14.3.24

Jangan Anggap Enteng Kekurangan Zat Besi!


Pagi itu, sekitar pukul 9 pagi, saat aku sedang belanja di warung tetangga, sebuah panggilan telepon masuk ke dalam ponselku. Ketika diangkat, ternyata yang sedang berbicara di ujung sana adalah ibu guru wali kelas si sulung. Beliau bilang, anak sulungku pingsan saat upacara bendera di hari Senin itu. Tapi saat itu, sulungku sudah siuman. Ibu guru wali kelas memintaku untuk menjemput si sulung. Supaya sulungku bisa istirahat saja di hari itu.

Anemia di Saat Haid

Awalnya aku panik. Sebab kejadian pagi itu menjadi yang pertama kalinya si sulung pingsan. Tapi saat kuingat-ingat, hari itu adalah hari kedua sulungku mendapatkan siklus bulanan alias haid. Dia yang biasanya memang sering pusing di kala haid, membuatku sedikit tenang. Setidaknya aku jadi tahu penyebabnya. Anemia atau kurang darah, yang hanya terjadi di saat haid. Begitu kata mamaku. Sama seperti aku dulu saat masih single seperti si sulung.

Iya, dulu aku waktu masih gadis, di setiap kali haid, pasti aja merasakan keluhan seperti itu. Pusing 7 keliling dari hari pertama hingga hari terakhir haid. Nah begitu hari biasa, si pusing-pusing itu hilang entah ke mana. Anehnya, saat sudah menikah keluhan tersebut hilang. Nah baru muncul lagi di setiap masa hamil. Mulai hamil anak pertama hingga hamil anak keempat. Alhamdulillah, berkat mengonsumsi suplemen dari bidan di selama masa kehamilan, si pusing-pusing hilang tak bersisa.

Aku dan si sulung

Anemia Defisiensi Besi

Ini yang baru aku tahu kemudian. Penyebab pusing yang menimpa aku dan si sulung di setiap masa haid, ternyata adalah anemia defisiensi besi. Sebuah kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi. Kurangnya zat besi ini membuat jumlah sel darah merah atau hemoglobin yang sehat menjadi berkurang dan tidak bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Akibatnya kulit menjadi pucat, lesu dan lemah, sering pusing atau sakit kepala, hingga pingsan seperti yang dialami si sulung ketika upacara bendera di hari itu.

Sejak saat itu, aku pun jadi selalu siaga. Di rumah jadi selalu tersedia suplemen zat besi. Jadinya kapan pun kekurangan zat besi, kami bisa langsung mengonsumsinya. Sehingga keluhan yang terjadi akibat kekurangan zat besi, bisa kami hindarkan.

Punya Keluhan yang Sama?

Teman-teman punya keluhan yang sama? Kulit menjadi pucat, badan lesu dan lemah, serta kepala sering pusing atau sakit kepala? Jangan-jangan teman-teman juga mengalami anemia defisiensi zat besi seperti aku dan si sulung. Jika iya, ayo segera konsumsi suplemen zat besi tambahan. Supaya tubuh teman-teman bisa kembali sehat dan prima seperti sedia kala.

Maltofer® merupakan salah satu suplemen tambahan zat besi itu. Maltofer® ini merupakan sediaan zat besi untuk pengobatan kekurangan zat besi dengan atau tanpa anemia. Sulungku lebih suka Maltofer® Tablet Kunyah. Nah di dalam Maltofer® tablet kunyah ini, terkandung 100 mg zat besi sebagai iron (III)-Hydroxide Polymaltose Complex (IPC)

Jika kekurangan zat besinya kambuh, si sulung langsung mengonsumsi Maltofer® Tablet Kunyah ini. Zat besi yang ada di dalamnya sangat mencukupi kebutuhan zat besi di tubuh si sulung. Aku juga begitu. Jika kekurangan zat besi terasa, aku makan Maltofer® Tablet Kunyah juga. Meskipun tidak terasa di saat haid, adakalanya zat besi yang ada di dalam tubuh berkurang akibat konsumsi makanan berzat besi yang memang kurang.

Untuk dosisnya, konsumsi Maltofer® Tablet Kunyah ini bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan juga kondisi tubuh. Dosisnya bisa dilihat di tabel di bawah ini.

Tak perlu khawatir jika teman-teman kurang suka dengan obat kunyah. Maltofer® juga tersedia dalam bentuk yang lain. Ada Maltofer® Obat Tetes, ada Maltofer® Sirup, dan ada Maltofer® Fol Tablet Kunyah. Pilih saja yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Jangan Anggap Enteng Kekurangan Zat Besi!

Ini yang gak boleh. Meski kekurangan zat besi keluhan awalnya mungkin hanya pusing-pusing saja, jika dibiarkan bisa bahaya. Saat kita mengalami kekurangan zat besi, kadar hemoglobin yang ada di dalam tubuh menjadi rendah. Nah ini bisa membuat jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya jantung berdetak tidak teratur dan sangat cepat. Pada kasus yang ekstrem, kondisi ini bisa menyebabkan pembesaran jantung hingga gagal jantung (Hello Sehat).

Aduh, serem juga ya efek dari kekurangan zat besi ini. So, jangan dianggap enteng ya keadaan tubuh yang kekurangan zat besi ini. Sekalipun mungkin kita masih bisa menahan gejalanya. Jangan sampai deh gejala yang bisa ditahan dan dianggap sepele ini menjadi hal serius yang bisa mengancam nyawa kita sendiri.

Ayo cegah kondisi tubuh yang kekurangan zat besi ini dengan mengonsumsi suplemen zat besi tambahan. Supaya tubuh kita selalu dalam kondisi yang sehat dan prima. Dengan tubuh yang sehat dan prima, tentunya kita jadi bisa melakukan aktivitas apapun yang produktif. Dan bukan sebaliknya. Jaga selalu kesehatan tubuh kita dan keluarga kita, ya!



24 komentar:

  1. Zat besi penting banget ya, meskipun kesannya sepele dan kurang populer (masih populer vitamin C dan E), tapi bagi perempuan terutama ini penting banget dan gabisa diabaikan juga

    BalasHapus
  2. Iya lhoo, saat dapet juga beneran bikin anemia buat beberapa orang. Kadang tiba2 lemes, lesu gitu apalagi hari-hari pertama. Bener banget kalo konsumsi sumplemen zat besi tambahan kaya Maltofer, biar bisa kembali sehat dan mencegah anemia. Boleh buat bumil busui ya mbaa..

    BalasHapus
  3. Deni Saputra08.34

    Sering banget merasakan pusing dan memang kata dokter saya kekurangan zat besi. Baru tau kalau ada obat yang dijual seperti maltofer ini

    BalasHapus
  4. Zat besi dibutuhkan dalam tubuh dengan ukuran yang disesuaikan usia. Untuk anak dimasa pertumbuhan, zat besi sangatlah penting karena berpengaruh pada tubuh dan postur tubuh anak saat dewasa.

    BalasHapus
  5. aku juga mengkonsumsi maltofer kalo mulai kliyengan pas lagi haid. Lumayan banget loh, jadi bisa beraktivitas. Maklum darah banyak keluar bikin mau pingsan.

    BalasHapus
  6. Mau nanya kak, aku punya gejala yang sama, tapi gk suka minum obat, harus perbanyak makan apa ya, agar zat besinya nambah?

    BalasHapus
  7. Benar nih tak boleh dianggap enteng. Pasalnya dulu aku gitu, lama-lama tambah berabe. Sehingga aku disuruh oma makan Bayan merah dan maltofer

    BalasHapus
  8. Gemoy amat sulungnya teh nia... dah kaya kaka ade haha.. makin nambah umur makin butuh dopping suplemen ya teh biar tetep produktif

    BalasHapus
  9. Jadi ingat dulu pas hamil aku diresepin sama dokternya mau maltofer. karena emang dasarnya sering anemia ya, jadinya makin parah deh waktu pas hamil dulu itu.

    BalasHapus
  10. Kandungan zat besi ini sangat penting untuk perempuan tapi sering dilupakan. Perempuan lebih peduli vitamin c dosis tinggi dibanding mengonsumsi zat besi. padahal banyak manfaatnya yess....

    BalasHapus
  11. Eh, Mbak. Klo misalnya mengonsumsi auau khusua ibu hamil gimana? Kan produk tersebut tinggi kandungan zat besinya?

    BalasHapus
  12. Sepakat mba Nia ga boleh sembarangan membiarkan tubuh kekurangan zat besi karena bakal berimpek kemana-mana ya, suplemennya bisa jadi referensi buat saya niy mba, buat jaga-jaga juga kalau pas lagi haid kan suka lemes ya dan kadnag sedikit pusing gitu

    BalasHapus
  13. Bagus nih tips nya.. kalau saya buat penambah zat besi biasanya makan buah-buahan

    BalasHapus
  14. Kekurangan zat besi memang akan mendatangkan masalah yang besar untuk kesehatan kita. Jangan anggap, kurang darah, hidup kita bakal kurang bergairah, dan efek sampingnya ada banyak. Barangkali vertigo juga disebabkan karena kurang darah

    BalasHapus
  15. bagi wanita, kekurangan zat besi bisa jadi masalah besar terutama pada masa kehamilan karena penting banget bagi perkembangan janin dan kesehatan ibu. Kita harus pilih suplemen yang tepat dong untuk dikonsumsi ya

    BalasHapus
  16. Wah, aku salah fokus melihat foto kalian berdua. MasyaAllah anak dan emak mirip sekali...

    BalasHapus
  17. Kadang tuh aku suruh suamiku minum vitamin dan zat besi masi aja ngeyel ga mau. Sebel kan jadinya

    BalasHapus
  18. Aku sampai sekarang tu Hb naik turun, kalau lagi drop, sakit Hb rendah, trus aku minum suplemen zat besi juga. Ooo Maltofer ada yang buat anak dan dewasa ya mbak? Kapan2 mau nyoba nyetok ah supaya gak ngedrop Hb-nya.

    BalasHapus
  19. Ada masanya waktu masih terapi untuk persiapan hamil dulu, aku disarankan untuk secara rutin mengkonsumsi suplemen zat besi. Tentunya agar saat hamil nanti bayi bisa tumbuh sehat dalam kandungan. Memang ya, sepenting itu zat besi untuk tubuh kita

    BalasHapus
  20. Betul, Mbak. Memang penting banget menjaga asupan zat besi untuk kesehatan tubuh agar tetap fit. Jujur saya baru tahu Maltofer ini. Bisa jadi rekomendasi saat dibutuhkan nanti. Thanks for sharing, Mbak. :)

    BalasHapus
  21. minum suplemen maltofer ini ada efek samping gak kak? Aku tertarik pengen coba minumm

    BalasHapus
  22. saya sering bgt pusing dan lemas sehabis bangun pagi. sepertinya saya kekurangan zat besi. terimakasih buat artikelnya ya

    BalasHapus
  23. Zat besi merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh kita. Skrg untuk memenuhi kebutuhan zat besi sangat mudah ya, bisa dengan mengkonsumsi supplemen

    BalasHapus
  24. Bener banget mba, zat besi penting banget. Bahkan, lagi digalakan sekarang2 ini kalo gak salah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)