1.3.19

Mengenal Wakaf Asuransi Syariah Prudential Indonesia


Manteman, saya mau nanya, apa sih yang ada di benak teman-teman jika denger kata Wakaf? Apakah sama kayak saya, wakaf itu sangat identik dengan menghibahkan sebuah benda tak berwujud yang nilainya sangat besar untuk dimanfaatkan untuk kepentingan bersama? Jika iya, kita berarti sama-sama mendefiniskan wakaf secara sempit, lho. Sebab ternyata, wakaf itu definisinya luas.

Beda Wakaf, Infaq, dan Sedekah
Terima kasih saya ucapkan kepada PRUsyariah dari Prudential Indonesia. Berkat ikut mini workshop Mengenal Potensi Wakaf dan Program Wakaf PRUsyariah, di Hari Sabtu 23 Februari 2019 lalu di Hara Kafe Bandung, saya jadi baru mengetahui definisi wakaf yang luas itu. Jadi makin tahu deh bedanya wakaf, infaq, dan juga sedekah.

Bapak Muhammad Yusuf Helmy yang menjadi pembicara di mini workshop-nya Prudential beberapa waktu yang lalu, yang sekaligus juga merupakan Corporate Director of Business Services - KARIM Consulting Indonesia, mengatakan bahwa, zakat, sedekah dan infak itu merupakan perwujudan ibadah harta, yang jika setelah kita berikan kepada mereka yang berhak, harta tersebut bisa langsung habis.

Bapak Muhammad Yusuf Helmy

Ada pun wakaf, itu merupakan ibadah harta yang sifatnya tetap/kekal dan tidak langsung habis. Wakaf itu memberikan hak milik kita kepada orang lain untuk diberikan, dimanfaatkan, dan dikelola untuk kepentingan umum. Harta yang diwakafkan ini tidak boleh habis atau pun di jual. Karenanya pahala orang yang berwakaf sangatlah besar, sebab akan terus menerus mengalir menjadi amal jariah. Jadi selama harta tersebut masih bermanfaat, pahalanya akan terus mengalir meski pun si pemberi wakaf sudah meninggal dunia.

Harta yang bisa diwakafkan itu sendiri bisa dimanfaatkan untuk pembangunan fasilitas umum. Misalnya saja rumah sakit, rumah badah, lembaga pendidikan, perkebunan, property, atau fasilitas umum lainnya yang sejalan dengan prinsip syariah.

Dan untuk harta yang diwakafkannya tak hanya berupa benda berwujud yang bernilai sangat besar. Bisa pula dalam bentuk uang (cash waqf). Contohnya manfaat asuransi dan manfaat investasi dari polis asuransi jiwa syariah. Sesuai dengan Fatwa MUI No.106/DSN-MUI/X/2016 tentang Wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah yang memperbolehkan masyarakat berwakaf dalam bentuk asuransi. FYI, harta benda yang dapat diwakafkan itu sendiri mencakup seluruh harta benda yang sesuai dengan prinsip syariah. Baik itu harta bergerak (uang, logam mulia, surat berharga dan kendaraan) mau pun harta tidak bergerak (tanah dan bangunan).

Keutamaan Wakaf
Acara mini workshop Mengenal Potensi Wakaf dan Program Wakaf PRUsyariah dibuka oleh Ibu Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations, and Community Investment Director Prudential Indonesia. Beliau mengatakan, “kami sangat senang, karena PRUsyariah bisa menghadirkan Program Wakaf sebagai wujud dari komitmen Prudential yang baru yaitu "WE DO GOOD" (Kami Mewujudkan Kebajikan)". Program dari PRUsyariah ini memberikan solusi pada kebutuhan nasabah dalam melaksanakan wakaf dan membantu masyarakat mewujudkan kebajikan secara berkelanjutan. Program ini melengkapi serangkaian produk dan layanan asuransi berbasis syariah yang komprehensif dari Prudential."

Ibu Nini Sumohandoyo

Pernah heran gak sih dengan berlomba-lombanya orang-orang untuk berwakaf? Saya pernah! Dan ternyata, ini sangat berkaitan erat dengan keutaan-keutamaan wakaf sebagai berikut.
  1. Pahala orang yang berwakaf akan terus mengalir sekali pun ia sudah wafat.
  2. Harta benda yang diwakafkan akan tetap utuh terpelihara, tidak hilang karena prinsip barang wakaf tidak boleh dijual, dihibahkan atau diwariskan.
  3. Manfaat harta wakaf akan terus dirasakan oleh banyak orang bahkan lintas generasi.
  4. Setiap saat harta wakaf bisa menebarkan kebaikan dan meringankan beban orang-orang yang membutuhkan bantuan seperti fakir miskin, anak yatim, penuntut ilmu, dan kaum dhuafa secara umum.
  5. Pahala wakaf dilipatgandakan hingga 700 kali lipat.
  6. Ganjaran bagi pemberi wakaf adalah surga.
Duh, tahu keutamaan-keutamaan wakaf tersebut bikin saya jadi kepengen banget bisa berwakaf. Sebagai manusia yang banyak dosa dan minim ibadah, berwakaf mungkin bisa menenangkan hati. Setidaknya saya memberi manfaat untuk orang-orang di sekeliling saya. Aamiin, semoga kesampaian deh ya kita semua dimampukan untuk berwakaf! 

Program Wakaf dari PRUsyariah, Prudential Indonesia
PRUsyariah menghadirkan Program Wakaf. Program ini tentu merupakan solusi bagi para nasabah dan calon nasabah yang ingin berwakaf. PRUsyariah membantu dalam hal penyaluran wakafnya.

Ada 3 lembaga wakaf (nazhir) terpercaya yang sudah bermitra dengan Prudential Wakaf. Ketiganya dijelaskan pada uraian di bawah ini.
1. Dompet Dhuafa
Sudah pada kenal kan dengan lembaga yang satu ini? Tentu, sebab Dompet Dhuafa sudah tidak asing lagi di kalangan mana pun. Beraneka programnya sudah dikenal memberi manfaat kepada umat. Termasuk wakaf. Dompet Dhuafa sangat aktif berkontribusi di dalam pembangunan infrastruktur; serta mengelola rumah ibadah, layanan kesehatan, layanan pendidikan, dan usaha produktif.

2. Iwakaf
Iwakaf merupakan lembaga yang didirikan oleh Lembaga Kemanusiaan Yayasan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) pada Juni 2016. Visinya yang ingin menjadikan wakaf profesional terpercaya yang menginspirasi dan banyak bermanfaat untuk orang banyak membuat Prudential percaya untuk bermitra di dalam penyaluran wakaf nasabahnya. Program wakaf dari Iwakaf meliputi bidang kesehatan, pendidikan, dan juga usaha produktif.

3. Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LW-MUI)
LW-MUI bisa dibilang sebagai lembaga wakaf yang umurnya masih muda. LW-MUI baru didirikan pada bulan Mei 2018. Namun meski pun masih baru, program wakaf yang dilakukan lumayan sudah banyak. Pembangunan Menara MUI seluas 22 hektar di Islamic Center Business District (ICBD) di Cipayung merupakan salah satu bukti suksesnya. Di mana uang hasil sewa gedungnya digunakan untuk berbagai kegiatan sosial di bidang pendidikan, dakwah, dan juga penanggulangan bencana.


Masih bingung dengan seperti apa dan seberapa besar kita berwakaf dengan asuransi? Di Prudential, untuk nasabahnya yang mempunyai polis asuransi unit link, manfaat asuransi yang bisa diwakafkan itu bisa sampai 95%. Ada pun untuk nasabah yang baru beli, manfaat asuransi yang dapat dimanfaatkan itu hingga 45% saja.

Nasabah Prudential bisa memilih 3 jenis program wakaf yang ada di PRUsyariah. Yaitu Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia, Wakaf Nilai Tunai, serta  Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia dan Nilai Tunai.

Potensi Wakaf di Indonesia
Badan Wakaf Indonesia mengeluarkan data wakaf yang besarnya cukup fantastis. Ada tanah seluas 2700 kilometer persegi di lebih dari 366 ribu lokasi, serta wakaf tunai yang mencapai 180 triliun per tahunnya. Dari sini terlihat bahwa potensi wakaf Indonesia sangatlah besar. Jadi dengan dibuatnya program wakaf yang serius dan profesional, potensi yang besar ini dapat disalurkan dan digunakan secara tepat guna.

Dan Prudential Indonesia, dalam kaitannya dengan besarnya potensi wakaf ini merasa bertanggung jawab untuk memberikan edukasi sekaligus menciptakan SDM yang mumpuni. Sehingga pelatihan kepada tenaga pemasar Prudential dan masyarakat luas mengenai Program Wakaf sudah dilakukan sejak 17 sampai 28 Januari 2019. Atas kerja keras ini pula, Prudential Indonesia mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori "Sosialisasi Wakaf Peserta Terbanyak.

Oke,
Semakin banyak denger tentang wakaf di mini workshop yang dibuat Prudential beberapa waktu lalu, semakin membuat pikiran saya terbuka. Sungguh, saya baru tahu lebih jauh saat itu. Dan saya salut dengan Prudential. Program wakaf ini tidak banyak membuat mereka untung. Nasabah dan masyarakatlah yang diuntungkan. Tapi mereka serius menggarapnya. Wujud nyata dari pilar WE DO GOOD.

Baiklah teman-teman, itu yang bisa saya sampaikan. Jika teman-teman ingin mengetahui lebih lanjut mengenai program wakaf Prudential, seperti apa mekanismenya, teman-teman bisa baca-baca di website-nya. Jika ingin lebih jelas atau ingin berwakaf, langsung saja hubungi agen Prudential. Mereka pasti akan menjelaskan semuanya dengan sebaik-baiknya.

Semoga saja tulisan saya kali ini bermanfaat. Dan semoga juga semakin banyak masyarakat yang melakukan wakaf. Sebab manfaat wakaf itu sangat besar. Bahkan bisa membantu perekonomian negara menjadi lebih maju. Gelar yang diberikan Charity Aids Fund yang menempatkan Indonesia di posisi teratas sebagai masyarakat paling dermawan di dunia bedasarkan World Giving Index sungguh sangat membanggakan. Yuk mari kita terus mempertahankannya!


46 komentar:

  1. Dengan berWakaf memang banyak membawa berkah dunia dan akhirat, keren ya wakaf lewat asuransi, jadi lebih tau banyak.

    BalasHapus
  2. Nah aku pengen banget faham mengenai wakaf ini penyaluran dan pengunaannya bagaimana. Jadi kayaknya harus ikut duduk mendengarkan paparan para narsum biar nggak gagal faham. Alhamdulillah ya sekarang wakaf sudah banyak yang mengelola dengan profesional.

    BalasHapus
  3. Prudential ini sangat memahami keinginan kaum muslim untuk bisa berwakaf ya meskipun tidak punya tanah untuk diwakafkan. Jadi mudah dengan cara yang ditawarkan oleh Prudential ini.

    BalasHapus
  4. Iya ya selain Prudential yang untung sesungguhnya masyarakat juga ikut diuntungkan dengan adanya wakaf syariah ini. Inovasi mereka memang luar biasa ya Teh. Selalu selangkah di depan...

    BalasHapus
  5. Selama ini masyarakat banyaknya mengetahui wakaf secara sempit, ya. Apalagi di kampung. Tahunya ya definisi sesuai kitab kuning yang dipelajari di pesantren saja.

    Ternyata setelah teknologi dan ilmu pengetahuan terus berkembang, wakaf pun mengalami perkembangan juga ya. Dan ternyata jauh lebih bermanfaat.

    Semoga kita diberi kesempatan dan kemampuan bisa beribadah di jalan wakaf. Amin.

    BalasHapus
  6. Program waqaf dari Prudential ini sangat menguntungkan nasabahnya ya mbak. Inilah yang membuat Prudential terus berinovasi demi memberikan kepuasan nasabah. Selain hubungannya dengan Allah SWT, program waqaf ini mampu meningkatkan perekonomian di Indonesia selain dapat mengentaskan kemiskinan dan mendorong majunya pertumbuhan berbagai sektor di Indonesia.

    BalasHapus
  7. Wahhh baru tau Mba Nia, klo Indonesia dpt gelar sbgai masyarakat paling dermawan. Semoga lebih banyak yg terbantu dengan program wakaf ini

    BalasHapus
  8. inovasi terkece dari prudential dan gak henti hentinyamembuat aku kagum dengan produkmereka. mengajak kita untuk berwakaf dengan carayang praktis juga transparan.

    BalasHapus
  9. Keren bgt programnya makanya dpt muri juga ya. Jadi dg ikut asuransi pru syariah itu kita bisa berwakaf jg y. Waaahhh

    BalasHapus
  10. Membaca ini jadi malu, krn pengetahuanku ttg wakaf ternyata masih seuprit banget.. tapi juga bersyukur krn jd tahu adanya program Pru syariah ini. TFS mba..

    BalasHapus
  11. Emang beda ya Mbak wakaf dengan sedekah. Sama-sama memberi, tapi wakaf bisa bikin yang memberi dapat pahala yang terus mengalir.

    BalasHapus
  12. Dompet dhuafa ternyata bisa to menerima wakaf juga? Tak kirain hanya menerima sedekah. Ini sistemnya kerjasama dengan Prudential gitu?

    BalasHapus
  13. Prudential banyak produknya ya. Sangat nengerti kebutuhan masyarakat Dan mengikuti perkembangan jaman..

    BalasHapus
  14. Prudential memang selalu komitmen untuk terus berinovasi dengan produk2nya agar bisa menjangkau segala kalangan. Produk ini semoga bisa membantu kaum muslim yang ingin hijrah tapi tetap ingin merencanakan masa depan keuangannya.

    BalasHapus
  15. program wakaf dari PRUsyariah ini bagus sekali memudahkan mereka yang ingin berwakaf. Asuransinya dapa dan bisa berwakaf juga keren deh :D

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah ya berkat Prudential jadi makin paham akan manfaat berwakaf

    BalasHapus
  17. Program wakaf ini bisa memberikan manfaat banyak ya baik bagi pemberi wakaf yang mendapatkan pahala mengalir terus dan bagi penerima wakaf pun mendapatkan manfaat luar biasa, dengan program wakaf dari peusyariah ini bisa mulai wakaf dari sekarang

    BalasHapus
  18. Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia, Wakaf Nilai Tunai, serta Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia dan Nilai Tunai: adalah hal ayng asing bagi saya. Saya juga termasuk yang berpikir bahwa wakaf itu cuma dalam bentuk bangunan dan tanah. Ternyata PRUSyariah telah melakukan terobosan baru yang bisa membantu masyarakat luas untuk berwakaf secara mudah.
    Ehm, semoga banyak yang tertarik karena mewakatkan tanah dan bangunan itu bukan perkara mudah. Prudental telah menggagas program yang memudahkan masyarakat berperan serta dengan carta yang syari.
    Seakan menabung untuk akhirat berkat wakaf. Salut.
    Semoga PruSyariah kian sukses dan banyak masyarakat Indonesia yang tertarik. Sosialisasi lewat blog bisa membuat orang mudah mengakses informasi secara personal dan relevan sepanjang masa.

    BalasHapus
  19. Mengamal wakaf dengan Prusyariah adalah program yang baik. Prudential memang selalu berinovasi untuk menghasilkan produk-produk yang menjadi kebutuhan masyarakat. Salut untuk prudential.

    BalasHapus
  20. Ikutan bangga Indonesia mendapatkan award masyarakat yang paling dermawan di dunia.

    Dengan ikutan program PruSyariah ini, kita bisa ikut berwakaf sembari mendapat manfaat asuransi ya mba

    BalasHapus
  21. Inovasi produk wakaf dari prudential ini keren banget yaa.. nasabh jadi bisa punya proteksi diri sambil tetap merencanakan beramal.

    BalasHapus
  22. program prudential yang ini sangat membantu kaum muslim yang gak punya harta dan tanah berlimpah untuk berwakaf yaa, kini berwakaf tak susah lagi deh :)

    BalasHapus
  23. Wahhh sekarang asyik banget yaa, gak perlu jadi juragan tanah dulu untuk berwakaf, tinggal ke prudential trus pilih wakaf asuransi syariah deh :)

    BalasHapus
  24. We do good, sukaa deh sama tagline itu. Sekarang berwakaf byk Cara ya mba memudahkan utk mereka yg kesulitan dg Cara konven.

    BalasHapus
  25. Dengan berwakaf, setidaknya kita sudah mempersiapkan tabungan di akhirat ya, Mbak.. Karena selama apa yang kita wakafkan itu digunakan dengan baik, kita akan bisa memperoleh pahala jariyah.

    Saya kira berwakaf itu cuma bisa dengan tanah. Ternyata wakaf ada banyak bentuknya.

    BalasHapus
  26. Wakaf identik dg tanah sehingga gak semua orang bisa
    Bersyukur saat ini prudent sya mendukung dan punya program wakaf yg g harus tanah sehingga siapa pun bisa berkontribusi y teh
    MasyaAllah

    BalasHapus
  27. Aku kalau ada kata wakaf yang selalu terlintas, yang diwakafkan dalam nominal yang besar.
    Untungnya Prudential ada program supaya bisa ber-wakaf dengan praktis.

    BalasHapus
  28. Semiga Prudential mampir bikin event di Jogja. Penasaran soalnya sama prigram wakafnya ini

    BalasHapus
  29. Punya uang tunai, bisa baget diwakafkan ya. Jadi selama ini anggapan wakaf itu cuma bisa melalui bangunan atau tanah, salah ya. Ternyata dari jaman Usman sudah ada wakaf tunai. Melalui asuransi wakaf juga bisa ya sekarang apalagi nazirnya juga terpercaya

    BalasHapus
  30. Wah, senangnya. Berarti bisa mulai dari sekarang jika mau mempersiapkan wakaf ya. Programnya Pru Syariah ini gebrakan baru dan in sha Allah membawa manfaat dunia akhirat. Aamiin

    BalasHapus
  31. Mantap program dari prudential ini mbak. Btw saya juga baru tahu nih, berwakaf sekarang bisa dalam bentuk asuransi. Inovasi yang keren nih.

    BalasHapus
  32. Kalau mau cari definisinya lebih baik berpatokan sama Al Qur'an dan hadist mba. Tapi ikut seneng karena makin banyak kemudahan berwakaf :)

    BalasHapus
  33. Sama prudential ini pokoknya percaya
    soalnya udah lama berkecimpung ini Pru ya Mba Nia
    Program-programnya ini sangat bermanfaat dan keren
    apalagi yang wakaf, dan disalurkan juga dibadan wakaf yang terpercaya di Indonesia

    BalasHapus
  34. Program wakaf prudential ini keren banget ya mendukung ekonomi rakyat ya dan bikin kita juga berpahala, aamiin.

    BalasHapus
  35. Iya, Teh. Pemikiran saya pun terbuka setelah mengikuti mini workshop Prudential kemarin. Ternyata berwakaf bisa dilakukan dengan berbagai macam cara ya..

    BalasHapus
  36. Berguna banget nih mbak artikelnya. Secara aku sudah kepo lama dengan Prudential.

    BalasHapus
  37. Kalau misalnya mau ikutan program wakaf di asuransi pru syariah ini apakah ada minimal jumlah uang yang harus disetor untuk wakaf?

    BalasHapus
  38. inovatif sekali ya asuransi bisa diwakafkan.. Alhamdulillah dengan inisiatif ini, Prudential jadi memudahkan niat kita untuk bisa berwakaf..

    BalasHapus
  39. Aku galfok ke biru2 yang dipegang hahaha.
    Alhamdulillah yaaaa ada prestasi baik, sbg bangsa paling dermawan hehe.
    Emanng yang namanya wakaf itu potensial banget membangun umat ya mbak Nia? Msh besar pula potensinya. ALhamdulillah bisa berwakaf melalui asuransi syariah Prudential jg

    BalasHapus
  40. Saya senang banget prudential mempunyai program wakaf, bisa memfasilitasi para nasabah dalam berbuat kebaikan

    BalasHapus
  41. Konsepnya bagus sekali. Bisa dapat manfaat sekaligus pahala sekali jalan. Plus, bangga juga, ternyata Indonesia termasuk negara dermawan ya :)

    BalasHapus
  42. Aku suka nih sama programnya karena memang Prudential ini programnya memang bagus-bagus banget. Apalagi dengan berwakaf lewat Prusyariah ini kita juga semakin dimudahkan ya.

    BalasHapus
  43. Wah bagus banget ni program Prudential secara aku juga pakai asuransi Prudential sejak anakku di kandungan. Kita bs berwaqaf dengan cara yang mudah tapi aman :) untuk tabungan dunia akherat ya mbak :)

    BalasHapus
  44. Wow.. nggak nyangka ternyata potensi wakaf di Indonesia gede banget, ya, nggak kalah sama potensi zakat. Alhamdulillah Pru Syariah peduli pada hal ini.

    BalasHapus
  45. Senang ya kita dipermudah untuk melakukan kebaikan, bahkan wakaf juga ga ribet saat ini. Wakaf ga harus tunggu kita tua, bahkan di usia muda dan produktif juga bisa ber-wakaf.

    BalasHapus
  46. Wah jadi pengen berwakaf juga. Memberi manfaat bagi orang lain meskipin kita telah tiada. Good job Prudential! Programnya bagus!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)