14.5.19

Nyari Nama Domain untuk Website Bisnis? Pertimbangkan 10 Hal Ini!

beli-domain

Manteman, saat buka sebuah website, pernah bertanya-tanya tentang arti nama domain dari website yang lagi dibuka, gak? Saya sering. Iya, saya sering kepo dan tergelitik. Dan akhirnya nanya sama diri sendiri. Kenapa sih nama domain website ini begini? Kenapa sih nama domain website itu begitu?

Nama Domain Tak Sembarangan
Dulu sebelom punya blog, saya mengira-ngiranya, si empunya website ngasih nama sembarang aja, sekehendak dia. Tapi sesudah punya blog, enggak gitu lagi. Sebab ternyata, nama domain dari sebuah website itu dibuat secara matang. Jangankan nama domain untuk website bisnis, saya aja waktu mau bikin blog, gak sembarangan. Ada pertimbangan tertentu yang jadi acuan.

Untuk saya sih, waktu bikin blog pertimbangannya dalam memilih nama domain gak terlalu banyak. Saya cuma ingin, nama domain saya identik banget dengan saya. Tiap ada yang buka blog saya, orang jadi keingetan saya sebagai pemiliknya. Jadinya saya memilih nama sendiri sebagai nama domain blog. Sebuah nama pena saya yang sebelumnya saya pakai saat menulis buku.

Nah yang berbeda tentu adalah nama domain untuk website bisnis. Si empunya pasti gak berpikiran kayak saya yang ingin website-nya identik banget sama beliau. Pertimbangannya dalam memilih nama domain tentulah banyak. Dari mulai branding bisnisnya, hingga mungkin ke hoki yang dibawa nama domain tersebut.

Pertimbangan dalam Menentukan Nama Domain
Teman-teman ada yang punya bisnis? Punya niat bikin website-nya tapi belum dapat nama domain yang tepat? Baca terus tulisan saya ini deh. Saya mau kasih pertimbangan-pertimbangan nama domain untuk website bisnis, yang saya rangkum dari berbagai sumber. Check it out!

1. Gampang Diketik
Ini pertimbangan pertama yang wajib banget dipenuhi. Sebab ini bisa menentukan traffic yang menuju website bisnis kita. Nama domain bisnis yang dipilih haruslah gampang diketik. Memiliki ejaan yang jelas, tidak menyusahkan, sehingga tidak membuat orang gampang typo. Misalnya saja domain yang memilih kata ‘Ramadhan’. Jangan sampai terkecoh antara ‘Ramadhan’ dengan ‘Ramadan’. Kita bisa memilih ejaan Indonesia atau transliterasi dari Bahasa Arabnya. Pastikan pilihan kita merupakan kata yang paling banyak digunakan orang.

2. Tidak Panjang
Memilih nama domain untuk website bisnis jangan panjang-panjang. Sebab panjang akan susah diingat dan memperbesar kemungkinan typo. Nama domain yang pendek dan simpel akan lebih mudah diingat, dan lebih bagus. Satu kata, dua kata, atau maksimal 3 kata. Sebagai contoh untuk nama domain yang menggunakan 3 kata, misalnya saja akusukatempe.com.

3. Memasukan Kata Kunci
Ini juga penting. Menetapkan nama domain untuk website bisnis dengan memasukkan kata kunci ke dalamnya. Misalnya seperti contoh di nomor 3. Jika kita berbisnis tempe, maka masukkan kata kunci ‘tempe’ ke dalamnya. Tujuannya, selain supaya langsung identik dengan produk bisnis kita, juga untuk keperluan SEO di mesin pencari seperti Google.

4. Memasukkan Daerah Target
Ini pun penting. Target bisnis kita di mana? Lokal, nasional, atau internasional? Jika lokal, untuk bisnis tempe misalnya, bisa digunakan tempelezatbandung.com. Sama dengan kata kunci yang membuat identik dengan produk, memasukkan daerah target juga bertujuan memudahkan pencarian di search engine ketika ada orang lokal yang mencari.

5. Hindari Penggunaan Angka dan Tanda Hubung (-)
Angka dan tanda hubung akan lebih baik jika tidak digunakan. Hal ini akan memperbesar kemungkinan typo. Misalnya angka ‘5’ dengan huruf ‘S’ serta tanda hubung ‘-‘ dengan tanda ‘_’. Akan tetapi jika masih ingin menggunakan, cari variasi yang unik, misalnya saja seperti tempe97.com atau tempe-lezat.com

6. Mudah Diingat
Ini pasti ya, dalam memilih nama domain untuk website bisnis sangat perlu dipertimbangkan nama yang mudah diingat. Yang mungkin dengan sekali membaca atau mendengar saja, orang-orang langsung ingat produk atau bisnis kita. Nama yang unik dan catchy adalah yang paling tepat.

7. Riset Terlebih Dahulu
Dalam menentukan nama domain untuk website bisnis sering kali tidak mudah. Untuk itu, ada banyak sekali pelaku bisnis yang melakukan riset terlebih dahulu. Riset yang dilakukan juga tak hanya dalam tujuan mencari yang tepat, tetapi juga untuk meneliti lebih jauh ketersedian nama domain tersebut. Mungkin saja kan nama domain yang sudah kita pilih ternyata sudah dipakai dan didaftarkan hak ciptanya oleh pihak lain. Jika kita tidak hati-hati, dan terus menggunakannya, bisa-bisa kita terkena masalah hukum. Bukannya untung, kita malah buntung.

8. Gunakan Extension Nama Domain yang Tepat
Jika sudah menemukan nama domain yang tepat, dan riset yang dilakukan membuahkan hasil positif, kita tinggal memilih extension yang tepat. Misalnya saja .com, .net, atau yang lainnya. Extension .com memang paling popular, tapi untuk bisnis, bisa saja menyusahkan dalam membuat nama domain website bisnis kita diingat orang. Untuk itu bisa dipilih extension yang lain, yang mungkin membuat nama domain website bisnis kita makin unik. Misalnya saja: ditempe.in. Nah di sana, extension yang digunakan adalah .in. Jika dibaca langsung, nama domain tersebut menjadi ditempein. Lumayan unik ya, mengingat artinya yang berarti ditambah tempe.

Selain menambah unik, extension juga bisa menggambakan jenis bisnis usaha kita. Misal jika menggunakan .info yang mengacu pada website infomasi, .co yang mengacu pada perusahaan dan komunitas, .net yang mengacu pada hal-hal teknis, .org yang mengacu pada hal-hal yang nonkomersial, .biz yang mengacu pada bisnis, atau .me yang mengacu pada hal-hal yang besifat pribadi seperti blog.

9. Lindungi dan Bangun Bisnis Kita
Setelah semua selesai, dan sudah punya nama domain untuk website bisnis, yang harus kita lakukan adalah melindungi dan membangun bisnis kita sendiri. Melindungi bisnis bisa dilakukan dengan cara membeli nama domain dengan variasi extension yang berbeda-beda. Hal ini untuk menutup kemungkinan saingan kita mendapat celah dari typo-nya pelanggan saat mengetik alamat website kita, atau membuat website dengan nama domain yang mirip.

10. Cepat Beli Domain!
Pembelian domain itu berlangsung sangat cepat. Bisa jadi, nama domain yang kita risetkan sekian hari, yang kita cari agar unik dan cathy sekian jam, dan yang kita incar sekian waktu, tiba-tiba saja sudah dimiliki pihak lain. Nah sebelum kita menyesal, cepat-cepat beli domain tersebut. Jangan sampai semua usaha dalam menentukan nama domain untuk website bisnis kita keduluan saingan. Ini tentu akan sangat menyedihkan.

Oke teman-teman, segitu dulu tulisan saya. Semoga bermanfaat ya untuk teman-teman yang punya bisnis dan hendak membeli nama domain untuk website bisnisnya. Satu pesan saya, pilih tempat membeli domain yang bagus dan terpercaya. Yang bisa membantu teman-teman dalam berbagai hal teknisnya. Sebagai referensi, coba deh ke Qwords. Pengalamannya dengan banyak korporat dan perusahaan-perusahaan besar sangat patut untuk menjadi bahan pertimbangan. Sampai jumpa!

beli-domain

77 komentar:

  1. memang bener sih milih domain untuk bisnis itu kalo bisa ngasih gambaran tentang bisnisnya, 3 kata itu udah jumlah yg maksimal.

    BalasHapus
  2. kemarin aku sebelum tld nyari nama yg pas.. tpi berhubung kadang artikelnya super random jadi story deh wkak

    BalasHapus
  3. Nama domain emang g boleh asal2an ya teh.. aku setuju bgt teh sama saran2 diatas

    BalasHapus
  4. Sempat melongo waktu mau pakai domain buat blog suami, eh udah ada yg pakai itu namanya. Jadi beneran kalua udah ada yg pas dan dipilih kudu segera dibeli ya Teh. Segera diamankan

    BalasHapus
  5. Waah setuju saya sama tipsnya Teh, nama domain tidak bisa sembarangan, semoga nanti bisa saya terapkan tips ini jika punya usaha. Aamiin...

    BalasHapus
  6. Setuju kak point mudah diingat karena akan mudah diingat orang ini kan nyangkut bisnis dan branding dari produk kita

    BalasHapus
  7. Nah, emang beneran galau sih waktu nyari nama domain yang tepat, sampai akhirnya pake nama sendiri deh dengan disingkat gitu...yaa mudah-mudahan mudah diingat ya hehe..

    BalasHapus
  8. makasih tipsnya mba, saya juga 2 domain belinya di qwords. ingin beli 2 ;agi untuk blog buku dan dapur tapi takut gabisa isi blognya

    BalasHapus
  9. Keren banget infonya makasih teh, pegetahuanku tentang hal beginian masih kurang banget haha

    BalasHapus
  10. Udah tahun ketiga pakai Qwords nih aku teh, semoga makin kece pelayanan sama kalo bisa nih beli paketan domain buat berapa tahun ada diskon gitu wkwk

    BalasHapus
  11. Oh iye ye, masukan keyword juga di domain. Kalau daku tadinya mau diubah, cuma karena udah ada pembaca yang nama domainku nggak jauh dari yang sebelum TLD

    BalasHapus
  12. jadi inget dulu waktu awal2 mau cari nama domain untuk bisnis. Nyarinya butuh bertapaan yg panjang, karena kan gak boleh ribet, dan ada unsur seo nya juga. Aku jg beli domainnya di Qwords.

    BalasHapus
  13. Mudah diingat dan gampang ditulis (ketik) ini sangat setuju. Jika orang sudah familiar dg blog kita, jika mau mampir aja dengan mudah mereka berkunjung

    BalasHapus
  14. bener banget kalau bisa ada keywordnya ya teh. Suamiku juga pakai website untuk memasarkan produknya. Aku jadi belajar sama dia, padahal yang terjun ke dunia blog aku dulu, tp ilmunya banyakan dia.

    BalasHapus
  15. Unik juga ya itu domain ditempe.in, lucu, jadi orang-orang tertarik buat buka dan unik juga jadi mudah diingat. Baiklah, riset dulu buat nyari nama domain bisnis.. Makasih sharing nya ya teh

    BalasHapus
  16. bener banget kak, soalnya nama domain website itu untuk jangka panjang dan juga untuk keperluan branding hehe

    BalasHapus
  17. Susah-susah gampang ya. Kalau kasih nama anak, sama dengan nama anak orang lain nggak apa-apa. Tapi kalau nama domain, nggak boleh ada nama sama. Jadi emang kalau sudah nemu nama yang pas, harus segera di eksekusi

    BalasHapus
  18. Ya ampun Teteh point nomer 5 aku baru tahu huhuhu, gimana dong blog aku dikasih nama bibi-titi-teliti soalnya kalo gak dikasih - pas bagian titi dan teliti-nya itu lho Teh, nyambung dan gak enak bener hahahaha.

    Etapi aku juga belinya di Qwords lho :))

    BalasHapus
  19. dulu sejak saya mulai terjun online selalu diingatkan untuk cari domain seperti tips diatas makanya sekarang pake nama sendiri dan web blogger yang simple

    BalasHapus
  20. Aku setuju dengan nama domain yang gampang diketik dan mudah diingat pastinya mbak. Pernah juga nemu nama domain bisnis susah banget diingat karena produk bayi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nama domain yang susah malah jadi kayak bumerang nggak sih ya mba? Maunya kan yang justru orang gampang ingat ya mba. Tapi kalau memang nama produk luar apa boleh buat.

      Hapus
  21. niaharyanto dot com ini mudah diingat. noted nggak pakai - di tengah nama domain

    BalasHapus
  22. trims trik tip nya.. memang kalau ke marketplace itu untuk chanel jualan aja, ujung2nya harus punya website yang profesional untuk display dan "rumah" produk.

    BalasHapus
  23. Sekarang banyak yang pakai biz kalau untuk bisnis ya, tapi emang yang paling familier itu 'com' sih.

    Kalau menurut saya, mending pakai com, namanya aja yang unik.

    Banyak banget nih yang review Qword, saya jadi mupeng pengen beli domain buat blog satunya :)

    BalasHapus
  24. nama adalah identitas, brand yang harus dipikirkan secara matang...

    BalasHapus
  25. nama adalah identitas, brand yang harus dipikirkan secara matang...

    BalasHapus
  26. Hwaaa bener buangeeettt ini mba
    Terkadang poin2 yg mbak jabarkan ini tidak terpikirkan oleh sang business owner yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  27. wah bisa dicoba juga nich, mana tau nanti saya bisa belu domain untuk blog saya

    BalasHapus
  28. Sepakat mba!
    Memilih domain kudu kreatif dan brandable, apalagi untuk situs bisnis ya
    Karena erat kaitannya dengan branding.

    BalasHapus
  29. Wah ini beneran bgt cukup buat bingung untuk nentuin nama domain, sampe skrg sih masih belum nemu yg pas hehe

    BalasHapus
  30. Bener, nama domain nggak boleh ngasal ya, akrena bagaimanapun itu cerminan dari pemilik domain.

    BalasHapus
  31. Domain extensionnya juga harus tepat ya. Jangan asal beli, sayang nanti kalau asal-asalan. Dan ya emang bener sih menentukan nama domain itu enggak gampang, tapi ya gak susah banget. Eh gimana ini.. :D

    BalasHapus
  32. Memang harus riset dulu ya kalo mau cari nama domain utk web bisnis, harus lebih diperhatikan dibanding dg nama blog. Kalo bisa namanya pendek, unik dan mudah diingat ya.

    BalasHapus
  33. Wah pengen bikin toko online dr dulu blm aja..baru satu tapi ga bs macam2 spesifik banget barangnya...beneran sih nama domain pengaruh banget.

    BalasHapus
  34. Wow penjelasan kumplit, poin no 1 gak terpikirkan olehku mb, penting banget ya pilih nama domain yg gampang diketik

    BalasHapus
  35. bener banget, apalagi yang extension name itu. kadang ga cocok untuk usahanya kan ya

    BalasHapus
  36. Aku sendiri dulu sering banget loh mbak gonta ganti domain. Dulu pas pertama kali punya blog tahun 2009an gak mikirin deh yak broken link dan segala macamnya, sekarang jadi malah kena harus membersihkannya. Hahahaha

    makanya emang harus mikir panjang seh sebelum beli domain ini

    BalasHapus
  37. Memang kalau artikel blognya gado2 bingung jg, biasanya nama sendiri yg digunakan. Memang hrs yg mudah diingat & unik. Oh ya, sy follower baru blog mba ya. Thx

    BalasHapus
  38. oh jadi sebaiknya gak pakai angka gitu ya teh, nyari domain bisnis itu emang susah-suah gampang, udah kedapetan idenya eh udah dipakai orang, dengan tips diatas jadi kebantu banget nih.

    BalasHapus
  39. nah kayaknya nama domain aku kepanjangan deh. Hihihi. Padahal dulu pakai nama ini iseng aja karena singkatan dari nama aku :)

    BalasHapus
  40. Ibaratnya nama web bisnis kita menentukan datangnya rejeki kita ya... Jadi musti dipikirkan dengan matang. Tfs...

    BalasHapus
  41. Dari semua hal yg disebutkan, kayaknya yg paling susah itu menentukan alamat/nama domain. Jangankan buat bisnis, buat blog pribadi aja mikirnya lama, hahahaha

    BalasHapus
  42. nama domain harus mudah diingat dan gak mengandung arti negatif juga ya apalagi buat bisnis online. Harus pinter2 juga carinya karena banyak yang sudah pakai, jadi cari yang unik

    BalasHapus
  43. Suamiku webnya pakai Qword sudah 2 tahun ini dan nggak pengen ke lain hati katanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. setia sama qwords ya mbak sampe gak mau ke lain hati. Tapi memang kalau udah nyaman di penyedia domain itu males ganti2 kecuali bermasalah ya. Qwords udah terpercaya dari dulu

      Hapus
  44. Bener mbak jangan panjang panjang..biar gak typo orang yang nulis

    BalasHapus
  45. Beli domain harus di tempatnya ya mba.. biar bermanfaat dan makaimal pemakaiannya, apalagi untuk bisnis

    BalasHapus
  46. Hu um Teh, mau pilih nama domain juga musti banyak hal yang dipertimbangkan. Kayak milih nama anak yak hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog ku yang utama udah jalan 4 tahun ini beli di Qwords, yang satunya 3 tahun juga beli di Qwords. Kayaknya mau nambah 1 lagi deh yang bakal beli di Qwords, hihi.

      Hapus
  47. Aku dulu bikin nama blog yang susah sekali spellingnya. Udah gitu mana alay lagi, alhamdulillah sekarang udah tobat. Hehehe

    BalasHapus
  48. ini kenapa contohnya tempe, hehehe. Tapi unik juga tuh ditempein. Hahaha...

    BalasHapus
  49. Setuju mbak, punya bisnis dan ingin melejitkan bisnisnya harus memilih nama domain yang tepat.Kalau bisa nama domain itu mudah dikenal orang dan menggambarkan bisnis yang dijalankan. Bila orang sudah mengenalnya, lambat laun bisnis itu akan ramai dicari orang.

    BalasHapus
  50. Teh Nia, ini tipsnya keren banget. Harus aku bookmark, krn sedang cari ide bisnis online. Tp urusan cari nama itu mmg challenging bgt. Pas nemu yg sreg, udah dipake orang. Euuuhhhh, nyari lagi setengah mati deh.

    BalasHapus
  51. Aku udah mantap sih rencananya nanti beli domain di Qwords. Masalahnya kami belum menemukan nama domain untuk website bisnis suami. Masih galau memilih nama domainnya, kudu duduk bareng nih tapi nungguin ntar suami pulang dari Bogor dulu

    BalasHapus
  52. Iya riset itu penting ya..Jgn.sampe cape2 milih domain yg bagus eh taunya malah ga cocok krn ga di riset dulh jd aja hrs ganti lagi..

    BalasHapus
  53. Wah betul juga ya point 4, memasukkan daerah target. Jadi lebih tepat sasarannya ya dan memudahkan pencarian. Aku sendiri kalo lagi cari informasi ttg sesuatu biasanya searching dg menyertakan nama kotaku dulu.

    BalasHapus
  54. Setuju banget nih mba dengan latar belakang pemilihan nama domain. Kalau dirancang sesuai dengan prinsip SEO, bakalan bisa muncul di pejwan ya tiap kali orang melakukan pencarian dengan kata kunci yang spesifik.

    BalasHapus
  55. ngga pernah kepikiran soal extension domain itu, harusnya kalau blog probadi pakai .me yaa, kelihatan lebih personl dan mudah diingat orang, thank u tipsnya ya mba, kepakai banget kalau nanti saya buat domain baru.

    BalasHapus
  56. Yups mudah diingat itu yang penting dan namanya juga ga susah ya biar mudah di ketiknya juga, satj lagi nih ga alay yes perpaduan angka sama abjad itu ga banget ya misalnya 4l4y hehe.

    BalasHapus
  57. Kalau sudah oke dg suatu nama buat bisnis, memang kudu langsung beli domainnya. Kalau gak, nanti keduluan orang. Ntar riset lagi buat nyari kata kunci. Aku juga pakai Qwords

    BalasHapus
  58. Penting nih milih domain tepat untuk bangun branding bisnis
    Kalau keliru, bisnis juga bisa jadi mandek apalagi kalau namanya ribet bin terlalu panjang.

    BalasHapus
  59. Iyaa teteh..
    Aku baru sadar niih...nama domainku aga membingungkan.
    Sekali sebut, orang gak bisa langsung paham.

    Hiiks~
    Padahal ini aku banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi nama domain perlu pemikiran yang visioner, jauh ke depan.
      Dengan harapan, satu nama untuk selamanya yang jadi branding kita.

      Hapus
  60. Untuk domain bisnis memang bagusnya yang singkat dan mudah diingat yaa, Mba. Tapi saya termasuk orang yang gak kreatif milih nama domain nih, hehehe

    BalasHapus
  61. Noted teh, akupun sebenernya suka ngga sreg kalo ada domain pakai tanda - dan ternyata memang tidak disarankan ya.. nama yang mudah diingat itu penting ya teh sekaligus branding, selain mudah diingat juga orang jadi langsung paham tanpa ribet

    BalasHapus
  62. bener banget nih... pilih nama domain harus istikharoh dulu. eh.. hehe.. thank you tipsnya..

    BalasHapus
  63. Wah seneng banget kalau teh Nia udah share soal kaya gini. teh bahas soal blog pribadi juga dong plis kutunggu banget hehe

    BalasHapus
  64. Kalau ngga salah inget dulu ada nama extension yang lucu2. Jaman nama email masih pake yang alay-alay. Pilih domain juga nama alay gitu. Hahaha....

    BalasHapus
  65. Nah iya masukin kata kunci itu penting. Kyk temenku, dia gk pakai nama aneh2 buat jualannya, pakai nama produk yg daia juala aja, lumayan tinggi trafik dan banyak customernya

    BalasHapus
  66. Nah, iya nih dulu pernah punya ide nama domain yang kece, karena kurang gercep eh di ambil orang..noted banget nih tipsnya

    BalasHapus
  67. Kalau buat bisnis nih emang jadi PR ya nama domain, selain gampang diingat juga kalau aku harus unik. Bisa buat pembelajaranku banget nih.

    BalasHapus
  68. Aku dulu pilih nama domain tanpa mikir panjang kayaknya. Soalnya nggak kepikiran buat searching. yang penting identik ama namaku. Hihii

    BalasHapus
  69. Tipsnya luarbiasa mba, mempermudah temen-temen yang mau mulai ngeblog. Bikin domain harus yang gampang diketik dan gak panjang2

    BalasHapus
  70. Berguna banget tipsnya mbk. Sapaa tahu ya kan suatu saat aku punya bisnis juga. Amin3x

    BalasHapus
  71. Kutandain, besok-besok kalau mau bikin website bisnis jadi paham. Ada rencana mau bikin buat bisnisku.

    BalasHapus
  72. Akusukatempe.com lucu namanya. Kebayang isinya jualan makanan yang semuanya berbahan tempe. Unik, deh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)