20.5.19

Kajian Spesial Ramadan, MT Yasmeena Bandung Berbagi dengan Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

mt-yasmeena-bdg

Bagi umat muslim, selain sebagai Syahru Shiyam (bulan berpuasa), bulan Ramadan juga merupakan Syahru Muwasah. Yaitu bulan bersimpati, menolong, berbagi, dan bersedekah dengan sesama. Terutama dengan meraka yang membutuhkan atau fakir miskin. Dan bersedekah ini, termasuk salah satu dari amal utama di bulan yang sangat mulia tersebut.

Itu juga kiranya yang melandasi semua orang berlomba-lomba bersedekah di bulan Ramadan. Tak hanya orang per orangan, bahkan lembaga dan perusahaan banyak melakukan kegiatan CSR berupa sedekah di bulan Ramadan. Tak terkecuali dengan Majlis Ta'lim Yasmeena Bandung (MT Yasmeena Bandung). Meski bukan perusahaan atau lembaga besar, jiwa sosial ibu-ibu majelis taklim yang tergabung di dalamnya tidak perlu diragukan lagi.

Santunan dari MT Yasmeena Bandung
Untuk teman-teman yang rajin mengunjungi blog ini, tentu masih ingat dengan tulisan Satu Cinta Satu Hati Bersama MT Yasmeena Bandung yang saya tulis tahun lalu. Benar, tulisan saya yang satu itu merupakan bukti bahwa ibu-ibu yang tergabung di dalam MT Yasmeena Bandung memiliki jiwa sosial yang besar. Tak hanya tahun lalu dan tahun ini, setiap tahunnya bahkan majelis taklim ini selalu melakukan kegiatan sosial yang serupa. Yang kepengen tahu seperti apa kegiatan sosial di tahun kemarin, klik saja link di bawah.


Ramadan tahun ini, santunan untuk fakir miskin, kaum dhuafa, serta orang-orang yang membutuhkan uluran tangan lainnya, kembali dilakukan MT Yasmeena Bandung. Bertempat di Masjid Agung Trans Studio Bandung, Rabu 15 Mei 2019, penyerahannya dirangkai dalam acara yang bertajuk Kajian Spesial Ramadhan: MT Yasmeena Bandung Berbagi dengan 250 Anak Yatim dan Dhuafa. Dalam kesempatan tersebut acara diisi juga dengan tausiah dari Ustadz Dr. H. Aam Amiruddin M.Si. serta doa Khatam Alquran dari Ustadz Yanyan Cahyadi S.Ag.

mt-yasmeena-bdg
Jamaah yang mengikuti acara Kajian Spesial Ramadan MT Yasmeena Bandung di Masjid Agung Trans Studio Bandung

Kajian Spesial Ramadhan MT Yasmeena Bandung
Acara hari itu dibuka pembawa acara, Ibu Jeani dan Ibu Endah dari MT Yasmeena Bandung. Tak lama berselang, dibacakan ayat suci Alquran dan saritilawahnya oleh Ibu Dian dan Ibu Attin yang juga dari MT Yasmeena Bandung. Seisi Masjid Agung Trans Studio yang saat itu penuh oleh jamaah ikut larut dalam kesyahduan lantunan ayat Alquran ini. Beberapa saat kemudian, acara pun resmi dibuka seiring pemberian sepatah dua patah kata oleh Ketua MT Yasmeena Bandung, Ibu Hj. Rina Rofina Mochtar.

mt-yasmeena-bdg
Ketua MT Yasmeena Bandung, Ibu Hj. Rina Rofina Mochtar

mt-yasmeena-bdg
Pembacaan ayat suci Alquran dan saritilawah

mt-yasmeena-bdg
Pembawa acara

Sebelum melakukan gelaran acara Kajian Spesial Ramadhan di hari itu, seluruh anggota MT Yasmeena Bandung, setiap harinya melakukan Program Ramadhan 10 hari Khatam Alquran. Sehingga di hari tersebut, yang bertepatan dengan hari khatamnya program tersebut, dilakukan doa khatam Alquran yang dipimpin oleh Ustadz Yanyan Cahyadi S.Ag.

mt-yasmeena-bdg
Pembacaan doa khatam Alquran oleh Ustadz Yanyan Cahyadi

Acara Utama: Pemberian Santunan
Lepas doa khatam Alquran, acara pun dilanjutkan ke acara utama di hari itu. Pemberian santunan sebanyak 250 santunan kepada yatim piatu, Yayasan Dulur Salembur, Yayasan Muhammadiyah, Rumah Panti Asuhan Setrasari, korban banjir Bale Endah, dan kaum dhuafa dari Margahayu Selatan. Ketua MT Yasmeena Bandung sendiri yang secara langsung memberikan santunan secara simbolik di acara tersebut.

mt-yasmeena-bdg
Pemberian santunan secara simbolik dari MT Yasmeena Bandung kepada perwakilan yatim piatu, Yayasan Dulur Salembur, Yayasan Muhammadiyah, Rumah Panti Asuhan Setrasari, korban banjir Bale Endah, dan kaum dhuafa dari Margahayu Selatan 

mt-yasmeena-bdg
Perwakilan MT Yasmeena Bandung bersama adik-adik penerima santunan

Santunan yang diberikan pada kesempatan tersebut terkumpul dari lebih 100 orang donatur. Mereka secara ikhlas menyisihkan sebagian rezekinya untuk disalurkan melalui bakti sosial MT Yasmeena Bandung. Tak lupa, beberapa sponsor juga turut memeriahkan acara tersebut, yaitu Wardah Cosmetics, J&C Cookies, Pawon Pitoe Resto & Cafe, The Palace National Jeweler, serta Percikan Iman Tours & Travel. Dukungan yang besar juga diberikan oleh Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI Bandung), Rase FM Bandung, dan juga Harmoni Streaming Radio terhadap kelancaran acara di hari itu.

Tausiah dari Ustadz Dr. H. Aam Amiruddin M.Si
Setelah rangkaian acara pemberian santunan selesai, acara pun dilanjutkan dengan pemberian tausiah oleh Ustadz Aam Amiruddin. Cara Mencintai Alquran menjadi tema tausiahnya kali itu. Kenapa tema tersebut, tentu hal ini karena kita semua tahu bahwa Ramadan merupakan bulan yang sangat erat sekali hubungannya dengan Alquran. Bukankah Ramadan juga sering disebut sebagai Syahrul Quran? Ya, bulan turunnya Alquran, tepatnya pada tanggal 17 Ramadan.

Sebelum memulai tausiahnya, Ustadz Aam bertanya kepada semua yang hadir. Apa keistimewaan bulan Ramadan? Dengan serta merta, hampir seluruh jamaah menjawab: bulan turunnya Alquran. Meski benar, hal itu ternyata kurang tepat. Yang benar adalah bulan dinobatkannya Muhammad menjadi utusan Allah. Dan dalam penobatannya itu disertai dengan turunnya 5 ayat Alquran, yaitu 5 ayat surat Al Alaq.

mt-yasmeena-bdg
Tausiah dari Ustadz Aam Amiruddin

Seperti halnya mencintai sesuatu, kita mencintainya tentu karena hal tersebut istimewa. Nah sama dengan Alquran, kita mencintainya karena keistimewaannya. Apa saja istimewanya? Yang pertama karena setiap Alat Alquran itu turun karena dipicu kejadian tertentu. Dengan kata lain, setiap ayat Alquran itu ada sejarahnya. Kemudian yang kedua, istimewanya Alquran adalah karena Alquran adalah satu-satunya kitab yang bisa dihafal di luar kepala oleh jutaan orang sedunia. Tak ada satu pun kita agama di dunia ini yang bisa dihafal selain Alquran. Untuk bisa mencintai Alquran kita harus faham isinya. Dengan begitu, kita akan tahu segala keistimewaannya.

Ustadz Aam lalu bertausiah mengenai fungsi Alquran. Sudah pada tahu apa fungsi Alquran di dalam kehidupan kita?  Fungsi Alquran tersebut antara lain adalah sebagai nasihat, sebagai obat hati, sebagai petunjuk, sebagai sumber turunnya cinta Allah, serta sebagai penguat untuk turunnya hidayah Allah.

Dengan gaya khasnya, Ustadz Aam pun kemudian memberikan materi utama cara mencintai Alquran. Yakin dan mengimami bahwa Alquran itu adalah firman Allah, kemudian mempelajari Alquran, dan lalu mengamalkan, serta mendakwahkan Alquran, merupakan cara-cara yang bisa dilakukan agar kita mencintai Alquran.

Selalu Bertabur Hadiah
Gelak tawa, hari biru, dan khidmat dari para jamaah yang memenuhi acara Kajian Ramadan MT Yasmeena mewarnai ruangan Masjid Trans Studio Bandung. Tak terasa, waktu 2 jam bergulir dengan sangat cepat. Waktu pun akhirnya memasuki ujung acara.

mt-yasmeena-bdg
Beberapa jamaah yang beruntung mendapatkan door prize

Setiap acara yang dilakukan MT Yasmeena Bandung selalu bertabur banyak hadiah. Tak terkecuali di hari itu. Ada sekitar 100 door prize dari sponsor dibagikan kepada 100 jamaah yang beruntung. Tak hanya itu saja, selama tausiah, Pak Ustadz Aam juga memberi beberapa pertanyaan. Dan siapa yang bisa menjawab, diberi hadiah dari beliau.

Program Lain MT Yasmeena di Tahun Ini
Seperti di tahun sebelumnya, di Ramadhan kali ini, MT Yasmeena Bandung juga menyelenggarakan program lain, yaitu Ramadhan Fashion Market 4.0 dan juga bakti sosial.

Ramadhan Fashion Market 4.0 sendiri adalah acara yang merupakan The Biggest Fashion Market on Ramadhan di Bandung. Bertempat di Trans Convention Center, The Trans Luxury Hotel Bandung. Acara tersebut terselenggara atas kerja sama MT Yasmeena Bandung dengan Aluxs Wedding & Organizer, The Trans Luxury Hotel, dan Rase 102.3 FM. Tentu saja, acara ini juga tak kalah bertabur banyak hadiah. Bahkan ada doorprize voucher menginap di Clove Garden Hotel. Acaa ini diliput oleh TransTV, Net TV, dan juga CNN.

Ramadhan Fashion Market 4.0

Bakti sosial menjadi acara pamungkas dari rangkaian program Ramadhan MT Yasmeena tahun ini. Dari mulai buka bersama on the street dengan kaum dhuafa hingga pemberian santunan secara ngaprak dengan menggunakan kereta api dari Stasiun Bandung hingga Stasiun Cicalengka dilalukan para ibu MT Yasmeena Bandung ini.

Buka bersama on the street bareng dhuafa

Pemberian santunan Goes to Cicalengka by Train

Saluuut dengan Ibu-ibu MT Yasmeena Bandung!
Iyes, saya selalu salut dengan ibu-ibu majelis taklim MT Yasmeena Bandung ini. Di tengah kesibukan masing-masing, mereka masih memikirkan orang lain yang kekurangan. Dan membuat acara rutin seperti ini setiap tahunnya.

mt-yasmeena-bdg
Ibu-ibu pengurus MT Yasmeena Bandung bersama Ustadz Yanyan dan Ustadz Mohamad Al Ajhar

Bukan hal yang mudah lho untuk bisa mengajak orang berdonasi dan mensponsori, serta mengumpulkan dan mengoordinasikan acara seperti ini. Sudah pasti, diperlukan kerja keras dan kerja cerdas dari semua pihak, sehingga programnya bisa berjalan dengan lancar. Semoga saja kebaikan ibu-ibu MT Yasmeena Bandung, para sponsor, dan semua pihak yang membantu terselenggaranya acara ini selalu diberikan kesehatan dan pahala yang besar dari Allah SWT.

Baiklah…
Oke teman-teman, segini dulu tulisan saya kali ini. Semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat buat semuanya. Terlebih, bisa membuat kita lebih peduli dengan sesama, seperti apa yang dilakukan ibu-ibu dari MT Yasmeena Bandung. Dan semoga juga, saya berkesempatan lagi untuk menyaksikan dan menuliskan kembali kegiatan-kegiatan yang dilakukan MT Yasmeena Bandung ini, Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. Selamat berpuasa, dan Wassalam!

mt-yasmeena-bdg
Ibu-ibu Pengurus MT Yasmeena Bandung

Ibu Hj. Rina Rofina dan Ibu Shanti Affilawati bersama adik-adik panti asuhan

mt-yasmeena-bdg

51 komentar:

  1. Aaaakk, aku syukaaakkk bgt dengan tausiyah Ustadz AAM.
    Pas main ke BDG sekian tahun lalu, aku sempatin buat ikut kajian beliau di masjid Telkom Gerlong. KEREN Banget! Jamaahnya juga membludak dan smart2 bgt
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Masya Allah, berkah banget pasti ya acaranya. Aku selalu percaya semakin banyak kita bersedekah, semakin banyak juga rezeki yang Allah berikan. Semoga ada kesempatan untuk hadir di kegiatan MT Yasmeena Bandung lagi ya mbak

    BalasHapus
  3. wahh acara berfaedah di masjid kece. semoga berkah.. Kemarin gak sempat mampir ke masjid ini euy.. keburu masuk.. dan keburu pulang juga... hahahah..

    BalasHapus
  4. Wah Teteh hadir di acara ini? Senang ya bisa ikut kajiannya Ustadz Aam. Saya mah suka denger saja dari radio Teh.
    Program 10 hari hatam Qur'an MT.Yasmeena patut diacungi jempol.

    BalasHapus
  5. Inspiratif banget mbak kegiatan ibu2 MT Yasmeena Bandung. Berbagi kepada sesama itu tidak mengurangi harta kita, justru pahalanya besar sekali terlebih dilakukan di bulan Ramadhan....semoga apa yang dilakukan ibu2 MT Yasmeena ini mendapatkan ridho dr Allah SWT dan menginspirasi yang lain untuk makin peduli kepada sesama...aamiin.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah ada 250 anak yatim yang mendapat berkah di acara itu. Pastinya happy banget. Bulan ramadan, bulan penuh berkah zemoga bisa membahagiakan banyak orang yang membutuhkan

    BalasHapus
  7. Aku baru tau Trans Studio ada mesjidnya. Keliatan newah dan megah banget ya.

    BalasHapus
  8. Wah..jamaah yg hadir banyaaak ya mba . Alhamdulillah..semoga berkah untuk semua yg terlibat ya mba...

    BalasHapus
  9. Subhanallah teh, ini masjid mt yasmena aktif banget ya.. masjidnya besar dan didukung dengan pengurus masjid yang mau bergerak untuk memakmurkan masjid.. apalagi bulan ramadan ya teh, kegiatannya tentu semakin banyak, termasuk salah satunya dengan kajian spesial sekaligus pemberian santunan

    BalasHapus
  10. Masha Allah, saya sedih baca ini, soalnya saya belum pernah ikut kajian hiks.
    Semoga nanti kalau anak2 udah gedean, saya bisa ikutan acara-acara kayak gini :)

    BalasHapus
  11. Senang banget ya liat banyaknya peserta yg hadir di kajian. Terima kasih sharing ilmunya.

    BalasHapus
  12. Kajian spesial seperti ini alhamdulillah senang melihatnya, terutama di bulan Ramadhan ini, insyaAllah bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  13. Santunan anak yatim akan membawa perubahan pada sikap kita untuk peduli ke sesama.

    Bulan ramadan merupakan cara yang tepat untuk saling berbagi meraih pahala

    BalasHapus
  14. diberkahi jiwa-jiwa yang murah hati. semakin berlimpah berkah dan semakin menjadi berkah bagi sesama.

    BalasHapus
  15. Masjidnya cantik banget. Seneng deh kalau liat jamaah kajian bisa rame begini

    BalasHapus
  16. Masya Allah.. di Bandunh memang sering dan banyak kajian seperti ini ya mba.. dan langganan selalu di mesjid trans studio 😍😍

    BalasHapus
  17. Belum kesampaian saja setiap main dan mampir ke Masjid Trans Studio ada kajian MT Yasmeena ini. Kalaupun ada info acara, kami nya yang ga bisa ke sana. Begitulah nasib orang luar kota

    BalasHapus
  18. Hebat, kompak ya Ibu ibu MT Yasmeena... Semoga bisa selalu menularkan kebaikan pada masyarakat sekitar melalui kajian yang didapatkan dan kebersamaan dg anak yatim:)

    BalasHapus
  19. Ya Allah, aku kan dulu suka ikut kajian pak ustad aam sama temen2 kuliah. jadi kangen

    BalasHapus
  20. MasyaAllah senang ya kalau bisa mengisi kegiatan di bulan Ramadhan dengan event bermanfaat seperti ini

    BalasHapus
  21. Senang banget ya bisa menjadi bagian acara majelis taklim begini.
    Silaturahminya dapat, ilmunya dapat, ibadahnua juga dapat, Insya Allah
    Perfect combo nih

    BalasHapus
  22. Masya Allah, saya yang jauh jadi ngiriii dengan acara bertabur berkah ini. MT Yasmeena ini pasti beranggotakan perempuan hebat yang tanpa pamrih menyempatkan waktu dan tenaga untuk keberhasilan setiap ada kajian ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang datang mendengar kajian harus anggota MT Yasmeena ya, misal orang dari luar ingin ikut gitu apa bisa, Teh Nia?

      Hapus
  23. Wah keren nih mbak acaranya. Pengajian sekalian donasi untuk anak2 yatim. Bulan berkah memang waktunya memperbanyak amalan shalih

    BalasHapus
  24. Semoga menjadi berkah untuk bu ibu semuanya

    BalasHapus
  25. Masya Allah, buibu MT Yasmeena Bandung TOP lah! 10 hari khatam Quran trus berbagi dengan 250 anak yatim piatu. Semoga makin berkah ilmu dan ibadahnya yaa

    BalasHapus
  26. Wah MT Yasmeena keren yA semangat terus syiar islam nya..

    BalasHapus
  27. Masya Allah indahnya bulan ramadan ini ya teh, apalagi bisa bersama dengan anak-anak Yatim Piatu. Mendengarkan tausiyah dari pak ustad juga menambah ilmu untuk pembekalan diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bulan ramadan ini memang merupakan momen yang special ya teh, apalagi bisa memberikan manfaat untuk sesama

      Hapus
  28. Barokallah, pengen nyumpel ke sana ikutan kajian rasanya mba. Alhamdulillah lancar segalanya ya.

    BalasHapus
  29. Kangen Ustad Aam...
    MashaAllah~
    Saya duku sering hadir di kajian beliau yang di rumah Ceu Mpet, teh..

    Dan pulang-pulang, selalu happy.
    Karena ceramahnya ga berat topiknya, dan ngena banget.

    BalasHapus
  30. Liat pak Ustadz inget cover iqro waktu aku kecil hehe. Btw seneng banget ya mengisi kesibukan di bulan ramadhan dengan kegiatan bermanfaat kaya gini.

    BalasHapus
  31. Masya Allah 250 anak yatim, keren banget deh MT Yasmeena Bandung, semoga amalan pahalanya dilipat gandakan, sukses selalu 😊

    BalasHapus
  32. MasyaAllah, Alhamdulillah senangnya yaaa Mbak bisa jadi bagian dari kegiatan ini, bisa berbagi kebahagian pada sesama sambil dengar ceramah juga jadi nambah ilmu pula, InsyaAllah pahala double juga Mbak, Aamiin.

    BalasHapus
  33. Ya Allah senangnya mba bisa mendengarkan tausyiah dari ustad. Saya yang nggak datang tapi bisa mendapat ilmu berkah :)

    BalasHapus
  34. Pak Aam ini salah satu penceramah favoritku. Gayanya santai dan mengalir, kalau nyindir bikin kita ngakak dan ga merasa tersinggung. Jadi kangen udah lama ga ke pengajiannya nih

    BalasHapus
  35. Salut dengan para ibu yang tergabung dalam MT Yasmeena. Kepeduliannya untuk terus meluaskan syiar melalu kajian seperti ini sangat istimewa. Di tengah2 kesibukan mereka semua masih menyempatkan diri untuk melakukan hal yang bermanfaat dunia akhirat.

    BalasHapus
  36. Masyaallah mba, kajiannya bagus sekali, masjidnya pun luarbiasa cantik. Semoga istiqomah terus ngadain kajian ya

    BalasHapus
  37. Identik nya bulan Ramadhan selalu berbuat kebaikan suka Dan harus semoga nti dibulan2 berikutnya kegiatan ini menjd rutin ya mba

    BalasHapus
  38. Asyiknya yang bisa menghadiri acara bersama anak Yatim di mesjid Trans. Mesjid ini memang gak pernah sepi dari acara kajian ya ... Subhanalloh

    BalasHapus
  39. Rindunya...
    Menghadiri majelis ilmu Ust. Aam.
    Ustadz yang ceria dan selalu membahas tema-tema yang di butuhkan emak-emak.
    ((pas audiencenya emak-emak))

    BalasHapus
  40. Wah ustadz Aam. Jadi ingat jaman jadi mahasiswa di Bandung, suka ke masjid telkom buat dengerin tausiyah dari Beliau

    BalasHapus
  41. Keren ya acaranya ini bermanfaat membuat kita sadar pentingnya berbagi kepada sesama

    BalasHapus
  42. Saya gagal fokus sama interior masjidnya yang menurut saya mewah dan luas banget.

    BalasHapus
  43. masyaallah, senang ya bisa bergagi di bulan ramadan. semoga berkah semuanyaaa

    BalasHapus
  44. Seneng deh sama acara berbagi seperti ini ya mba. Bikin silaturahim jalan terus dan pastinya bikin mereka bahagia

    BalasHapus
  45. pengin banget ikut majelis taklim
    tp belom bisa
    acara majelis taklim komplek setiap jumat dan jam segitu msh kerja.

    BalasHapus
  46. Emang bulan Ramadhan itu bulan yg tepat untuk berlomba-lomba berbagi kepada sesama ya mba. Terharu deh liatnya 😍

    BalasHapus
  47. Aku pun selalu salut dengan ibu-ibu yang meluangkan waktunya beribadah dan berbagi, apalagi di bulan Ramadan, waktunya berlomba-lomba beramal ya.

    BalasHapus
  48. Masyaa Allah tabarakallah. Acaranya semoga barokah dunia akhirat. Seru semua acaranya. Apalagi kajiannya. Mak jleb banget. Jadi pengen ngebut tilawah yang ketinggalan jauh banget dari target.

    BalasHapus
  49. Barokallah berbagi itu indah ya Mba
    aku suka dengan kajian macam begini, tapi ditempatku masih jarang
    jadi ngikutinnya biasanya lewat internet

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)