25.5.19

8 Kelebihan Platform WordPress


Manteman, kalo lagi blog walking, suka pada mupeng gak sih ngelihat tampilan blog temen-temen yang lain? Saya sering deh! Iya, suka mupeng lihat blog-blog yang tampilannya cantik-cantik, dengan font yang keren-keren, serta background yang beda-beda di tiap halamannya. Gara-gara hal ini, saya sampe pernah nyari cara membuatnya. Tapi sampe sekarang, saya gak pernah dapet hasilnya.

Bye Bye Lomba Blog!
Mundurnya saya dari dunia lomba blog, salah satu alasannya juga karena ini. Seringnya blog dengan tampilan keren yang menang, pada akhirnya bikin saya minder. Iyalah, sudahlah tulisannya bagus-bagus, eh tampilan artikelnya pun memikat. Duuuh… makin jiper deh saya. Tampilan blog yang begini-begini aja sejak 5 tahun, ditambah saya yang gaptek, fix membuat saya memilih pensiun dari kontes-kontes blog. Nyerah dah!

Iya, saya memang payah. Menyerah sebelum bertanding. Tapi ya gimana, saya gak bisa mengejar ketertinggalan itu. Sebab kayaknya, sampe kiamat pun, blog saya gak akan pernah bisa dibuat sedemikian. Blog saya ber-platform Blogspot, sementara blog-blog yang cantik-cantik yang bisa di-costumize maksimal itu berplatform WordPress. So, gak akan pernah bisa kan ya blog saya jadi begitu? Hehehehe....

Kelebihan Platform WordPress
Itu memang salah satu kelebihan blog Wordpress. Bisa di-costumize secara tak terbatas. Dan tak hanya itu, blog WordPress juga punya banyak kelebihan yang lain. Di bawah ini saya tuliskan beberapa kelebihan blog WordPress, yang saya tahu dari teman-teman blogger lain yang jadi penggunanya.

1. Punya Banyak Theme yang Keren-keren
Ini yang sering saya lihat. Blog WordPress punya banyak banget theme yang lucu-lucu. Bahkan yang gratisannya pun. Baik itu untuk blog kesehatan, blog fashion, blog tekno, blog kecantikan, blog makanan, blog travel, atau pun niche blog yang lainnya. Dengan hanya tinggal upload saja, theme yang disuka udah langsung menghias blog kita.

2. Punya Banyak Plugin yang Bermanfaat
Selain theme, blog WordPress punya banyak banget plugin. Jenisnya juga banyak. Dari mulai yang gratisan hingga yang premium bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja seperti blog yang saya bilang di awal tadi. Blog yang tampilannya ‘terbang-terbang’, background dengan gambar yang kita mau, atau yang lainnya. Nah yang membuat tampilan seperti itu digunakan plugin.

3. Bisa Kostumisasi Tanpa Batas
Ini juga yang bikin mupeng saya terhadap blog Wordpress. Kita bisa kostumisasi tanpa batas. Selain costumize dengan plugin, blog WordPress yang pada umumnya user-friendly dan developer-friendly itu sangat memudahkan kita. Tak perlu menjadi ahli dulu untuk mengubah layout seperti yang kita mau. Dengan hanya menambahkan widget yang kita butuhkan, dan mungkin sedikit melihat video tutorialnya, kita bisa membuat blog seperti yang kita inginkan.

4. Punya ‘Nilai’ SEO yang Bagus
Walopun blog merupakan tempat curhat, tapi kita sangat ingin blog kita terlihat bagus di mata mesin pencari. Itu sebabnya, kita jadi sering mengutak-atik ini itu, memainkan keyword, dan lain sebagainya agar SEO blog kita keren. Tak sedikit, banyak juga blogger yang ikut kursus SEO, bahkan meng-hire ahli SEO supaya performa SEO blognya bagus di mata mesin pencari. Khususnya Google.

Nah blog WordPress, secara sendirinya punya nilai lebih dalam SEO di mata mesin pencari ini. Apalagi jika membeli theme premium. Desainnya yang SEO friendly akan sangat memungkinkan membuat blog WordPress kita nangkring di halaman muda Google. Apalagi jika dioptimalkan, blog WordPress kita bisa stabil di sana.

5. Cocok untuk Di-monetize
Ini yang saya dengar dari para blogger yang main Adsense. Mereka lebih suka bikin blog WordPress sebagai alat untuk mendulang dolar. Sebab katanya, di blog WordPress, kita bisa meletakan link afiliasi atau pun iklan di mana pun yang kita mau agar bisa dapat banyak klik. Padahal kalo di platform lain, misalnya Blogspot, hal ini seringkali jadi masalah.

6. Sangat Support ke Media Sosial
Media sosial merupakan alat bagi blogger untuk membuat tulisannya dibaca banyak orang. Itu sebabnya, blog harus support untuk sharing ke sosial media. Nah di blog WordPress, hampir semua theme sudah support hal ini. Dengan hanya satu klik, artikel bisa di-share ke media sosial apa pun yang kita mau tanpa harus copy paste link.

7. Punya Data Analitik yang Lebih Akurat
Sebagai blogger, kita pasti hafal dengan yang namanya analitik blog. Page view, visitor, dan lain sebagainya. Dalam hal analitik ini, semua mempercayai Google Analitik sebagai alat yang akurat. Nah di WordPress, jika dibandingkan, analitik dashboard-nya tidak jauh berbeda dengan Google Analitik. Beda banget dengan perbandingan dashboard blogspot terhadap Google Analitik.

8. Lebih Aman
Menurut cerita banyak teman, blog WordPress katanya lebih susah di-hack daripada blog di platfom lain. Demikian juga dengan spam. Dengan bantuan plugin, spam-spam yang mencoba masuk, dengan sendirinya akan ‘dikandangkan’. Jadi bisa dibilang, WordPress ini jauh lebih aman.

Well…
Itu dia beberapa kelebihan platform WordPress. Sungguh, sejak tahu kelebihan-kelebihan ini, saya jadi kepengen migrasi ke WordPress. Tapi saat ini, saya masih malas dengan keriweuhannya. Belum lagi nanti berbagai analitik blog yang berubah dari nol lagi. Huhuhu… saya sedih bayanginnya.

Buat temen-temen yang kepengen punya blog lain, baru mau buat blog, atau mau buat website, saya sangat nyaranin untuk pilih platform WordPress. Dan yang tak kalah pentingnya adalah memilih WordPress Hosting yang berkualitas. Sebab percuma, udah pilih WordPress tapi hosting-nya payah. Gak akan maksimal hasilnya.

Dalam hal hosting, termasuk WordPress Hosting, saya sih sangat percaya dengan Qwords. Pengalamannya dengan banyak klien, dan pengalaman saya sendiri, membuat saya setuju kalo Qwords merupakan salah satu Hosting Indonesia terbaik.

Oke deh teman-teman, sampai di sini tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat ya!

Source : Freepik

20 komentar:

  1. Kalau aku sampai sekarang masih setia dengan blogspot. Alhamdulillah sempat nyantol juga beberapa lomba blog. Meskipun blogku tampilannya juga alakadarnya 😅😅

    BalasHapus
  2. Sama euy mbak, aku juga males migrasi ke WordPress karena khawatir ribet dan nggak mulus prosesnya. Jadi masih nyaman di blogspot aja hehehe

    BalasHapus
  3. Iya bener Teh, rata-rata boleh dikatakan yang menang lomba blog dengan tampilan menarik karena ternyata dari wordpress, tapi tetep #SemangatCiee menulis dong

    BalasHapus
  4. mbak Nia, agak kaget juga kok bacanya tentang wordpres he.. he..
    nggak nyobba sekalian bikin blog lagi di wordpress?

    BalasHapus
  5. Wah kita sama-sama pemakai blogspot nih Teh, akupun jadi pengen juga punya blog di Wordpress abis baca 8 keunggulan ini

    BalasHapus
  6. Saya pakai wordpres tapi saya malah gak suka diotak atik biar tampilannya semacam pop up, gambar muncul dll. Lieur yg baca. Karunya. Saya sejak punya blog tampilan tetap tidak diubah. Theme pun yg gratisan saja. Tujuan saya satu, bikin nyaman yg baca aja. Secara saya sendiri ga suka lihat blog ada iklannya (suka ilfil baca artikel) makanya saya juga ga pasang adsense (gak tertarik blas)
    Kalau plugin emang bermanfaat sekali saya rasakan. Ga harus banyak urus ini itu semua sudah praktis.
    Serta kalau lomba blog, itu mah untung untungan. Kalau sudah rezeki, meski tampilan Blog segini adanya, kalah sudah nyangkut mah ada aja menangnya :)

    BalasHapus
  7. Iya memang, Mba WP banyak kelebihannya dibanding BP. Tapi saya lebih familiar di BP.. xixixi.. krn sejak awal saya buat blog sudah di BP. Tapi kalau ada waktu blog saya di WP sepertinya mau diperbaiki. ^_^

    BalasHapus
  8. Aku mupeng banget sama blog yang punya theme nya keren-kereb

    Tapi Aku lebih suka ke blogspot entah mungkin karena aku mengenalnya lebih dlu.

    ~

    BalasHapus
  9. Suka tergoda juga kalau melihat tampilan blog WP yang bagus-bagus. Tapi, saya masih akrab aja sama BP sampai sekarang. Apa bikin blog baru lagi aja, ya? Kali ini pakai WP :)

    BalasHapus
  10. Saya pemakai wordpress, puas banget dengan layanannya kecuali bagian sering kena hack. Rawan banget di hack hiks

    BalasHapus
  11. Kadang suka pengen punya blog WP. Tapi ya begitulah, kadang keinginan gak dibarengin dengan usaha. Ingin punya blog bagus, tapi usaha untuk ngotak-ngatiknya suka males..hihihi

    BalasHapus
  12. Wah baru tau teh kalau yg bisa bagus tampilan dan diotak atik tuh pke wordpress. Sama teh, sy juga sering kalah sama yg buat infografisnya bagus. Tp pernah menang krn kontennya mgkn 'dapet' tp knp ya kadang sy itu tergoda terus buat ikutan lomba blog. 😅

    BalasHapus
  13. Aku akuin Wordpress emang banyak kelebihannya, tapi aku pun masih malas buat ngulik. Ini aja aku ngurusin webnya klien yang wordpress jangar pisan teh kalau lagi error, lumayan belajar dikit-dikit sih hahaha

    BalasHapus
  14. waduh saya punya wordpress tapi saya tinggalin, atuda lebih mudah blogspot

    tapi sekarang baru kerasa, wordpress lebih cantik ya?

    BalasHapus
  15. Dari semenjak ngeblog udah pakai wordpress tapi geuningan nggak canggih da males ngulik hehehe, baca artikel ini jadi pengen ngulik lagi

    BalasHapus
  16. iya banget teh kusedih liat blog orang jungkir balik sementara blogku malu2 wkwkwkw mau pindah wordpress kadung puyeng :p

    BalasHapus
  17. Masi bertahan pake blogspot euy saya, Teh. Tapi pernah pake wordpress, emang enakeun. Cocok buat yg mau terapin SEO cenah ya

    BalasHapus
  18. BW we banget mbak. Tapi saya masih blm bisa otak atiknya

    BalasHapus
  19. Kalau sudah terlanjur nyaman, saran teteh gimana yaa...?
    Ada keinginan pindah ke WP siih, teh..
    Tapi ngangkutin segitu banyak artikel beserta gambarnya...emm, mahal gak ya...?
    Huhuu...dilema kalau ga punya uang gini nii...

    BalasHapus
  20. Yup, inilah alasan kenapa saya lebih suka Wordpress buat blogging. Thank you Mbak, informasinya sangat bermanfaat. Salam kenal. :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)