15.3.24

ASUS ROG Phone 8, Ponsel Canggih dan Keren yang Tak Hanya Sekadar untuk Main Game


Siapa yang gak kenal dengan ROG Phone? Siapa juga yang gak mupeng ngelihat ROG Phone? Semua orang jelas mengenalnya. Semua orang juga pasti menginginkannya. Termasuk juga aku. Tentu saja demikian, sebab keren dan canggihnya ROG Phone begitu nyata adanya. 

Sebuah nama ponsel yang jika mendengarnya saja sudah bikin mata terbelalak. Jangankan untuk para gamers, bahkan emak-emak kudet yang kurang apdet saja begitu. Terlebih saat tahu ROG Phone besutan ASUS ini akan mengeluarkan produk barunya, yakni ROG Phone seri 8 atau yang bisa disebut sebagai ROG Phone 8. Semakin penasaran sajalah semua orang dengan seri terbaru ponsel gaming ini.

Tak Hanya Sekadar Ponsel Gaming

Kabar baik ini datang dari TAIPEI, Taiwan, pada 9 January 2024 lalu. ASUS Republic of Gamers (ROG) mengumumkan hal tersebut. ROG Phone 8 akan segera meluncur ke pasaran. Tak hanya sebagai ponsel garang untuk main game, seri terbaru dari ROG Phone ini juga menjadi penanda perjalanan revolusioner pada teknologi mobile gaming di ponsel seri ini.

Iya benar, ROG Phone 8 hadir sebagai bentuk revolusi dari ponsel gaming ROG. Dari yang merupakan ponsel murni berperangkat premium yang menggunakan teknologi masa depan menjadi game-changer. 

Nah kini, ROG Phone ini hadir dengan desain yang lebih ramping, lebih ringan, dan dengan bezel yang jauh lebih tipis. Jadinya untuk para gamers, ponsel ini tak hanya bisa diandalkan saat main game. Tetapi juga sebagai pelengkap gaya hidup di keseharian. Lebih jauh dari itu, selain para gamers, kalangan yang berprofesi lain juga bisa mengandalkannya. Teknologi dan juga fitur-fitur yang ditambahkan ke dalamnya bisa mengakomodasi berbagai keperluan. Misalnya saja untuk para streamer, content creator, dan banyak lagi profesi-profesi yang lainnya. 

Tidak Hanya untuk Main Game

Ini hal pertama yang buatku menjadi keunggulan dari Seri ROG Phone 8 ini. Semua halnya ditata ulang. Hal-hal keren yang ada padanya, tentu dipertahankan. Misalnya saja hal-hal yang mendukung reputasinya sebagai ponsel gaming. Adapun value yang ditambahkannya adalah teknologi-teknologi dan juga fitur-fitur yang bisa membuat berbagai hal dan aktivitas kerja jadi luar biasa. Padahal seri sebelumnya pun, performa ROG Phone ini sudah sangat bagus.

Di sisi desain, ROG Phone tampil dengan desain baru yang premium. Di banding dengan seri yang sebelumnya, seri yang ini lebih tipis hingga 15%. Padahal ketangguhan dan daya tahannya bisa dipastikan sama. Berkat kesemuanya ini, seri ROG Phone 8 hadir menjadi ponsel gaming yang estetis dengan fungsionalitas yang tak terkendali, dan inovasi yang luar biasa.

Performa yang Tak Terkendali

Apa sih maksud ROG Phone 8 hadir sebagai ponsel dengan performa yang tak terkendali? Hal ini bisa diintip dari jeroannya yang mantap. ASUS menyematkan Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform sebagai dapur pacunya. Dengan dukungan RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0, jadinya kinerja ROG Phone 8 jadi tak tertandingi. 

ROG Phone 8 juga tak akan membiarkan penggunanya merasakan ponsel mereka panas secara berlebihan. Sekalipun digunakan bermain secara marathon. Rapid-Cooling Conductor revolusionernya bekerja luar biasa. Sistem termal GameCool 8 yang diusungnya akan sangat bisa mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup bagian belakang.

Tak cukup sampai di situ, pendingin yang canggih juga turut disematkan. Yakni clip-on AeroActive Cooler X terbaru. Perangkat ini hadir dalam ukuran yang lebih kecil sebesar 29%.  Namunpun begitu, efisiensi termal yang dihasilnya bisa 1,2X lebih tinggi. Jadinya temperatur penutup belakang bisa terjaga hingga 26°C

Hal lainnya lagi yang membuat ROG Phone 8 performanya tak terkendali adalah kemampuannya yang bisa mengantungi sertifikat IP68. Berkat sertifikat ini, ROG Phone 8 menjadi ponsel pertama di dunia yang tahan terhadap debu dan air. Jadinya siapapun yang menggunakannya bisa bebas cemas dari gangguan debu dan air terhadap ponsel ini.

Ultra-bright Display

Untuk bagian panel layar, seri ROG Phone 8 Pro dibekali ASUS dengan AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6). Panel layar ini sangat mendukung kecepatan refresh adaptif, sebab sudah menggunakan teknologi LTPO. Jadinya sistem akan sangat bisa menyesuaikan kecepatan refreshnya secara otomatis hingga 120 Hz sebagai upaya penghematan konsumsi daya. Namun pun begitu, panel layarnya ini juga bisa mengakomodasi kecepatan refresh 165 Hz saat digunakan untuk bermain game; bahkan bisa hingga 720 Hz saat melakukan respons instan. Sangat menakjubkan! 

Tingkat kecerahan bagaimana? ROG Phone 8 bisa melakukannya hingga 2500 nits. Jadinya siapa pun bisa main game atau nonton film secara imersif bahkan di bawah terik sinar matahari. Hal ini terjadi berkat dukungan Pixelworks® terhadap ASUS. Akurasi warna yang dihasilkannya merupakan yang terbaik di dunia dan sangat susah ditandingi.

AI Kamera Tingkat Pro

Tak afdol rasanya jika ponsel canggih tidak memiliki kamera yang keren. Nah ROG Phone 8 sudah di luar definisi itu. Baik itu gamer ataupun kreator apapun, sangat bisa mengandalkan kamera ponsel ini. Kemampuan fotografi tanpa batasnya mengusung teknologi tri-camera system. Untuk hasil videonya juga mantap. Ada teknologi OZO Audio yang disematkan ke dalamnya, yang membuat ponsel ini bisa menghilangkan suara angin, yang akhirnya membuat hasil rekaman sangat jernih. Dan bahkan bisa menangkap 3D Surround spatial audio yang ketepatannya sangat tinggi.

ROG Phone 8 menggunakan kamera sensor gambar Sony 50 MP terbaru. Hasil jepretannya sangatlah jernih. Dengan tambahan lensa sudut yang lebarnya 24 mm, ROG Phone jadinya sangat bisa mengambil gambar jalanan yang dinamis. Sementara untuk fotografi potret dan fotografi makanan, kamera ROG Phone mengandalkan mode zoom 2X yang mampu mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna. 

Perangkat 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 juga ditambahkan pada sistem kamera ROG Phone 8 ini. Dengannya, hasil video yang bagus dan mulus, serta foto yang bebas guncangan sangat mudah didapatkan. 

Sistem kamera ROG Phone 8 juga menggunakan lensa telefoto 3X. Lensa ini bisa membuat kita mengambil gambar objek yang jauh. Dengan tambahan OIS internal, hasil jepretannya bisa jernih dan juga tajam. Bahkan di saat menggunakan mode Night Photography

Belum lagi teknologi ASUS HyperClarity-nya. File RAW yang dipertahankannya akan membuat setiap detail dalam foto tetap jelas, sekalipun melakukan zoom hingga 30X. Nah untuk videonya, kamera telefoto yang menggunakan EIS adaptifnya, bisa menghasilkan hasil rekaman yang stabil bahkan di saat zoom 10X.

Di bagian kamera ultrawide, digunakan lensa yang berkekuatan 13 MP. Di dalamnya ada teknologi lensa free-form dan algoritme yang canggih. Jadinya distorsi lensa bisa dicegah. Gambar yang dihasilkanpun akan tetap natural dan juga memukau. 

Di bagian kamera selfie, digunakan kamera ultrawide berkekuatan 32 MP. Field of View (FoV; bidang pandang) yang dimilikinya ditingkatkan hingga 90° dari yang asalnya 73°. Berkatnya, foto selfie rame-rame pun akan menghasilkan gambar yang berkualitas bagus. Sensor RGBW yang dimilikinya membuat hasil jepretannya bersih dari noise yang berlebihan. Sekalipun diambil di saat kondisi minim cahaya.

Fitur yang Disempurnakan AI

ROG Phone 8 dibekali 4 fitur AI yang ramah untuk bermain game. Ada Background Mode yang bisa meningkatkan pengalaman bermain game ke tingkat yang lebih tinggi dengan mengalihkan game ke latar belakang. Ada X Capture yang bisa menangkap momen penting. Ada AI Grabber yang intuitif di dalam menangkap teks. Serta ada X Sense yang bisa meningkatkan pengalaman bermain game dengan hadirnya tips serta bantuan ketika dibutuhkan. 

Selain 4 fitur tadi, ada juga Semantic Search yang didukung AI di dalam menggunakan bahasa alami di Galeri, di Launcher, dan juga di Pengaturan. Ada juga AI Wallpaper yang bisa membuat kita costumize wallpaper. Adapula teknologi Stable Diffusion dan teknologi AI noise-cancellation yang bisa meredam kebisingan untuk menghasilkan suara yang jernih seperti kristal saat melakukan panggilan suara, panggilan video, serta saat berkomunikasi di dalam game .

AniMe Vision 

Teknologi baru yang ada di ponsel ROG Phone 8 juga juga termasuk elemen-elemen unik yang dapat disesuaikan. Contohnya logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro/Pro Edition). Keduanya bisa kita utak-atik sesuai dengan kreativitas kita. 

AniMe Vision sendiri adalah layar 341 elemen. Di layar ini bisa ditampilkan animasi yang kita setting sendiri. PadaROG Phone 8 Pro/Pro Edition, ada juga fitur yang bisa membuka kunci animasi rahasia. Caranya cukup dengan menempelkan punggung dari kedua ponsel tersebut.


Ketersediaan dan Harga

Itu dia sekelumit hal mengenai ROG Phone 8. Keren dan canggih, kan? Pasti bikin mupeng. Kepengen banget bisa ganti ponsel lama dengan ponsel ROG Phone 8 ini. Meskipun bukan gamers, tapi segala yang ada di dalamnya cocok juga buatku. Bisa mengakomodasi aku sebagai blogger, sebagai konten kreator, dan bahkan buat emak-emak yang kerjaannya multitasking. 

Berapa sih harga ASUS ROG Phone 8 ini di Indonesia? Iyes, akhirnya ASUS ROG Phone 8 launching hari ini, 29 Maret 2024. Untuk yang sudah penasaran dengan harga, ketersediaan, promo, dan berbagai macamnya, ini dia yang ditunggu-tunggu! 

Harga & Ketersediaan ROG Phone 8

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp. 10.999.000R
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp. 14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp. 19.999.000

Promo ROG Phone 8

First Sale Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store

Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

– Consumer Launch Sales Promo :

Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

Gimana, gereget kan kepengen segera punya? Sama, aku juga! Oh ya, biar gak ketinggalan info-info penting tentang ASUS ROG dan apdetan-apdetan lainnya, yuk follow akun IG @asusrog.id. Supaya kita gak kudet dan tahu berbagai promo menarik yang sedang dan akan berlangsung pada ponsel ROG Phone.

Oke deh, segitu dulu curhatan aku kali ini. Semoga kita semua bisa punya deh ponsel canggih dan keren kayak ROG Phone 8 ini. Ah ya, untuk yang penasaran dengan spesifikasi lengkap ROG Phone 8, berikut ini tabel ringkasannya!

Tulisan ini juga diikutsertakan dalam 

ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien.

14 komentar:

  1. Kece banget ponserl satu ini tu, ternyata nggak sekedar ponsel gaming yaaa, tapi beneran deh, suamiku dan adiku yang hobby ngegame emang cita citanya beli ponsel ini hihihi

    BalasHapus
  2. Sama mak! Aku juga kepengen deh punya ASUS ROG Phone 8 satu ini. Biar makin asik main game, bikin konten, juga foto-foto 😍

    BalasHapus
  3. Ponsel canggih buat game ROG phone 8 emang bisa jadi pilihan. Desain yg sekarang juga lebih apik, simple dan elegan

    BalasHapus
  4. Wow jadi ikutan mupeng lihat penampakan Asus ROG Phone 8 ini. Performanya ciamik banget. Lengkap pula. Bukan hanya mendukung aktifitas bermain game tetapi juga untuk pekerjaan multitasking. Kamerabya juga keren dengan hasil yang menawar. Asus memang selalu bikin takjub mata memandang.

    BalasHapus
  5. Jadi penasaran deh dengan kamera handphone ASUS ROG Phone 8 ini karena kameranya bagus dan cocok untuk food fotografi.

    BalasHapus
  6. beuh ini mah bukan ngegame ala2 lagi kalau pake ASUS ya teh, bisa dikira gamer pro hahaa

    BalasHapus
  7. Aku sejak Asus ROG Phone 7 diluncurkan udah naksir banget tapi belum kesampaian beli, lah sekarang udah ada ROG Phone 8 yang lebih keceh lagi fitur-fitur nya... Semoga kali ini bisa kesampaian memiliki 😁

    BalasHapus
  8. ciamik eui udah IP68, bikin gak was-was deh karena udah tahan debu sama air.
    Namun begitu, kalau daku punya ini hape ya tetep, gak kepengen juga sampe kebasahan, hehe, kan lagi asik nge-game masa dibasah-basahin hihi

    BalasHapus
  9. ASUS ROG Phone ini gak hanya canggih ya tapi dari design tuh udah maskulin banget, idaman para gamers ini mah.

    BalasHapus
  10. ASUS kalau bikin desain selalu tampak kokoh ya, cocok sih buat gamer, tapi ini juga oj untuk selain gamer ya specnya. Boleh nih dijadikan target kalau ganti HP

    BalasHapus
  11. Huaaaaa ketje amat yaaakk, pengen ada yg kasih THR ASUS ROG phone 8 nih.. Pakai ASUS bertahun-tahun memang handal dan bandel awetnya..

    BalasHapus
  12. mantul banget HP-nyaaa, ternyata meski tampak gahar kyk kakaknya, tapi ini lebih slim jadi lebih nyaman lagi digenggam yaaa.
    kameranya luar biasa apalagi fitur2nya telah disempurnakan oleh AI, jadi makin mudah dioperasikan yaaa.

    BalasHapus
  13. Saya wajib kasih tahu sepupu saya nih soal spesifikasi ASUS ROG Phone 8. Soalnya dia gamers banget dan suka ngeluh RAM dan memorinya gak cukup kalo download games baru

    BalasHapus
  14. ini keren banget spek gaming phone nya. tapi bisa dipakai untuk lifestyle juga sih karena hp nya ga besar banget walau hp gaming. mupeng deh aku pengen punya :))

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)