15.11.19

Panduan Membeli Tiket Kereta Jogja – Jakarta dengan Harga Termurah


Teman-teman, kereta api hingga saat ini masih menjadi moda transportasi yang banyak dipilih untuk bepergian, ya. Terutama untuk destinasi yang letaknya cukup jauh, seperti Jogja – Jakarta, selain menggunakan pesawat terbang. Perjalanan yang akan dilalui cenderung cepat dan bebas dari hambatan. Dari segi harga, tiket kereta api jauh lebih murah daripada tiket pesawat, sehingga membuat kereta api menjadi salah satu opsi yang banyak dipilih, oleh masyarakat di Indonesia untuk bepergian.

Tidak seperti pada tiket pesawat, mencari tiket promo kereta api ternyata agak sedikit sulit. Pasalnya tiket kereta api cenderung jarang dijual dengan harga murah. Tidak seperti tiket pesawat pada umumnya. Tapi kita tak perlu khawatir, ada beberapa panduan yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan tiket kereta Jogja Jakarta dengan harga promo di Traveloka. Pastinya, tips ini pasti akan membuat hemat biaya perjalanan kita nantinya. Apa saja panduan yang bisa kita lakukan untuk mendapatkannya? Berikut ini ulasannya!

Memesan Tiket Kereta Sejak Jauh Hari

Tiket kereta api akan lebih murah jika kita membelinya sejak jauh hari. Berbanding terbalik jika membelinya mendekati hari keberangkatan kita. Sudah pasti harganya akan menjadi lebih mahal. Tiket kereta api sudah bisa kita beli di Traveloka sekitar H-90, sebelum tanggal keberangkatan yang sudah ditentukan. Jadi misalnya kita memiliki agenda kegiatan di Jakarta pada bulan Agustus, kita sudah bisa melakukan pemesanan dan pembelian tiket kereta tersebut sejak bulan April atau Mei. Oleh karena itu, semakin jauh jarak pemesanan tiket dari tanggal keberangkatan yang sesungguhnya, maka kita akan mendapatkan tiket dengan harga yang sangat murah. Maka dari itu ketahui dengan pasti tanggal keberangkatan sebelum memutuskan untuk memesan tiket kereta.

Jangan Gengsi untuk Memilih Kelas Ekonomi

Untuk menghemat biaya perjalanan, jangan ragu dan gengsi untuk memesan tiket kereta api kelas ekonomi. Saat ini terdapat beberapa pilihan kelas kereta, mulai dari yang mahal yaitu kelas eksekutif, dan bisnis; hingga yang termurah, yaitu kelas ekonomi. Jauhkan persepsi kita tentang moda transportasi umum dengan predikat kelas ekonomi itu tidak memiliki kesan aman dan nyaman. Kelas ekonomi pada kereta api yang ada di Indonesia, saat ini sudah sangat nyaman untuk digunakan. Di dalamnya ditunjang dengan berbagai fasilitas, seperti gerbong yang sudah berpendingin udara dan kursi yang nyaman digunakan untuk keperluan perjalanan jarak jauh.

Manfaatkan Promo

Manfaatkanlah berbagai promo yang telah disediakan oleh Traveloka. Menjelang periode-periode tertentu, Traveloka akan mengadakan promo potongan harga atau diskon tiket kereta api. Cobalah untuk berlangganan newsletter Traveloka melalui email. Hal ini supaya kita selalu mendapatkan update terbaru mengenai promo yang tersedia.

Menentukan Tanggal Keberangkatan

Menentukan tanggal keberangkatan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Ini berguna untuk mempersingkat waktu kita dalam proses pencarian promo tiket dan proses pencarian jadwal tiket kereta. Dengan menentukan jadwal keberangkatan terlebih dahulu, kita bisa memprediksi apakah kita akan pergi saat peak season atau low season. Tentu saja saat peak season akan terjadi lonjakan penumpang kereta api, yang akan membuat kita susah untuk mendapatkan promo tiket kereta api. Namun jika kita memilih bepergian saat low season, kesempatan kita untuk mendapatkan tiket kereta yang lebih murah terbuka lebar. Disarankan untuk memilih dua hingga tiga opsi jadwal keberangkatan supaya ketika jadwal keberangkatan kita tidak sesuai dengan ketersediaan kereta, maka kita dapat mengganti waktu keberangkatan tersebut.

Rajin Meng-update Informasi Mengenai Tiket Kereta Api

Cara termudah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tiket kereta api murah adalah dengan selalu meng-update informasi seputar kereta api. Biasanya tiket murah kereta api tidak terlalu diumbar-umbar informasinya. Kalau pun ada, biasanya tiket promo ini akan diserbu oleh banyak orang di awal-awal hari promosi yang dilakukan. Kita bisa mencari informasi tersebut dengan berkeliling dari forum ke forum yang ada di internet, atau langsung mengunjungi situs web Traveloka. Lebih jauh lagi, kita bisa menjadi anggota aktif di suatu forum yang berisikan para traveler. Biasanya, mereka tidak akan segan untuk membagikan informasi seputar tiket kereta api yang murah.

Itu dia panduan yang bisa dilakukan untuk berburu tiket kereta Jogja – Jakarta yang harganya murah. Teman-teman sudah punya jadwal keberangkatan ke atau dari Jogja – Jakarta? Yuk mulai berburu tiketnya dari sekarang. Semoga berhasil!

pixabay

15 komentar:

  1. Jadi kangen ke Jogja naik keretaaaa..
    Sekarang apa-apa aja mudah ya, bund. Tinggal order by online,
    termasuk kereta ^^ tipsnya membantu banget nih bund, diingatkan kalau pesan dari jauh-jauh hari, bukannya dalam waktu dekat, kan khawatir kehabisan hehe

    BalasHapus
  2. Kalau dibandingnya dengan zaman dulu, kelas ekonomi sekarang sudah jauh lebih nyaman. Udah pakai AC dan gak kumuh. Asik lah sekarang naik kereta meskipun kelas ekonomi

    BalasHapus
  3. Bener banget kalau beli tiket keretanya mepet, selain kuotanya terbatas harganya udah lebih mahal ya. Jadi pingin ke Jogja naik kereta

    BalasHapus
  4. Pengen banget ke jogja eh ada tips dapat tiket murah jadi semangat ke jogjanya. Cuss langsung ke Traveloka. Ternyata bisa booking jauh hari juga nih.

    BalasHapus
  5. Mechta21.38

    Wah iya ya..dengan memesan melalui Traveloka selain praktis dan mudah, ada diskonnya juga ya.. sip deh..

    BalasHapus
  6. Sekarang pesen tiket KA makin gampil karena banyak OTA ya Mba.
    Jadi no worries ga perlu antre di stastiun dll
    duh, jadi pengin ngetrip ke Jogja niihh :D

    BalasHapus
  7. iya mbak, saya juga kalau mau beli tiket perjalanan jauh, suka cari jauh jauh hari agar ga kecele, pas mau bernagkat eh ternyata tiket dah habis hehe

    BalasHapus
  8. Jadi inget masa remaja, aku jalan jalan ke jogya pertama kali ya menggunakan kereta api.. waktu itu bareng teman teman hehe.. dulu beli tiketnya masih di stasiun deh teh.. inget banget akutuh hehe.. tapi sekarang beli tiket kereta ngga harus ke stasiun ya.. udah bisa online beneran sangat memudahkan

    BalasHapus
  9. Enak yah mba tinggal di Jakarta, mau naik kereta dengan harga terjangkau bisa. Heheh di sini mah belum ada kereta api

    BalasHapus
  10. Saya biasa beli tiket kereta api di Traveloka juga Mbak. Kalau pulang kampung naik kereta dari Jakarta Bandung dan sebaliknya

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah nih ke Jogja naik kereta api.. selama ini selalu pesqata. Oke juga utk dicoba yaa

    BalasHapus
  12. Enggak gengsi lah pilih yang ekonomi, lumayan banget loh kelas ekonomi sekarang. Dengan harga murah, kondisinya udah bagus banget. AC berjalan maksimal, gerbong bersih dan pelayanan tetap baik.

    BalasHapus
  13. Boleh juga nih tipsnya Mbak. Bisa diterapkan nih kalau ada kesempatan jalan-jalan ke Jakarta-Jogja, lumayan bisa dapat harga tiket murah.

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah coba tiket Jogja ke Jakarta. Pengalamannya dari Surabaya ke Jogja atau Surabaya ke Jakarta

    BalasHapus
  15. Kereta api kelas ekonomi emang fasilitasnya udah bagus. Tapi kalo dari Bandung ke Jogja capek juga kursinya. Aku udah 2 kali ke Jakarta atau sebaliknya dari Jakarta ke Semarang, pegel sih. Tapi kalo bisa tidur gak terasa, tahu-tahu udah mau nyampe hahahaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)