22.7.19

Serunya Acara Halal Bihalal BEPSI '86


Kompak, guyub, dan penuh kekeluargaan. Itulah yang saya rasakan saat ikut halal bihalal bersama Alumni SMA BPI Siang '86 (BEPSI '86), Sabtu 13 Juli 2019 di Hotel Mercure, Jalan Lengkong Besar No.8,  Bandung, lantai 15 Sky View. Sebab semua anggota yang hadir, baik itu laki-laki atau pun perempuan, dari awal hingga akhir, larut di dalam acara yang mereka susun dan mereka buat bersama-sama.

Adalah Bu Rina Rofina Mochtar, yang akrab disapa Bubu, yang merupakan Ketua Panitia dari acara Halal Bihalal BEPSI '86, yang mengajak saya ke acara tersebut. Saya yang kebetulan sedang lowong, mengiyakan tawaran Bubu Rina. Seperti dugaan, acara yang berlangsung dari pukul 4 sore hingga pukul 9 malam ini berlangsung meriah.

Bubu Rina Rofina Mochtar, Ketua Panitia Halal Bihalal

Acara Mendadak yang Sungguh Semarak

Acara halal bihalal hari itu diawali dengan registrasi di meja pendaftaran. Satu per satu, anggota BEPSI '86 yang hadir menuliskan namanya di buku tamu. Setelah semua berkumpul, mereka pun berfoto bersama. Langit Sky View lantai 15 Hotel Mercure yang cerah membuat suasana menghangat.

BEPSI '86 perempuan

BEPSI '86 laki-laki

Tak lama berselang, MC dari panggung utama membuka acara. Bubu Rina Rofina kemudian memberikan sambutan. Apa yang disampaikannya benar-benar membuat saya kagum. Bagaimana tidak, acara halal bihalal BEPSI '86 yang dilaksanakan sore itu ternyata persiapannya hanya dilakukan dalam waktu 2 minggu saja.

Bisa dibayangkan, untuk bisa mengumpulkan ratusan orang yang sibuk, dari berbagai tempat yang gak hanya di Bandung, itu pasti sangat susah. Belum lagi mengumpulkan dana, membuat acara, hingga koordinasi semua halnya. Jelas, itu semua membutuhkan waktu, tenaga, dan pemikiran ekstra sehingga akhirnya bisa terwujud dalam waktu 2 minggu saja.

FYI, acara halal bihalal BEPSI '86 ini dananya didapat secara mandiri, lho. Walopun sangat memungkinkan untuk bisa dapat sponsor, tapi itu tidak dilakukan. Mungkin supaya acara bisa berlangsung bebas, tanpa tekanan, dan tanpa pesan sponsor dari sana sini. Sehingga akhirnya, donasi pribadi dari para member BEPSI '86, serta iuran pendaftaran yang dipungut, berhasil membuat acara halal bihalal berlangsung meriah. Di hotel bintang 4 pula.

Kang Dani, Ketua BEPSI '86

Kang Dani, Ketua BEPSI '86 kemudian memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Kang Dani mengatakan bahwa acara halal bihalal yang dilakukan saat itu merupakan sebuah momen besar yang sangat berharga. Sebab di acara kali itu dihadiri oleh lebih dari 100 anggota, dari berbagai tempat. Dan ini menjadi rekor dalam hal mengumpulkan anggotanya.

Kang Dani berharap, acara halal bihalal tersebut menjadi sebuah awal dari silaturahmi yang lebih baik. Sehingga alumni BEPSI '86 yang aktif tidak itu-itu saja. Semuanya diharapkan bisa ikut aktif. Misalnya saja seperti ikut di acara pengajian yang dilakukan per 4 bulan. Di akhir sambutannya, Kang Dani meminta sumbang saran serta testimoni dari para anggota untuk kemajuan BEPSI di kemudian hari.

Testimoni dari alumni menjadi acara selanjutnya. Teh Patzia maju sebagai perwakilan dari alumni BEPSI '86 perempuan. Dalam sambutannya, Teh Fathciah berterima kasih atas dibuatnya acara halal bihalal tersebut. Sebab kebetulan, beliau memang tak berdomisili di Bandung. Dan ke depannya Teh Patzia berharap, acara serupa bisa rutin dilakukan. Tentu saja, semua untuk silaturahmi BEPSI '86 yang lebih baik lagi.

Teh Fathciah

Kang Rizal yang menjadi perwakilan alumni BEPSI '86 dari pihak laki-laki juga berharap hal serupa. Kegiatan ngumpul bersama bisa dilakukan secara rutin. Baik itu di acara pengajian, olahraga, atau pun yang lainnya.

Kang Rizal

Azan Maghrib pun berkumandang. Acara halal bihalal kali itu masuk ke break Ishoma (istirahat, sholat, dan makan). Namun sebelumnya, Kang Dankeu memimpin doa.

Kang Dankeu memimpin doa


Break dinner

Suasana Semakin Seru!

Usai Ishoma, acara hiburan pun dimulai. Sekelompok anak muda nge-dance dengan cukup energik. Suasana menghangat saat para dancer menarik satu per satu anggota yang hadir. Jadilah, acara dancing kali itu menjadi momen flashmob. Seru sekali!

Rasa kekeluargaan dan kekompakan BEPSI '86 sangat terasa ketika acara masuk ke bagian games. Permainan-permainan seru yang melibatkan para anggota membuat semua yang hadir terhibur. Ada games memindahkan gelas plastik menggunakan balon, ada lomba jalan ala model di catwalk, dan ada juga games yang menuntut konsentrasi. Kesemuanya sukses membuat malam itu penuh gelak dan tawa.

Para pemenang games

Tak lupa, hadiah-hadiah untuk para pemenang dan juga yang ikutan, serta aneka door prize yang diberikan, menjadi daya tarik tersendiri untuk semua yang hadir. Bahkan di akhir acara diberikan juga door prize berupa smartphone yang diundi secara acak.

Menyanyi bersama memang selalu istimewa. Begitu juga di acara halal bihalal itu. Satu demi satu anggota BEPSI '86 menyumbang lagu. Sementaa anggota yang lainnya turut mengikuti, bersama dengan iringan band yang hadir di acara tersebut. Semakin mendekati akhir, semakin rame saja.

Menyanyi bersama

Oh ya, dalam kesempatan itu, disinggung juga mengenai YuBike. Suatu komunitas kecil pesepeda yang anggotanya juga merupakan anggota BEPSI '86. Karena keaktivannya, di acara halal bihalal tersebut, diberikan juga penghargaan kepada YuBike.

Pemberian apresiasi kepada YuBike

Kegiatan yang dilakukan YuBike adalah bersepeda secara rutin untuk berolahraga, mengolah jiwa, dan fun. Tujuannya yang paling utama tentu saja adalah menjalin silaturahmi di antara sesama alumni BEPSI ‘86 dan sesama komunitas pesepeda lainnya di Kota Bandung dan di kota-kota lainnya.


YuBike ini didirikan tanggal 22 Februari 2019, di Bandung. Awalnya, anggota YuBike memakai berbagai jenis sepeda. Tidak mengkhususkan diri pada merk dan atau jenis sepeda tertentu. Namun seiring dengan waktu, saat ini anggota YuBike memakai sepeda lipat (folding bike) dari berbagai macam Merk. Setiap anggota Yubike diberi kebebasan dalam memilih dan menggunakan merk sepedanya. Ada pun yang menjadi pertimbangan YuBike dalam menggunakan sepeda lipat adalah karena ringan, nyaman, praktis, dan mudah untuk dibawa ke mana saja hanya dengan melipatnya. Serta karena pertimbangan bisa muat di dalam kendaraan.

Kegiatan rutin YuBike ada yang sifatnya mingguan dan ada juga yang berkala. Misalnya saja ikut event tertentu. Baik di dalam Kota Bandung atau pun di luar Kota Bandung. Berikut ini foto-foto kegiatan YuBike di berbagai acara. Di Bandung Lipet First Ride, Tasik Asik di Tasik Malaya, Fun Ride Spin Warriors 30K di BSD, Happy Camp Situ Patenggang di Ciwidey, dan Garut Lautan Sepeda pada HUT kota Garut. Seru-seru banget, ya!


Kenalan dengan BEPSI '86, Yuk!

BEPSI '86 merupakan sebuah organisasi ikatan alumni Sekolah Menengah atas Badan Perguruan Indonesia (BPI) Siang Angkatan 1986. Berdasarkan Anggaran Dasar BEPSI '86 BAB I Pasal 1, Organisasi ini bernama Ikatan Alumni SMA BPI Siang Angkatan 86, yang disingkat dengan nama BEPSI '86. Organisasi ini berkedudukan di Bandung dengan kantor sekretariat beralamat di jalan Buah batu No.235, Bandung.

Usulan nama SMA BPI Siang Bandung Angkatan ‘86 menjadi BEPSI '86 adalah oleh H. M. Taufik Sudjatnika, SE. M.Si, Penamaan tersebut dimaksudkan supaya dapat lebih mudah diucapkan dalam hal pelafalan. Serta agar mudah untuk diingat dan menjadi ciri khas (identitas) bagi alumni SMA BPI Siang angkatan ’86 ini. Organisasi ini ditetapkan pada hari Sabtu, 24 Februari 2018.

Berdasarkan pada Anggaran Dasar BEPSI '86 BAB II Pasal 3 ayat 2, BEPSI '86 bersifat kekeluargaan, nonprofit, independen, dan tidak menjadi bagian dari organisasi massa atau partai politik mana pun. Namun secara historis memiliki hubungan dan merupakan bagian dari Keluarga Besar Almamater dan Alumni SMA BPI Siang Bandung.

Dewan Pengurus dan Majelis Pertimbangan BEPSI '86

Ada pun berdasarkan Anggaran Dasar BEPSI '86 BAB II Pasal 4, organisasi ini bertujuan mempererat ikatan kekeluargaan alumni SMA BPI Siang Angkatan ‘86 Bandung, dan memfasilitasi segenap potensi sumber daya manusia SMA BPI Siang Angkatan ‘86 Bandung untuk dapat mengembangkan dirinya masing-masing sebagai insan berilmu, cerdas, unggul, demokratis, serta berkiprah dalam memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan seluruh masyarakat Indonesia.

Lalu berdasarkan Anggaran Dasar BEPSI'86 BAB II Pasal 5, kegiatan BEPSI '86 bertujuan menumbuhkan rasa memiliki pada organisasi mau pun almamater guna terciptanya rasa kebersamaan antarsesama alumni dalam rangka meningkatkan peranan, manfaat, fungsi, dan mutu organisasi.

BEPSI '86 mempunyai agenda rutin tahunan per 4 (empat) bulan, yakni Halal Bihalal, Pengajian 1, dan Pengajian 2. Anggota aktif BEPSI '86 yang terdata, saat ini jumlahnya 200 orang. Yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri. Berikut ini susunan kepengurusan BEPSI ’86.

Struktur Organisasi Dewan Pengurus (DP) BEPSI'86
Ketua.           : Ir. H. Danny M.Affandi
Wakil Ketua : H. M. Taufik Sudjatnika, SE. M.Si,

Dan agar Organisasi dapat berjalan dengan Baik, maka dibuat penyeimbang yang dinamakan Majelis Pertimbangan (MP). Fungsinya adalah sebagai pengawas jalannya organisasi. Majelis Pertimbangan (MP) diketuai oleh Ir. H. Farid Risman.

Tentang Logo BEPSI ‘86

Logo BEPSI '86 resmi digunakan sejak tanggal 14 Maret 2018. Desain logonya sendiri dibuat oleh Ir. H. Farid Risman. Bentuk logo dengan desain dinamisnya mencerminkan keberagaman alumni BEPSI '86.

Warna Logo BEPSI '86 didominasi warna Merah dan Orange. Hal ini mencerminkan semangat yang menyala dan berani dalam menghadapi segala tantangan hidup ke depan. Dan dengan warna latar Abu-abu yang berarti memberi perasaan Teduh dan Nyaman dalam satu ikatan kekeluargaan Alumni BPI '86 Siang. Warna abu-abunya ini juga dengan terdiri atas Abu-abu Tua dan Muda, yang mencerminkan Peleburan IPA dan IPS membentuk Satu Kesatuan BEPSI '86.

Logo BEPSI '86

Wuih!

Melihat dan mendengar sendiri apa yang terjadi di acara halal bihalal BEPSI '86 sungguh membuat saya kagum. Sekaligus juga malu. Mereka yang sudah tak muda lagi tapi begitu bersemangat. Kompak, guyub, dan penuh rasa kekeluargaan. Tak ada tuh kesan merasa diri paling keren, paling sukses, paling hebat, atau sejenisnya. Semuanya lebur di dalam acara itu.

Sementara saya, yang  mungkin 10 tahunan lebih muda, sering kali males untuk ngumpul dengan alumni sealmamater dulu. Duh, malu banget deh. Kekompakan, keguyuban, dan rasa kekeluargaan angkatan saya mungkin gak seujung-kukunya BEPSI '86 ini. Yang sampai punya organisasi resmi, punya kegiatan rutin, dan bahkan logo pun dipikirkan makna filosofisnya.

Pulang dari acara ini saya jadi kangen dengan teman-teman dulu. Saya jadi gak sabar untuk ikutan reunian. Sungguh, saya kepengen seperti kakak-kakak BEPSI '86 ini. Punya semangat yang membara yang tak layu karena jarak dan perbedaan. Semoga saja masih ada waktu untuk itu. Berkumpul bersama dengan teman-teman seperjuangan dulu.

Oke teman-teman, sampai di sini cerita saya kali ini. Gimana, keren kan BEPSI '86 ini? Coba deh dilihat foto-foto kegiatan mereka. Pasti deh teman-teman jadi kagum seperti saya. Semoga tulisan saya bermanfaat. Sampai jumpa!

Pengukuhan Ketua Majelis Pertimbangan BEPSI '86 Ir. H. Farid Risman oleh ketua BEPSI '86 yang disaksikan Wakil ketua BEPSI '86

Baksos dan buka bersama dengan anak yatim BEPSI '86 di di Bulan Ramadhan, di Masjid Al Fajr Cijagra Bandung

Pembagian tajil gratis di Bulan Ramadhan di depan kantor sekretariat BEPSI '86

Milad 1 tahun BEPSI '86 bersama KH. Moch Dede Amiruddin di Gedung Bintalis SMA BPI Bandung (Maret 2019)

Event 'Kangen Bandung', napak tilas gedung-gedung di pusat Kota Bandung (Sabtu, 30 Maret 2019)

32 komentar:

  1. Wah senangnya bisa kumpul sambil keliling bandung yaa

    BalasHapus
  2. Padahal usianya udah ga muda lagi ya, tapi semangat untuk silaturahimnya perlu dicontoh. Jarang2 udah usia mapan mau kumpul2 bareng.

    BalasHapus
  3. Seru bgt ya bisa reuni sama temen2 sekolah, pasti jadi nostalgia. Acara reuninya seru bgt apalagi dari sore sampai malem gak kerasa

    BalasHapus
  4. Seru bangeeet kalau liat yang reuni, aku baru 2 minggu lalu juga dokumentasiin acara halbil sma 3 angkatan 80, seru banget padahal ya udah mendekati kepala 5 hihi, tapi ya semangatnya sungguh patut diacungi jempol ya. Beda banget lagi mereka gunain hape untuk foto bareng doang jadi ga sibuk pegang gadget hihi.

    BalasHapus
  5. Wuih, meski dadakan tapi seru banget ya acaranya... Teh, itu yg nyanyi di tengah pake kacamata namanya siapa? Mirip sodara, a agung :D

    BalasHapus
  6. Acaranya rutin ya. Salut banget masih menyempatkan waktu buat kumpul :)

    BalasHapus
  7. Di awali dengan silutahmi, kemudian dilanut pengajian setiap 4 bulan sekali, silaturahminya jadi berlanjut deh .....

    BalasHapus
  8. Salut banget sama bapak2 ibu2 yang masih sempat kumpul-kumpul dg teman lama seangkatan. Reuni SMP-ku aja yg dateng nggak sebanyak ini. :(

    BalasHapus
  9. Wuiih moment reunion emang paling bikini hepi ya. Aku so far belum pernah ikut reuni SMA yang besar euy hehe mungkin nantinya kalo udah 20tahun sekitar tahun 2031 haha.

    BalasHapus
  10. Oh, kirain Teh Nia alumnus BPI juga. Hehehe...BTW, salut untuk para pengurus paguyuban yang mau meluangkan waktu mempersiapkan acara. Angkat topi juga untuk para peserta yang mau hadir dan terlibat aktif dalam acara. Sukses BEPSI 86 :)

    BalasHapus
  11. iiihhh keren amat mbak, niat gitu bikin acaranya sampai berlangsung selama 5 jam :)

    BalasHapus
  12. Masya allah aku kangen bandung juga nih liat poto poto teakhirnya kak nia, acara halal bi halal yang mempererat silaturahmi dan bertemu sapa.

    BalasHapus
  13. Acaranya seru yah ketemu sama alumni gitu yah? Kalo ketemu teman lama suka lama ga inget waktu hahaa

    BalasHapus
  14. Keren nih, geliatnya yak. Bisa dicontohin yah buat alumni yang lainnya. Sebab kalo alumni aku belum kayak gini heboohnya. Seru kayaknya

    BalasHapus
  15. Untung baca lengkap sampai bawah, daku kirain Teteh angkatan 86 😅. Belum banyak terekspos ya alumni sekolah yang bisa terus eksis bermanfaat seperti BEPSI ini

    BalasHapus
  16. Seneng liatnya mba kalau kompak begitu trus bisa seseruan bareng secara kadang susah buat kumpul karena pada sibuk

    BalasHapus
  17. Seneng pisan ya teh udah puluhan tahun terus ngadain reunian, bakalan terasa mmoment nostalgia na teh

    BalasHapus
  18. kalau udah ngumpul rame bahagia sambil reuni gini psti banyak cerita lama dan seru yang sayang untuk ngga diceritakan kembali atau jangan jangan malahan ada cerita yang ngga sempat diungkapkan hehehe. seru banget nih... bisa tiap tahun kalau udah kompak begini

    BalasHapus
  19. Tahun 1986 udah lama banget. Di saat mereka udah lulus SMA, aku bahkan belum lahir di tahun itu. Salut kepada para penggagas reuni BEPSI 86. Di tengah-tengah kesibukan masing-masing alumni, masih tetap bisa bersilaturahmi dan berhubungan satu sama lain!

    BalasHapus
  20. Kompak banget ini mah teh, masih terjaga silaturahminya. Tapi emang bener sih nggak gampang bisa ngumpulin orang-orang dengan kesibukan masing-masing, pengalaman aku ngadain reunian juga gitu. Salut sama panitianya BEPSI 86.

    BalasHapus
  21. Seru banget ini acaranya ya mba. pasti jadi curcol nih jaman-jaman jadul.
    Silaturahminya erat banget ya mba.

    BalasHapus
  22. Senang ya Mbak bisa bertemu sesama alumni di SMA dengan melakukan banyak kegiatan positif

    BalasHapus
  23. Waktu saya SD, punya teman di rumah, dia sekolah di BPI juga. Lingkungan saya di Martanegara saat itu memang kebanyakan sekolah ke BPI atau BPP.

    Terbayang serunya ya setelah sekian puluh tahun gak ketemu akhirnya bisa bernostalgia

    BalasHapus
  24. Acaranya cuma disipakan dalam waktu 2 minggu doang? Seriusan kak? Keren banget itu mah namanya

    BalasHapus
  25. Wah temen SMA ku udh pada kwmana yaaaaaa.. salut sama yang terus berhubungan begink..etapi acara model halbil gini bukan cuman jadi ajang merekatkan persahabatan .. tapi juga ajang networking

    BalasHapus
  26. Wah reuni memang asyik ya.

    Bandung dan kenangan, kombinasi yg pas

    BalasHapus
  27. Paling seru tuh datang ke halal bihalal sekolah karena kita jadi bernostalgia kembali dengan teman-teman sekolah. Kalau di aku biasanya persiapan itu bisa sebulan sebelum, ini hebat bisa 2 minggu saja.

    BalasHapus
  28. Keren banget ada reuni gini. Aku jarang banget ke reuni krn emang waktunya gak pernah pas. Itu yg jd panitia hebat bener pastinya bisa ngumpulin banyak alumni buat balik kumpul2 yaaa :D

    BalasHapus
  29. Kata temen yang alumnus BPI, sekolah ini heiits banget yaa, teh..?

    Maaf, teh.
    Kalau bukan orang Bandung, gak paham yaa..

    Tapi suka banget sama kegiatan-kegiatab alumnusnya yang berfaedah.

    BalasHapus
  30. Seru dan kompak banget angkatanya mbak :) Apa rahasia biar kompak kaya gini? hehehe patut ditiru!

    BalasHapus
  31. MBa, aku senang kalau ada ahalal bihalal tak sekedar ketemuan dan nostalgia. Tapi malah membuat kegiatan yang bermanfaat bagi sesama

    BalasHapus
  32. Untuk acara yang di inisiasi secara mandiri ini terbilang meriah ya mba. Salut sih sama kekompakan dan kesukarelaan saling mengkoordinir sehingga bisa berjalan acara. Semoga semakin banyak kegiatan yg kian mempererat silaturahmi antara satu dan lainnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)