27.12.18

5 Perbedaan Print Cetak Kaos Offset dan Sablon Manual


Mau buat kaos sendiri dengan desain yang unik dan menarik? Bisa! Sebab banyaknya produsen yang melayani jasa digital printing saat ini, sangat memudahkan kita untuk mencetaknya. Baik lewat teknik print kaos DTG atau pun cetak sablon biasa. Tapi sebelumnya, sudah tahukah kita apa itu sablon kaos dan print offset? Apa sih yang membedakan keduanya? Supaya lebih mengerti, yuk baca perbedaan print cetak kaos offset dan sablon manual di penjelasan berikut ini. Biar saat kita order costum, kita puas dengan hasil yang sesuai keinginan.

1. Proses Pembuatan
Proses pembuatan print kaos biasanya menggunakan printer DTG. Sebuah printer dengan teknologi head printer tipe piezo dan menggunakan tinta khusus untuk sablon tekstil. Prosesnya akan lebih cepat karena bisa langsung di-print ke kaos custom kita. Sementara teknik kaos sablon menggunakan alat bantu seperti screen atau film sablon dan prosesnya, akan lebih lama dan membutuhkan keahlian khusus dalam menyablon kaos.

2. Peralatan yang Digunakan
Beda teknik, beda pula peralatan yang digunakan dalam sablon kaos. Pada sablon kaos manual ada beberapa peralatan yang pakai. Misalnya saja papan banting, rakel, screen, hair dryer, tinta, dan coater. Sementara pada sablon kaos satuan, harus menggunakan printer DTG, komputer, mesin press, dan kompresor. Jadi jika dihubungkan dengan harga, peralatan print sablon lebih mahal daripada sablon manual.

3. Jumlah Kaos yang Bisa Diproduksi
Cetak kaos secara manual membutuhkan minimal order untuk mengurangi biaya produksi yang dikeluarkan. Namun, jika kita ingin kaos yang eksklusif dan hanya mencetak 1 kaos saja, maka kita bisa memilih print kaos DTG.

Teknik print print kaos DTG tidak ada minimal order yang diambil. Berbeda dengan sablon, kita bisa print kaos satuan.  Di Porinto misalnya. Kita bisa beli satuan dan grosir dengan desain kita sendiri tanpa minimum order. Porinto melayani pembelian satuan.

4. Media yang Digunakan
Ada perbedaan proses media antara print kaos DTG dengan sablon. Pada sablon kaos manual, sebelumnya harus mencetak desain pada kertas dan membuat screen film. Selanjutnya tinta akan dicetak ke dalam screen agar bisa dicetak pada kain kaos. Sedangkan tak ada media yang digunakan pada print kaos DTG.

5. Kualitas Kaos
Tidak ada jaminan kualitas print kaos lebih bagus dibandingkan sablon, begitu pun sebaliknya. Pasalnya, kualitas kaos yang dicetak tergantung dari bahan yang digunakan. Misalnya dari kualitas tinta pada sablon manual dan kertas transfer yang digunakan saat print kaos.

Jika print kaos menggunakan kertas transfer yang kualitasnya buruk, maka akan terlihat sablon retak di kaos. Sementara jika menggunakan tinta berkualitas rendah maka kaos sablon manual akan terlihat mengelupas setelah beberapa kali dicuci. Untuk itu, selalu pilih digital printing terbaik untuk cetak kaos satuan kamu.

Sebagai solusinya, pilih jasa sablon profesional dengan alat yang terbaik agar hasilnya juga tak mengecewakan kita. Sebagai informasi, kaos Cotton Combed 20s dari Porinto adalah kaos Cotton Combed 20s dengan kualitas tertinggi. Selain nyaman dipakai, kaos ini juga sangat awet.

Nah, sekarang kita tahu seperti apa perbedaannya. Kita jadi tahu mana yang terbaik. Tentunya dengan hal ini, kita tidak akan ragu lagi untuk mencoba mencetak kaos custom desain sendiri. Sebab bergaya kekinian menjadi tidak lagi mahal.

Mau bikin kaos desain sendiri? Tunggu apa lagi! Yuk kirim desain terbaik kita untuk dicetak di Porinto. Di sana, kita bisa membuat kaos dengan desain sendiri dengan harga IDR 85K per kaos saja. Sebuah harga yang relatif murah untuk kualitas yang boleh diadu dengan hasil cetak di produsen lain. Harga jujur! Sebab jika kita tidak puas dengan hasilnya, Porinto melayani refund. Ya, kita tidak puas, duit pun kembali. Harga murah, langkah-langkah order singkat, proses pembuatan dan pengirimannya pun cepat. Gak percaya? Buktikan sendiri saja!

54 komentar:

  1. Dulu di Remaja Masjid di kampung aq juga bikin usaha print DTG gini mom. Cuma hasil printing nya kurang bagus, warnanya cepet pudar. Beda hasilnya sm print sablon. Kalo di Porinto ini gimana ya hasilnya?

    BalasHapus
  2. Harga kaosnya cukup terjangkau untuk sebuah kaos sablon digital :) jadi kepikiran bikin kaos kembaran nih ma anak-anak

    BalasHapus
  3. Ini nih yang bikin saya suka berkreasi, hanya di Porinto, kita bisa ngeprint karya kita kedalam kaos. Hasilnya keren dan makin pede pakai kaos hasil dari kreasi kita. Seruuu!

    BalasHapus
  4. Jadi pengen bikin kaos gambar logo Joeragan Ice Cream nih teh buat crew joeragan hehehe harganya ramah kantong lagi 85K doang

    BalasHapus
  5. Iya bener teh kalau bikin kaos yang sablon manual ga bisa 1 atau 2 biji kudu banyak pernah mau pesen sampe ga jadi sekarang mah enak yah ada yang pake printer DTG 1 pun dijabanin

    BalasHapus
  6. Bener banget mbak, Ujame juga kalo tiap travelling sukanya pake kaos. Simple, gak gerah dan bebas gerak.

    Boleh nih coba kaos yang samaan, kebetulan kan Ujame berdua. Jadi bisa lebih eksis hehehe. Bisa custom gambar kan mbak?

    BalasHapus
  7. Aku sering bgt denger bahan cotton combed, ternyata ada jenis2nya juga yaa . Anw kalo ada kaos busui aku mau bgt nih.

    BalasHapus
  8. Asyik nih mba, bisa cetak kaos sendiri :)
    Saya juga pecinta kaos nih, kalau di rumah paling suka pakai kaos, paling nyaman deh pakai kaos itu :)

    BalasHapus
  9. Oh gitu ya. Saya baru tahu. Baru aja mau nanya bagusan mana sablon manual ama print cetak. Ternyata udah informasi di dalam tulisannya. Makasih mba. Porinto ya namanya bisa dimasukin ke dalam daftar list kalau mau bikin baju eklusif

    BalasHapus
  10. aku kepengen banget buat kaos tapi limited stock pengennya keslusif buat keluarga aja. kayaknya pengen coba porinto ini deh.

    BalasHapus
  11. Ini nih, aku pingin bikin kaos sebiji doang tapi susah krn suka ketemu minimal. Ternyata krn itu sablonan ya

    BalasHapus
  12. Tapi enaknya print ketimbang sablon, perasaan sablon suka cepet rusak kalo ketemu mesin cuci dan setrikaan

    BalasHapus
  13. Sebagai tukang bikin baju dan jualan baju zaman masih kerja dulu jadi aku lumayan paham nih sama hasil cetakan. Cuma memang kalau aku dulu bikin tergantung pesanan sih.

    BalasHapus
  14. Dulu ak pernah punya usaha jualan kaos printing,yang nyablon tukang sablon sendiri. Seru deh

    BalasHapus
  15. Murmer yq 85K dah bisa bikin kaos desain sendiri...pasti unik dan beda hasilnya enggak pasaran juga gambarnya
    Mau kepoin ah..penasaran

    BalasHapus
  16. Jadi bagus enggaknya sablonan atau prin prinan itu tergantung bahannya ya. Asyik juga di Porinto bisa custom dan gak ada minimal pembelian....

    BalasHapus
  17. Aku lebih suka kaos print, hasilnya lebih rapih. Asik nih kalau bisa desain sendiri, bisa kembaran sama suami & anak2 dg desain yg gak alay :))

    BalasHapus
  18. Aku lebih prefer print untuk kaos, hehe. Kalau boleh tau Porinto lokasi nya dimana mbak?

    BalasHapus
  19. Wah bagus banget nih mbak informasinya . Kebetulan aku memang lagi cari tempat cetak kaos yg bisa desain sendiri gini... ke Tangerang bisa kan y mbak?

    BalasHapus
  20. Porinto ini bisa pesan online nggak mbk? Sekarang sudah banyak yang pakai print untuk ngeprint kaos, lebih cepat prosesnya dan knggak ribet. Beda banget sama sablon

    BalasHapus
  21. Sablon dengan digital berarti ramah konsumen ya, karena satu pcs kaospun bisa dilayani. Terlebih bisa design sendiri, itu bikin puas customer

    BalasHapus
  22. Kalau kaos print sendiri rata2 bahannya lebih tebal dan bagus. Berasa spesial karena ada desainan kita sendiri ya

    BalasHapus
  23. Asik nih kalau ada yang kayak gini. Seketika aku pengen kaos panjang dengan motif Doraemon.Hehehe.

    BalasHapus
  24. Rp85K udah bisa punya kaos dengan desain sendiri. Gak ada minimal kuantitas, kan? Murah lah kalau segitu

    BalasHapus
  25. Keren ini inovasinya mau bngt klo pakai kaos design sendiri.. lumayan harganta juga bikin kembar deh sm kiddos

    BalasHapus
  26. jadi inget dulu pernah ada mata pelajaran seni rupa di SMA. Salah satu tugasnya bikin kaos dengan desain printing tapi metodenya masih konvensional banget haha. Terus ancur lagi punyaku :/

    BalasHapus
  27. Pengen banget bikin kaos sendiri dan hasil design sendiri makasih infonya Mbk

    BalasHapus
  28. Suka kaos print dg desain sendiri. Mau bikin kaos kembaran sama anak2. Biarpun nanti setelah itu diprotes sama anak2ku yg abege dan dibilang " ummi lebay" :D

    BalasHapus
  29. jadi pengen bikin kaos khusus petualang cantik deh...jadi kemana2 bisa promoin blog sendiri ....😂😂😂

    BalasHapus
  30. ternyata.beda ya. aku kira semuanyansama cuma beda kualitas cat aja ternyata enggak ya mbak emang tekniknya juga beda

    BalasHapus
  31. Sekarang enak y ada kaos print jd bs cepet dan ga usab banyak2 lagi pesennya ...

    BalasHapus
  32. Jadi tahu perbedaan antara kaos print dan kaos sablon, masing-masing bisa oke atau nggak tergantung bahannya ya, jadi pengen bikin print kaos

    BalasHapus
  33. Jadi tahu perbedaan kaos cetak dan kaos print, ternyata masing-masing bisa oke atau nggak tergantung bahan yang digunakan ya, jadi pengen cetak kaos print desain sendiri

    BalasHapus
  34. Aku pengen bikin kaos print untuk kami berempat. Kasih nama web keluarga doyan plesir, asik kayaknya, hahahhaa

    BalasHapus
  35. Suka pakai baju kaos Mbk dan seru kalau bisa design sendiri ya

    BalasHapus
  36. Lumayan terjangkau ya kalau cetak kaos desain sendiri cuma 80rb. Jadi pengen cetak kaos dengan motif Doraemon.

    BalasHapus
  37. wah enak ya kalau bisa cuma 1 kaos aja cetaknya karena kadang2 butuhnya gak banyak

    BalasHapus
  38. Suka banget sama kaos...
    Aku pas kapan lalu jalan-jalan ke Balubur, teh...nemu yang jual kaos polos.
    Enakeun pisan bahannya.

    Nanti tingaal minta di sablonkan sama Porinto yaa...

    BalasHapus
  39. Yang penting kualitas kaos dan print gambar di kaosnya bagus dan tahan lama ya teh. Sebeeel kalau ada kaos yang kita suka tapi belum lama dipakai dan dicuci printnya rusak

    BalasHapus
  40. Aku suka tuh kaos berbahan cotton combed, walau harganya lumayan banget tapi enak di pakai dan adem banget hehe.

    BalasHapus
  41. Banyak yang puas dengan porinto ini ya. Aku jadi pengen coba. Soale di Pekalongan adanya yang 30s doang nih. UI

    BalasHapus
  42. Pelayanannya oke banget yaa.. jarang ada produksi kaos yg mau refund karena jaruh rugi. Pingin nyoba nyetak disitu juga ah :)

    BalasHapus
  43. Harganya sangat terjangkau utk sebuah kaos berkualitas ya Mba. Boleh nih nanti di coba kaos porintonya

    BalasHapus
  44. Kenyamanan dan kualitas cetak menjadi pertimbangan utama aku saat membeli kaos.

    Terutama kenyamanan.

    Karena sering beraktivitas outdoor, aku selalu tanya pada penjual, apakah bahan kaosnya menyerap keringat.

    BalasHapus
  45. Baru tau bedanya nih mba, kalo saya yang penting bagus dan tahan lamaa heheh

    BalasHapus
  46. Aku sering liat print kaus di mall deket rumah mbak tapi blm pernah nyoba. Pengen kapan2 ngeprint kyk nama blogku gtu trus bikin GA berhadih kaus itu hehe

    BalasHapus
  47. Aku jarang pake kaos kak, makanya buta banget soal persablonan dan perkaosan. Makasih sharingnya kak

    BalasHapus
  48. Enak ya ada Porinto gini, kita bisa desain kaos sendiri dan bikin serian bareng anak2. Bisa kembaran dalam satu keluarga kan kece saat jalan2 gitu ;)

    BalasHapus
  49. Zaman SMA dulu pernah dpt pelajaran cetak sablon, dan bikinnya kubilang ribet. Pantas saja kalau sablon manual ada minimal order. Tapi kalau bisa pakai printer DTG dan nggak ada minimal order kan asyik tuh. Jadi bisa bikin kaos berdesain eksklusif.

    BalasHapus
  50. Aku sukanya beliin kaus yang cetakan gambarnya gak cepat mengelupas atau menyatu dengan kausnya.

    BalasHapus
  51. Kereeenn ihhh.
    Bisa cetak sesuai design sendiri, klo tidak puas pun bisa refund. Keceee iihh. Pasti bakalan laris manis ini :)

    BalasHapus
  52. dulu waktu masih tinggal di Bandung, sering diajak main kerumah temen-temen nya suami yang produksi kaos sablon gitu. jadi tau gimana step2 sablon itu dibuat, selama ini pahamnya yang digital aja soalnya

    BalasHapus
  53. Jadi inget jaman kelas 3 SMP. Kita sekelas sepakat bikin jaket samaan. Gak tau di sablon atau di print, kayaknya sih di sablon. Dulu sering banget nih bikin kaos samaan dengan desain kita sendiri (sesuai kesepakatan kelas).

    BalasHapus
  54. Wahh ilmu baru jadi tau tentang penyablonan 😬 dulu tuh sebelum bikin clothing line sekarang kepikiran bikin kaos sablonan gini tapi jadinya switch ke yg lain hihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)