22.10.19

Transportasi Andal untuk Keamanan dan Kenyamanan Traveling


Beberapa hari yang lalu, saat sedang istirahat sore-sore setelah beres beraktivitas, secara tak sengaja saya mendengar berita yang cukup mengejutkan dari sebuah acara di stasiun tv nasional. Iya, karena yang menonton acara tersebut adalah anak bujang, saya hanya mendengar sayup-sayup suaranya saja. Berita tersebut adalah mengenai kota-kota di Asia yang aman dan ramah untuk solo traveler wanita. Dan Bali Indonesia, masuk di dalamnya.

Bali Bisa, Kenapa Kota Lain (di Indonesia) Tidak Bisa?

Betul, saya terkejut. Sebagai warga negara Indonesia yang setiap hari merasakan bagaimana hidup di Indonesia, walau pun tidak di Bali, saya paling pesimis dengan hal-hal yang berbau keamanan. Khususnya solo traveling, bagi wanita pula. Di bayangan saya, semua tempat di Indonesia akan kalah jika dibandingkan tingkat keamanannya dengan kota lain di negara-negara Asia.

Kekagetan saya tak berlangsung lama. Setelahnya, jelas saya senang. Saya turut bangga dengan kenyataan yang ada. Bali dengan segala keindahannya diakui banyak orang sebagai destinasi liburan impian. Saya pun jadi berkhayal, kalau Bali bisa, kenapa kota-kota lainnya tidak bisa? Kota-kota lainnya juga tak kalah indahnya, bukan?

Saya sangat optimis, kota lain bisa seperti Bali. Masuk ke dalam kota aman dan ramah untuk para traveler, termasuk solo traveler wanita. Tapi tentu, semuanya mesti dibenahi. Dari mulai tempat-tempat wisatanya, hingga ke sarana dan prasarana penunjangnya.

Transportasi Aman dan Nyaman Adalah Kunci!

Ini yang paling saya perhatikan. Saat hendak ke mana-mana, yang lebih dulu saya cek adalah soal transportasinya. Mau itu dekat atau pun jauh; ketersediaan, keamanan, dan kenyamanan transportasi menuju tempat tujuan dan pulang lagi ke rumah adalah prioritas. Iyalah, kalau sudah susah di awal atau sekiranya bakal menyusahkan, buat apa saya teruskan perjalanannya, ya kan? Nantinya kan jadi susah sendiri. Niatnya refreshing, lha kok malah bikin pusing.


Tapi itu so yesterday banget. Transportasi serba susah ke mana-mana. Sekarang sih, banyak sekali perbaikan yang signifikan di banyak tempat. Iya, sistem transportasi kita sudah cukup bisa diandalkan. Banyak sekali moda transportasi alternatif yang bisa kita pilih. Transportasi darat, laut, atau pun udara. Dari yang cuma angkot, bus, kereta api, MRT, hingga pesawat terbang. Jalan menuju ke tempat tujuan juga semakin bagus. Sudah banyak kan tol yang dibangun yang membuat kita bisa nyaman bepergian? Jangankan di pulau Jawa, di pulau lain seperti Sumatera juga jalan-jalan tol yang bagus sudah terbentang dengan lapang. Begitu juga dengan bandar udara.


Cerita-cerita teman-teman yang sudah merasakan nyamannya moda transportasi di Indonesia sangat menarik perhatian saya. Jujur, saya ngiri sekali dengan mereka. Saya juga kepengen banget bisa merasakan asyiknya perjalanan naik kereta api dari Bandung ke Jawa; merasakan modernnya naik MRT di Jakarta; dan juga merasakan serunya terbang ke berbagai tempat dengan pesawat udara. Apalagi dengan dinobatkannya Bali sebagai salah satu destinasi wisata yang ramah dan aman bagi solo traveler wanita. Makin bersemangat deh saya kepengen main ke Bali sendirian. Ke tempat-tempat lain juga. Saya percaya, kota lain juga aman dan nyaman dengan transportasi yang semakin maju seperti sekarang.

Fakta keren kereta api

Transportasi Online Ikut Meramaikan

Ini yang tak bisa diabaikan juga. Keberadaan transportasi online semakin meramaikan kehidupan. Tempat-tempat yang dulu begitu susah dijangkau karena tak ada trayek transportasinya, menjadi mudah dituju. Ojek online dan taksi online bisa membawa kita ke sana.


Tingkat keamanan dan kenyamanan dari transportasi online juga sepertinya memberi andil di dalam membuat Bali sebagai kota wisata yang ramah untuk solo traveler wanita. Semoga juga, transportasi online ini juga akan memberikan manfaat yang sama untuk kota-kota lain.

Semoga Saja!

Apa yang kita rasakan sekarang tentu tak bisa mengesampingkan peran Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI). Berkatnya, kita bisa merasakan berbagai kemudahan di dalam bepergian. Termasuk traveling. Baik untuk traveling di dalam negeri, maupun ke luar negeri.

Jalanan yang bagus dan nyaman, alat-alat transportasi yang semakin bagus, fasilitas yang semakin lengkap, serta regulasi yang mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban masyarakat merupakan bukti dari kerja nyata Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Semoga saja, ke depannya semua semakin bagus. Supaya sektor pariwisata kita semakin unggul dan mendunia. Sebab kita sudah punya modal alam yang indah. Dari Sabang sampai Merauke. Dengan sistem transportasi yang andal, semua kota dan tempat di Indonesia bisa menjadi tempat yang aman, nyaman, dan ramah. Terutama untuk solo traveler wanita.

Yuk ikut dukung semua program yang sudah dicanangkan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Biar kita selalu up date dengan beritanya, pastikan kita follow semua akun media sosialnya.
Facebook FansPage-nya di https://www.facebook.com/Kemenhub151
website-nya di http://www.dephub.go.id/


46 komentar:

  1. Menurutku transportasi di Indonesia skrg udah banyak perbaikan. Aku sering harus solo traveling krn urusan kerjaan. Alhamdulillah, sejauh ini aman dan nyaman.

    BalasHapus
  2. Kalau transportasi terjamin kemudahan dan keamanannya tentu bakal nyaman saat traveling sendirian terutama bagi kita perempuan. Tak hanya itu, kelancaran transportasi tentu akan membuat kita terpacu untuk mengunjungi berbagai pelosok negeri ini.

    BalasHapus
  3. memang impian banget, bisa solo traveling tapi aman, ngga takut copet bahkan harasment.

    Bali sebagai destinasi teraman? Serius? Bukannya Bandung - Bogor - Solo - Yogya - Semarang dll juga aman, ya? Sependek pengetahuanku, plus pengalaman selama ini, Insya Allah Indonesia masih dalam kategori aman, jika tidak bepergian terlalu larut malam. Kalo itu mah cari susah sendiri yaaa

    Jangan-jangan yang bikin survey taunya cuman bali doang hahhahaa...

    BalasHapus
  4. Wah asyik tuh jika ada KA semi cepat jakarta surabaya, jadi ada pilihan nih kalo anak-anak libur kuliah, pulangnya selain bisa naik pesawat bisa juga naik kereta ini :)

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah makin maju ya sistem transportasi di Indonesia

    BalasHapus
  6. Pembangunan beberapa tahun terakhir ini memang sudah sangat terasa ya Teh. Khususnya ke daerah luar Jawa sana.
    Jalan desa di kampung saya juga sekarang sudah banyak yg dicor, meski tidak lama, cor nya itu mudah rusak...
    Kita apresiasi upaya pemerintah ini

    BalasHapus
  7. Yesss aku dukung lah apa pun yang baik2 untuk bangsa ini.. termasuk sarana transportasi.. Semoga dimudahkan segala upaya memajukan transportasi di Indonesia yaa

    BalasHapus
  8. Fasilitas disabilitasnya gmn mbak? Apakah nyaman di Bali?

    BalasHapus
  9. Kalo untuk fasilitas disabilitasnya gimana mbak di bali? Klo di palembang udah makin top markotop loh

    BalasHapus
  10. di Bali emang nyenengin buat jalan2. penduduknya rama pada wisatawan. selama tinggal di sana juga aku ngerasa punya tetangga orang Bali yg baik2 :)

    semoga akses transportasi kita makin dimudahkan ya agar semua daerah bisa mudah terhubung ^_^

    BalasHapus
  11. yups mba...memang sarana prasarana transportasi cukup terasa signifikan peningkatannya. (meski kemarin sempat deg2 plas krn tiket pesawat juga naik signifikan :D). semoga pembangunan yg terjadi bisa dibarengi dengan peningkatan kemampuan dan kemauan utk merawat fasilitas yang dibangun itu

    BalasHapus
  12. Apalagi klo cewe solo travelling ya mba. Transportasi jadi faktor utama kenyamanan dlm travelling. Aku akrg bersyukur banget moda transportasi umum kita sudah jauuuhhhh lebih baik.

    BalasHapus
  13. Tapi kalau aku dari Kalimantan ini terasa banget pembangunan belum merata ya mbak. Di Kalimantan Barat tepatnya, gak bisa tuh kita kalau mau ke Kalimantan Tengah langsung aja, harus banget lewat pesawat transit jakarta. Yang katanya kereta api mau dibangun dari aku SD, ini anak udah mau SD gak ada sama sekali perkembangannya. :(

    BalasHapus
  14. Wah, ikut senang membacanya!

    Soalnya, Jepang termashyur dengan inovasi dan teknologi kereta api.

    Semoga kerjasama ini bisa mendongkrak mutu transportasi terutama kereta api di Indonesia.

    BalasHapus
  15. Skarang saya akui memang transportasi semakin bagus ya mba. Smakin bisa di andalkan. Mau kemana aja juga jadi lebih mudah

    BalasHapus
  16. Semoga transportasi Indonesia semakin membaik ya teh, saya sih berharap lebih banyak transportasi publik yang nyaman, jadi bisa digunakna bersama dengan nyaman.

    BalasHapus
  17. Klo transportasinya handal, pasti sangat mendukung berbagai aktivitas ya..

    Mulai pariwisata dan pembangunan

    BalasHapus
  18. tapi kalau bisa terjangkau juga ya mba buat masyarakat, kecuali mgk buat wisman ada biaya tambahan

    BalasHapus
  19. aamiin ya mba, semoga transportasi di Indonesia makin maju dan banyak aksesnya supaya memudahkan buat silaturahmi dengan sanak saudara

    BalasHapus
  20. Iya ya, teh. Akan jadi aman kalau memiliki transportasi umum yang nyaman dan aman. Soalnya kalau solo traveling itu kan paling enak naik transportasi yg nyaman.

    BalasHapus
  21. Program pemerintah saat ini sudah sangat baik dan maju.
    Semoga transportasi untuk menggapai daerah-daerah di Indonesia semakin maju.

    BalasHapus
  22. Aku beberapa kali solo traveling, alhamdulilah merasa aman dan nyaman selama ini. Pakai travel pernah, pesawat juga beberapa kali. Semoga fasilitas dan pelayanan tranportasi umum semakin bagus ya mba

    BalasHapus
  23. Tapi memang kerasa banget perkembangan transportasi di Indonesia ya, teh. Semoga semakin banyak transportasi, apa lagi untuk pelosok :)

    BalasHapus
  24. Betul, Mbak. Sekarang itu memang benar-benar aman dan nyaman. Aku ngerasain banget perubahannya selama 5 tahun terakhir.Bagaimana macetnya saat mudik lebaran.Hingga lesehan di kereta. Untuk urusan transportasi, Indonesia patut diacungi jempol dengan kemajuannya.

    BalasHapus
  25. Kalau menurut saya sih, sekarang transportasi di Indonesia sudah jauh lebih baik dan nyaman. Sebagai anak Rantau merasakan sekali perubahan ini. Semoga saja terus lebih baik lagi.

    BalasHapus
  26. Dulu zaman masih gadis, pengen banget nyobain solo traveling ke bali, ceritanya menyepi... Tapi rencana hanya tinggal rencana, hihihi...

    BalasHapus
  27. Aku juga suka traveling mom..apalagi ada transportasi umum seperti ini sangat memudahkan kita banget yaaa...

    BalasHapus
  28. Ahhh bener nih kak nia. Impian banget bisa ngerassin transportasi umum yang bersih dan juga aman. Itu juga bagiaj dari hak warga kan ya

    BalasHapus
  29. Aku berharap semoga LRT lintas provinsi terutama yang ke arah Cibubur bisa selesai segera, biar gak macet lagi jadi aku bisa tinggal di rumah Cileungsi hehehe rindu aku

    BalasHapus
  30. Dengan semakin nyaman transportasi umum, semakin banyak pula yang mendapatkan kemudahan untuk kegiatan sehari hari ya mba :)

    BalasHapus
  31. Saya solo traveling masih kisaran Jakarta teh, tapi alhamdulilah seneng banget karena sekarnag lebih mudah dan lebih nyaman ke Jakarta dengan transportasi umum.

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah di Kepulauan Riau yang notabene wilayahnya 95% laut, transportasi di sini juga sangat berkembang pesat Mbak.

    BalasHapus
  33. Sekarang transportasi semakin nyaman ya mba. Aku sendiri udah berani sekarang ke Madiun dan Jogja sendiri

    BalasHapus
  34. Aku berharap pembangunan transportasi dan kemudahannya gak hanya dirasakan oleh Rakyat Indonesia yang tinggal di Jawa saja, tapi juga di luar Jawa.
    Maju bersama, Indonesiaku.

    BalasHapus
  35. sarana tarsnportasi ya hrs dibenahi dg baik dan fasilitas untuk disabilitas hrs ditingkatkan masih sangat minim

    BalasHapus
  36. Transportasi itu penting untuk kenyamanan dan keamanan travelling ya, mbak

    BalasHapus
  37. Bagi saya, transportasi di Indonesia saat ini udah makin berkembang kok mba. Cuman yang perlu dirapihkan ialah sistemnya aja mba biar transportasi umum di darat khususnya bisa lebih baik hehe

    BalasHapus
  38. Transportasi kita sekarang sudah banyak inovasi yang bagus sekali jadi masyarakat mau beramai2 untuk menggunakannya

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah banget ya perlahan keamanan saat melakukan travelin mulai dierhatikan sehingga kita pun bisa merasakan kenyamanan. Jauh berbeda dgn yg dulu 😁

    BalasHapus
  40. Memang terasa sekali perbaikan transportasi kita saat ini. Naik kereta aja udah nyaman banget. Pokoknya kalo transportasi andal pariwisata dan ekonomi juga ikut maju.

    BalasHapus
  41. kalau dulu mau naik transportasi umum harus jalan dulu nunggu di tepi jalan raya, sekarang dengan adanya kendaraan penjemputan online jd bs nunggu di rumah

    BalasHapus
  42. Betul banget dalam 5 tahun terakhir ini sudah banyak perubahan besar transportasi di indonesia, termasuk keamanan dan kenyamanannya

    BalasHapus
  43. aku berharap pembangunan transportasi ditingkatkan lagi terutama bagi penyandang disabilitas harus diperhatikan

    BalasHapus
  44. Sejauh ini transportasi semakin berkembang dan mengalami banyak perubahan yang baik yaaa Mba. Dengan kemajuan transportasi yang cukup significant ini, banyak orang yang saat ini sudah berani bepergian sendiri

    BalasHapus
  45. Beruntung lalu bersyukur. Sekarang transportasi sudah banyak perbaikan. Masyarakat semakin mudah memanfaatkannya

    BalasHapus
  46. Keren pisan transportasi Indonesia sekarang memang

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)