2.12.18

Serunya Smart Festival 2018 Persembahan dari Superbrands Indonesia


Manteman, pada tahu Superbrands, kan? Iya, itu yang logonya sering muncul di beberapa produk berkualitas di kehidupan kita. Dari mulai mulai produk makanan, minuman, obat, hingga berbagai macam produk penunjang kehidupan lainnya. Tak cuma produk berwujud saja, bahkan logo ini juga banyak tersemat di produk jasa. Dan jelas, semua produk yang memiliki logo ini dijamin memiliki mutu yang bagus.

Saya baru tahu, Superbrands ternyata tak hanya ada di Indonesia. Superbrands ada di 85 negara. Sudah tahu apa sebenernya Superbrands itu? Superbrands adalah sebuah lembaga arbitase independen pertama yang memberikan penghargaan kepada brand-brand terkemuka. Dan di Indonesia sendiri, Superbrands sudah berdiri sejak tahun 2004.

Smart Festival 2018
Hari Minggu 25 November 2018 lalu, bertempat di GOR Saparua (Saparua Park) Jalan Saparua No. 2 kota Bandung, saya beserta beberapa teman Blogger Bandung berkesempatan hadir di sebuah event yang dibuat oleh Superbrands Indonesia. Event yang dinamai Smart Festival 2018 ini merupakan sebuah program unggulan dari Superbrands Indonesia. Event ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial sekaligus juga sarana untuk mempertemukan stakeholders (brand-brand), konsumen, komunitas, entertainer, pelaku UMKM, dan pemerintah dalam sebuah kegiatan yang produktif. Event ini dikemas secara kreatif dan interaktif guna memberikan edukasi, motivasi, dan inspirasi kepada semua orang

Saya seneng sekaligus bangga sekali bisa hadir di event ini. Iya, sebab Smart Festival hanya diselenggarakan sekali dalam setahun. Dan tak semua kota bisa berkesempatan untuk menjadi penyelenggaranya. Hanya kota-kota besar di Indonesia yang menjadi lokasi survey Nielsen sajalah yang bisa. Dan tentu, di event ini juga akan diberikan penghargaan bergengsi terhadap brand-brand yang masuk kategori top of mind di masyarakat.

Tujuan dari Smart Festival adalah untuk meningkatkan prestasi generasi muda di bidang olah raga; meningkatkan kepedulian terhadap seni dan budaya sebagai identitas bangsa; memberikan ruang apresiasi dan kesempatan berekspresi bagi para komunitas di area publik; memberikan edukasi, motivasi, dan inspirasi kepada generasi muda untuk memiliki pola pikir tindakan dan rasa percaya diri menjadi entrepreneur di era digital; serta memberikan sarana bagi pelaku usaha dan pemilik brand untuk mengedukasi masyarakat dalam memilih dan membeli produk dan layanan berkualitas.

Tahun ini, Grandindo Konsultama, yang merupakan perusahaan pemegang lisensi Superbrands Indonesia memilih dan menetapkan kota Bandung sebagai lokasi penyelenggaraan Smart Festival 2018. Pemilihan kota Bandung ini sendiri didasarkan atas pertimbangan historis dan perubahan dinamis yang terjadi. Sehingga dengan demikian, Bandung bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi daerah lain untuk bergerak maju. Bandung Sendiri kan sudah dikenal sebagai kota produktif yang melahirkan banyak industri kreatif di Indonesia.

Acara-acara di Smart Festival 2018
Event Smart Festival 2018 diisi dengan banyak sekali acara. Acara berlangsung sejak pagi hingga sore hari. Ada acara yang berpilar pada exercise, expression, dan juga education. Ketiganya menghasilkan acara-acara seru yang sarat akan informasi, keseruan, ilmu, dan juga pengalaman-pengalaman baru.

Acara yang berpilar pada exercise, di ataranya ada lomba free style BMX, skateboard, inline skates, dan wall climbing. Olahraga-olahraga yang termasuk jenis olahraga ekstrem ini, di Bandung sudah banyak melahirkan banyak atlet-atlet berprestasi yang membanggakan Indonesia di dunia Internasional. Oh ya, di pagi harinya, Event Smart Festival 2018 dimulai dengan kegiatan lari santai sejauh 5 km sambil memungut sampah. Tujuan acara ini tentu saja adalah untuk mengampanyekan gerakan membuang sampah pada tempatnya kepada masyarakat di sepanjang rute tempuh. Dan lalu dilanjut dengan kegiatan senam poco poco serta zumba yang dilakukan secara massal.

Lomba free style skateboard

Lomba free style BMX

Pada pilar expression, ada kegiatan yang memfasilitasi hal ini, yaitu opening performance seni karawitan, tari pencak silat, dan tari rampak kendang yang dibawakan oleh para pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam sanggar seni Sakata Kota Bandung. Serta ada juga kegiatan pasanggiri tari rampak kendang serta tari klasik sunda yang diikuti oleh lebih dari 30 sanggar seni di Jawa Barat.

Para penari klasik peserta pasanggiri

Pasanggiri rampak kendang

Ada pun di pilar education, digelar seminar akbar digital marketing dan entrepreneurship yang dihadiri oleh labih dari 750 peserta. Pada seminar ini, Superbrands Indonesia menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Bandung.

Brand-brand terkemuka di Indonesia yang terlibat di event Smart Festival ini antara lain ada Sania, MC Donalds, Rose Brand, Hatari, Bagus, Dermatix Ultra, Mitra 10, D’Best, Natchi Tape, Swallow Globe, Terry Palmer, Adhi Commuter property, cleo, Marck, Gloozer, dan Telkomsel.

Brand peserta expo

Brand peserta expo

Brand peserta expo

Brand peserta expo

Brand peserta expo

Seru Banget!
Bisa ikut serta dalam event ini sungguh sangat menggembirakan. Banyak sekali ilmu yang saya dapat dari acara seminarnya. Para pembicaranya yang merupakan orang-orang muda berprestasi, membuka mata dan pikiran saya. Kagum deh sama mereka. Di usia yang masih muda, karir mereka sangat menginspirasi.

Mereka yang berbicara di seminar tersebut antara lain Ahmad Syarif, CEO dan Founder Cyberlabs; ada Yusep Maulana, CEO PT Mobidu dan Founder websitegratis.id; Fahmie Hendrawan, Owner Fatih Indonesia; Abdillah Hilmi, Manager Digital Advertising Telkomsel; Rizky Mediantoro, Owner Bowling Center, Graha Manggala Siliwangi; Kirana Larasati, artis serta perwakiln dari Indonesian Youth Movement; Anggasa Wijaya, Business Owner Bintang Muda Wijaya Corp, sekaligus Dosen Telkom University; Surya Batara Kartika, Ketua Umum BPC HIPMI Bandung yang sekaligus Owner PT.Safta Ferti; serta ibu  Atalia Kamil, ketua Dekranasda Jawa Barat.

Para pembicara di Seminar Smart festival 2018

Demikian juga saat melihat lomba dan pasanggiri yang digelar. Anak-anak muda berprestasi di bidang olahraga dan seninya membuat saya terharu. Apalah saya di usia seperti itu. Semoga mereka bisa menginpirasi banyak generasi muda yang lain.

That's A Wrap!
Acara yang saya ikuti pun selesai saat hari mulai menginjak waktu Maghrib. Seneng banget saya bisa terlibat dan menjadi saksi keseruan serta inspiratifnya kegiatan-kegiatan di event Smart Festival 2018 ini. Gak tahu juga, kapan Bandung kebagian lagi jadi penyelenggara event ini. Belum tentu 2-3 tahun lagi. Pastinya, akan beralih ke kota-kota lainnya.

Harapan saya, semoga acara ini terus menerus dilangsungkan setiap tahunnya. Supaya ke depannya semakin banyak masyarakat, terutama golongan muda yang terinspirasi untuk lebih berprestasi. Dan semoga juga Superbrands Indonesia bisa terus memfasilitasinya. Dengan demikian akan semakin banyak pula brand di Indonesia yang lebih berkualitas.

Oke deh teman-teman, sampai di sini curhatan saya tentang event Smart Festival 2018 lalu. Semoga bermanfaat. Sampai ketemu di tulisan saya selanjutnya. Bye!

41 komentar:

  1. Waah seru ya teh, kemaren pengen mantengin sampe magrib tapi kurang enak badan huhu

    BalasHapus
  2. Luar biasa ya acara ini. Apa ya kalau aku bilang event gini bikin fun dan mengedukasi.

    BalasHapus
  3. Dengan adanya event seperti ini, semoga para atlet daerah semakin ikut terangkat juga kesejahteraannya ya. Banyak atlet berprestasi tapi karena kurang perhatian dan latihan akhirnya prestasi tidak maksimal

    BalasHapus
  4. Seru ya acaranya.. Tentunya banyak manfaat yg bisa dipetik dari acara ini.. Btw, superbrand hebat ya, ada di 85 negara ternyata ya..

    BalasHapus
  5. Acara seru, suka banget terutama seminarnya banyak org2 keren yg sukses n menginspiraai....

    BalasHapus
  6. itu banyak diskon juga nggak mbak..banyak brand yang menggoda dibeli kayaknya

    BalasHapus
  7. Hemzz acara kaya gini bagus nih mengedukasi para pemuda.
    Layak banget buat diadakan rutin.

    BalasHapus
  8. Wah kapan ada acara ini di Jogja ya? Pembicaranya keren-keren. Itu Superbrands emang sering lihat sih ada logonya

    BalasHapus
  9. Aku penasaran sama BMXnya. Gaya2 an mereka kelihatan seru walau aku agak ngeri2 sedap

    BalasHapus
  10. Banyak sekali brand yang terlibat dan pembicara favorit yang tampil di event ini. Pastinya banyak ilmu dan kesempatan berbelanja, juga...

    BalasHapus
  11. keren banget ya teh acaranya! sayang cuma setahun sekali :D

    BalasHapus
  12. Wow, seru ya acaranya.

    BalasHapus
  13. Wuih keren dan seru banget acaranya ya

    BalasHapus
  14. Bagus nih kemasan acaranya, hampir semua lini dapet, olahraga, ekspresi, sampai edukasi, saya juga baru Tau kalau super brands itu ada di luar negeri, kirain sertifikasi dalam negeri

    BalasHapus
  15. Semoga di daerah-daerah juga ada acara serupa kek gini. Aku suka beli brand dari superbrand ini mba Nia, soalnya kayak mantep aja gitu.

    BalasHapus
  16. banyak banget pilihan acaranya

    BalasHapus
  17. sering melihat logo Superbrand tapi baru paham apakah itu lewat smart festival. Ah.. beruntungnya bisa hadir di sana. Buat talkshow apa terbuka untuk umum atau hanya undangan?

    BalasHapus
  18. Meriah banget acaranya, anak muda bisa memamerkan bakat sesuai minatnya ya, positif pisan..

    BalasHapus
  19. Aku baru dengar Superbrand mba. Semoga tahun depan bisa datang acaranya resu banget dari olahraga ekstrim sampai kesenian tradisionalnya juga ada.

    BalasHapus
  20. Saya baru paham detail tentang Superbrands ini, setelah baca tulisan ini, loh Mbak. Ulasan yang runtut dan asik dibacanya. Terimakasih sharingnya...😄

    BalasHapus
  21. Mbaa, berarti ini udah di Jakarta ? Aih aku ketinggalan info nih kalau udah pernah di Jkarta. Bagus banget acaranya dan aku pengen banget buat ikutan kalau diadakan lagi nih

    BalasHapus
  22. Wihhh seru banget ya Mbak. Banyak pilihan olahraga yang bisa menjadi kegiatan anak muda. Keren pokoknya.

    BalasHapus
  23. yah sayang banget aku melewatkannya hahaha *kesian ga diajakin seru ya teh apalagi ada seminar dengan narasumber mereka yang muda dan berprestasi duh pasti dapat insight banget pulang dari acara ini

    BalasHapus
  24. Tiapkali belanja produk trus ada logo super brand, biasanya saya langsung mikir kalau produk ini pasti laku banget. Ini event tahunan, Mbak?

    BalasHapus
  25. Event nya keren ya, ada atraksi yang beragam. Kapan Semarang ada event seperti ini ya

    BalasHapus
  26. Ngarepnya taun depan acara ini di laksanakan di banjarmasin hihihi

    BalasHapus
  27. 750 peserta itu banyaaaak Mbak. Asyik banget klo bisa ikutan seminarnya ;) semoga tahun depan ada lagi biar

    BalasHapus
  28. Wow! Banyak juga ya mba brand yang tergabung. Keren nih festivalnya. Banyak acara & banyak jajanan hihiii :)

    BalasHapus
  29. Konsep acaranya bagus yaa, pasti banyak ilmu yg bisa diserap pesertanya di sini. Semoga di jogja juga ada acara seperti ini :)

    BalasHapus
  30. Kalau Superbrand aku tau banget beberapa produknya kebetulan beberapa kali aku pakai. Suka deh acara kayak gini mudah-mudahan bikin acara di Tangerang juga ya

    BalasHapus
  31. Wow banget banyak bangte kegiatan yang bsia dilakukan oleh kaum muda di sana ya mbak? Mulai dr sport sampai ikut pameran2 kerajinan. Menurutku ini pameran yang berdaya guna banget dan pastinya seneng krn di acara kyk gini bisa bangun jejaring.

    BalasHapus
  32. Sering lihat logonya, tapi baru tahu namanya. Hihihi. Acaranya seru, apalagi ada memungut sampah juga, penuh manfaat.

    BalasHapus
  33. Seru banget ya sekarang Bandung banyak kegiatan yang menarik. Smart festival ini amat mendukung anak muda untuk terus berkembang menyesuaikan dengan jamannya.

    BalasHapus
  34. oooh vennya juga safari ya mba...pindah-pindah kota, bagus juga sih biars emua kota kebagian yaa

    BalasHapus
  35. Atraksinya seru-seru banget ini ya mbak, jadi semangat pasti kalau main kesana ya.

    BalasHapus
  36. Ya ampuuun kece banget ini acaranya Teh Nia. Eh aku baru tahu loh ternyata Superbrand itu lembaga independent ya kirain merek tertentu.

    BalasHapus
  37. Yah baru tahu ada acara seseru ini. Suka bingung saya selama di Bandung ini wiken mau ke mana saking banyaknya tempat bagus dan acara seru. :)

    BalasHapus
  38. Keseruan acara smart festival seperti ini pasti selalu di nanti2. Gimana tidak, superbrands pasti byk menghadirkan brand-brand terkemuka dan disukai oleh para anak muda.

    BalasHapus
  39. Kegiatan positif, btw jadi terbawa muda dong mba. 😁

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)