal karena disantet. Akibatnya, Minarti menjadi hantu sundel bolong yang bergentayangan di desa tersebut. Bersama dengan kekasih, Ayu kerap kali diteror oleh sosok sundel bolong beserta Ardan dan Kasiman yang mencoba membunuhnya. Namun, pembunuhan itu selalu gagal karena sundel bolong yang tak lain adalah Minarti, ibu kandung Ayu.

Malam Satu Suro (1988)

Buat kamu yang lahir di tahun 90an, pasti sudah akrab bukan dengan sosok hantu bernama Suketi? Ya, hantu sundel bolong yang diperankan oleh Suzzanna dalam film Malam Satu Suro itu mengisahkan tentang kebangkitan kembali hantu tersebut yang dilakukan oleh orang pintar di Alas Roban. Bukan untuk meneror warga, Suketi dibangkitkan dengan tujuan untuk diangkat menjadi anak. Ia pun tumbuh menjadi wanita cantik yang berhasil memikat hati Werdo, lelaki Jakarta yang tampan dan kaya raya. Kehidupan Bardo dan Suketi pun sangat bahagia apalagi dengan hadirnya buah hati mereka yakni Rio dan Pretty.

Akan tetapi kebahagiaan itu tidak berlangsung lama, rekan kerja Bardo yang mengetahui bahwa Suketi bukanlah manusia, langsung menyambangi kediaman Bardo untuk mencabut paku yang ada di kepala Suketi. Alhasil, ia pun berubah menjadi sundel bolong. Tidak hanya sampai disitu saja, anak buah Joni yang tidak lain adalah rekan kerja Bardo itu tidak sengaja membunuh putri tercinta Suketi yaitu Pretty. Karena hal itulah, Suketi akhirnya mulai membalaskan dendam dengan membunuh satu persatu penjahat yang telah merusak kehidupan keluarga kecilnya itu.

Nah itulah tadi beberapa film horor terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton dirumah. Jadi, kira-kira film mana dulu yang akan kamu tonton? Pastikan untuk tidak menontonnya seorang diri ya. Tidak hanya film Suzzanna loh, kamu juga bisa menonton beberapa film karya anak bangsa lainnya yang tak kalah populer. Untuk referensinya sendiri bisa kamu baca melalui https://www.cekaja.com/info/ini-10-film-indonesia-paling-laris-kamu-sudah-nonton/.


53 komentar:

  1. Assalamualaikum..

    Salam ukwah dari saya untuk anda..

    Jom follow blog saya iya seo dan

    saya sudah follow blog anda #369

    Tinggalkan komen dan saya akan cuba membalas komen anda..

    Saya akan berusaha membalas kunjungan anda jika berkesempatan..

    Komen yang baik2 sahaja ye..

    Semoga ikatan ukhwah kita akan berterusan..

    Terima kasih sekali lagi..ya

    BalasHapus
  2. Aku bener2 takut kalau Suzanna yang meranin, belio udah cocok jadi ratu horor. Hehehe. Kalau udah ada filmnya nggak berani deh nonton tv sendirian...

    BalasHapus
  3. Mukanya sama aktingnya emang pas banget buat meranin yang horor ya teh, dulu masih kecil sumpah mendingan tidur da daripada liat film Suzanna soalna dulu aku borangan pisan wkwkwk

    BalasHapus
  4. Aku dulu kalau nonton film Suzzanna selalu takut. Kalau sekarang entah mengapa terasa lucu. Paling ingat tuh Malam Satu Suro, Suketi. Jadi dulu tiap 1 Suro berasa horor sendiri. Terus kadang pura2 ambil paku biar gak jadi sundel bolong

    BalasHapus
  5. aslinya Suzanna ini cantik sekali ya teh, mukanya yang indo terlihat unik, aku dulu ingat pas kecil ga sengaja nonton film Suzanna di TV yang kepalanya mengglinding, dari situ nggak berani nonton satupun filmnya wkwkwk

    BalasHapus
  6. waaaah teh, gatau kenapa dari dulu aku mah ga pernah berani uy nonton film suzana teh, agak serem dan takutnya malah jadi ga berani sendiri di rumah hahaha,

    BalasHapus
  7. Hiiyyy Suzana memang top markotop brandingnya sbg ratu horor!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Ternyata film Suzzana tuh emang udah horor semua ya dari awal? trus udah dari lama banget O.O
    pas masih muda cantik banget ya beliau, pas meninggal pun juga masih cantik

    BalasHapus
  9. Di antara judul2 di atas, aku baru nonton 2 film yang malam 1 suro sm sundel bolong. Sereeemmmm. Kalau ditawarin nonton film suzanna lagi, kayaknya aku ndak mau mbk. Takut kebayang bayang. Kalau dulu mah terpaksa, gk bs ganti channel, soalnya nonton tv di rumah tetangga.

    BalasHapus
  10. Aku dulu suka banget nonton film ini, mbak. Walaupun suka takut sendiri jadinya, hahahha. Tapi memang mainin perannya bagus banget, bikin orang bener2 takut

    BalasHapus
  11. Jadi keinget waktu ke rumah Lusi Tris di Magelang, melewati areal kompleks kuburan, trus Lusi bilang di situ ada makamnya Suzanna. Dan, daku merinding :)
    Sukses banget lah Suzanna nih memerankan tokoh horror.

    BalasHapus
  12. aku hanyaous pada kecantikannya yang luar biasa, hahaha.. Sebelum fim horor, puluhan tahun sebelumnya kayanya beliau banyak membintangi film drama dewasa deh

    BalasHapus
  13. Aku sereeeem liat foronya hehehe.. tapi kayaknya banyak yang aku udah sempat nonton juga mbaaa. She is the QUEEN

    BalasHapus
  14. Wajah aslinya Suzanna itu cantik banget yaaa. Entah kenapa kalau main film udah berasa aura mistis gitu. Meskipun serem, tapi sering nyuri nyuri nonton karena emang seneng lihat akting Suzanna yang manja manja gitu.

    BalasHapus
  15. Suka foto wajah Suzanna yang muda dan polos seperti di foto ke-2 tdk seperti foto2 di poster2 filmnya yg menyeramkan itu..hehe..

    BalasHapus
  16. tapi emang bener sih ya teh suzana ini ratunya film horor, legend banget sampe sekarang, kalo aku bahkan ga berani nonton filmnya dr dulu sampe skarag juga hehhe

    BalasHapus
  17. Haduuuh, aku auto merinding niiih. Suzanna itu cantik yaa tapi emang cantiknya misterius gitu. Film2 ini emang film lama tapi kalau aku nonton sekarang tetap aja berasa seremnya. Adegan yang paling legendaris itu yang pas Suzanna beli sate.

    BalasHapus
  18. Astaga. Foto terakhir bikin kaget. Aku termasuk penakut nih kalau berurusan dengan film horor. Soalnya pernah dulu waktu kecil diajak nonton film suzana sama kakak sepupu (dikerjain sih tepatnya) dan salah satu adegannya, tangan keluar dari kloset. Sejak itu sampai sekarang kalau masuk toilet mesti deg-degan dan bolak-balik lihat ke klosetnya, takut ada tangan yang keluar. Dan sampai sekarang, aku tak tahu judul film yang ada adegan tersebut... hahaha

    BalasHapus
  19. Suzanna sebetulnya cantik, ya. Tetapi, ada dia gak pernah main drama gitu? Hihihi. Saya gak bakal berani deh nonton film horror

    BalasHapus
  20. Tak kasih tau ya, kuburan Suzanna itu dekat rumah ortuku di Magelang. Kalau ke rumah ortuku pasti lewat situ. Pernah buat shooting dunia lain.

    BalasHapus
  21. Suzanna itu memang nggak ada duanya. Legend. Paling epik ya Sundel Bolong pas minta sate. Halah bacanya kok pas malem Jumat ini hmmm

    BalasHapus
  22. Jujur aku ga suka film horror jadi nggak pernah ikutin filmnya Suzanna cuma memang beberapa judul filmnya hits banget ya bahkan sampe masa kini 😄

    BalasHapus
  23. Mbak aku baca ini tengah malam lho huhuhu aku cuma berani nonton satu filmnya aja itupun lupa judulnya haha saking cemennyaa wkwj

    BalasHapus
  24. Film Suzzanna sejak dulu legend banget ya, mba.. Sampe sekarang, belum ada film horor Indo yg bisa ngalahin..

    BalasHapus
  25. Aku cuman tau dua yg pertama..
    Selebihnya ga familiar. Asa blm pernah nonton semuanya... Tapi pernah nonton film Suzana di tv..apa film yg ada di atas gitu ya...lupa lg sih..hehe

    BalasHapus
  26. Kalau menurut aku sih semua film horor nya Suzzanna itu semuanya seram. Aku ga berani nonton film nya sendiri, dan kalau film nya lagi ditayangkan di tv aku langsung skip. Haha

    BalasHapus
  27. Suzanna itu aslinya cantik ya Mba, matanya yg memang kuat akan kesan hororonya. jd cocok bgt memainkan film horor :)

    BalasHapus
  28. Waduh, untung aja bacanya pagi pagi haha secara aku penakut teh. Iya bener Suzana zaman aku kecil menakutkan banget. Filmnya dulu merajai banget ya di tv nasional. Suka nonton film horor tapi takut. Liat mendelik matanya aja, kebayang seminggu kali aduhh

    BalasHapus
  29. Sepanjang masa deh Suzzana dikenalnya sebagai ratu horor Indonesia. Sampai anak jaman sekarang aja kenal juga karena aktingnya ya

    BalasHapus
  30. Ya Salam..judulnya aja udah mengerikan banget ya. Inget waktu kecil bisa nangis kejer klo ditakutin kalimat...sundal bolong sama malam satu suro hahaha. Memcekam banget waktu itu

    BalasHapus
  31. Aih, Suzanna legend banget inih. Etapi aku malah gagal fokus sama foto beliau saat masih muda itu, cantik banget ya. Eh, hingga akhir hayatnya sih masih tetep cakep sih ya :)

    BalasHapus
  32. Iyap pilemhoror tuh identik banget ama SUzanna. Apalagi aadegan "BAng, beli sate dong. 100 tusuk" Hahhahaaa. Ngena banget dan berasa horor sampe skarang

    BalasHapus
  33. Huaaa kak Nia ku tak kuat liat foto terakhirnyaa hahaha takutttttt dan bener2 deh setiap film Suzana itu horonya dapet dan buat bulu kuduk kita merinding.

    BalasHapus
  34. Aku dulu kecil rajin nonton film Suzanna. Serem sih kalo dulu, soalnya masih kecil, hihi. Sekarang dah gede gak terlalu sih, malah suka nontob film horor haha

    BalasHapus
  35. Maaf, aku gak tertarik nonton film Suzanna. Takut gak bisa tidur wkwk.. aku anti sama film horor yang hantu-hantu hehehe..

    BalasHapus
  36. Entah kenapa meski film-film itu diputar berulang kalo tapi ngga bosen ya. Tetep aja ada deg-degannya dan lucunya hehehe

    BalasHapus
  37. Sampai sekarang memang belum ada yang menggantikan Suzanna ya sebagai Ratu film horor

    BalasHapus
  38. Aku pernah nonton semuanya dan itu bikin bulu kuduk merinding nyampe sekarangpun kalau ada filmnya aku masih suka nonton juga

    BalasHapus
  39. Film legendaris semua ini ya. Bikin masa kecil suka takut takut tapi penasaran mau juga nonton. Hahaha....besok besok siapa tahu ada Suzzanna reborn hehehe

    BalasHapus
  40. Ngeri deeh kalau ingat film2 Suzzana. Secantik itu ya tapi beneran jadi trend setter ratu film horor. Belum ada tandingannya nih Bu Suzana ini.

    BalasHapus
  41. Aku salah satu yang takut banget nonton film horor Indonesia. Soalnya serem banget. Kalo nonton film horor dr luar, masih bisa berani, meski kadang ngecilin volume suaranya hehe

    BalasHapus
  42. Aku dulu nonton film nya Suzzana bisa kebayang-bayang sampai nggak bisa tidur. Tapi sekarang ini nonton film horor INdonesia kok enggak takut ya, apa udah putus urat ketakutanku ya Teh

    BalasHapus
  43. Aku baru tau masa kalo film film Suzanna ini tuh dibuat sebelum aku lahir, hehehe, taunya mah cuma dari kecil ampe sekarang itu film sering banget diputar ulang

    BalasHapus
  44. aku tuh aslinya penkut kalua liat yang beginian hehehe..tapi she is indeed THE LEGEND yaaa the. Dulu suka nonton juga walaupun takuuut

    BalasHapus
  45. Aw baca ini kok rasanya jadi serem sendiri mbak, apalagi foto suzana yang terakhir ini buat merinding hehe. Tapi sebenarnya cantik walaupun aku enggak terlalu suka film horor mbak.

    BalasHapus
  46. Keren banget teteh....bisa ada list film yang beken dibintangi oleh tante Suzzana.
    Aku selalu meriding kalo lihat tante ini nongol di tipi.
    Aura kecantikannya terasa berbeda.

    BalasHapus
  47. Suzanna memang belum tergantikan sebagai ratu film horor ya.
    Film udah lama tapi sampai sekarang masih bikin merinding kalo nonton. Inget masa kecil dulu, tinggal di desa dan belum semua orang punya TV, kalau nonton TV rame2 ke tetangga, nonton film suzanna yang paling favorit 😄 aku sih takut..hehe

    BalasHapus
  48. Suzanna memang legendaris banget.. Sampai sekarang belum tergantikan sebagai ratu film horor

    BalasHapus
  49. Untung baca ini malam Sabtu jadi gak berasa horornya. Emang ekspresi wajah horor Suzanna ini juara banget deh.

    BalasHapus
  50. Beliau memang tokoh fenomenal banget ya Mba Nia
    semua filmnya legend sampai sekarang. Salut banget sama beliau
    Sukses terus karya-karyanya

    BalasHapus
  51. Sampai sekarang saya masih ingat adegan film-nya Suzanna entah judulnya apa yang berada di atas ranjang
    Disangkanya pria itu sedang bercinta dengan perempuan cantik, padahal ular besar
    Huhuhu membayangkannya jadi ingat KKN Desa Penari hahaha

    BalasHapus
  52. haduh mba horor banget lihat foto yang kedua, tapi foto yang pertama sih cakep banget ya, nggak lekang oleh waktu cantiknya :)

    BalasHapus
  53. wadidaee, lengkap banget infonya. memang totalitas sih diaaa ini. saluuuttt

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)