20.9.19

5 Cara Hemat Turunkan Tagihan Listrik Rumah Tangga


Kebutuhan rumah tangga saat ini semakin banyak saja. Terutama untuk biaya tagihan listrik, yang dalam beberapa waktu harganya terus naik. Jika tak disiasati dengan cara hemat listrik rumah tangga, uang bulanan yang kita miliki bisa terpakai cukup banyak untuk hal ini. Jangan biarkan kebiasaan boros listrik yang tak disadari ini justru menguras dompet. Apalagi ada beberapa peralatan rumah tangga yang menyedot banyak daya listrik. Yuk, ikuti cara hemat listrik rumah tangga berikut yang ampuh menurunkan tagihan listrik bulanan di rumah kita. Ini dia informasi lengkapnya!

1. Matikan Lampu Tak Terpakai

Cara hemat listrik rumah tangga yang termudah adalah dengan mematikan lampu yang tidak terpakai. Cek selalu semua ruangan yang dirasa tidak membutuhkan lampu menyala, khususnya di siang hari. Sebagai gantinya, kitaa bisa memanfaatkan Sinar Matahari yang terpancar ke jendela rumah. Tidur dengan kondisi lampu mati juga terbukti membuat kita lebih rileks. Sehingga cara hemat listrik rumah tangga bisa dilakukan dengan mendatangkan keuntungan lainnya.

2. Hindari Berlama-lama Menonton TV

TV yang menyala terus menerus akan menyedot daya listrik yang cukup tinggi. Sebaiknya, hindari berlama-lama menonton TV dan menggantikannya dengan kegiatan lain sebagai cara hemat listrik rumah tangga. Seperti mendengarkan musik atau menonton TV secara streaming di internet dengan gadget yang tidak menghabiskan banyak listrik. Atau lebih baik membaca buku.


3. Atur Panas Setrika Secara Otomatis

Daya listrik yang dibutuhkan sebuah setrika juga bisa membuat penggunaan listrik menjadi boros. Pilihlah setrika dengan pengaturan panas secara otomatis. Cara hemat listrik rumah tangga ini bisa kita lakukan sebab setrika dengan teknologi pengaturan panas sudah banyak dijual di pasaran. Sehingga saat kita menjeda waktu menyetrika baju, maka setrika tersebut akan otomatis menurunkan suhu panasnya. Menyetrika dengan suhu yang tak terlalu panas juga akan lebih baik untuk menjaga kualitas kain pada pakaian anda.

4. Pakai AC dengan Suhu Normal

Jika setrika akan lebih menyedot listrik berlebih saat suhu ditingkatkan, maka AC akan bekerja lebih keras saat menghasilkan suhu ruangan yang semakin rendah. Oleh karenanya, cobalah membiasakan diri untuk berada di suhu ruangan ber-AC normal saja, yakni 22 hingga 24 derajat Celcius. Jika lebih dingin dari itu, maka AC akan membutuhkan daya listrik yang lebih tinggi. Cara hemat listrik rumah tangga ini juga baik digunakan untuk kesehatan kulit. Sebab, kulit yang berada di dalam suhu sejuk malah akan kering dan mempercepat timbulnya keriput.

5. Tampung Air Agar Meminimalisir Pemakaian Pompa

Bagi yang belum menggunakan layanan langganan air dari PDAM, pompa air tentu menjadi sumber sir bersih di rumah. Ternyata, penggunaan pompa air juga menyedot cukup banyak listrik. Air tanah yang diambil terus-menerus juga akan membuat tinggi permukaan tanah terus menurun dan berpotensi amblas, terutama di daerah padat penduduk. Jika memang kita diharuskan menggunakan pompa air, tampunglah air ke dalam tangki atau toren air berukuran besar. Agar pompa tidak terlalu sering dipakai.

Tarif listrik akan terus naik dalam periode tertentu. Oleh karenanya kita harus bijak dalam menggunakannya. Selain cara di atas, ada pula beberapa cara hemat listrik rumah tangga lainnya yang bisa kita lakukan. Misalnya saja seperti cara-cara yang ada di link artikel berikut.

Selamat berhemat, dan semoga bermanfaat!

26 komentar:

  1. Nah, setuju..harus sayang nih sama listrik kita..pemakaian semakin banyak maka semakin besar juga tenaga listrik yang harus dipakai dari sumbernya..

    BalasHapus
  2. Aw alhamdulillah aku sudah dan masih berusaha melakukan yg di atas ini.. Lumayan ya teh, bisa bantu2 menjaga kelestarian bumi dengan sadar dan bijak tentang listrik

    BalasHapus
  3. kadang tanpa disadari penggunaan listrik sehari2 emang bikin boros di akhir bulan ya teh, suka kaget juga tau2 tagihan listrik membengkak. Mulai skg harus lebih konsisten nih dalam hal penghematan listrik.

    BalasHapus
  4. Wah bener banget inimah, kadang lampu suka dimatiin deh apalagi setelah nonton film yg waktu itu tentang batu bara, kasian mereka yang belum dapat hak listrik secara maksimal

    BalasHapus
  5. Wah ternyata mwngatur suhu AC berpengaruh ya, noted deh mbak😍

    BalasHapus
  6. Penggunaan AC itu yang harus aku kurangi bener. Dan kalau bisa kurangi, alhamdulillah bisa banget buat hemat karena AC itu menggunakan banyak energi

    BalasHapus
  7. Soal air nih yang mungkin bisa dijadikan andalan. Kami gak pakai listrik, cukup timba jadul saja hehehe. Sekalian olahraga. Bayar listrik saat ini masih sekitar 50ribu pee bulan sih. Itu tuh nonstop lampu mah. Soalnya selalu dipakai anak santri

    BalasHapus
  8. Pemakaian AC yang boros banget. Apalagi musim kemarau gini ya ampun pengennya ngumpet ditempat adem. Okeh setting 25 aja deh biar hemat. Hehe

    BalasHapus
  9. Di rumahku kayaknya yg paling tinggi menyedot listrik pompa air deh, harus lebih hemat lagi nih biar gak membengkak terus tarifnya tiap bulan. Kalau tv di rumah Alhamdulillah jarang hidup

    BalasHapus
  10. Sangat menarik banget tulisannya moms secara listrik dirumahku mahal bngt heheh pasti ada yg salah sma pemakaiann ya kalo bsa mahal gitu

    BalasHapus
  11. Kirain aku listrik yang membengkak karena kebanyakan pakai mesin cuci ternyata dari produk elektronik lainnya juga bisa ya mom

    BalasHapus
  12. Tipsnya bermanfaat banget ini. Selain hemat biaya, hemat energi juga. Oh ya, pemakaian di jam-jam tertentu berpengaruh juga ga ya?

    BalasHapus
  13. Aku memang paling hemat energi, teh...
    Hahha..kalo malem, matiin semua lampu pas bobok, jadi kalo ada yang gak matiin lampu, suka aku omelin.
    Hahha....segitu gitunya yaa...

    BalasHapus
  14. Bener banget mba, aku setuju dengan cara yang mba sampaikan di atas dan akupun sudah beberapa bulan ini mempraktekannya. Alhamdulillah tagihan listrik jadi lumayan berkurang

    BalasHapus
  15. Pakai AC suhu normal ini yang selalu dilakukan apalagi kalau udara panas maunya dingin terus mbak padahal boros listrik.

    BalasHapus
  16. Yap aku sepakat untuk menghemat penggunaan listrik. Aku pun gitu mba. Termasuk menampung air biar nggak cepat boros juga

    BalasHapus
  17. Ternyata pemakaian setrikaan dengan panas yang Pas mempengaruhi besar kecilnya tagihan listrik yaa mba? Selama ini Aku anggap sepela hehe.

    BalasHapus
  18. Aku jg lagi ngusahain hemat listrik mbak, kadang tuh yang sering lalai matiin lampu di siang hari padahal ga perlu

    BalasHapus
  19. Tipsnya berguna mbak..
    Emang harus hemat listrik, tdl naik trs 😖

    BalasHapus
  20. Tips yang bener2 cerdas nih, saya jarang ngidupin lampu di waktu siang karena memang sengaja atap pakai genteng transparan untuk menghemat listrik...hehehe

    BalasHapus
  21. Aku pasang mesin air otomatis tapi ada saklarnya, jadi kalau kira2 air ga keluar baru deh ditampung dinyalain saklarnya

    BalasHapus
  22. Setuju banget nih. Cabut sakelar ketika tidak digunakan. Bantu menghemat listrik bgt

    BalasHapus
  23. Kadang suka lupa matiin lampu saya mah teh huhuhuh padahal itu lumayan nolong buat nurunin tagihan listrik yah.

    BalasHapus
  24. Auto matiin lampu nih barusan hahaha..iya teh skrg listrik mahal makin berhemat lah daku tu...

    BalasHapus
  25. Poin keempat aja nih yang aku ga praktikin karena ga punya AC, Teh hehe

    BalasHapus
  26. iya nih kak, perlahan kenaikan listrik mulai kerasa, biasa di rumah sebulan pakai token listrik sekitar 400rb, sekarang harus 500-600rb sebulan :"" harus lebih irit listriik

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)