20.11.19

Cara Mendeteksi Kanker Payudara Secara Manual di Depan Cermin


Penyakit kanker payudara adalah pembunuh nomor 1 bagi wanita (dan sebagian kecil pria). Sayangnya, banyak yang terlambat menyadarinya, karena tidak semua orang tahu gejalanya. Pemeriksaan kanker bisa dilakukan di rumah sakit dengan observasi dokter atau mammografi. Sebenarnya, ada cara mendeteksi kanker payudara secara manual dan bisa dilakukan di rumah, hanya butuh waktu dan kecermatan di depan cermin. Berikut ini penjelasannya.

Hanya Butuh Cermin! Inilah Cara Mendeteksi Kanker Payudara Secara Manual

1. Lihat Warna Payudara

Setelah membuka baju dan bra, lihatlah baik-baik warna payudara. Biasanya payudara yang sehat warnanya sama dengan warna kulit. Namun jika warnanya lebih gelap (padahal Kita berkulit putih), waspadalah. Segera hubungi dokter untuk membuat janji pemeriksaan payudara di rumah sakit. Warna payudara yang kemerahan juga bisa jadi sinyal bahaya, jadi jangan sepelekan hal ini.

2. Amati Puting Sebagai Cara Mendeteksi Kanker Payudara Secara Manual

Selain melihat warna payudara, amati juga putingnya. Warna puting bisa menggelap setelah wanita melahirkan, tapi jika masih single, perhatikan lebih teliti. Puting yang kemerahan atau berwarna kehitaman dan teksturnya jadi kasar bisa mencurigakan. Apalagi jika ada benjolan di sana.

3. Apakah Payudara Kiri dan Kanan Berbeda Bentuknya?

Pada wanita, bentuk payudara di bagian kiri dan kanan tidak 100 persen sama. Namun, ketika kita bercermin, cara mendeteksi kanker payudara secara manual adalah dengan melihat perbedaan bentuknya. Payudara yang dihinggapi sel kanker bisa berukuran lebih besar dan terlihat lebih mencolok.

4. Angkat Tangan dan Amati Bentuk Payudara

Angkat tangan tinggi-tinggi dan amati lagi bentuk payudara. Apakah masih ada perbedaan yang aneh antara payudara kiri dan kanan? Di bagian bawah payudara, apa ada sesuatu yang terlihat tidak wajar? Jangan takut untuk periksa ke dokter setelah melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) di depan cermin. Cegah sebelum terlambat.

5. Rabalah Tekstur Kulit di Payudara

Setelah melihat bentuk dan mengamati perbedaan payudara kanan dan kiri, maka rabalah tekstur kulitnya. Apakah lembut atau teraba sangat kasar? Payudara yang sehat kulitnya mulus dan halus. Jika tekstur kulit kasar dan warnanya memerah, segera lakukan mammografi.

6. Lihat Bayangan di Cermin dengan Teliti

Lakukan pemeriksaan payudara di depan cermin selama minimal 10 menit, setiap harinya. Lihat dengan teliti dan jangan terburu-buru. Jangan pula berpikir pemeriksaan ini membuang waktu, karena lebih baik mengetahui gejala kanker sejak awal, daripada terlambat dan menjalani kemoterapi yang melelahkan dan butuh biaya yang sangat besar.

7. Lihatlah Juga Bagian Bawah Ketiak

Di depan cermin, berdirilah menyamping dan angkat tangan. Amati di bagian bawah ketiak, apakah ada benjolan atau pembengkakan yang tidak wajar di sana? Kelenjar payudara juga mengarah ke ketiak, jadi bagian itu juga wajib diperiksa. Setelah dilihat, rabalah dengan jari telunjuk, jari tengah, dan jempol. Semoga tidak ada benjolan dan payudara kita baik-baik saja.

Cara mendeteksi kanker payudara secara manual sebenarnya mudah dan dapat dilakukan di kamar tidur. Kita hanya butuh meluangkan waktu kurang lebih selama 7 menit di depan cermin. Lepaskan pakaian dalam dan lihatlah payudara, jika warnanya sama dengan warna kulit, maka kondisinya sehat. Amati juga apa ada benjolan yang tidak wajar dan lihat juga di bagian bawah ketiak. Jika curiga ada benjolan, maka segera pergi ke dokter. Cara pemeriksaan payudara di depan cermin sangat mudah, bukan?

Butuh dana segar untuk pemeriksaan kanker payudara ke dokter? Cekaja.com selalu siap untuk membantu. Bagaimana pun, sisi kemanusian selalu diutamakan. Untuk Info lebih lanjut kita juga bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/ agar pengetahuan kita mengenai kanker payudara bertambah. Semoga bermanfaat!

Metode SADARi dari Kemenkes

18 komentar:

  1. Sebulan sekali suka Tian praktekkin nih teh cara mendeteksi payudara ini biar ketauan sejak dini bisi aya nanaon hehe. Nuhun informasinya teh.

    BalasHapus
  2. Pakai teknik SADARI ya kalau deteksi sendiri di rumah. Aku pernah waktu itu mamograf waktu ada event ditawarin gratis, lgs aja iyain lumayan kan bisa tahu kondisi payudara, Allhamdulillah baik-baik aja

    BalasHapus
  3. Mak, makasiiii sharing infonya.
    Belakangan ini, beberapa temanku berpulang, setelah bertarung melawan kanker payudara. Bismillah.... semoga kita semua sehaaaattt

    BalasHapus
  4. Saya kadang-kadang masih suka lupa untuk SADARI. Memang harus diingatkan terus karena SADARI itu penting, Jangan sampai menyesal

    BalasHapus
  5. Biasanya pakai metode SADARI, paling gampang dilakukan setelah mandi. Belum pernah sampai tes mammografi. Kalo ada promo tes mammografi pengen deh kapan kapan coba sendiri

    BalasHapus
  6. Aku juga suka mempraktekan cara ini untuk mendeteksi kanker payudara, alhamdulillah kalau ngikutin step-step dan hasilnya sih aman-aman saja. Tapi pengen juga ngecek ke rumah sakit gitu, untuk deteksi sejak dini.

    BalasHapus
  7. Aku kemaren baru tes sadanis di puskes, sekalian tes iva, alhamdulillah normal sehat. Lain kali aku bs cek manual sendiri di rumah nih

    BalasHapus
  8. SADARI memang pentiiing mba. Aku pun terbantu deteksi dini karena ini. Dan kanker payudara bisa disembuhkan lhooo

    BalasHapus
  9. Adriana Dian13.47

    SADARI ini memang penting dan harus rutin dilakukan oleh semua wanita ya mak. Supaya kita bisa melakukan oenanganan dini senadainya mendeteksi keberadaan kanker payudara yaaa

    BalasHapus
  10. saya melakukan sadari setiap bulan dan selalu heboh ada benjolan saat menstruasi. padahal itu wajar dan akan menghilang saat mens selesai. parno duluan

    BalasHapus
  11. Iya nih gerakan SADARI harus rutin ya teh , akupun klo pas periksa gini suka deg2an mba,, walau akhirnya lega alhamdulillah yg pnting jg pola hidup Sehat intinya

    BalasHapus
  12. Setiap bulan aku juga suka lakukan ini sendiri di rumah, terutama habis mens.

    BalasHapus
  13. Jujur aku kalau ngomongin penyakit apalagi kanker itu serem banget menyadarkan aku buat bisa bersyukur yaa... Atas hidup yang diberikan

    BalasHapus
  14. Aku kerap melakukan sadari di depan cermin ini mbak. Ilustrasi ya membantu banget. Smoga kita terhindar dari penyakit ini ya. Aminnn

    BalasHapus
  15. 7 menit yang penting bagi hidup kita ya. Dengan SADARI para perempuan bisa segera mendeteksi misal ada sesuatu yg lain dengan payudaranya.

    BalasHapus
  16. Aku mulai jarang nih periksa payudara. Belum pernah coba di depan cermin. Diraba biasa. Bagian ketiak yang sering lupa *tepok jidat. Kayaknya harus mulai displin periksa payudara dengan bercermin nih. Makasih infonya, Teh.

    BalasHapus
  17. Aku setiap mandi pasti menyempatkan pijat payudara mengenakan teknik Sadari mbak, teknik ini sudah aku lakukan dari masih duduk dibangku menengah atas

    BalasHapus
  18. Ternyata mudah ya cara deteksinya, bisa dilakukan sendiri di rumah. Jadi nggak malu dan risih. Ntar malam mau dipraktekin ah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)