15.8.19

Kampung Wisata Quran, Destinasi Wisata Religi di Kota Bandung


Manteman, ada kabar gembira nih buat yang suka berwisata religi ke kota Bandung. Kini, selain tempat-tempat yang sudah dikenal, hadir tempat baru yang bisa teman-teman singgahi. Namanya Kampung Wisata Quran. Di hari Senin 12 Agustus 2019 lalu, saya beserta teman-teman Blogger Bandung berkesempatan hadir di event launching tempat ini.

Ya, di hari itu saya excited banget. Ajakan Kang Ali Muakhir untuk ikut event launching Kampung Wisata Quran di Syaamil Group, Kiaracondong, sungguh membuat penasaran. Apaan sih Kampung Wisata Quran itu? Sebagai orang yang hanya tahu kalau Syaamil Group itu merupakan penerbit sekaligus percetakan Alquran, saya sih ngebayanginnya, Kampung Wisata Quran itu adalah sejenis paket wisata yang memfasilitasi pengunjung untuk ikut tour di percetakan Alquran. Mungkin dimulai dari kantor redaksinya, hingga ke bagian percetakannya.

Apa Sih Kampung Wisata Quran?

Dugaan saya ternyata kurang tepat. Iya sih, salah satu yang ditawarkan dari Kampung Wisata Quran ini memang mengajak pengunjung untuk jalan-jalan melihat-lihat proses pembuatan Alquran dari awal hingga akhir di kawasan kantor Syaamil Group dan percetakannya, di Jalan Babakan Sari 1, Kelurahan Babakan Sari. Akan tetapi selain itu, di program Kampung Wisata Quran ini ternyata nantinya akan dikembangkan secara luas di beberapa Kelurahan di Kecamatan Kiaracondong. Tujuannya sangat keren banget, yaitu mengedukasi seluruh masyarakat khususnya masyarakat sekitar Kiaracondong tentang Alquran.

Camat Kiaracondong, Ibu Rina Dewi Yanti, mengatakan bahwa Kampung Wisata Quran ini sejalan dengan konsep pariwisata yang sedang dikembangkannya. Di mana Kiaracondong akan membuat kampung wisata yang sesuai dengan keunggulan wilayah masing-masing. Dan khusus di bidang wisata dan religi, Kiaracondong akan membuat kampung-kampung Alquran di setiap kelurahan. Visinya sendiri adalah “Lingkungan Cinta Alquran”.

Penandatangani peresmian Kampung Wisata Quran

Jadi, Kampung wisata Quran ini merupakan suatu bentuk realisasi dari program yang bertujuan agar warga masyarakat Kiaracondong bisa mencintai Alquran, membebaskan buta huruf Alquran, serta mencetak hafiz-hafiz Alquran.

Nantinya, Kampung Wisata Quran ini akan dibangun di enam kelurahan. Konsep bangunan dan dekorasinya akan bernuansa Timur Tengah. Jelas, ornamen-ornamen seperti pohon kurma dan lain sebagainya akan menghiasi di sana-sini. Masyarakat Kiaracondong juga nantinya akan terbiasa mendengar lantunan ayat suci Alquran setiap hari.

Tentu saja, program Kampung Wisata Quran ini akan dibuat secara bertahap. Jalan-jalan di Kiaracondong, khususnya di wilayah Babakan Sari akan ditata sedemikian rupa supaya nyaman dan cantik. Masyarakat sekitar pun akan dibina sehingga lingkungan (kampung) yang cinta Alquran akan terbentuk.

Percetakan Alquran Syaamil, Destinasi Wisata Alquran Sejak 2013

Benar, percetakan Alquran Syaamil sendiri sebenarnya sudah sejak 2013 menjadi destinasi wisata Alquran. Saat itu, peresmiannya dilakukan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, pada tanggal 5 Oktober 2013, di Pameran Buku Jalan Braga Bandung. Sudah sering percetakan Alquran Syaamil menerima kunjugan wisata. Dan pada umumnya mereka sangat antusias sekali, mengingat Syaamil Group merupakan percetakan Alquran terbesar di Indonesia.

Pemberian cendera mata Syaamil Quran

Pimpinan Syaamil Group sendiri, Riza Zacharias, yang mengatakan hal tersebut di event launching Kampung Wisata Quran. Beliau mengatakan bahwa percetakannya sudah menjadi destinasi wisata sejak 2013 lalu. Sudah banyak rombongan wisatawan yang datang untuk melihat bagaimana proses mencetak Alquran di pabriknya secara langsung. Dengan kolaborasi bersama pemerintah, di program Kampung Wisata Quran tersebut beliau berharap pengembangan wisata Alquran di Kiaracondong bisa semakin besar.

Riza juga mengemukakan bahwa pihaknya tidak hanya menyediakan area wisata percetakan Alquran sebagai salah satu destinasi Kampung Wisata Quran, tetapi juga sekaligus menyediakan guru dan tahfiz yang akan mengajarkan Alquran kepada masyarakat sekitar.

Plh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, sangat mengapresiasi dibentuknya Kampung Wisata Quran ini. Hal ini sangat sejalan dengan visi kota Bandung Agamis yang dicanangkannya bersama Wali Kota Bandung Oded M Danial. Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, serta pengusaha akan sangat diperlukan di dalam menyukseskannya.

Tour ke Percetakan Alquran Syaamil yang Seru

Saya mengenal dunia redaksi dan perbukuan sejak tahun 2008. Akan tetapi melihat sendiri percetakannya secara langsung, tidak pernah sama sekali. Jadi saat masuk ke percetakan Alquran Syaamil. Saya sangat antusias.

Mesin-mesin cetak yang besar-besar; tumpukan kertas yang menggunung; pekerja-pekerja yang fokus dengan tugas-tugasnya; wangi tinta yang khas;  aneka macam Alquran dengan sampul berwara-warni; hingga buku-buku sirah nabawiyah untuk anak yang menarik, membuat saya terpesona. Penjelasan dari pekerja dan Pak Riza Zacharias semakin membuat saya takjub. Sungguh, saya baru tahu kalau mencetak sebuah Alquran itu tingkat kehati-hatiannya sangatlah tinggi. Tak boleh ada satu pun kesalahan. Bahkan setitik tinta yang mengotori akan membuat Alquran tak akan dijual. Sebab memang, kualitas produk, terutama isinya, harus bisa dipertanggungjawabkan.

Tour ke percetakan Syaamil Group

Pak Riza sedang menerangkan buku anak islami kepada Pak Yana                             

Pak Yana sedang menyimak penjelasan salah satu tim Syaamil mengenai teknologi Augmented Reality di Alquran untuk anak

Dalam hal program Kampung Wisata Quran, Syaamil jelas sangat mendukung. Sebab program ini satu visi dengan Syaamil Group, yaitu menjadi perusahaan yang terdepan dalam membumikan Alquran dan menghidupkan Sirah. Beberapa program Syaamil yang merupakan implementasi dari visi ini di antaranya adalah program rumah Syaamil Quran, Wakaf 1 juta Al Quran, program Semua Bisa Ngaji dengan tagline ‘kampung Bebas Buta Huruf Al Quran’, serta yang paling populer, yang sudah dimulai sejak 2013 lalu, itu adalah Wisata Quran.

Duh, Gak Sabar!

Menyimak penuturan para pembicara yang hadir saat itu sungguh membuat saya gak sabar. Iya, saya kepengen banget deh semua yang disebutkan tentang program Kampung Wisata Quran ini bisa segera terwujud. Saya kepengen banget ajak keluarga besar, lengkap dengan anak-anak untuk mampir ke Kampung Wisata Quran di Kecamatan Kiaracondong ini. Baru nyeritain tentang tur ke percetakan Alquran aja, anak-anak saya udah exciting. Mereka kepengen banget katanya ke sana. Melihat-lihat sendiri bagaimana kita suci Alquran dicetak satu per satu.

Untuk teman-teman yang berwisata ke Bandung, jangan lupa untuk mampir ke Kecamatan Kiaracondong, ya. Tur ke percetakan Alquran Syaamil pasti akan membuat teman-teman suka. Gratis pula. Tapi datangnya harus rombongan dan sudah mengontak pihak yang ada di sana, ya. Biar gak bentrok dengan rombongan lain. Alamat dan kontaknya saya tuliskan di bawah ini.

Kampung Wisata Quran
Jl. Babakan Sari I No. 71
Kiaracondong, Bandung
Telp. (022) 7208298

Oke deh teman-teman, segitu dulu cerita saya tentang Kampung Wisata Quran. Nanti deh, kalo saya ke sana lagi, saya tulis detail semuanya. Semoga bermanfaat!


19 komentar:

  1. Mauuukk banget halan2 cuss ke Kampung Wisata Quran
    Senaaaangg ya banyak wisata religi yg uhuy buanget di BDG
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Masya Allah, kak. Pastinya tempat-tempat wisata seperti Kampung Al-Qur'an ini ditunggu banyak masyarakat, ya. Jadi ikutan nggak sabar nungguin. Nanti jangan lupa update ya, kaaak

    BalasHapus
  3. Wah hebat nih. Taunya kalau wisata religi di Jabar itunke Daarut Tauhid. Sekarang ada lagi di kota. Kudu mampir nih kalaubke Bandung.

    BalasHapus
  4. This is one great example of a religious designation where everybody can learn a lot about Islam. I would love to visit this place is well

    BalasHapus
  5. Ini kan kantor pusat tempatku kerja n__n

    BalasHapus
  6. Masya Allah, ternyata tujuannya mulia banget. Gak sekadar mengenalkan tentang proses pembuatan Al-Quran. Semoga semakin banyak yang cinta Al-Quran. Aamiin

    BalasHapus
  7. Wah salut deh ada program di kampung seperti ini pastinya anak2 akan lebih terdorong untuk mempelajari alquran dan tercipta suasana yang islami, dan mudah2an tak hanya menjadi hafiz alquran namun jg ahli tafsir

    BalasHapus
  8. Gebrakan baru .. membuat kampung wisata dengan konsep baru gini. Ajaib bener Bandung emang mah. Salut, aku jadi pengen ke sana nih mba.

    BalasHapus
  9. Aku bahagia banget ada kampung Qur'an ini semoga bisa menyebar ke kampung2 lainnya...aih swnangnya..

    BalasHapus
  10. Masya Allah niat yang bagus seperti ini memang patut didukung oleh semua pihak ya Teh. Apalagi nantinya bakal ada 6 kelurahan yang akan dijadikan sebagai destinasi wisata Quran. Masuk list kunjungan bareng keluarga nih

    BalasHapus
  11. Wah.. Deket nih sama kantor saya.
    Kalau keponakan saya datang ke bandung, kayaknya bisa nih diajakin ke sini.

    BalasHapus
  12. Aku kalau inget Al Quran terbitan Syamil ingatnya juga AlQuran mushaf yang warna warni ada yg ngepink atau pastel, girly gtu hehe. Seru banget bisa liat percetakan Al Qurannya, moga nanti pas ke Bandung bisa juga mengunjungi Kampung Wisata Quran ini😁

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah, makin banyak ya kemasan wisata yang dilengkapi dengan pendekatan Islami. Seneng deh kalau kayak gini. Apalagi anak-anak yaaa... kalau mereka dikenalkan dari awal pembuatan Al Quran, terus ditambah ada teknologi Augmented Reality yang bikin mereka makin tertarik, tentunya kecintaan pada kalam Ilahi ini akan makin mengental dalam denyut nadi.

    BalasHapus
  14. Kereeen… alhamdulillah ya kak udah ada kampung wisata quran macam ini, duh aku jadi pengen cepet-cepet atur schedule buat ajak keluarga main ke sana

    BalasHapus
  15. Masya Allah. Destinasi wisata baru yg kudu didatengin nih. Anterin dong teh ke kampung wisata quran

    BalasHapus
  16. Saluutt sama Bandung yang begitu memerhatikan kesholihan wargaNya.
    Semoga Allah mudahkan segalanya untuk pemimpin negeri ini dalam hal kebaikan yang membangun negeri.

    BalasHapus
  17. wew Alquran dengan teknologi AR buat anak? kayak main game aja nih.
    Pernah dengar Alquran syaamil, ternyata percetakannya di Bandung. Seru juga buat wisata keluarga mampir ke Kampung Wisata Quran.

    BalasHapus
  18. Nanti kalau ke Bandung mau ngajak Pewe ke Kampung Quran ah. Semakin panjang nih daftar tempat yang mesti dikunjungi di Bandung.

    BalasHapus
  19. Asik kalau ke bandung musti dateng nih. Suka banget aku sama destinasi wisata religi, deket lagi di bandung jadi bisa kasih wisata agak beda dikit sama anak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)