13.11.19

Tidur Nyaman dengan Bus Antarkota Mtrans


Manteman, traveling sekarang ini udah jadi salah satu aktivitas populer, ya. Kayaknya gak hanya buat melepaskan penat saja. Traveling juga banyak dijadikan sebagai ajang pamer. Lihat saja di media sosial, terutama di Instagram. Banyak banget travelers yang rela berpergian jauh untuk menuju tempat wisata yang sedang hits dan indah. Buat saya, itu sah-sah aja. Toh di zaman sekarang, segala halnya sangat memudahkan. Termasuk dalam hal transportasi.

Ya, sekarang ini sudah banyak moda transportasi umum yang tersedia, dan siap mengantarkan kita menuju ke berbagai tempat wisata. Mulai dari pesawat, kereta, hingga bus. Dan bus merupakan salah satu pilihan transportasi murah meriah. Misalnya saja adalah Bus Mtrans yang merupakan bus antarkota. Walopun murah, fasilitasnya sudah membuat banyak penumpang merasa nyaman.

Jadi tunggu apa lagi, mau traveling? Pesan Bus Mtrans sekarang juga untuk perjalanan teman-teman. Hanya saja, mungkin ini yang sering dikeluhkan oleh penumpang bus, yakni susah untuk tidur. Perjalanan panjang kan memang paling nyaman dihabiskan dengan tidur. Dan kalau naik bus seringkali kita susah untuk bisa tidur nyenyak. Berikut ini tips yang bisa dilakukan agar kita bisa tidur nyenyak di bus.


Pilih tempat duduk yang tepat

Untuk bisa tidur dengan nyenyak, memilih tempat duduk yang tepat adalah solusinya. Pasalnya, salah pilih tempat duduk bisa menjadi penyesalan terbesar di sepanjang perjalanan. Salah satu tips memilih tempat duduk adalah hindari kursi di atas roda bus. Dengan begitu, kita tidak akan terlalu merasakan guncangan saat roda bus melewati jalanan yang rusak. Jadinya, tidur kita tidak akan terganggu. Dan mabuk darat bisa diminimalkan.

Selain itu, hindari tempat duduk dekat pintu. Jika memang tak bisa dihindari, kita harus siap terganggu lalu lalang penumpang ke luar masuk bus. Duduk dekat pintu ke luar dan toilet juga akan mengganggu tidur. Selain karena gangguan penumpang yang ke luar masuk, dekat toilet terkadang akan membuat kita mencium bau tidak sedap saat pintu toilet terbuka. So, perjalanan akan sangat tidak menyenangkan.

Tempat duduk paling tepat adalah dekat jendela, supaya kita bisa menyandarkan kepala dan bahu. Kursi dekat jendela memang paling nyaman untuk persiapan tidur yang nyenyak.

Jangan lupa bantal leher

Jika memang kita tidak mendapatkan tempat duduk dekat dengan jendela, dan terpaksa harus duduk di kursi dekat lorong jalan, kita harus mempersiapkan diri jika memang ingin tidur. Tempat duduk ini memang tak nyaman. Saat tidur secara tidak sadar, bisa saja tak sengaja kepala kitau bersandar pada bahu penumpang lainnya. Kalau teman sih tak masalah, tapi kalau orang asing kan bikin kita malu.

Untuk mengatasi hal ini, jangan lupa bawa bantal leher. Tidak hanya bisa menopang leher kita dengan baik, menggunakan bantal leher juga membuat tidur dalam bus lebih nyaman dan tak sakit leher saat bangun.

Gunakan penutup mata

Membawa penutup mata saat traveling wajib hukumnya. Penutup mata digunakan untuk melindungi mata dari cahaya mengganggu selama perjalanan. Jadinya, tidur bisa lebih nyenyak.

Gunakan masker mulut

Jangan lupa juga memakai masker mulut sebelum tidur. Kita tentu tidak ingin malu karena ketahuan tidur dengan mulut terbuka. Oleh karena itu, masker ini sangat penting.

Pakai earphone

Jika beberapa cara masih belum berhasil membuat kita tidur dengan nyaman, coba gunakan earphone di telinga. Mendengarkan lagu favorit akan sangat membantu tidur lebih cepat. Jadinya kita tidak akan terganggu, sekali pun di sekitar kita sangat bising.

Amankan barang berharga dan ransel

Perlu diperhatikan keamanan tas dan barang berharga, jika ingin tidur di transportasi umum. Pastikan kita meletakan ransel pada laci di atas kursi. Jika tidak ada bisa letakan di bagasi atau bawah bangku. Pisahkan dengan barang berharga. Untuk barang berharga, letakan pada tas kecil dan dekap erat saat kita tidur. Jangan sampai lepas dari jangkauan.

Konsumsi obat antimabuk

Banyak penumpang yang terkena mabuk darat saat menggunakan bus. Buat teman-teman yang memang tipikal gampang mabuk darat, maka konsumsi obat antimabuk. Kebanyakan obat tersebut memiliki kandungan yang bisa bikin kita mengantuk. Dengan begitu, kita bisa tidur nyenyak tanpa takut kena mabuk darat.

Jangan lupa pasang alarm

Walau pun tidur selama perjalanan, jangan lupakan destinasi tujuan kita. Maka dari itu, pastikan kita memasang alarm. Perkirakan waktu kita datang di tempat tujuan. Pasang alarm sekitar 30 menit sebelum kedatangan. Jadinya, kita bisa tidur nyenyak tanpa takut terlewat tempat tujuan.

Itu dia tips agar bisa tidur nyenyak saat traveling naik bus. Prioritaskan keamanan dan kenyamanan saat memilih bus, ya. Selamat traveling, dan semoga bermanfaat!


45 komentar:

  1. Mbaak Nia bus Mtrans nya bagus banget. Aku belum pernah naik bis M trans . Ratenya dari mana ke mana ya?

    BalasHapus
  2. Kalo busnya kece, nyetirnya enak kagak ugal2an, aku tuh demen banget naik bus, Mba.
    Sekalian buat istirahat, bobok selama perjalanan
    karena kalo bawa mobil dewe, aku kudu melek, nemenin sopir (baca: suami) biar ga ngantuk hahahahahha

    BalasHapus
  3. Selama ini kalo naik bus jarang tertidur hihihi suka melihat pemandangan di luar. Tapi, tips di atas membantu banget teh! Apalagi kalau bawa barang penting, emang mesti diperhatikan lagi.

    BalasHapus
  4. Posisi emang menentukan kenyaman ya teh, aku paling suka duduk dekat jendela alasannya karena tukang tidur jadi bisa sandarkan kepala ke kaca jendela hahaha

    BalasHapus
  5. tujuan masker itu toh, biar kalo tidur gak keliata mangap. Hehe

    busnya keren euy. Bisa betah jalan sejauh apapun

    BalasHapus
  6. Yuhuuu, lengkap banget tipsnya mbak. Aku juga kalau naik bis gak mau duduk di kursi di atas roda bus, jengklak jengkluk jadinya, hahahha... Tapi aku selalu lupa bawa bantal leher kalau perjalanan jauh:(

    BalasHapus
  7. Rute mana saja yang dilalui Mtrans mbak? Kenyamanan dan keamanan memang faktor penting dalam memilih transportasi ya. Busnya cakep nih Mtrans

    BalasHapus
  8. Jadi mesti duduk di deretan tengah nih, karena biasanya kalau di belakang, pojok itu, kan bawahnya ban busnya. Kalau ada jalan yang kurang baik, terasa banget itu guncangannya.

    Bawa bantal leher itu wajib sih sekarang, kalau pengen nyaman di bus. Biar leher kita juga enggak sakit meskipun tidur sambil duduk.

    BalasHapus
  9. Kalau ada bus senyaman itu emang mesti buat alarm agar tidak kelewatan,tapi sayang nya aku kalau minum obat anti mabok malah tidurnya kepulasan

    BalasHapus
  10. Wah ternyata sekarang udah ada bis antar kota yang nyaman seperti Mtrans ya. Jadi kalau mau traveling ke luar kota ga perlu takut lagi untuk naik bis karena sudah nyaman banget. Saya dulu kalau traveling juga nggak lupa bawa masker untuk tutup mulut pas ketiduran mbak, malu kalo ketiduran kok melongo 😅

    BalasHapus
  11. bagi saya tempat duduk ternyaman adalah di belakang sopir. wkwkw. walau kesannya seram kalau sopir hobi ngebut, tapi saya terbiasa duduk di posisi itu dari dulu

    BalasHapus
  12. Waah saya belum pernah niak bus Mtrans ini mbak Nia. Rute dari mana ke mana ya? bisnya bagus banget

    BalasHapus
  13. Kalau pergi-pergi naik bus jarak jauh, aku lupa banget bawa earphone, penutup mata, dan masker. Hihihi.... Paling sering bawa minuman dan cemilan. Pernah juga kebablasan pas turunnya karena gak pasang alarm. Duh sedih deh kalau inget moment itu

    BalasHapus
  14. Naik bus sebetulnya menyenangkan. Posisinya yang tinggi dan kaca yang besar bikin asik kalau mau lihat pemandangan. Tetapi, bisnya juga wajib nyaman. Begitupun dengan cara supirnya menyetir bis. Kunci banget deh itu

    BalasHapus
  15. Kalau busnya double deker begini pasti nyaman nih. Posisi duduk sudah mirip di pesawat kelas bisnis saja hehehe...

    Amankan barang pribadi aja yang harus lebih waspada. Secara meski mobil bagus, tapi tidak menjamin hati para penumpangnya pada bagus, ya...

    BalasHapus
  16. Busnya bagus nih. Udah lama ga naik bus klo keluar kota selalu pakai kereta

    BalasHapus
  17. Bus sekarang itu nyaman-nyaman ya rata-rata, fasilitasnya juga lengkap, AC nya dingin, ada WiFi

    BalasHapus
  18. Memang mbak kenyamanan dijalan penting banget,Keren euy, mtrans ini kerjasamanya sm tiket online APA ya mbak?

    BalasHapus
  19. Paling aman kalo naik transportasi antar kota itu, jangan bawa duit banyak-banyak. Suami dan anakku lagi suka naik bus antar kota, aku bekali saran dari a sampai z, hahahaa

    BalasHapus
  20. Kalau naik bus aku malah milih duduk di atas roda, Mbak. Soalnya bikin nggak mabuk darat.

    BalasHapus
  21. yap selalu bawa bantal leher kalau bepergian dg bus. apalagi kalau jarak tempuh lama. sebab pasti ada adegan bobok

    BalasHapus
  22. Ini mah saya banget kalau naik bis jarak jauh pasti melipir pake earphone trus lama2 pules hehhe

    BalasHapus
  23. Tipsnya bermanfaat mbak..
    Jujur aku agak ogah naik bus. Tapi klo bus nya oke mgkn akan lebih menyenangkan perjalanan dgn bus ya

    BalasHapus
  24. Salah satu yg enggak boleh kelupaan kalau perjalanan ya minum obat anti mabok mbak hehe. Setuju banget harus jaga barang berharga apalagi di perjalanan ga kenal siapapun.

    BalasHapus
  25. Iya memang faktor bus ya mempengaruhi kenyamanan penumpang apalagi jarak perjalanannya jauh antar provinsi misalnya..

    BalasHapus
  26. Bus Mtrans nya keren bangets ya, nyaman pasti naik ini di perjalanan. Setuju dengan tipsnya. Terutama amankan barang di perjalanan. Teman ada yang kehilangan laptop saat tidur di bis. Hiks

    BalasHapus
  27. aaa.. aku paling suka kalau naik bus tuh duduk di bagian tengah, pokok nggak terlalu depan, dan juga nggak di belakang wkwkwk
    plus lagi ga lupa bantal leher sama masker, terus penutup mata, udah deh sepanjang jalan, insyaallahh terlelap, tambah lagi abis minum obat anti mabuk, wkwkkwkw.

    BalasHapus
  28. Kalau dalam perjalanan darat yang jauh menggunakan transportasi umum, kenyamanan di dalam kendaraan adalah nomor 1 yang diinginkan

    BalasHapus
  29. Iya bener bngt klo travellingan jauh pakai bus Aku selalu bawa perlengkapan ini Juga lumayan bngt buat Kita nyaman

    BalasHapus
  30. Aku termasuk yang gampang ngantuk kalau naik naik kendaraan. Selalu pakai masker kalau pergi naik kendaraan umum. Emang berguna banget ini. Kalau pas tidur nyenyak suka nggak sadar kalau mangap wakakaka.

    BalasHapus
  31. Aku entah kenapa enakan bantal biasa bawa yang kecil daripada yg bantal leher ya.
    Mtrans ini emang enak mba. Ke bandara nyaaaaman banget

    BalasHapus
  32. Lihat penampakannya MTrans sih aku gak ragu kalau dia nyaman banget ya mbak, ini bisa jadi salah satu alternatif juga nih. Semakin kesini transportasi kita semakin bagus ya.

    BalasHapus
  33. emang deh semua bus-bus sekarang ini bagus secara fasilitas dan kenyamanannya ya mba

    BalasHapus
  34. Kendaraan bis kayak gini masih jadi andalanku juga nih..Alhmdulillah selalu dapet yang nyaman dan aman..

    BalasHapus
  35. Pernah naik bus terus di dalamnya tinggal aku, sopir sama kondektur. Sempat panik ya Allah. Untung saja mereka baik mau membangunkan.

    BalasHapus
  36. Wah kalau busnya nyaman enak ya bisa aja bobo di bus, apalagi kalau perjalanan jauh ya mbak. Aku dah lama sekali gak ngebus krn terllau jauh kampung halamanku kalau pakai bus, Kapan2 mau ah cobain traveling jarak deket dulu ma bus :D

    BalasHapus
  37. Aku lho gampang tidur kalau bepergian naik bus hahahaa...dasar muka bantal. Penting nih praktekkan tips2 di atas. Thks ya mbaaaa

    BalasHapus
  38. bus nya nyaman banget ya kak. aku belom pernah coba perjalanan jauh naik bus. kapan² harus coba nih. noted, makasih tips nya

    BalasHapus
  39. Saya tertarik dengan postingan ini karena tumbnailnya. Kok serem ya gambar busnya hehehe

    Kalo saya sendiri paling senang nutupin telinga pake hoodie pas naik bus. Soalnya gak tahan dinginnya AC.xD

    BalasHapus
  40. Tipsnya oke juga nih. Aku tipe yg tiap perjalanan seringnya emang tidur. Tapi kok aku ngerasa gak nyaman yaa klo pake bantal leher. Jadi prefer nyender aja di sandaran kursi.

    BalasHapus
  41. Kalau busnya nyaman yaaa, ketiduran udah gak kerasa aja tiba2 nyampe hehe. Btw kalau bus kyk gtu gak ada kenek/ kondekturnya kah mbak? Kalau ada kan bisa minta tolong bangunin pas tiba di tujuan hehe

    BalasHapus
  42. Aku prefer pake masker sih teh kalau penutup mata takut kebablasa tidurnya saking nyenyaknya wkwkwk

    BalasHapus
  43. Aku belum pernah merasakan naik bus dalam perjalanan panjang. Paling hanya yogja aja. Padahal ke Sumatera seru katanya naik bus.

    BalasHapus
  44. Sama yac aku juga selalu membawa bantal leher klo perjalanan jauh, walau di jalan tapi kita tetap bisa nyaman

    BalasHapus
  45. Mbak, bus Mtrans nya bagus banget. Bus ini ada di daerah mana ya, mbak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)