21.5.19

Medina, Food Ware Halal Pertama di Indonesia

dusdusan.com

Manteman, sebagai perempuan, selain tas, sepatu, make up, dan perhiasan, apa lagi sih barang-barang yang selalu bikin ngiler serta selalu kepengen dibeli lagi dan lagi, padahal di rumah udah punya banyak? Kalo saya, itu adalah perabot rumah tangga. Iya, ke mana pun saya pergi, kalo nemu perabot yang lucu-lucu, pasti aja bawaannya kepengen beli. Tak terkecuali saat ‘jalan-jalan’ online. Begitu lihat yang asoy-asoy itu, langsung saya masukin wishlist. Dan saat gajihan atau invoice cair, dibawa check out deh si perabot-perabot itu.

Yang Selalu Menggoda Mata Itu
Food ware adalah satu dari sekian banyak perabot rumah tangga yang selalu menggoda saya itu. Piring-piring, gelas-gelas, cangkir-cangkir, sendok-sendok, mangkuk-mangkuk, dan sejenisnya yang berwarna-warni, imut-imut, dan cute-cute, susah sekali saya abaikan mana kala barang-barang itu melintas di depan mata saya. Bawaannya, langsung deh kepikiran akan nyimpen di mana. Padahal dibelinya aja belom. Hehehe….

Etapi, walopun begitu, saya bukan berarti sembarangan membeli food ware ini. Ada banyak hal juga yang saya perhatikan. Iyalah, buat tempat makanan orang-orang tercinta gak boleh sembarangan dong ya milihnya. Alih-alih hanya lihat lucu dan cute-nya, kesehatan keluarga jadi jaminan risikonya. Waduh, jangan sampai deh!

Terus, Milih yang Gimana Atuh?
Selain lucu, cantik, dan cute, ada beberapa syarat yang saya perhatiin saat beli food ware. Satu pun dari syarat-syarat ini gak boleh absen kehadirannya di dalam food ware tersebut. Apa saja kriteria-kiteria tersebut? Ini dia!

1. BPA Free
Sering denger kan dengan istilah ini? Iyap, ini adalah syarat pertama yang saya lihat dari perabotan untuk makan yang saya perhatikan. Emang kenapa harus BPA Free? BPA itu mengacu pada Bisphenol A. Sebuah zat kimia yang sejak lama banyak terdapat di dalam wadah plastik dan botol bayi. Dalam banyak penelitian, BPA disinyalir menjadi penyebab dari berbagai gangguan dan keluhan tubuh, seperti kelainan reproduksi (kemandulan), kelainan jantung (serangan jantung, hipertensi, angina), menghambat perkembangan otak janin di dalam kandungan, diabetes (resitensi insulin), kanker payudara dan kanker prostat, serta asma. Nah karena hal ini, BPA Free harus jadi syarat yang mutlak dari food ware yang dipilih. Jangan hanya karena tampilannya yang bagus atau harganya yang murah, kita lupa dengan bahaya-bahaya dari BPA.

dusdusan.com

2. Phtalate Free
Selain BPA, Phtalate juga harus diwaspadai. Phthalate adalah suatu zat kimia yang banyak digunakan sebagai pelembut plastik PVC dan pelarut produk kosmetik. Dalam berbagai penelitian yang dilakukan terhadap hewan, phthalate disinyalir menjadi penyebab dari kerusakan hati, ginjal, paru-paru, dan sistem reproduksi.
dusdusan.com
Ya, walopun baru sebatas percobaan pada hewan, tapi saya tentu tak mau ambil risiko atas semua gangguan yang terjadi karena phthalate ini. Sebab hewan kan sangat mirip dengan kita, manusia. So, phthalate free juga merupakan syarat yang gak kalah penting di dalam memilih food ware.

3. Heavy Material Free
Food ware memang banyak yang terbuat dari stainless steel. Dan sebagaimana kita lihat, produk yang terbuat dari stainless steel ini berwujud logam, yang termasuk ke dalam jenis material berat, tapi karena banyak dari produk ini yang sudah teruji aman, kita banyak menggunakan food ware yang terbuat dari stainless steel.

Yang saya maksud sebagai food ware yang heavy material free itu adalah alat-alat masak dan makan yang mungkin tercemar oleh logam-logam yang tidak aman. Baik itu tercemari pada saat pemilihan bahan baku, proses pembuatannya, atau mungkin saat pendistribusiannya.

Kenapa saya milih food ware yang heavy material free? Sama dengan 2 syarat di atas, sebab banyak sekali heavy material, yang jika mencemari alat masak dan alat makan, kemudian masuk ke dalam tubuh, itu bisa mengakibatkan gangguan dan penyakit di dalam tubuh. Misalnya saja gangguan ingatan, gangguan ginjal, gangguan pencernaan, hingga ke menurunnya daya tahan tubuh.

4. FDA Approved
Food and Drug Administration (FDA) merupakan badan pembuat regulasi (aturan) mengenai keamanan makanan, obat-obatan, alat-alat kesehatan, kosmetik, dan lain-lain yang berhubungan dengan kehidupan manusia, yang paling dipercaya dunia. Tak terkecuali dengan food ware. Karena berhubungan dengan makanan dan juga kelangsungan hidup, maka food ware yang dipasarkan dan digunakan di masyarakat harus mengacu kepada standar keamanan FDA.

Memilih food ware yang FDA approved tentu sangat jelas. Supaya kita aman dari bahaya-bahaya yang mungkin berisiko didapat dari alat makan yang kita gunakan.
dusdusan.com

Itu tadi syarat-syarat dari alat-alat makan dan alat-alat masak yang biasanya saya pilih. Tak susah untuk mencari tahunya. Saya sih, sebelom membeli biasanya ngelihat simbol-simbolnya di dus pengemas alat-alat tersebut lebih dulu. Kalo memungkinkan, saya baca brosur lengkapnya. Apalagi kalo belanja online, saya bisa searching lebih jauh mengenai hal tersebut. Bahkan bisa saya kejar hingga ke website brand-nya. Jika sudah tahu, baru deh, saya putuskan untuk beli atau tidak.

Food Ware Favorit Saya
Dari sekian banyak food ware yang ada di rumah, saya paling suka food ware yang terbuat dari plastik. Eits tunggu dulu, ini bukan berarti saya gak Eco Friendly. Plastik yang saya maksud tentu bukanlah plastik yang sekali pakai. Tetapi plastik yang awet hingga puluhan tahun. Dan tetap, saat membelinya, semua kriteria di atas harus dipenuhi.

Kenapa suka alat-alat yang terbuat plastik? Alasannya banyak.
  • Karena ringan, jadinya mudah dibawa-bawa.
  • Karena bentuknya macam-macam, dari yang mungil hingga yang besar.
  • Karena biasanya berwarna-warni cantik.
  • Karena multifungsi.
dusdusan.com
Food ware favorit yang multifungsi

Medina, Food Ware Halal Pertama di Indonesia
Baru-baru ini, saya tahu satu kriteria baru dari food ware, yang sebelumnya saya tidak tahu. Yakni HALAL. Sebagai seorang muslim saya jadi malu. Duh, kok bisa ya hal ini gak masuk ke dalam syarat yang aku tetapkan?! Padahal ini kan penting banget. Etapi ya gimana, sebelumnya memang gak ada sih food ware yang menyebut dirinya halal.

Better late than never! Akhirnya ada juga food ware yang menetapkan hal ini terhadap produknya. Food ware ini tak lain dan tak bukan adalah Medina. Setelah memenuhi semua kriteria yang saya tuliskan di atas, Medina juga mengklaim produknya halal. Dan ini dibuktikan dengan adanya sertifikasi halal dari MUI.

Bukan main-main lho ya kalo sudah memegang sertifikasi halal dari MUI. Sebab ini berarti jaminan bahwa sebuah produk itu sudah lolos uji dari hulu hingga hilirnya. Iya, semua kehalalannya sudah teruji sejak dari pemilihan bahan baku, proses produksi, hingga ke distribusinya. Hal ini juga menjadi gambaran bahwa Medina juga terjamin tingkat konsistensi higienisnya yang tinggi.

dusdusan.com

Kenapa food ware harus halal? Kan food ware bukan makanan?! Gaya hidup halal, itu mutlak bagi seluruh muslim dalam berbagai bidang kehidupannya. Tak terkecuali dengan alat-alat hidup yang dipakai di dalam kehidupannya. Apalagi food ware yang dipakai untuk makan. Sangat berisiko sekali zat yang tidak halal yang ada di dalamnya bisa masuk ke dalam tubuh. Sekecil apa pun itu, tetaplah merupakan zat yang tidak halal.

Sebagai contoh, golongan alkohol yang mungkin terdapat di dalam bahan food ware. Meskipun secara medis aman bagi tubuh, yang ketika digunakan, ada sebagian kecil yang ikut nempel di makanan yang kita makan, tetap saja jatuhnya tidak halal. Benar, tubuh kita kemasukan zat yang tidak halal!

Kelebihan Lain Medina
Produknya yang sudah tersertifikasi halal dari MUI memang merupakan kelebihan utama dari Medina Food ware. Akan tetapi tak hanya itu saja, Medina juga memiliki keunggulan lainnya. Saya meng-highlight kelebihan Medina itu pada PRODUK DALAM NEGERI-nya. Iyes, sebagai orang Indonesia, kita tentu harus mencintai produk hasil karya anak bangsa. Supaya anak bangsa bisa semakin maju. Dan kemudian memotivasi anak bangsa lainnya untuk berkreasi dan percaya diri karena dihargai oleh bangsanya sendiri. Toh secara kualitas, semua kriteria produk yang bagus sudah dipegangnya.

Produknya yang beraneka ragam, beraneka warna, dan juga beraneka fungsi pun semakin melengkapi kelebihan produk Medina. Belum lagi lolosnya Medina di dalam uji Air Tight atau kedap udara. Bersama dengan sifatnya yang microwave safe dan freezer safe, membuat Medina bisa disejajarkan dengan produk lain yang sejenis, yang sudah lebih dulu ada, yang bahkan merupakan produk luar. Dengan mengetahui semuanya, saya sih jelas, kini akan mulai beralih ke Medina. Supaya hati lebih tenang. Halalan Toyyiban!

Ah ya, produk-produk Medina juga garansinya seumur hidup. Kita bisa klaim jika terjadi kerusakan. Tapi tentu, sebelum klaim, pastikan kerusakan yang terjadi masuk ke dalam jenis kerusakan yang sesuai dengan syarat dan ketentuannya. Lihat aja di brosurnya atau di website Medina langsung untuk tahu syarat dan ketentuan garansi seumur hidup ini.

Di Mana Nyarinya?
Tak sulit untuk mencari produk Medina. Salah satunya adalah di Dusdusan.com. Sudah pada tahu apa itu Dusdusan.com? Dusdusan.com adalah platform komunitas reseller terbesar di Indonesia. Model bisnis di Dusdusan.com sangat praktis dan mudah. Puluhan ribu ibu rumah tangga, karyawan kantoran, dan para pemilik toko, telah terbukti terbantu dalam merintis bisnis mereka bersama Dusdusan.com.

Tentang Dusdusan.com

Jangan salah, Dusdusan.com bukan MLM, sebab tidak ada upline atau pun downline. Tidak ada target dan tidak ada istilah tutup poin. Kepengen punya penghasilan tambahan? Coba saja bergabung di Dusdusan.com.

dusdusan.com

Nah Medina Food Ware bisa didapat di Dusdusan.com ini. Nih, coba lihat Medina food ware yang saya punya dari Dusdusan.com. Cantik bukan? Medina food ware yang saya punya ini namanya Amethyst Dining Colander Dining Set. Di Dusdusan harganya sekitar Rp565.000,- per set. Satu setnya berisi 1 tempat nasi dan tutupnya lengkap dengan centongnya; 2 mangkuk; 2 set sendok garpu; 2 piring besar; serta 2 set mangkuk kecil beserta tutup dan juga sendoknya. Totalnya ada 17 buah barang. Lumayan banyak, kan?


dusdusan.com
Medina Amethyst Dining Colander Dining Set

Well…
Oke deh teman-teman, itu dia cerita saya soal food ware favorit beserta kriterianya yang harus dimiliki food ware favorit tersebut. Kenapa saya menetapkan syarat-syarat itu, alasannya tentu untuk keamanan, kenyamanan, dan ketenangan.

Yuk, lebih selektif lagi di dalam memilih barang-barang kebutuhan hidup. Pastikan apa pun yan kita pilih, keamanan, kenyamanan, dan ketenangan bagi hidup kita menjadi prioritasnya. Dan produk Medina bisa menjadi pilihan kita dalam hal food ware. Kelebihan-kelebihannya, terutama kehalalannya, merupakan jaminan untuk hidup kita yang lebih baik.

Semoga tulisan saya bermanfaat, ya. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya. Bye!

dusdusan.com

Referensi Bacaan
  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/221205.php
  2. https://noharm-uscanada.org/issues/us-canada/phthalates-and-dehp
  3. https://www.thorne.com/take-5-daily/article/the-impacts-of-heavy-metal-toxicity

36 komentar:

  1. setuju teh kriteria food ware yang BPA free dan lainnya :) baru tahu juga nih Medina bisa belinya di dusdusan.com jadi pengen pantengin dusdusan, aku punya tumbler dari dusdusan itu cakep dan awet

    BalasHapus
  2. Saya juga punya produk ini. Warnanya bikin sajian di meja makan jadi cakep, ya. Kualitas juga bagus

    BalasHapus
  3. Wah, wah, wassh, jaman canggih jd zaman serba nitipin benda2 kimis ys di barang2 yg bakal dipakai harian. Kl gak bava pistingan ininmana bunda tahu soal "sisi sak baiknya" dari foodware ygvterliat mengecoh mata padahal dlm pemakaiannya akan memberi dampak negatif. Mulailah menabung yuk, biar bisa beli perangkat goidware yg aman seperti MEDI√ĎA INI. Warnanya juga kece menawan.

    BalasHapus
  4. Di rumah ada Medina juga tapi tidak semua sih jenis Medina ada
    Paling suka yang satu set tempat lauk buat makan keluarga

    BalasHapus
  5. MasyaAllah, ternyata di Indonesia baru Medina ini ya yg claim sebagai food ware yang halal dan ada sertifikatnya pula yah.
    Saya sdh gabung dgn Dusdusan beberapa waktu lalu Mbak, tp karena gak pernah belanja akunnya jd auto decative saat mau login, hikss. Ongkirnya mahal sih kesini klo utk ukuran saya yg belanjanya dikit2 aja, huhuhuh

    BalasHapus
  6. Bener nih di rumah juga saya udah mulai milih tempat makan buat anak2 juga dari plastik karena ga kuatir pecah pas jatuh atau kesenggol. Baru tau ternyata ada juga yang halal kayak Medina gini. Jadi lebih aman yaa dalam memakainya. Makasih infonya teh

    BalasHapus
  7. Mba, bagus sekali ini Medina Food Ware ini. Warnanya juga cakep jadinya semangat juga menyediakan makanan disini ya. ihhih

    BalasHapus
  8. Waah warnanya unyuu merek ini baru aku dengar mba hehe tapi tertarik nihbiat masuk to do purchase

    BalasHapus
  9. Cantik cantik ya Teh. Cocok menyajikan hidangan apapun. Btw warnanya apakah hanya ada ungu saja? Adakah warna lain?

    BalasHapus
  10. Ternyata yang Phtalate Free baru daku ketahui, padahal sama bahaya juga dengan BPA. Kudu pinter yah sebelum membeli dengan memahami bahan pembuatan food ware

    BalasHapus
  11. Warna ungunya ..kusuka. Seneng sekarang ada pilihan foodware halal seperti Medina ini. Jadi tenang pakainya

    BalasHapus
  12. Waaah saya baru tahu ada Food Ware Medina. Heheeh.boleh nih saya kasih tahu ibu saya bt beli Medina buat persiapan lebaran hehe

    BalasHapus
  13. Memang cinta lingkungan membuat kita harus lebih peduli soal makanan. Padahal enak bawa tempat makan sendiri, praktis

    BalasHapus
  14. baru tau kalau foodware ada yang halal kek gini dan produk lokal juga. Kualitasnya juga bagus sepertinya ya mba.

    BalasHapus
  15. Wah keren penampakannya n kualitasnya jg ...jd mupeng pengen punya..duh keren..

    BalasHapus
  16. Jadi tahu tentang Dusdusan.com mba, tadinya saya pikir mirip MLM gitu ternyata bukan ya. Dan berbicara tentang tempat makan plastik, kini memang banyak beredar model tempat makan plastik yang dijual bebas di pasaran, namun kita belum tahu standarisasinya apakah aman untuk kesehatan, apakah halal dan.... Kalau membaca tentang produk dr Medina ini rasanya yakin ya mbak, produk ini sangat aman, halal serta tidak diragukan lagi oleh siapapun yang sangat menyukai produk-produk yang terbuat dari plastik. Termasuk saya lebih suka produk plastik karena domisili yang sering pindah2....selain ringan dan mudah dibawa, model dr koleksi Medina ini cantik-cantik dan tidak pasaran. Cocok lah untuk tempat hidangan sehari-hari.

    BalasHapus
  17. Ah iya, BPA Free harus jadi syarat yang mutlak dari food ware ya mba. Ngeri kalo mengetahui efek penggunaan food ware sembarangan. Nah aku juga punya produk Medina ini, suka dengan warnanya

    BalasHapus
  18. nah ini yang aku . butuhin, Medina ya mba. Gak sekedar tampilannya yang cantik tapi juga bahan pembuat nya berkualitas dan aman, BPA free dan food grade ini penting banget deh.

    BalasHapus
  19. Cantik banget warnanya...
    Medina ini membuat rumah makin semarak yaa..perlengkapannya lengkap.
    Kira-kira, warna pink...ada gak yaa...?

    BalasHapus
  20. Suka banget sama warnanya lucu dan kalem gitu dan aku jyga baru tau kalau ada foodware yang halal plus BPA free.

    BalasHapus
  21. Kalau lihat food ware bawaannya mau aja, apalagi kalau warna-warnanya mencolok. Tapi sekarang harus pilih yang terbuat dari bahan aman juga halal ya. Wah MEdina produk Food ware halal pertama di Indonesia ternyata ya.

    BalasHapus
  22. Lagi cari ide mau kasih hadiah lebaran apa ke guru ngajiku. Kayaknya medina ini pas banget, plus warnanya cantik-cantik amat.

    BalasHapus
  23. alhamdulillah sekarang udah ada food ware halal jadi lebih tenang menggunakannya khususnya untuk umat muslim

    BalasHapus
  24. Cantik banget sih warna set Amethyst yang ungu itu, segeeerr... lihatnya. Iya, bangga banget ya menggunakan produk buatan dalam negeri. Kalau bukan kita yang mencintai produk negeri sendiri, siapa doonkk..

    BalasHapus
  25. serius deh kak, aku jadi pengen punya produk ini. karena ini yang aku butuhin banget untuk mulai memastikan keamanan dan kesehatan makanan yang dikonsumsi

    BalasHapus
  26. wah saya baru tau ada food ware yang menyandang halal. warnanya cantik-cantik pula

    BalasHapus
  27. Pengin ahhh beli, nyobain lewat dusdusan :)
    Makasih informasinya mba Nia..

    BalasHapus
  28. Warna produknya cantik banget, Mba. Saya aja yang bukan pecinta ungu suka banget sama warnanya, apalagi ibu-ibu yang pecinta ungu yaa, pasti diborong tuh :)

    BalasHapus
  29. Medina punya koleksi lunch box dan botol minum gak mbak? Lagi nyari buat tempat bekal anakku sekolah nih

    BalasHapus
  30. Kak ini beli dimana? Kok aku gak bisa liat yang gemes-gemes sih, ini lucu banget dan aman juga bahannya ya.

    BalasHapus
  31. bentukanya mirip prodak tetangganya ya, tapi lebih oke karena pegang sertifikat halal :)

    BalasHapus
  32. Aku dirumah juga punya produknya Medina, ada beberapa. Kayaknya nyaris semua koleksi Medina aku punya.

    BalasHapus
  33. Aku juga ngiler euy ngeliat perabotan makan kayak gini. Cantik-cantik euy. Plastiknya juga aman yaa.

    BalasHapus
  34. MasyaAllah mba Nia punya keren banget
    sudah memulai menanamkan prinsip syariah ya Mba
    hijrah dengan barang yang halal. Aku pengen punya medina juga

    BalasHapus
  35. Sekarang saya juga lebih milih produk yang sudah bersertifikasi halal. Lebih aman & nyaman rasanya. Duh mba jadi pengen kan, aku belum punya food ware model gini, coba kepoin deh siapa tau ada promo. Hihi

    BalasHapus
  36. setuju banget. aku juga pengen punya perabotan makan kaya gini. aman dan halal. warnanya menggoda banget.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)