4.9.19

Hobi Jalan-jalan? Tulis Aja Ceritanya di Travelblogid!


Manteman, kalo mau jalan-jalan, terus blank banget dengan tujuannya, biasanya pada nyari referensi ke mana, sih? Kalo saya, selain ke sodara dan teman-teman, biasanya nyari di internet. Baik itu search langsung di Google atau pun nyari via hashtag di Instagram. Cerita menarik teman-teman blogger, rekomendasi-rekomendasi beberapa web traveling, serta gambar-gambar indah di Instagram, sangat bermanfaat dalam menentukan tujuan jalan-jalan saya. Gak hanya jalan-jalan buat menikmati indah dan suasana tempatnya aja, nyari tempat jualan kuliner enak pun, gak jarang saya lakukan dengan cara seperti itu.

Travelblogid, Web Blog Referensi untuk Jalan-jalan

Travelblogid adalah salah satu contoh web blog yang ngasih banyak ide dalam hal traveling. Gak hanya tulisan tentang review dari destinasi-destinasi wisata yang bisa dijadikan tempat untuk refreshing saja, di Travelblogid juga banyak tulisan mengenai makanan-makanan hits, makanan-makanan khas, makanan-makanan murah, atau aneka jenis makanan lokal, yang bisa kita santap ketika kita berada di suatu kota tertentu. Tak lupa, aneka tips dan info, serta berbagai jenis tulisan seni dan budaya bisa kita dapatkan supaya kita asyik serta merasa aman dan nyaman saat traveling.

Siapa sih yang nulis di Travelblogid? Ini nih yang menarik. Tulisan di Travelblogid merupakan tulisan dari para traveler atau travelblogger. Mereka menuliskan pengalaman travelingnya di sana dengan cara membuat akun terlebih dahulu. Pada hafal banget kan istilah Sharing Is Caring? Ini prinsip yang dipegang dari para travelblogger yang menulis di Travelblogid. Membagikan pengalaman sebagai bentuk kepedulian.

Ah ya, tulisan di Travelblogid juga tak hanya dari para travelblogger. Ada juga kok tulisan dari tim editornya. Semua bisa kita lihat dan kita bedakan dari nama penulis yang dicantumkan di akhir tiap tulisan.

Mau Ikut Berbagi Cerita?

Buat teman-teman yang hobi traveling, bisa banget deh menuliskan perjalanan travelingnya di sini, di Travelblogid. Caranya gampang banget. Teman-teman hanya tinggal daftar dan lalu sign in. Begitu masuk, tulis deh cerita traveling temen-temen tersebut di sana. Tulisannya bisa ditambah foto dan juga video. Barulah, setelah tulisan selesai, dan ditambah foto atau video, teman-teman bisa mengirimkan tulisannya. Tulisan ini kemudian akan masuk pada menu artikel pending dan dalam proses persetujuan tim editor. Jika tulisan kita terpilih, tulisan tersebut akan muncul di menu artikel diterbitkan. Dan tulisan tersebut sudah berada di home www.travelblog.id.


Jangan lupa, sebelum kirim tulisan, pastikan tulisan teman-teman sudah dipilih berdasarkan pada kategori yang tepat ya. Kategori yang bisa dipilih antara lain Jalan-jalan,  Kuliner, Seni & Budaya,  serta Tips dan Info.

Apa Kelebihan dan Manfaat Nulis di Travelblogid?

Untuk manfaat, jelas ya tulisan kita akan sangat bermanfaat. Seperti yang saya sebut di atas tadi. Sharing is Caring. Berbagi pengalaman, berbagi kebahagiaan, berbagi tips, berbagi info, dan berbagi hal-hal positif ke kapada netizen di jagat maya. Sudah pasti, sekecil apa pun ilmu yang kita bagikan, dan lalu bermanfaat buat orang lain, akan membawa kebaikan bagi siapa pun.

Tak hanya itu saja, nulis di Travelblogid juga bisa dijadikan sarana untuk branding. Iya, branding nama kita. Semakin banyak tulisan yang tayang di sana, dan semakin banyak orang yang membacanya, apalagi jika tulisannya unik, menarik, dan lalu viral, nama kita bisa ‘naik’. Bukan mustahil, ini bisa menjadi milestone yang bagus untuk kemajuan karir kita.

Kalo kelebihannya apa? Kan bisa nulis di blog sendiri? Menulis di Travelblogid itu sifatnya bebas. Kita tidak perlu me-maintain ini dan itu. Simpelnya: nulis, kirim, tunggu tayang. Sesudah itu, ya sudah, kita tak perlu ngurus ini dan itu. Paling-paling, kita share link tulisan ke media sosial kita. Supaya circle teman-teman kita membaca tulisan kita. Siapa tahu kan jadi viral. Nah kalo blog sendiri, itu butuh maintenance oleh diri sendiri. Di Travelblogid, kita gak perlu ngecek spam, ngecek SEO, ngecek analitik, ngecek traffic, ngecek security, dan lain sebagainya. Yang kita urus ya tulisan kita itu.

Ya, nulis di blog sendiri juga branding diri sendiri. Tapi untuk beberapa kalangan, apalagi traveler sejati, menulis di web blog seperti di Travelblogid itu lebih enak. Mungkin karena tidak memiliki banyak waktu untuk bisa mengurus blog sendiri.

Point Reward!

Ini yang paling menarik dari menulis di di Travelblogid. Setiap tulisan yang tayang akan menambah point buat kita. Dan point-point ini, jika sudah berjumlah tertentu bisa di-redeem dan ditukarkan dengan aneka produk menarik. Ada smartphone, ada tenda ada kamera, ada speaker, ada tas ransel, ada uang elektronik OVO dan Gopay, ada Powerbank, ada Tupperware, dan lain-lain.

Penambahan poinya sendiri itu dihitung dari tulisan kita yang sudah tayang. Untuk tulisan/jurnal perjalanan yang tayang, kita akan mendapat 50 poin. Ada pun untuk artikel video yang tayang, itu 40 poin. Semakin banyak tulisan yang tayang, tentu semakin besar poin yang kita dapatkan. Menarik banget, ya!

Kepengen Nyoba, Ah!

Baca-baca tentang Travelblogid sungguh bikin ngiler. Kepengen banget deh saya bisa dapet hape. Hehehe… iya, semoga deh, saya bisa nulis di sana. Sebagai selingan juga kalo lagi males nulis di blog sendiri. Itung-itung branding juga kan?!

Nah buat teman-teman yang hobi jalan-jalan, bisa banget nih nulis di Travelblogid ini. Teman-teman bisa nulis apa pun dari traveling yang teman-teman lakukan. Mau itu tentang tempatnya, kulinernya, adat dan budayanya, hingga tips dan trik traveling supaya jadi lebih menyenangkan dan bermakna. Siapa tahu juga, menulis di Travelblogid menjadi jalan buat teman-teman untuk maju ke tahap yang lebih baik.

Oke deh, segitu aja cerita saya tentang Travelblogid. Semoga bermanfaat, ya. Yuk kita nulis di sana. :)


45 komentar:

  1. aku prmh diksh tau ttg ini :D.udh kepikiran sih mau nulis di sana juga. tp kok ya kdg ga PD ama tulisan yg hrs ditulis di platform khusus begini :D. Soalnya selama ini aku nulis ttg pengalaman traveling, ga terlalu detil bgt, tp lbh ke apa yg aku rasain di sana.. Mau coba latihan dulu menulis tempat wisata secara detil , jd lbh berguna utk para pembaca :D

    BalasHapus
  2. wuiiih makin asik juga nih bisa nyari referensi juga kalo mau traveling nih

    BalasHapus
  3. Ak pernah dapet email buat daftar ini nih, tp ak belum sempet cek. Thank you ya teteh, jd kebayang sekarang mah :-D

    BalasHapus
  4. NAh aku suka nih jalan-jalan tapi kadang nulisnya tuh ntar-ntar aja :D. Asik juga kalau ada reward. Sapa tahu rewardnya bisa jalan-jalan gratis ya :D

    BalasHapus
  5. Waahhhh makasih banget share nya, bisa nih ya nulis tentang pengalaman travel disana, tapi kayanya harus coba cari tempat travellingnya yg oke deh hehe

    BalasHapus
  6. pengen banget dapet kamera teteh.Tapi teh semua tulisannya kudu tentang travelling apa boleh yang lain sih? tadi kalau baca bisa juga tips yah, wah menarik untuk segera sign up di travelblog id nih

    BalasHapus
  7. Asyik juga ya nulis di sana. Tapi aku nggak banyak traveling, paling setahun cuma sekali atau 2 kali aja sih. Mau baca dulu ah tulisan teman-teman di Travelblogid.

    BalasHapus
  8. Jadi tertarik pengen bikin akun di sana. Biar makin luas pembaca tulisan saya. Ulik dulu ah website-nya

    BalasHapus
  9. Sekarang nambah lagi ya referensi bacaan kalau mau jalan2. Bisa jadi kontributornya pula.

    BalasHapus
  10. Masih belum PD buat ngirim tulisan ke situ, soalnya biasanya nulis tentang travelling lebih banyak pada apa yang saya rasakan saja, masih banyak sisi subyektifnya

    BalasHapus
  11. wah kayaknya asik nih, lumayan kan rewardnya bias buat motivasi juga haha..
    tapi apa ada syarat2 untuk nulis disini, kayak minimal berapa chara gitu

    BalasHapus
  12. Yuhuu, makin semangat collect foto dan video kece selama ngetrip ya Mba
    Bisa tulis di travelblog ini jugaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  13. iya ini tulisan tentang traveling emang menarique buat ditindak lanjutin. tapi ya gitu, menulis tentang jelong jelong kayaknya harus ada strategi khusus ya...
    siap mantengin travelblogid deh

    BalasHapus
  14. Aku udah daftar di Travelblog.id nih kak, cuma belum nulis di sana hehehe. Soalnya pas daftar eh keburu hamil 😁 insya Allah nti pengen aktf dstu berhubung krna emang hobi jalan2

    BalasHapus
  15. Di Travelblogid ini bisa gak ya backlink ke tulisan yang ada di blog pribadi? Saya pernah juga mendapat info tentang ini tapi waktu itu belum tau mau nulis apa tentang traveling karena udah lama gak jalan-jalan. Hehe.

    BalasHapus
  16. Baca ini langsung tertarik menulis di di Travelblogid. Setiap tulisan yang tayang akan menambah point buat kita. Terus bisa di-redeem dan ditukarkan dengan aneka produk menarik. Ada smartphone, ada tenda ada kamera, ada speaker, ada tas ransel, ada uang elektronik OVO dan Gopay, ada Powerbank, ada Tupperware, dan lain-lain. Sangat menggiurkan hehe!!

    BalasHapus
  17. Aku pernah ditawarin juga nulis disini, tapi apa daya pengalaman travelingku cuma main ke tetangga sebelah huhuhuhu... Jadi mundur teratur :D

    BalasHapus
  18. Selain mantengin foto-foto terbaru di Instagram, biasanya aku baca review orang-orang di google review-nya dulu sebelum bepergian ke suatu tempat. Kapan-kapan boleh nih dicoba ke travel web Travelblogid.

    BalasHapus
  19. Eh jadi ingat... Saya pernah ditawarin jadi salah satu penulis di travelblogid ini kayaknya.

    Wah kalo gitu, pengen coba lagi menjajal kerjasama dengan travelblogid ah, mayan kan kalo tulisan kita jadi hits.

    BalasHapus
  20. Pernah dengar tentang Travelblogid, tapi belum paham bagaimana caranya menulis di sana. Ternyata cukup mudah juga ya, Teh.
    Oh iya, poin yang sudah terkumpul itu nantinya buat apa, Teh? Apakah untuk penukaran hadiahnya?

    BalasHapus
  21. Wah menarik banget nih buat ikutan nulis di travelblogid. Apalagi banyak reward juga hehehe. Kukepoin dulu ah websitenya kakk

    BalasHapus
  22. Asik ya kalo tulisan traveling kita bisa ditayangkan di TRavelblog.id ini, bisa ngumpulin point buat dapat reward nya. Aku baru bikin akunnya, pengen jadi kontributor

    BalasHapus
  23. aku juga diajakin buat nulis di travelblogid tp blm pede nulis ttg travel lagian aku anaknya jrg liburan jg sih wkwk

    BalasHapus
  24. wah, makasih teh sharingnya..suka aku, semoga bisa ikutan nulis disana..aamiin

    BalasHapus
  25. Saya pernah ditawarin buat nulis di situs ini mbak, cuma mikir lagi lha nulis buat blog sendiri belum bisa konsisten deh. Semoga nanti ada kesempatan buat menulis di sana

    BalasHapus
  26. Aku malah kalau habis traveling gitu, dikepala perasaan banyak banget yang mau aku tulis. Pulang dari traveling langsung suka byeeeeee... Kayaknya ini menarik ya, mencoba menulis di Travel Blog.

    BalasHapus
  27. Lae udah bikin akunnya cuma belum mulai nulis. Padahal konten fotonya udah siap. Btw teteh udah coba nulis disana?

    BalasHapus
  28. Aku pernah di-email tentang travelblog.id ini. Sempat ingin nulis, tapi belum sempat :D

    BalasHapus
  29. Waah kayaknya asyiik nih kalau bisa jadi salah satu contributor di sana.

    BalasHapus
  30. Aku suka jalan2 hahahaha. Tp udh jarang keluar kota. Ahhh jd terpacu unt jalan2 lg dehhh. Kyknya seru ya share di travelblog id.

    BalasHapus
  31. Wah teh senneg banget kaya baca majalah ya tapi isinya tulisan real teman teman hihi

    BalasHapus
  32. Wuih ada point rewardnya juga ya, asyik sekaleee... Nyobain aah nulis di sana ya. Sekali2 mencoba menulis di luar 'zona nyaman' blog sendiri ;)

    BalasHapus
  33. Asyik ya, berbagi cerita bisa dapat duit... Mau juga ah... Siapa tahu layak muat.. Tfs...

    BalasHapus
  34. Selain Point Rewardnya yang menggida, aku tertaruk nulis di Travelblog id karena alasan ini:
    Kita tidak perlu me-maintain ini dan itu. Simpelnya: nulis, kirim, tunggu tayang. Sesudah itu, ya sudah, kita tak perlu ngurus ini dan itu. 

    Wah..mau juga!!

    BalasHapus
  35. Boleh juga nih yah mba daripada cerita dan cerita perjalanannya nguap saja. Mending ditulis yah mba... mantap deh

    BalasHapus
  36. Iya mau teh sesekali nyumbang tulisan d travelblog.id apalg bisa dapet point senenglah dpt reward gitu

    BalasHapus
  37. Menarik yaa ini jadi kalau hobi jalan2 dan suka nulis bisa banget jadi bahan untuk nulis disini ya

    BalasHapus
  38. Nanti Aku klu Ada waktu mau coba nulis ditravelblog.id

    BalasHapus
  39. Cerita lama boleh ya mbak tapi yang penting beda tulisan?

    Aku ada kalau yang dulu2 :")

    BalasHapus
  40. Travelblog.id ini memang kece segala tips, destinasi, event dan berbagai hal yang menyangkut traveling banyak ditulis di sana. Kontributornya juga kece-kece.

    BalasHapus
  41. Aku banyak foto jalan2 lagi mengumpulkan mood buat nulis tentang traveling. Kadang kalo pulang bepergian itu bawaannya pengen mager hahahaha

    BalasHapus
  42. Pas banget lagi ngumpulin foto traveling teh, daripada dikumpul doang mending ikutan jadi kontributor travelblogid yaa 😁

    BalasHapus
  43. Oh ada yah travelblog.id kusus buat nulis traveling gitu. Mantap meluncur deh liat tulisan yg lain siapa tahu dpt rekomendasi

    BalasHapus
  44. travelblog.id ini platform baru ya teh? baru tahu hehe

    BalasHapus
  45. Aku udha punya akun kontributor d lama travelblog.id ini namun belum juga aku tulis satu tulisan jalan-jalanku disana teh haha

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)