11.5.19

Tips Memilih Travel Umroh yang Aman dan Terpercaya

umroh-promo

Manteman, beberapa waktu yang lalu saya baca sebuah status seorang teman, di feed Facebook. Dia menulis soal keinginannya untuk bisa naik haji cepet-cepet. Tapi karena dia masih muda, dan dia mendapat jadwal keberangkatan 15 tahun mendatang, dia pun akhirnya memilih untuk ikut Paket Umroh November 2019 ini. Sebagai orang awam saya kaget bacanya. Iyakah daftar tunggu naik haji segitu panjangnya, sehingga yang daftar tahun ini baru dijadwalkan keberangkatannya 15 tahun mendatang?

Saya kembali kaget saat mendapat data yang lebih akurat dari media massa. Daftar tunggu keberangkatan haji ternyata berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Daftar tunggu yang paling pendek itu 11 tahun. Dan daftar tunggu yang paling lama itu bisa sampai 39 tahun (Kompas 12/02/2019). Tergantung pada banyak sedikitnya pendaftar di tiap daerah tersebut. Ditambah dengan makin meningkatnya pendaftar dari tahun ke tahun. Semuanya membuat daftar tunggu semakin panjang.

Umroh Dulu Sebelum Haji
Pilihan untuk ibadah umroh lebih dulu memang banyak dilakukan orang-orang yang ingin naik haji. Sodara saya juga banyak yang begitu. Mereka bilang, takut gak ada umur untuk bisa sampai ke jadwal naik haji yang sudah ditentukan itu. Kalo pun sampai, ya Alhamdulillah banget. Ya, walopun tetap berbeda dengan naik haji, ibadah umroh juga tak kalah utama bagi siapa saja yang sudah mampu.

Ngomong-ngomong soal ibadah umroah, sodara saya sempat galau saat mau milih travel umroh. Penyebabnya sederhana. Takut nasibnya akan seperti korban-korban penipuan travel umroh beberapa waktu yang lalu itu. Bukan satu dua aja kan travel umroh yang bemasalah? Jadinya saat memutuskan untuk memilih travel umroh yang sudah mengantarkannya ibadah ke tanah suci itu, dia teliti tentang segala sesuatunya.

Untuk orang yang kaya, uang 20 - 30 jutaan mungkin tidak seberapa. Biaya bulanan, mingguan, atau bahkan harian di hidup mereka mungkin udah segitu. Tapi buat orang-orang seperti di kampung saya, uang segitu tuh adalah hasil menabung yang melibatkan keringat dan air mata. Jadinya kalo kena tipu, hilang sudah harapan mereka untuk bisa menginjakkan kaki di rumah Allah itu. Bisa dilihatkan bagaimana para jemaah umroh yang kena tipu agen travel beberapa waktu yang lalu? Banyak yang stres, bahkan sampai ada yang meninggal dunia.

Tips Memilih Travel Umroh yang Aman dan Terpercaya
Teman-teman ada yang berencana pergi umrah dalam waktu dekat? Saya tuliskan tips memilih travel umroh yang aman dan terpercaya, ya. Supaya teman-teman bisa waspada di dalam memilihnya.

1. Pastikan travel umroh yang dipilih terdaftar secara resmi di Kementerian Agama
Terdaftar secara resmi di Kementrian Agama berarti travel umroh tersebut sudah menfapat jaminan tidak ilegal. Beberapa travel umroh yang beberapa waktu lalu bermasalah memang terdaftar secara resmi di Kementrian Agama. Akan tetapi jika teman-teman akan pergi umroh, syarat yang ini tetapi harus nomor 1. Tapi jangan jadikan satu-satunya syarat. Lihat syaat-syarat yang lainnya.

2. Memastikan keaslian alamat kantor travel tersebut
Sebelum daftar ke suatu agen travel, pastikan kita melakukan  survei atau pengecekan kantor travel tersebut terlebih dahulu. Tempat, wujud, lokasi, dan status kepemilikan bangunan kantornya bisa menjadi gambaran bisa dipercaya atau tidaknya travel tesebut.

3. Mengecek rekam jejaknya
Untuk melihat rekam jejak, kita bisa mengecek usia travel tersebut, banyaknya jumlah jemaah yang sudah berangkat menggunakan travel tersebut, dan jika mungkin, kita bisa dapat testimoni dari jemaah yang sudah berangkat dengan travel umroh tersebut.

4. Murah boleh, asal…
Ini yang membuat bayak calon jemaah tergoda. Travel umroh menawarkan harga yang murah. Memilih travel umroh murah boleh saja tetapi pastikan masuk akal. Dan membandingkan dengan travel umroh lain akan sangat membantu.

5. Teliti dengan fasilitas yang dijanjikan
Travel umroh yang aman dan terpercaya akan menjelaskan secara detail mengenai fasilitas yang diberikan. Jangan sampai, kita sudah memilih tavel umroh murah ternyata fasilitasnya minim. Atau menjanjikan fasilitas bagus tapi ternyata bohong.

6. Cek cara pembayarannya
Travel Umroh resmi cara pembayarannya pasti melalui rekening atas nama perusahaan. Bukan rekening atas nama pribadi.

7. Cek disediakan atau tidaknya pembimbing saat ibadah umroh
Pernah denger cerita jemaah umroh yang terlunta-lunta di tanah suci? Ini karena di sana tidak disediakan pembimbing oleh travelnya. Pastikan kita terhindar dari hal ini.

8. Hati-hati dengan travel umroh yang keberangkatannya dijadwalkan terlalu jauh.
Umroh bukanlah haji yang daftar tunggunya sangat panjang karena dibatasi kuota. Umroh bisa kapan pun. Ada pun jadwal keberangkatan itu dijanjikan atas dasar lamanya proses pembuatan dokumen. Dan itu tidak memakan waktu yang terlalu lama.

Itu dia 8 tips yang bisa menjadi acuan teman-teman di dalam memilih travel umroh. Pastikan kita sudah mengeceknya satu per satu. Referensi sodara atau teman dekat juga bisa jadi pilihan.

Baiklah teman-teman, yang udah berniat naik haji dan sudah mendapat jadwal keberangkatan, semoga bisa dilancarkan dan sehat sampai ke waktunya tiba. Sebelum ke jadwalnya tiba, jika punya rezeki lebih, tidak ada salahnya untuk ikut umroh terlebih dahulu. Dan memilih travel yang sedang mengadakan paket umroh promo bisa jadi pilihan. Tapi pastikan travel itu aman dan terpercaya. Sampai di sini tulisan saya. Semoga bermanfaat!

74 komentar:

  1. Alhamdulillah bagi mereka yang sudah memiliki jadwal antri yang relatif pendek untuk berhaji, nsemoga disehatkan saat persiapan menuju berangkat. Amiin

    BalasHapus
  2. Iya Téh. Buat yang kaya 30 jutaan mah mungkin tidak seberapa ya. Tapi buat saya ini walah ... Itu bisa buat biaya hidup 3 tahun. Makanya ketelitian dalam menentukan travel umroh menurut saya wajib banget. Bisi ketipu seperti yg ramai diberitakan itu ya...

    BalasHapus
  3. great tips, kakak

    BalasHapus
  4. Amin... Info untuk haji dan travel penting banget untuk banyak orang, apalagi ada yang pernah tertipu. Semoga membawa banyak manfaat ya mbak.

    BalasHapus
  5. 2 tahun yang lalu, gemar banget penipuan travel umroh. Jadi mulai sekarang kalau mau umroh, harus cek dan ricek travel agentnya..

    BalasHapus
  6. Makasih banyak tips nya beb.. mamaku pernah kena umroh abal2.. berhasil berangkat setelah lama bgt di undur.. eh disana hampir2 terlantar.. ampun deh..semoga ga ada yg ngalamin lagi kaya gini :(

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah kalau bisa sampai menjejakkan kaki di Mekah. Memilih travel umroh pastinya yang biaya ringan tetapi perlu di perhatikan pula fasilitas yang akan kita dapatkan dan jangan sampai deh dapat yang bodong

    BalasHapus
  8. Nah bener banget nih teh tipsnya. Jangan karena tergiur harga lebih murah dari yang laen eehh ujung-ujungnya umroh engga uang juga habis. Naudzubillah. Semoga dimudahkan yah teh buat yang mau berniat beribadah umroh aamiin

    BalasHapus
  9. Masya allah jadi pgn cepet2 ke mekah, tips tips nya bisa langsung dipakai nih sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  10. Tenkyu tipsnya kakak... emang kudu hati2 memilih jasa ini. . karena gak sedikit ya kasus yang jemaah terlantar

    BalasHapus
  11. Setuju banget teh Nia dulu ga gitu ngeh sama aspek ini sampai kejadian yang penipuan besar besaran jamaah umrah dan hajiyang mencengangkan tea. Bayar memang mending yang normal normal aja ya jangan tergiur harga murah

    BalasHapus
  12. Paket umrohnya cukup terjangkau ya mba
    Mupeng kapan2 umroh plus TURKI :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  13. Semoga tulisannya banyak yg baca ya teh. Soalnya aku jg banyak dpt cerita org2 yg kena tipu travel umroh.. dan kebanyakan yg jd korban malah org2 yg kurang mampu. Sedih pisan. Tega2nya..

    BalasHapus
  14. Wah ini maupun bulan Ramadan ya, banyak banget promo umroh. Pahalanya umroh di bulan Ramadan juga sangat menggiurkan. Sayangnya aku belum bisa 😅

    BalasHapus
  15. gampang-gampang susah memang memilih agen travel yang amanah ya, tapi cara pencegahan ini semoga banyak membantu

    BalasHapus
  16. Banyakan emang umroh dulu baru haji ya. Aku juga pengen lagi nabung masih. Semogaaaaaaa ya Allah

    BalasHapus
  17. Kalau umrah sama pendamping yang mumpuni rasanya akan terasa lebih afdhol ya. Tapi kebanyakan yang jadi daya tarik jemaah justru para artis, hehehe

    BalasHapus
  18. Pilihan umroh dulu sebelum haji memang lebih mudah ya sambil menunggu kuota haji. PIlih travel umroh susah2 gampang harus yang terpercaya supaya bisa lancar ibadahnya & gak ada penipuan

    BalasHapus
  19. Sama teh tipsnya dengan yang saya lakukan. Saya kadang suka kepoin juga medsosnha sama googling review orang lain yang udah pernah pakai travel tsb.

    BalasHapus
  20. Adik ipar termasuk yang kena tipu tajut 2017 lalu. Alhamdulilah Allah ganti pada tahun 2018 bisa umroh baremb dengan suami dan mbak iparnya. Memang harus teliti menggunakan biro umroh, bisa cek di Kemenag juga ya

    BalasHapus
  21. Pilih travel umroh yang murah siapa sih yang gak tergiur ya tapi harus dicek lagi supaya gak dibohongi ya. Jangan males untuk mengecek ke dinas terkait juga untuk izinnya ya

    BalasHapus
  22. Tips ini nih yang seharusnya ditunjukkan ke mertuaku waktu mereka pengen daftar haji/umrah. Sayangnya mereka udah terlanjur kena euy dengan travel umrah yang kurang profesional. Harusnya udah berangkat tahun 2016 lalu, tapi entah dengan alasan macam-macam, sampai hari ini mertua tak kunjung bisa berangkat dan masih diminta menunggu

    BalasHapus
  23. Yup, salah satu travel umroh yang aman adalah sudah terdaftar di kemenag. Kalau sudah aman dan tentunya perjalanan makin nyaman ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu waktu nyariin biro umrah untuk ibuku, aku juga melakukan ini mba. Cari yang sudah terdaftar di Kemenag, cek di webnya. Ayem lah kalau namanya sudah terdaftar, plus jelas kantornya.

      Hapus
  24. bismillah, semoga niat kita umroh dimudahkan dan dilancarkan ya teh. Tapi tetep realistis dengan biaya, jangan sampe tergiur dgn penawaran murah tapi malah zonk

    BalasHapus
  25. Dulu beberapa sodara dan teman ada yang beranggapan nanggung umroh mendingan haji sekalian. Sekarang melihat proses haji dan kuota haji yang terbatas ya memang mending umroh dulu sebelum haji mumpung masih ada umur dan ada rezeki ya.

    BalasHapus
  26. Betul. Jika memang bisa, umrah dulu sebelum haji juga ngga masalah.

    BalasHapus
  27. Dengan masa tunggu haji yang kian lama, umroh memang menjadi ibadah pembuka.
    Selalu merindu beribadah di tanah kelahiran Rosululloh sholallahu 'alaihissalam.
    Siapa yang tak ingin?

    Semoga masyarakat makin jeli memilih travel umroh yang amanah.
    Haturnuhun tipsnya, teh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masa tunggu hingga 39 tahun, maka tak heran jika ada anak kecil yang sudah di daftarkan haji kedua orangtuanya.
      Harapannya, bisa menunaikan rukun islam yang ke lima ini saat usia produktif.

      Hapus
  28. Ah sepakat banget ama tips2nya mba. Legalitas itu pentiing dan usahain jadi nomor 1 deh kalo cari travel umroh. Harga bisa dibanding2kan lagi setelahnya.

    BalasHapus
  29. Sering banget orang terlena dengan kata umroh murah ya teh, tapi sebenarnya pemerintah sendiri sudah menetapkan batas minimal biaya umroh, jadi penting banget mempelajari travel umroh yang akan dipilih, cek kantornya, cek perijinannya dan juga mengenal siapa pemiliknya, kalo sudah menjalankan usaha ini bertahun tahun dan berhasil baru dipilih ya teh

    BalasHapus
  30. turut prihatin dengan saudara2 kita yang tertipu travel abal-abal.

    Oh iya kejadian heboh yang dimakassar travelnya besar dan terkenal. Integritas pemilik travel perlu kita cermati mba

    BalasHapus
  31. Wah tips nya bagus banget Teh Nia...semoga ga ada yg tertipu lahi ya...ku jg pengen umroh thn ini atau awal thn dpn lah.doain yak..😍

    BalasHapus
  32. aku baru tau nunggu nya segitu lama buat naik haji. kirain bagi yang mampu bisa langsung brangkat aja. suka miris ya kak liat penipuan dana umroh. kumpulin duit susah payah, smoga terhindar dari segala penipuan.

    BalasHapus
  33. Semoga kita semua senantiasa dimudahkan untuk beribadah umroh dan haji ke Tanah suci, aamiin. Makasih banyak ya Mbak, tipsnya.

    BalasHapus
  34. Murah sih mau banget ya, tapi hati-hati kalo murahnya kebangetan. Kalau jjngu naik haji, lamaaaa. Yang udah ga sabar beribadah di Mekkah, mending umroh dulu.

    BalasHapus
  35. Terimakasih tipsnya, Teh. Soal biro umroh yg menipu itu, di sini banyak sodara yg jadi korban. Aku pun sempat ditawari dan kutolak karena kok murahnya kaya enggak wajar. Ternyata...oh ternyata... emang harus teliti memilih.

    BalasHapus
  36. Semua tips tadi benar. Memang kudu hati2 ya sekarang memilih biro travel yang menjalankan program umroh. Jangan mau dijanjiin umroh yang murah tapi ngantri lama, karena biasanya ya umroh itu udah ada slotnya harus berangkat kapan dalam waktu dekat.

    BalasHapus
  37. Sedih kalau udah ngomongin takut nggak ada umur. Memang perlu daftar dari jauh-jauh hari, ya. Dan mungkin umroh dulu memang pilihan yang tepat sambil nunggu waktu keberangkatan haji.

    BalasHapus
  38. Di tempatku antrian haji 17 tahun. Memang kadang membuat byk org memilih umroh dulu sampai waktu antrinya tiba ya. Sekarang hrs teliti memilih travel umroh karena banyak penipuan

    BalasHapus
  39. terimakasih mba tipsnya, kebetulan banget aku lagi cari-cari info.
    harus bener-bener jeli ya, pengalaman kemarin ada beberapa travel umroh yang menyalahkan dana jamaahnya

    BalasHapus
  40. Bener nie ibadah umroh emang salah satu ibadah favorit kita ya mom apalagi dengan adanya travel terpercaya...

    BalasHapus
  41. Ah tips nya kak nia ini sangat membantu. Poin poinnya pas. Karena sayang banget kalo kita gak aware denga travel umroh yang terpercaya ya kak

    BalasHapus
  42. Promo murah kadang mudah membuat orang tergiur dan kurang kewaspadaan

    BalasHapus
  43. Poin terakhir penting bangets nih
    Hati-hati dengan travel umroh yang keberangkatannya dijadwalkan terlalu jauh.
    Umroh bukanlah haji yang daftar tunggunya sangat panjang karena dibatasi kuota. Karena seringkali yang di daerah banyak korbannya karena ketidaktahuan mereka.

    BalasHapus
  44. Iya sekarang rada trauma dengan biro umrah, mending yang jelas dan pasti walaupun lebih mahal dibandingkan yang lain, sedih kalau sampai zonk..

    BalasHapus
  45. Rekam jejak nggak akan bisa hilang yah Teh, karena pasti akan ketahuan dan dari situlah jadi bahan pertimbangan

    BalasHapus
  46. Umroh memang jadi solusi disaat pergi haji menunggu lama ya. Aku juga berpikiran seperti itu sih.

    BalasHapus
  47. Tips-tipsnya sangat bermanfaat buat yang pertama kali mau umroh nih Mbak. Apalagi sekarang banyak banget kan travel umroh, harus tetep pilih yang aman ya demi ibadah

    BalasHapus
  48. Wah tips²nya bermanfaat sekali Teh untuk yang baru pertama kali mau umroh karena sekarang kan travel umroh menjamur dimana-mana

    BalasHapus
  49. Bener nih tipsnya jgn sembarangan memilih travel umroh yg asal ya teh pastilah kredibilitasnya pilih umroh dulu sblm haji bnr bngt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah punya pngalaman nih sama travel umroh yg gk amanah noted banget teh

      Hapus
  50. Bagi kami juga uang 20 - 30 jutaan penuh perjuangan. Harus rela menyisihkan tiap bulan. Kalau kena tipu travel umroh abal-abal ya bisa sedih banget.

    Iya sih, kalau harganya murah, perlu dicek lagi dan membandingkan dengan yang lainnya. Takutnya karena murah ternyata agen abal-abal.

    Masa tunggu naik haji saat ini memang lama, tetangga saya karena masih muda jadinya diberi waktu masa tunggu 21 tahun. 😑

    Semoga kita bisa beribadah Umroh maupun Haji. Aamiin..

    BalasHapus
  51. Sangat bermanfaat dan lagi aku cari nih
    Thanks for sharing Teh

    BalasHapus
  52. Saudara ada yang pernah gagal umroh karena ternyata biro perjalanannya abal-abal. Memang benar harus cek2 dulu sebelum memilih biro umroh yang akan kita gunakan. Tfs mb...

    BalasHapus
  53. Wah ilmu yang bermanfaat ya teh

    BalasHapus
  54. emang kudu selektif ya, mba pilih travel umroh..
    harga mahal dikit gpp ya asal terjamin semuanya...daripada murah ga taunya abal-abal

    BalasHapus
  55. Bener teh, harus hati-hati kalo ada penawaran umroh murah. Apalagi kalo berangkatnya masih jauh, nunggu sampe setahun dan mendadak raib. Kayak tetangga, adik ipar, dan masih banyak kenalan kami yang kena tipu gini

    BalasHapus
  56. Rencana buat umroh insya Allah ada tahun ini teh dan tulisan teteh ngebantu banget buatku karena menjamurnya agen travel, jadi berhitung juga kredibilitas dan amanahnya ya

    BalasHapus
  57. bener banget teh harus bisa memilih trvel yg terpercaya

    BalasHapus
  58. Daftar tunggu haji mmg udah sepanjang itu ya, mbak. Ngga nyangka lho, data terbaru udah antri 39 tahun. Ckckck.

    BalasHapus
  59. Catet ya tipsnya biar ibadah juga tenang karena nitip uangnya pada orang2 yg terpercaya. Semoga nanti ibadah kita juga dimudahkan

    BalasHapus
  60. Bulan Ramadan kyk gini sennag sekali kalau bisa umroh ya mbak :D
    Betul abnget setuju harus yang sudah terdaftar dan kalau bisa liat rekam jejaknya dr testimoni jamaah trdahulu yaaa

    BalasHapus
  61. Aku juga kalau nyari travelnumrah itu pasti aku survey dulu, mulai dari mencari tau google, tanya teman-teman di grup, dan datang langsung. Apalagi kemarin sempat marak ya kasus travel umrah jadi suka bikin parnoan, tapi insya Allah yang ini mah aman ya.

    BalasHapus
  62. Iya mbak...daftar haji lama banget emang. Solusi umroh menjadi solusi pintar bagi mereka yang ingin ibadah lebih cepat lagi ke tanah suci...

    BalasHapus
  63. Ya Allah moga aku bisa pergi ke tanah suci aamiin
    makasih tipsnya mba Nia. Kemarins sahabat bloggerku juga abisa umroh si Doel 17 jeti keren dia
    muga2 aku ada rejeki bisa umroh juga aamiin

    BalasHapus
  64. Rata-rata, masyarakat itu kenapa tertipu karena masih suka tergiur harga murah. Hampir semua alasan nya tidak masalah lah hotel nya jauh. Padahal, jatuhnya sama saja..hotel jauh kan tetap sj perlu transport untuk ke mesjid nya. Jarak nya tuh jauh-jauh. Harga standard pemerintah juga tidak kurang dari 22jt. Travel yg menawarkan harga murah itu system subsidi silang..bahaya. jgn sampai ya kita termasuk golongan yg tertipu.

    BalasHapus
  65. Eh aku sepakat, jgn mudah percaya jika murah. Murah boleh asal masuk akal. Inget2 kejadian khasus Annisa Hasibuan hehe. Semoga sebelum haji besok, bisa menjalankan umroh :)

    BalasHapus
  66. Noted teh buat tipsnya, PR nih dari sekarang cari travel Umroh. Insha Allah kalau ada rejekinya tahun ini ingin Umroh. Aamiin.

    BalasHapus
  67. Banyak banget yang tergoda harga murah, lalu ternyata abal-abal dan tertipu.
    Sedih sih, maka mengedepankan logika emang penting dalam memilih travel umroh :)

    BalasHapus
  68. Umroh menjadi pilihan yang baik ketika mendaftar haji nunggunya lama banget.memilih trvel umroh kudu bener2 tahu rekam jejaknya ya mba.

    BalasHapus
  69. Waaah, iya nih. Harus ati2 banget milih travel umroh. Soalnya ada yg ditipu, bodonglah. Ngakunya murah tapi belum ples biaya lain2

    BalasHapus
  70. Masya Allah panjang amat penantian berangkat haji.yang 15 tahun Saja sudah sangat panjang, apalagi yang sampai 39 tahun.

    BalasHapus
  71. Saya pun berharap bisa umroh lebih dulu kalau ada dana dan mulai sekarang musti pintar-pintar pilih travel umroh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)