31.5.18

Satu Cinta Satu Hati Bersama MT Yasmeena Bandung


Satu Cinta Satu Hati. Itulah tagline yang diusung Majelis Taklim Yasmeena Bandung (MT Yasmeena Bandung) di Ramadan Tahun 2018 ini. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, di Ramadan tahun ini, Majelis Taklim Yasmeena Bandung membuat serangkaian acara kegiatan sosial. Dari mulai pemberian santunan kepada panti asuhan, pondok pesantren, serta kaum dhuafa; hingga ke pemberian dana untuk pembangunan dan renovasi masjid. Semua dilakukan atas dasar kemanusiaan dan jiwa sosial seluruh pengurus dan jamaah MT Yasmeena Bandung.

Pemberian Santunan
Saya beruntung bisa ikut melihat salah satu acaranya. Yaitu acara pemberian santunan kepada anak-anak yatim, panti asuhan, santri dan santriawan pondok pesantren, serta kaum dhuafa, dan juga kepada para korban kebakaran Karees beberapa waktu yang lalu. Total santunan yang diberikan adalah sebanyak 250 paket. Setiap orang yang datang menerima parcel, makanan untuk buka puasa, serta amplop yang berisikan uang tunai. Jika dijumlahkan, yang didapat tiap orang tersebut bernilai Rp250.000 per paketnya. Pemberian santunan ini sendiri dilakukan hari kemarin, Selasa 29 Mei 2018, di Masjid Agung Trans Studio Mall Bandung, mulai pukul 15.00 – 17.00 wib.

Parsel box yang siap dibagikan

Adik-adik panti 

Warga Karees korban kebakaran

Adik-adik dari ponpes

Selepas Sholat Ashar, acara di hari itu pun dimulai. Semua diawali dengan dikumpulkannya para penerima santunan. Para penerima santunan tersebut antara lain adalah para korban kebakaran wilayah Karees Bandung, Murid Maghrib Mengaji Masjid Al Miftah anak Asuh MT Yasmeena, Rumah Yatim Permata Insani, Rumah Yatim di Dago dan di Cimahi, Pontren Anak Yatim dan Dhuafa Al Hasan Cicadas, serta Pontren Anak Yatim dan Dhuafa Ar Raudhah Cileunyi.

Setelah pembukaan dari MC yang juga merupakan panitia dan MT Yasmeena, kemudian pemberian sepatah dua patah kata dari Bu Rina Rofina Mochtar, yang merupakan ketua MT Yasmeena, para ibu dari MT Yasmeena kemudian mengoordinasi semuanya. Mengabsen anak-anak, para ibu, dan para bapak yang hadir; membagikan kupon santunan; serta mengatur ini itu.

Sambutan dari ketua MT Yasmeena Bandung, Ibu Hj. Rina Rofina Mochtar

Pembagian parsel box

Pembagian amplop yang berisikan uang tunai

Dengan pembagian berdasarkan kelompoknya, semua anak dan orang tua yang diundang lalu menukarkan kuponnya. Satu kupon untuk satu paket box. Bersamaan dengan penukaran kupon, dilakukan juga pemberian amplop uang tunai serta paket makanan berbuka kepada semua undangan yang hadir, oleh ibu-ibu panitia yang lain dari MT Yasmeena Bandung. Tak sampai 1 jam, acara pemberian santunan pun selesai.

Adik-adik yang sudah menerima paket santunan

Adik panti yang sudah menerima santunan

Ramadan dan Alquran
Setelah rangkaian acara pemberian santunan selesai, acara pun dilanjutkan dengan pemberian tausiah oleh Ustadz Abu Rabbani. Tapi sebelumnya, dilakukan pembacaan ayat-ayat suci Alquran terlebih dahulu.

Pembacaan ayat suci Alquran

Alquran di bulan Ramadan menjadi tema tausiah kali itu. Kenapa demikian, sebab menurut pak ustadz, bulan Ramadan sangat erat sekali hubungannya dengan Alquran. Itu sebabnya, bulan Ramadan sering disebut sebagai Syahrul Quran. Hal tersebut karena Alquran turun di bulan Ramadan. Yaitu pada tanggal 17 Ramadan.

Menurut pak ustadz, membaca Alquran sangat disarankan di bulan Ramadan. Selain menambah pahala puasa, juga karena membaca Alquran itu membuat diri kita tidak merugi. Baik tenaga, waktu, atau pun material. Sebaliknya, membaca Alquran itu memberi banyak sekali manfaat dan keutamaan buat kita. Apa saja manfaat dan keutamaannya?

Pak Ustadz Abu Rabbani sedang memberi tausiah

Membaca Alquran itu merupakan bentuk atau wujud sempurnanya iman kita kepada Alquran. Jadi manfaat membaca Alquran, itu menjadi pembuktian bahwa kita beriman kepada Alquran. Bukankah memang beriman kepada Alquran sendiri merupakan salah satu Rukun Iman? Ya, iman kepada Alquran masuk ke dalam rukun iman yang ke-3, iman kepada kitab-kitab Allah. Sudah seharusnya, jika kita merasa orang beriman, maka kita membuktikannya dengan cara rutin membaca Alquran.

Membaca Alquran juga menjadi bekal bagi kita untuk memiliki sifat sabar. Sebab dengan membaca Alquran dan mengerti terjemahannya, maka kita akan dibentuk untuk menjadi manusia yang berakhlak baik. Termasuk sabar.

Acara yang Bertabur Banyak Hadiah
Ya benar, acara pemberian santunan dan tausiah kemarin banyak bertebaran hadiah. Dari mulai doorprize untuk 50 pendatang pertama ke acara, yang dilihat berdasarkan daftar hadir di buku tamu, hingga di saat acara berlangsung. Selama tausiah saja, Pak Ustadz memberi banyak pertanyaan. Dan siapa yang bisa menjawab, diberi hadiah. Mau itu anak-anak panti asuhan atau pondok pesantren, orang tua, pengunjung, atau pun para pembimbing. Jadinya, semua  yang hadir antusias saat mengikuti acara. Semua hadiah yang diberikan, tentu juga atas dukungan dan kerja sama dari para sponsor acara ini, antara lain Rase FM, Zoya, Wardah, Aluxs Event Organizer, JiFast Durian, dan Alisha Fancy Shop

Adik yang menjawab pertanyaan Pak Ustadz

Adik yang mendapat hadiah setelah menjawab pertanyaan Pak Ustadz

Usai tausiah, acara dilanjutkan dengan pemberian paket secara simbolik kepada perwakilan masing-masing kelompok. Dari panti asuhan, pondok pesantren, dan juga warga Karees yang menjadi korban kebakaran. Santunan diberikan oleh Pak Ustadz Abu Rabbani, Ibu Rofina, Ibu Shanti, dan ibu-ibu pengurus MT Yasmeena Bandung yang lain.

Pemberian paket santunan secara simbolik oleh Pak Ustadz

Pemberian paket santunan secara simbolik oleh Bu Rofina

Program-program MT Yasmeena Bandung
Acara pemberian santunan kemarin bukanlah akhir dan bukan pula satu-satunya program sosial yang dilakukan MT Yasmeena Bandung di Ramadan tahun ini. Ada agenda-agenda lain yang akan segera dilakukan.

Agenda yang paling dekat adalah acara Beautiful Ramadhan More Beautiful Iman yang akan diselenggarakan di event Ramadhan Fashion Market 3.0 (RFM 3.0), sebuah acara yang merupakan The Biggest Fashion Market on Ramadhan di Bandung, Kamis, 31 Mei 2018 besok, pukul 09.30 – 12.00 wib. Bertempat di Trans Convention Center, The Trans Luxury Hotel Bandung. Di acara tersebut akan digelar tutorial hijab oleh Yemmi Sudibjo serta tausiah dari Ustadzah Febrianti dan Ustadz Qadar di stage utama RFM 3.0. Ada pun yang menjadi MC-nya adalah ketua MT Yasmeena Bandung, yaitu Ibu Hj. Rina Rofina Mochtar.

Acara MT Yasmeena Bandung di event Ramadhan Fashion Market 3.0

Acara yang terselenggara atas kerja sama MT Yasmeena Bandung dengan Aluxs Wedding & Organizer, The Trans Luxury Hotel, dan Rase 102.3 FM ini juga bertabur banyak hadiah. Doorprize-nya sendiri adalah voucher menginap di Clove Garden Hotel. Bebas tiket masuk, lho. Yang gak punya agenda di hari besok, boleh banget dateng ke acara ini. Diliput oleh TransTV, Net TV dan CNN pula.

Eh ya, santunan yang terkumpul, tidak hanya dibagikan di Masjid Agusng Trans Studio kemarin saja. Para ibu dari MT Yasmeena Bandung juga akan turun ke lapangan untuk memberikan santunan secara langsung kepada kaum dhuafa. Nah terus, tanggal 6 Juni 2018 nanti akan dilakukan acara pemberian dana ke masjid untuk pembanguan dan renovasi masjid.

Keren, Ya, Ibu-ibu MT Yasmeena Bandung!
Melihat dan mendengar sendiri bagaimana para ibu melakukan, merencanakan, dan menggalang dana serta sponsor untuk acara sosial Satu Cinta Satu Hati ini, sungguh bikin saya takjub. Mereka yang keseharian sudah sibuk dengan urusan rumah tangga, belum lagi pekerjaan kantor untuk yang berkarir, masih bisa meluangkan waktunya untuk acara besar seperti itu. Apalagi jika diingat waktunya yang katanya tak lebih dari 1 minggu saja. Benar-benar kerja keras yang patut diacungi 2 jempol.

Ibu-ibu MT Yasmeena Bandung bersama para penerima santunan

Tujuan diadakannya acara sosial Satu Cinta Satu Hati ini tentu saja adalah untuk membantu saudara-saudara yang kekurangan. Dan harapannya, acara tersebut bisa membuat semakin banyak orang peduli dan tersentuh, sehingga mau berbagi dengan sesama. Dan jika mau menitipkannya ke MT Yasmeena Bandung, Insya Allah MT Yasmeena Bandung akan amanah. Seperti itu kiranya ucapan Ketua MT Yasmeena Bandung yang bisa saya simpulkan, saat berbincang dengan tim media dan blogger.

Well,
Baiklah teman-teman, sampai di sini tulisan saya kali ini. Semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Dan mungkin saja bisa membuat kita lebih peduli dengan sesama seperti apa yang dilakukan ibu-ibu dari MT Yasmeena Bandung. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. Selamat berpuasa, dan Wassalam!


Ibu-ibu keren MT Yasmeena Bandung bersama Pak Ustadz Abu Rabbani

27 komentar:

  1. Subhanallah baru tahu nih ada Majelis Taklim Yasmeena, semoga semakin banyak MT yang membawa berkah aamiin

    BalasHapus
  2. Waaah senangnya berbagi.. anak anak juga happy dapat bingkisannya.. jadi pengen #ups 😂 acaranya bermanfaat sekali.. senang baca ulasannya teh.. 🤗

    BalasHapus
  3. keren acaranya berbagi itu indah ya

    BalasHapus
  4. MT Yasmeena keren banget program-programnya yaa, salut! apalagi berbagi dengan sesama yang pastinya lebih membutuhkan. Senangnyaa berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan..

    BalasHapus
  5. Barakallah ya ibu-ibu MT Yasmeena, keep inspiring!

    BalasHapus
  6. Subhanallahu senangnya bisa berbagi kebahagiaan, semoga semakin berkah dan sukses selalu ya, di Ramadhan yang penuh pahala yang berlipat.

    BalasHapus
  7. Wah bagus nih MT nya.. punya progran berbagi dengan yang lain.

    BalasHapus
  8. ustadz Abu Rabani ini kalau ceramah atau tilawahnya suka bikin merinding, enakeun pisan. Masya Allah tabarakallah anak - anak panti pada bahagia ya teh

    BalasHapus
  9. suka terharu kalau udah ada hubungannya sama berbagi, semoga semua berkah ya teh aamiin

    BalasHapus
  10. Wah evennya besar ya. Salut sama donatur2nya. Semoga acara serupa bisa terus berlanjut tidak hanya di kota. Tapi juga sampai ke daerah. Amin...

    BalasHapus
  11. Masya Allah luar biasa ya ibu-ibu MT Yasmeena ini. Gak cuma mikirin diri dan keluarga sendiri tapi juga peduli terhadap anak-anak yatim dan kaum dhuafa. Semoga santunan yang diberikan bisa bermanfaat ya dan menjadikan adik-adik kita cinta Al-Qur'an.

    BalasHapus
  12. Semoga berkah, event yang banyak mendatangkan pahala...

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah... senangnya semakin banyak orangi yang peduli kepada yatim dan dhu'afa semoga bisa istiqamah tidak hanya di bulan Ramadhan saja :)

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah saling membantu antar sesama. Wah aku jd tersentil nih bacaan l Quranku belum sesuai target selama Ramadan, tak terasa udah masuk pertengahan aja huhuhu thx remindernya....

    BalasHapus
  15. Peduli kpd sesama adlh kewajiba kita semua yes teh, aplg trhdp anak yatim kdudukan di akhirat ibrat jari tangan dekat dg Nabi

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah adik adik bisa bahagia dengan diberinya bingkisan ini. Satu senyum mereka adalah jutaan pahala buat kita

    BalasHapus
  17. Seneng yaa kalau bisa berbagi dengan anak-anak seperti mereka. Berbagi itu membahagiakan

    BalasHapus
  18. Acaranya sukses dan rame. Banyak hal positif ya mbak... Termasuk saling berbagi. Semoga lancar terus baca Alquran di bulan Radhan arek adeknya

    BalasHapus
  19. alhamdulilah ya teh masih ada yang mau peduli dan berbagi semoga bisa jadi inspirasi buat yang lain
    btw td mikirnya MT itu bapak mario teguh hahaa

    BalasHapus
  20. Semoga berkaah acaranya mbaa.. barakallah

    BalasHapus
  21. Indahnya berbagi ya Teteh... Seneng banget melihat senyumnya anak-anak. Titip doa ya teteh.

    BalasHapus
  22. Ikut senang melihat rona kebahagiaan di wajah anak2 panti dan yg lainnya yg ikut mendapatkan berkah ramadan.Semoga acara santunan ini bisa terus berlanjut ya teh..

    BalasHapus
  23. Senang ya bisa melihat kebahagiaan mereka. Semoga acara ini bisa terus berlanjut.

    BalasHapus
  24. Senangnya bisa berbagai dengan yang lain ya teh.
    Terima kasih untuk sharingnya ya teh :)

    BalasHapus
  25. Majelis taklimnya ramai banget ya. Smoga semakin sering dilakukan dan jg berbagi untuk sesama

    BalasHapus
  26. Keren sekali, ibu-ibu luar biasa

    BalasHapus
  27. Masya Allah, dengan kegiatan sosial gini jadi makin indah ya tali silaturahmi para ibu-ibu MTnya. berkah selaluuuu..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)