18.9.19

Berencana Kuliah? 5 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Ini Bisa Jadi Pilihan


Setelah menempuh pendidikan di bangku sekolah hingga 12 tahun, hampir semua lulusan SMA ingin langsung melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Kebanyakan dari mereka ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Padahal, untuk bisa mendapatkan ilmu serta kualitas yang bagus, mereka tidak musti kuliah di universitas negeri saja. Banyak perguruan tinggi swasta yang tak kalah berkualitas. Misalnya saja 5 universitas swasta terbaik di Indonesia yang akan saya bahas. Dari universitas ini, sudah banyak lulusan yang sukses, yang tentu saja demikian karena mereka belajar dengan sungguh-sungguh.

Sistem pendidikan universitas negeri dan swasta juga tidak berbeda jauh. Sebab yang menjadi pembeda hanyalah status dan jalur masuknya. Universitas negeri menggunakan jalur masuk yang dikaitkan dengan pemerintahan dan melalui tahap yang cukup sulit. Sedangkan universitas swasta bisa dilakukan secara bebas. Siapa pun bisa mencoba masuk. Tetapi tetap, masuk ke sana pun harus melalui tes yang disediakan dari masing-masing kampus.

Tidak hanya itu, perbedaan juga terlihat di biaya kuliah. Di universitas negeri, biaya kuliah bisa dibilang lebih murah daripada universitas swasta. Jadinya tak heran jika murahnya biaya pendidikan ini membuat banyak calon mahasiswa berlomba-lomba untuk bisa masuk ke sana. Akan tetapi, jika belum lolos, mendaftar kuliah ke 5 universitas terbaik di Indonesia yang akan saya bahas ini bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Universitas mana saja yang termasuk 5 universitas swasta terbaik di Indonesia itu? Berikut penjelasan saya yang disarikan dari 5 universitas swasta terbaik di Indonesia versi Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Barangkali saja, uraian saya ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk teman-teman, atau anak teman-teman dalam memilih universitas, jika belum lolos SNMPTN atau SBMPTN.

1. Universitas Islam Indonesia

Dari 5 universitas swasta terbaik di Indonesia, Universitas Islam Indonesia berada di urutan pertama. Berlokasi di Yogyakarta, UII didirikan sejak Juli 1945. UII memiliki sembilan fakultas dan puluhan program studi yang mungkin salah satunya bisa dipilih sesuai dengan minat dan juga bakat.

Kampus UII tersebar di beberapa wilayah di kota Yogyakarta. Gedung utamanya sendiri atau yang biasa disebut sebagai Gedung Terpadu berada di Jalan Kaliurang KM 14,5. Kampus UII relatif nyaman untuk siapa pun, termasuk yang merantau dari luar kota.

2. Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

Selanjutnya ada Universitas Atma Jaya Jakarta yang menduduki posisi kedua dari 5 universitas swasta terbaik di Indonesia. Universitas Atma Jaya Jakarta terletak di daerah Semanggi, Jakarta Selatan. Namun tak di situ saja, Atma Jaya Jakarta juga memiliki gedung di daerah Pluit, Jakarta Utara, di mana terdapat Faklutas Kedokteran dan Rumah Sakit Unika Atma Jaya. Akan tetapi kebanyakan kegiatan kampus, berlangsung di gedung utama Semanggi.  Selain di Jakarta, Universitas Atma Jaya juga mendirikan kampus di kota lain, seperti di Yogyakarta dan juga Makassar.

3. Universitas Telkom Bandung

Tidak hanya ada Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Unpad yang merupakan PTN favorit, Universitas Telkom, yang merupakan perguruan tinggi swasta juga merupakan perguruan tinggi favorit di kota bandung. Universitas Telkom bisa dijadikan pilihan sebagai alternatif dari 5 universitas swasta terbaik di Indonesia. Kampus Universitas Telkom merupakan kampus yang berdiri di bawah naungan PT. Telekomunikasi Indonesia (PT Telkom).

Universitas Telkom Berlokasi di Jalan Terusan Buahbatu, Bandung. Kampus Telkom ini memiliki gabungan dari empat lembaga pendidikan, yakni Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Salah satunya bisa dipilih teman-teman atau anak teman-teman yang tentu saja disesuaikan dengan bakat dan kemampuan. Dan jangan lupa, karena Universitas Telkom ini favorit, tes masuk ke universitas ini lumayan sulit. Tak sedikit yang tidak diterima. Tapi jangan berkecil hati, dengan belajar sungguh-sungguh, siapa pun berkesempatan untuk menjadi mahasiswa Universitas Telkom.

4. Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta

Setelah melihat kesuksesan Universitas Katolik Atma Jaya di Jakarta, Unika Atma Jaya Yogyakarta juga ternyata juga masuk ke dalam daftar 5 universitas swasta terbaik di Indonesia, dengan menduduki posisi ke empat.

Awalnya kampus ini merupakan cabang dari kampus yang ada di Jakarta. Akan tetapi pada tahun 1972, Unika Atma Jaya yang saat ini ada di Yogyakarta, memisahkan diri dan berada di bawah naungan Yayasan Slamet Rijadi sebagai lembaga pendidikan independen.

Beralamat di Jalan Babarsari, Unika Atma Jaya Yogyakarta memiliki enam fakultas di jenjang S1 dan empat program studi magister. Kesemuanya bisa dipilih sesuai dengan minat dan keahliannya.

5. Universitas Katolik Parahyangan

Selanjutnya di posisi ke lima ada Universitas Katolik Parahyangan yang masuk juga dalam daftar 5 universitas swasta terbaik di Indonesia. Terletak di kota Bandung, tepatnya di Jalan Ciumbuleuit, Hegarmanah, kampus ini memiliki fakultas favorit yakni Fakultas Ekonomi. Fakultas-fakultas lain juga tak kalah berkualitasnya. Dan siapa pun bisa menjadi mahasiswa di sini asalkan lolos tes ujian masuknya.

Itulah daftar 5 universitas swasta terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA. Terkait dana pendidikan yang saat ini semakin tinggi, kita bisa loh mengajukan pinjaman dana pendidikan, untuk mendukung biaya pendidikan. Apalagi dana pendidikan di tingkat universitas yang bisa dibilang cukup tinggi. Jadinya, pinjaman dana pendidikan juga bisa dijadikan sebagai solusi, bagi siapa saja yang masih belum memiliki modal yang cukup untuk melanjutkan pendidikan.

Untuk informasi lengkap terkait pinjaman dana pendidikan, seperti syarat umum, cara pengajuan pinjaman, plafon dan bunga yang disediakan, dokumen yang dibutuhkan, hingga bank penyedia pinjaman dana pendidikan, bisa dilihat di link https://www.cekaja.com/kredit-pendidikan.

Oke teman-teman, semoga tulisannya bermanfaat. Sampai jumpa!


50 komentar:

  1. Nah ini, yang anaknya sekarang sudah duduk di bangku SMA, saatnya untuk gali informasi banyak-banyak tentang perguruan tinggi ya, mau masuk mana dan jurusannya apa.

    BalasHapus
  2. universitas saya gak masuk hihihi.
    Sepupu saya si UII, baru tau kalau kalau univ nya masuk yg terbaik di negeri ini.

    BalasHapus
  3. Aku tu baru tau kalo Univ Telkom BDG ternyata swasta.
    Kirain PTN dan ada ikatan dinas gitu lho Mba
    Tapi kualitasnya emang kece badai ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. idem nih. kirain negeri ya.. hehe Banyak kok ya pilihan swasta dan gak semuanya mahal meskipun kualitas oke.. tinggal pinter2nya aja cari info.

      Hapus
  4. Universitas swasta juga sebenarnya ga masalah sih, ya. Yang penting emang bagus dan kuat duitnya hehehe..

    BalasHapus
  5. Hihi, ada kampusku....
    Dana pendidikan itu emang harus disiapkan jauh-jauh hari...harus melek investasi nih biar gak salah naruh dana pendidikan

    BalasHapus
  6. Universitas swasta juga gak kalah bagus sama negeri ya teh, akupun dulu jebolan salah satu kampus swasta di Jakarta. Duh, jadi kangen masa-masa kuliah dulu deh dimana kayaknya hidup cuma hura-hura doangan.

    BalasHapus
  7. Kelima universitas bs jd pilihan selain universitas negeri ya mbk. Kualitasnya pun nggak kalah dr yg negeri. Syukur alhmdulillah semakin banyak opsi bagi anak bangsa yg ingin lanjut kuliah

    BalasHapus
  8. Wow banyak juga ya universitas swasta yang bagus-bagus, kudu persiapkan dan sejak sekarang nih, kuliah di manapun , semoga itu yang terbaik buat anak-anak saya :)

    Tapi kalau pun harus di swasta, semoga bisa kuliah di tempat yang terbaik :)

    BalasHapus
  9. Universitas Islam Indonesia dan Universitas Telkom Bandung, ternyata itu swasta ya. Tapi memang kualitasnya bagus banget. Sampai-sampai Pak Bos saya, anaknya masih kelas 1 SMA aja, udah direncanain nanti kalau kuliah mending ke Universitas Telkom aja.

    BalasHapus
  10. Temen-temenku SMA dulu ada 5 anak yang masuk STT Telokm Bandung. Dan mereka dapat pekerjaan bagus dan sukses sekarang.

    Dua sepupuku juga kuliah di sana. Satu dah kerja , satu lagi masih kuliah.

    BalasHapus
  11. Banyak pikihan ya mba untuk universitas swasta.. yang penting jurusan sesuai dan kualitasnya oke

    BalasHapus
  12. UII memang jadi salah satu swsta terbaik..dulu sempat diterima disana pas tamat sma. Tapi ga diizinin ortu ngerantau jadi dilepas deh wkkw

    BalasHapus
  13. Ada bocoran SPPnya gak mba, kayaknya ut menengah ke atas nih

    BalasHapus
  14. Universitas ini selalu namanya disebut2 terus dari tahun ke tahun ya. Memang kualitas pendidikannya sangat diaku bagus banget. Tapi kalau berencana untuk masuk ke salah satu Universitas ini harus menabung yang banyak ya, karena biayanya yang spektakuler , hihii

    BalasHapus
  15. Wah ternyata Universitas Telkom Bandung itu swasta ya. Kirain negeri karna punya BUMN gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah punya mimpi,kuliah di Universitas islam Indonesia dulu. Tapi karena jauh akhirnya gak dapat ijin, padahal jarak nya cuma 3 jam perjalanan dari Semarang

      Hapus
  16. Atma jaya tu memang dari dulu jadi salah satu universitas swasta terbaik. Dulu sempet jadi salah satu universitas swasta cadangan pas aku lulus SMA.

    BalasHapus
  17. Wah.. UII ada di peringkat pertama ternyata. Keren juga nih.. Univ di kota kami blom masuk..hihi..

    BalasHapus
  18. Pastinya saya pengen anak-anak masuk negeri. Tetapi, kalau enggak, saya langsung kepikirannya pengen ke Telkom

    BalasHapus
  19. Jadi inget jaman kuliah dulu, waktu mw kuliah cari univ negeri, tp syg bukan rejeki, akhirnya beralih ke univ swasta, banyak desas desus bilang klu kualitasnya kurang bagus, eh pas aq masuk gk gitu juga

    BalasHapus
  20. Wow baru tahu soal pinjaman dana pendidikan. Kirain itu adanya di luar negeri aja. Btw, idem yg lain, kirain STT Telkom itu negeri karena kepunyaan BUMN.

    BalasHapus
  21. Kuliah di swasta itu biayanya lumayan dibanding negri ya.
    Tapi sekarang kuliah di swasta masalah uang kuliahnya bisa diatasi dengan adanya pinjaman dana pendidikan ini ya, mba.

    BalasHapus
  22. STT Telkom termasuk universitas keren, menurit saya. Lulusannya cepat dapat kerja, saya pernah kenal yang kuliah di sana dan kemudian kerja di tempat keren. Jadi pengen juga Palung kelak bisa kuliah di tempat yang baik. Duh, butuh dana pendidikan yang memadai, ya.

    BalasHapus
  23. makin keren aja cekaja sudah bisa memberikan pinjaman dana kuliah, semoga makin banyak generasi Indonesia bisa merasakan bangku kuliahan

    BalasHapus
  24. Eh aku pikir Universitas Telkomitu neri loh kak, ternyata swasta ya, hehehe...

    BalasHapus
  25. Universitas Telkom paling menarik buat saya. Tetapi, lagi pengen cari juga yang di Jakarta

    BalasHapus
  26. Penting banget nih diulas, jadi yang bingung cari tinggal cek bacaannya di sini:)

    BalasHapus
  27. Aku baru tahu kalau Universitas Atmajaya ada di Jogjakarta dan Makasar. Baru tahu juga kalau Universitas Telkom Bandung sudah ada Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Design grafis. Ponakan bisa kuliah di sini nih. Makasih infonya, Teh.

    BalasHapus
  28. Lima universitas yang kualitasnya bagus bisa menjadi acuan bagi anak-anak yang ingin melanjutkan kuliah di universitas swasta ya Mba. Harus nabung mulai dari sekarang karena masuk perguruan tinggi sekarang biayanya luar biasa mahal.

    BalasHapus
  29. Universitas swasta bisa jadi pilihan kalau gak berkesempatan masuk universitas negeri. Apalagi Kampus swasta skrg banyak yg berkualitas

    BalasHapus
  30. Nama-nama yang nggak asing lagi. Jaman aku SMA temen-temen yang berencana kuliah di universitas swasta pasti pilihannya di antara pilihan tadi.

    BalasHapus
  31. Universitas Telkom banyak diminati oleh lulusan SMK dari daerah saya Teh. Emang kualitas bagus. Hanya bagi warga kampung disini yg ortunya cuma petani dan buruh, biaya jadi kendala.
    Pinjaman dana pendidikan jni bisa dipertimbangkan nih. Nuhun Teh Infonya

    BalasHapus
  32. Wah UII terbaik ya .aku mau masukin anakku yg kedua nih huhu .pengen ke Telkom..doain ya bisa masuk n ada biayanya juga hehemm

    BalasHapus
  33. Sekarang banyak kok universitas swasta yang bagus secara fasilitas sama mutu pendidikan nya. Kalau Atmajaya Jakarta ini saya tau soale sering lewatin hehe.

    BalasHapus
  34. Gak berhasil masuk di universitas negeri bukan akhir segalanya yaa, Mba, karena masih banyak universitas swasta yang kualitasnya oke-oke :)

    BalasHapus
  35. Mau universitas dimanapun asalkan bersungguh2 juga hasilnya baik kok. Btw, UII no 1 ya bukan telkom. Keren memang UII tuh, dulu mau masuk sana, tapi ga diijinin kalau swasta jauh2 😁😁

    BalasHapus
  36. Sepupu saya pada kuliah di Atmajaya Jogjakarta mbak, karena memang dari kurikulum dan kuliah yang nyaman. Tak hanya itu, mereka juga bisa mengembangkan bakat dan setara dengan negeri yang bagus di Indonesia mbak.

    BalasHapus
  37. Universitas keren ya Mba yang Mba Nia sebutkan di atas
    yang penting kitanya harus belajar dengan tekun dan niat yang besar
    Semangat buat yang lagi mau kuliah

    BalasHapus
  38. UII memang keren Teh, dari zaman dahulu kala terkenal pisan di Jogja..kampusku UPN malah jadi universitas negeri sekarang..

    BalasHapus
  39. Mungkin kalo aku ada rejeki berupa uang, usia, dan kesehatan mau banget kuliah lagi tapi jurusannya keguruan kali ya, biar bisa jadi guru TK hahah

    BalasHapus
  40. Sepupuku banyak yang kuliah di UII, meskipun swasta namun fasiitias dan kualitasnya bisa disandingkan dengan kampus" negeri bergengsi. Sekarang mah gak perlu minder kuliah di kampus swasta.

    BalasHapus
  41. Hiks, belum berkesempatan dapat menempuh pendidikan di jenjang perkuliahan, mbak. Mupeng deh bisa kuliah di salahsatu universitas tsb. Tapi tertarik sama yg Telkom Bandung itu

    BalasHapus
  42. Wah artikelnya bermanfaat nih mbak. Anakku udah SMA nih tahun ini. Bersiap nyari kampus lah 2 tahun lagi.

    BalasHapus
  43. Impian banget kuliah di kampus swasta yang bergengsi.
    Harapannya adalah setelah lulus koneksi untuk mendapatkan pekerjaan lebih mudah.
    **bisa jadi karena prestasi dan akreditasi masing-masing kampus yang sudah terjamin di dunia pekerjaan.

    BalasHapus
  44. Lagi jamanku SMA kpingin bngt masuk salah satu dari ke 5 universitas itu mba aplg klau dpt beasiswa,, keren dn memang bagus

    BalasHapus
  45. Nama-nama universitasnya familiar dan memang terkenal banget udah. Cuma yang aku baru tahu ada ya Universitas Telkom Bandung. Dengan adanya universitas swasta bagus ini, bisa jadi solusi juga untuk yang tidak diterima di perguruan tinggi negeri ya

    BalasHapus
  46. hmm kabar baik nih, tapi aku penasaran sih sama Atmajaya sebenernya banyak yang bilang bagus. makasi banyak teh informasinya, bisa aku cari tau detail jurusanya nih.

    BalasHapus
  47. Makasih Mak infonya. Adiknya saya dah pada kelar, tinggal anak-anak, tapi belum pada sekolah juga. Masih jauuuh.

    BalasHapus
  48. Oh Telkom swasta ya mbak Nia, baru tau saya hihi kirain milik negeri. Banyak anak temen Temenku yang masuk ke Telkom Bandung. Bagus sih ya mbak lukisannya. Alhamdulillah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)