20.3.24

Bukber Blogger Bandung Bareng ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404)


Hola manteman, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat ya. Saya juga Alhamdulillah, di hari ke-9 Ramadan ini, walopun tenggorokan masih belum fit banget, tapi shaum Ramadan tetaplah lancar. Begitu juga dengan anak-anak dan keluarga saya.

Ngomong-ngomong tentang shaum Ramadan, sudah berapa kali nih buka shaum bersama alias ifthar di luar rumah selain dengan keluarga? Saya baru 2 kali nih. Kebetulan, keduanya bareng-bareng dengan teman-teman Blogger Bandung. Yang pertama ifthar dengan mereka di acara Ngabuburit Bareng Influencer Bandung, dan yang kedua ifthar bareng mereka sambil nyobain laptop baru ASUS Zenbook Pro 14 OLED. Ada yang tahu dengan laptop seri Zenbook keluaran anyar ini? 


Buka Puasa Bareng Blogger Bandung Sambil Nyobain Laptop Zenbook Pro 14 OLED (UX6404)

Ya, ini yang gak biasa dari acara ngumpul buka puasa bareng temen-temen Blogger Bandung, Minggu 18 Maret 2024 lalu. Bertempat di ITB Press, Gedung STP ITB, Jalan Ganesha 15 Bandung. Kita para blogger yang datang, gak hanya ngumpul-ngumpul biasa dan lalu makan makanan yang disajikan. Tetapi juga nyobain canggihnya laptop Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) ini. 

Sebuah laptop Zenbook seri terbaru yang tak hanya baru saja, tetapi juga cocok untuk para kreator kayak kita, dengan ukuran 14-inci. Laptop ini digadang-gadang sebagai laptop paling ringkas dan paling powerful. Tentu saja semua berkat penggunaan kombinasi hardware-nya, ASUS DialPad-nya, dan juga teknologi layar ASUS Lumina OLED 120Hz-nya yang tersaji di dalam sebuah laptop yang ringkas. Kreativitas dan mobilitas para creator pun bisa jadi semakin tanpa batas.


Layar Aduhai

Hal pertama yang membuat saya notice bahwa Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) ini keren adalah layarnya. Soalnya begitu datang ke ITB Press, laptop ini sedang dibuka dan dipake temen blogger yang lain. Wow. Layarnya bening sekali. Tampilan visual gambar yang dihasilkannya adalah yang terbaik yang pernah saya lihat. Jangankan lihat video atau gambar yang penuh warna. Bahkan ketika membuka front page blog saya aja, kok sangat cerah, jernih, dan tajam. Akurasi warnanya begitu imersif.

Usut punya usut, teknologi yang digunakan Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) ternyata memang sangat canggih. Jika ASUS Zenbook sebelumnya, misalnya saja Zenbook S 13 OLED (UX5304), di bagian panel layarnya menggunakan panel layar OLED yang biasa. Nah laptop ini menggunakan panel layar ASUS Lumina OLED dengan fitur NanoEdge, Dolby Vision, resolusi 2.8K, dan refresh rate 120 Hz, serta rasio aspek 16:10

Tak cukup secara tampilan saja yang canggih, layar yang digunakan laptop ini bahkan sudah mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display, memiliki color gamut cinema-grade 100% DCI-P3, dan juga mendukung fitur HDR. Jadinya gak heran jika gambar yang dihasilkannya memiliki kualitas visual terbaik. 

Satu lagi yang menjamin kualitas layar Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) ini. Dia juga disokong TÜV Rheinland. Penggunaannya dipastikan nyaman tanpa merusak kesehatan mata. 

Fitur-fitur pendukungnya juga tentu punya peran yang besar. Misalnya saja  fitur pixel refresh dan pixel shift yang bisa diatur langsung di aplikasi MyASUS

Jeroannya Paten

Keunggulan Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) juga bisa dirasakan dari performanya. Dia sangat powerful berkat support dari jeroannya yang paten. ASUS membekali laptop ini dengan prosesor 13th Gen Intel® Core™ i9-13900H, chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4070, SSD PCIe 4.0 berkapasitas 1TB, dan RAM DDR5 berkapasitas 16GB yang masih bisa di-upgrade. Dengan dilengkapi fitur hebat lainnya, jadinya produktivitas dan kreativitas penggunanya semakin tak terbatas. Fitur ini misalnya saja adalah ASUS DialPad yang didesain khusus untuk memudahkan para konten kreator berkarya secara maksimal. Benar-benar deh, dengan spek yang seperti itu mah, Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) sudah otomatis jadi laptop impiannya para kreator.


Jimmy Lin yang merupakan Regional Director dari ASUS Southeast Asia sendiri langsung mengungkapkan hal tersebut.

“Inovasi dari ASUS kali ini menghadirkan Zenbook Pro 14 OLED (UX6404), yaitu laptop kreator 14,5 inci yang menggabungkan desain ringkas dengan performa paling powerful di kelasnya. Dibekali prosesor 13th Gen Intel® Core™ i9, chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4070, dan layar ASUS Lumina OLED, laptop ini secara khusus dirancang untuk para kreator yang memerlukan performa sekaligus mobilitas untuk mendukung aktivitas kreatif mereka setiap hari.”

Sebagai contoh nih ya, buat kita yang sering bikin video, salah satu jeroannya bisa mempercepat proses rendering. Dia tak lain dan tak bukan adalah chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4070. Untuk menganalisa proses deep learning pada AI juga bisa. 

Para programmer yang membutuhkan mesin komputasi nan ringkas serta powerful, sangat pas juga mengandalkan Zenbook Pro 14 OLED (UX6404). NVIDIA Studio Driver-nya sangat menjanjikan di dalam melakukan kinerja yang oke dengan kestabilan yang maksimal. 

Nah bagian MUX Switch-nya, itu sangat bisa memaksimalkan kinerja chip grafis yang sekaligus juga memastikan semua aplikasi yang ada di dalam laptop berjalan di discrete GPU. 

Sistem pendinginannya juga mantap. ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) hadir dengan TDP 125W. Sistem pendinginnya khusus, yaitu ASUS IceCool Pro. Di dalamnya dilengkapi dua kipas dan juga empat ventilasi pembuangan udara panas. Jadinya proses pendinginan bisa maksimal. Pun juga demikian dengan kehadiran penyaring debu di kedua kipasnya. Berfungsi maksimal di dalam pencegahan masuknya debu serta partikel pengganggu yang bisa menurunkan kemampuan sistem pendinginannya. 

Lainnya yang Membuat Kreasi Tanpa Batas 


Performa laptop dan kualitas layar Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) memang mantap. Sangat bisa diandalakan untuk kerja para penggunanya. Tak cukup sampai di situ. Penggunanya juga bisa semakin memaksimalkan kreativitasnya tanpa batas dengan sistem audio serta desain dari laptop ini.  

Di bagian audionya, Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) mengusung sistem audio yang telah disertifikasi Harman Kardon, diperkuat teknologi Smart AMP, dan juga didukung Dolby Atmos. Pastinya, kombinasi dari produk-produk terbaik brand tersebut menjanjikan pengalaman audio terbaik. 

Teknologi ASUS AI noise-cancelling juga disematkan di dalamnya. ASUS sangat memastikan bahwa audio yang diterima dan juga dikirim, misalnya pada saat melakukan penggunanya melakukan teleconference atau conference call tetaplah jernih, sekalipun pengguna sedang berada di tempat yang sangat bising. 

Di bagian kamera, Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) menggunakan kamera IR FHD. Untuk loginnya, pengguna bisa melakukannya melalui sistem pemindai wajah Windows Hello

Nah di bagian pad-nya, ada ASUS DialPad. Sebuah alat kontrol sentuh intuitif yang telah kompatibel dengan berbagai aplikasi kreatif. 

Belum lagi keyboard ASUS ErgoSense-nya. Begitu memudahkan pengguna ketika mengetik. Desain tombol khusus yang dilapisi lapisan anti-sidik jari dan hidrofobiknya dijamin akan membuat pengalaman mengetik di laptop mudah, nyaman, dan memuaskan.

Bagian konektivtitasnya bagaimana? Dalam Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) terdapat port Thunderbolt™ 4 USB-C. Port ini sangat seba guna, sehingga bisa dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas. 


Selain dari port tersebut, Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) juga memiliki port HDMI 2.1, USB 3.2 Gen 2 Type-C dan Type-A, SD card reader, dan combo audio jack. Kesemuanya sangat menjanjikan seluruh perangkat pendukung kreativitas para penggunanya bisa terhubung tanpa terkecuali. 

Duh, Mupeeeeeng!

Melihat dan mencoba sendiri ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) sungguh membuat mupeng. Pengen juga atuh saya ganti laptop ASUS lama di rumah dengan laptop canggih yang bisa membuat saya berkreasi tanpa batas. Kesemua-mua hal yang ada di dalamnya begitu memesona saya. Aamiin deh, semoga bisa nabung dan kebeli!

Teman-teman gimana, laptop di rumah masih oke atau harus diganti baru kayak laptop saya? Jika perlu laptop baru, ayo pilih Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) saja. Dijamin teman-teman juga bakalan suka.

Oke deh, sekian dulu curhat saya kali ini. Pokoknya, bukber malam Senin hari itu sangat berkesan banget. Udah mah bisa ngumpul sama teman-teman blogger, bisa makan makanan enak yang banyak bahkan hingga dibungkus ke rumah, juga bisa mendapat pengalaman mencoba laptop canggih. 

Untuk teman-teman yang ingin tahu spek lengkap dan detail Zenbook Pro 14 OLED (UX6404), bisa dilihat di tabelini ya!




19 komentar:

  1. Ngga nahan nih liat speknya! Bener teh Nia, tampilan ASUS memang sejernih sebening cintaku padanya qiqiqii

    Dengan panel layar ASUS Lumina OLED dengan fitur NanoEdge, Dolby Vision, resolusi 2.8K udah bisa dipastikan mata juga nyaman ya teh saat bekerja

    BalasHapus
  2. blogger bandung kebagian dong event asus. nah blogger palembang kapan nih? huhuu.. padahal pingin juga hands on asus zenbooknya.

    BalasHapus
  3. Kalau dulu zaman masih kuliah lebih senang laptop yang kecil biar bisa masuk tas dan gak beratkan. Nah sekarang lebih suka yang layarnya agak lebar dan tentu ringan sama seperti Asus ini ya.

    BalasHapus
  4. Teh, asyik bgt acaranya dan laptopnya.
    Jeroannya bagus yak paten. Cocok buat aku nih teh. Komplit banget. Mata jg enteng kalau ada fitur kayak ASUS punya ya teh.

    BalasHapus
  5. Seru banget bukber nya 🤩 Ajang meetup berfaedah sekaligus dibuat takjub sama spesifikasi Laptop Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) the best banget, beneran nyaman digunakan buat pekerja multitasking dan si paling sat-set. Bobot nya juga ringan bisa dibawa bepergian juga nih.

    BalasHapus
  6. ASUS emang nggak pernah berhenti berinovasi ya, Baru di awal tahun udah ngeluarin laptop canggih lagi, Laptop Zenbook Pro 14 OLED (UX6404).

    Saya penasaran sama fitur TÜV Rheinland nya ini, yang menjamin bisa bikin nyaman di mata para penggunanya. Soalnya makin nambah umur tuh, mata makin nggak kuat lama-lama di depan laptop, padahal kerjaannya tiap hari mesti di depan laptop

    BalasHapus
  7. Setiap orang yg udah tahu produk ini bakal mupeeenggg maksimal ya Teh
    ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) sungguh membuat hasrat upgrading gadget meronta ronta
    semoga ada rezeki yahhh

    BalasHapus
  8. seru ihh bukbernya... ketemu mentemen blogger dan ikut nyobain laptop asus zenbook. moga nanti mampir ke bogor yaa... pengen nyobain juga :)

    BalasHapus
  9. AKu udah beapa kali ya, 3 atau 4 kali kayanya tapi kalau di luar event sekali aja, itu juga magrib langsung balik karena dekat rumah.
    Seru gini bukber blogger Bandung sekalian nyobain ASUS Zenboom Pro 14 OLED.

    BalasHapus
  10. Waa asyik bangett bloger bandung met up sambil coba laptop ASUS

    kereeennn maksimal.
    aku juga mauu laptop ciamiikk iniii

    BalasHapus
  11. Keren ya,layarnya tentu menawarkan pengalaman visual terbaik dengan gambar lebih jernih dan detail
    Disempurnakan dgn fitur lainnya menjadikan kinerja laptop ini semalin tangguh

    BalasHapus
  12. Favorit! Saya sedang butuh laptop baru karena yang lama sudah tidak bisa mengikuti semua kebutuhan saya. Langsung wow saja saat baca spec-nya.
    Btw menyenangkan sekali ya bisa bukber bersama

    BalasHapus
  13. Iya nih.. mupenk sama Zenbook Pro 14 OLED (UX6404).
    Kerennya sampek bayangin experience menggunakan Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) ini buat digunakan sehari-hari.

    BalasHapus
  14. Wah, acara bukber macem gini sih asik yaaa.. kenyang dapat, silaturhami dapat, dan tentunya informasi baru tentang zenbook pro 14 led jg dapat. Apalagi kalau ada doorprize dapat laptop itu...kayak dapat durian runtuh satu truk ga sih? hehehe

    BalasHapus
  15. Widiihh ngumpulnya di gedung milik ITB udah gitu ngabuburitnya bahas laptop2 canggih, keren nih Blogger Bandung yaa.
    Zenbook Pro 14 OLED bagus banget tampilannya, cocok buat orang2 yang butub laptop dengan performa kuat untuk mendukung pekerjaannya sehari2 ya.

    BalasHapus
  16. Wah, saya juga pengen ganti laptop di rumah dengan Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) atuhlah.
    Performanya ringkas dan powerfull, cocok sekali dengan aktivitas kita ya, Teh

    BalasHapus
  17. Sebagai desainer, yang bikin aku ngiler adalah Pantone nya yang akurat... ngga bakal ribet pas nge desain, apa yang kita bikin, warnanya bakal akurat saat dicetak... mantep ini ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404).

    BalasHapus
  18. pengen banget euy ganti laptop di rumah pakai ASUS ini soalnya speknya bagus banget tapi kalau yang ini harganya lumayan banget yaa heu mungkin saya bakal cari laptop ASUS seri yang lain kalau ganti laptop

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)