16.8.19

10 Plugin WordPress Populer yang Bermanfaat untuk Blogger


Manteman, ada yang punya pengalaman migrasi dari Blogspot ke WordPress, gak? Gimana tuh, lama gak proses migrasinya? Katanya, DA, PA, dan PV mulai lagi dari nol, ya? Duh... padahal saya kepengen banget deh migrasi. Tapi kalo inget poin-poin tadi bakal mulai lagi dari nol, saya jadi ciut. Ihiks... udah hampir 6 tahun ngurus blog yang ini, terus tiba-tiba harus mulai lagi dari nol? Saya sungguh gak sanggup! 😢

Ada yang heran kenapa saya rada keukeuh kepengen migrasi dari Blogspot ke WordPress? Coba deh baca lagi tulisan saya di blog ini yang judulnya 8 Kelebihan Platform WordPress. Siapa tahu, teman-teman nantinya jadi pada mupeng juga untuk bermigrasi. 😊

Kalo dibaca-baca lagi tulisan saya yang berjudul 8 Kelebihan Platform WordPress itu, di sana teman-teman bakalan dapet salah satu kelebihan WordPress, yaitu Punya Banyak Plugin yang Bermanfaat. Nah untuk poin itu, saya mau sebutin 10 plugin WordPress populer yang bermanfaat tersebut untuk blog kita. Apa saja plugins tersebut? Ini menurut saya yang saya sarikan dari berbagai sumber.

1. Yoast SEO

Secara umum, blogger banyak yang buta atau abai dengan yang namanya search engine optimization (SEO). Padahal agar tulisannya bisa menjangkau banyak pembaca, blogger seharusnya menguasainya. Yoast SEO merupakan salah satu plugin yang bisa diandalkan dalam SEO. Kemampuannya sudah banyak dibuktikan banyak orang. Dan seiring dengan berubahnya algoritma Google, Yoast SEO pun juga rajin meng-update diri. Itu sebabnya, Yoast SEO dipercaya sebagai plugin SEO nomor 1 di WordPress.

2. Jetpack

Jetpack merupakan salah satu dari sekian banyak plugin popular di WordPress. Tak untuk blog atau website pribadi, Jetpack juga banyak digunakan website bisnis, portal berita, hingga website majalah online.

Jetpack banyak berguna di dalam menyaring spam, malware scanning, dan juga peretasan password. Jetpack bisa dibilang sebagai pelindung website kita. Dan buat yang punya banyak blog atau website, Jetpack bisa digunakan sebagai pengecek semuanya dengan hanya 1 data tunggal saja. Oh ya, Jetpack juga bisa mengoptimasi gambar yang ada di blog atau website kita. Jadinya, bandwith kita jadi lebih baik. Sehingga blog atau website bisa diakses secara cepat.

3. Everest Forms

Buat para blogger yang senang blogwalking, berkomentar di kolom yang sudah disediakan pemilik blog merupakan suatu kaharusan. Akan tetapi jika kolom untuk berkomentarnya susah diakses, maka pengunjung biasanya malas untuk kembali lagi.

Everest Forms merupakan plugin yang menyediakan kita beraneka macam kolom komentar atau form yang user-friendly. Kita bisa mengatur sendiri kolom atau form yang kita inginkan.

4. User Registration

Kita tentu akan sangat senang jika blog atau website kita banyak yang subscribe atau banyak follower-nya. Untuk bisa di-subcribe, blog WordPress bisa menggunakan User Registration. Plugin ini sangat bermanfaat di dalam berinteraksi dengan para pembaca. Kelebihan dari plugin lain yang sejenis, User Registration bisa diatur sesuai dengan keinginan kita.

5. Akismet

Akismet banyak disukai pemilik blog atau website. Sebab plugin ini bisa mencegah spam masuk ke dalam blog atau website kita. Ya, Akismet merupakan plugin anti-spam yang bisa menyaring komen dan juga kontak masuk dari serangan konten yang berbahaya. Dalam sehari, ribuan hingga jutaan spam bisa disaring melalui plugin ini.

6. wpDiscuz

wpDiscuz merupakan salah satu jenis plugin yang memfasilitasi pemilik blog atau website dalam berinteraksi dengan pembacanya. wpDiscuz bisa diatur sedemikian rupa untuk dimunculkan atau pun disembunyikan. wpDiscuz sangat responsif.

7. UpdraftPlus

Pernah panik saat sebuah tulisan di blog atau website bermasalah atau bahkan hilang? Pasti tidak perlu panik jika blog atau website kita memasang plugin UpdraftPlus. Ya, UpdraftPlus membuat kita mem-back up data. Bisa di cloud database seperti Dropbox, Google Drive, Microsoft OneDrive, iCloud, atau yang lainnya.

8. NextGEN Gallery

Sebagai blogger, kita pasti sangat akrab dengan yang namanya gambar. Iya, gambar atau foto merupakan salah satu hal yang kita anggap sebagai penghias. Tak hanya, gambar juga membuat pembaca betah berlam-lama diam di blog kita. Pernah merasa bosan dengan foto yang kita miliki? Jika iya, coba deh pakai plugin NextGEN Gallery. Dengannya kita jadi bisa membuat blog atau website kita cantik dan tak membosankan.

9. Easy Social Sharing

Kepengen blog kita banyak dibaca orang? Coba pasang plugin yang membuat blog kita mudah di-share para pembaca ke akun sosial medianya. Plugin ini pada umumnya bisa digunakan untuk share hingga ke 18 jenis sosial media. Penempatannya bisa berupa tombol, ditempatkan di tengah tulisan, awal tulisan, atau juga

10. Maintenance Page

Maintenance Page plugin merupakan plugin yang memungkinkan kita di dalam memberi tahukan informasi status blog atau website kita kepada pembaca. Misalnya sedang down, pemeliharaan, atau bahkan mati. Pemberitahuan Maintenance Page plugin bisa dikostumisasi supaya menarik.

Itu dia 10 plugin populer di WordPress yang patut dipertimbangkan untuk dipasang di blog kita. Tapi tentu saja semua akan berfungsi dengan baik jika blog atau website kita dalam keadaan yang prima. Dan primanya blog kita sangat tergantung dengan hosting yang kita pilih. Pastikan kita memilih provider hosting terbaik. Misalnya saja Qwords, sebuah perusahaan hosting Indonesia yang sudah dikenal kualitasnya.

Apalagi untuk blog atau website yang menggunakan platform WordPress. Hosting sangat berperan penting. Dan ya, Qwords juga memberikan layanan WordPress Hosting yang maksimal bagi para pelanggannya. Hal ini sudah banyak dibuktikan perusahaan-perusahaan besar dan juga korporat yang hingga kini setia menjadi pelanggannya.

Oke deh manteman, sampai di sini tulisan saya. Semoga bermanfaat. Saya mau nimbang-nimbang lagi nih keberanian untuk migrasi platform. Sampai jumpa! :D


21 komentar:

  1. Kalo sudah bermigrasi, blog ini kakak?

    BalasHapus
  2. Kalo sudah bermigrasi, bagaimana nasib blog ini kakak?

    BalasHapus
  3. WordPress gokiill emang ya Maak
    buanyak banget keunggulannya
    keren pol-polan!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu istilahnya yang sering kudenger nomer 1&2 doang yang lainnya baru tahu pas baca ini :D aku dikasih tugas buat isi WP punya pak boss ga bisa blasss wkwkwk pengen sih biar infografisnya jungkir balik tapi ya sama teh males udah 4 tahun aku mah pake BP

    BalasHapus
  5. WP memang aga lebih ramah penggunaannya menurut saya.
    Tapi yaitu, saya masih numpang di WP, baru beli domain doang. Belum berani ngurus sendiri, lirik-lirik penyedia layanan hosting yang oke ahh, sapa tau saling naksir.

    BalasHapus
  6. Wah udah nggak pakai wp lagi soalnya aku gaptek. Dulu pakai tapi kalau pas kena bug kudu nunggu adikku buat betulin. Ketergantungan akutu.

    BalasHapus
  7. Wah banyak juga ya Plugin yang keren2 dari Wordpress bagi pengguna Wordpress mang pastinya berguna banget ini, tapi saya galaw klo ingin bermigrasi ke Wp tpi DA jadi terjun bebas huhu

    BalasHapus
  8. beberapa sudah diinstal, tapi kemarin sempet di lepas dulu karena ada trouble hhuhu ya begitu lah ya WP banyak serunya, banyak tantangannya.

    BalasHapus
  9. Waaah..aku masih awam banget nih ttg teknis2 gini. Padahal LG butuh bgt nih..terutdma yg anti spam ituu.

    BalasHapus
  10. ini hampir semuanya aku instal juga di blogku paling suka yoast sama aksimet, all in one gitu tapi sayang ak pale yang gratisan jadi fiturnya terbatas

    BalasHapus
  11. Wah aku baru pasang beberapa plugin kak seperti Yoast SEO, itu sangat membantu saya mengatur tulisan agar lbh diterima sama Google. Tp untuk plugin lain aq masih bingung pasangnya hehehe.

    BalasHapus
  12. ENaknya wordpress itu punya plugin yang dipasang ya, sayang banget aku udah pensiun dari wordpress nih

    BalasHapus
  13. Plugin nya ini bikin performa blog jadi lambat, gak teh?
    Seru banget kemarin bahas ini di grup Arisan Blogger.

    BalasHapus
  14. Sebagai pengguna blogspot, aku cuma sering denger aja istilah-istilah seperti di atas. Dan sepertinya bagus banget buat naikin performa blog. Tapi aku belum berani coba-coba bikin blog di Wordpress. Hehehe.

    BalasHapus
  15. Meski blog yg idajourneys di WP aku mah pke plugin standar aja banyak yg blm kupasang...hehem.kurang rajin akutu

    BalasHapus
  16. Setiap baca tentang mudahnya plugin wp, saya tuh sedih krn mau migrasi blom ada duit hahahahha.

    BalasHapus
  17. Saya juga belum sanggup ninggalin blogspot buat pindah ke wordpress, gak tahu deh kalo nanti

    BalasHapus
  18. Aku pake blogspot sih selama ini. Sempat maju mundur pake WP. Tp kayanya udag bulet deh migrasi hehe

    BalasHapus
  19. Wordpress emang nyenengin, plugin nya komplit dan optimasinya memang bagus. Sayangnya blogku yang wordpress malah sekarang kuanggurin.

    BalasHapus
  20. so far saya masih nyaman dengan Blogspot, ada blog WP juga sih sebenarnya yg bisa dimaintenance kalau niat mau ternak blog tapi yg ada saya malah buat blog baru lagi di Blogspot dan pilih Qwords tuk beli domainnya :D

    BalasHapus
  21. Baru tahu ada plugin yang namamua akismet aku nih mba. Kalo ak sama sekali ga paham wp sih ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)