22.4.19

Kenapa Usaha Online Harus Punya Website?


Hai, saya pengen nanya jujur nih, lebih suka belanja online atau offline? Kalo saya, belanja online. Untuk barang, bahkan jasa apa pun. Sebab kepraktisannya, waktu belanjanya, hingga harganya membuat saya merasa diuntungkan. Iya, berkatnya, saya tidak perlu lagi membuang waktu pulang-pergi ke toko fisik; kemudian juga bisa bertransaksi kapan pun, bahkan tengah malam; dan juga dalam memilih barang/jasa tersebut, saya bisa langsung memilih harga yang sesuai dengan kebutuhan saya. Tinggal diam di rumah, gunakan hape atau laptop, pilih-pilih, bayar dengan cara transfer mbanking atau e-banking, dan lalu tunggu barang sampai. Waktu yang luang, bisa saya gunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

Tapi saya sering kecewa. Tak semua barang yang saya butuhkan bisa dibeli secara online. Tidak ada website-nya dan tak tersedia juga di marketplace. Mau gak mau, walopun saya butuh, akhirnya saya cari penggantinya. Soalnya males ya kalo harus beli ke toko offline-nya secara langsung. Belom tentu juga tempatnya deket. Kalo jauh, ya sudah, bye bye sajah.

Punya Usaha? Bikin Website, Dong!
Itu saya, salah satu pelanggan yang mungkin sangat membutuhkan produk/jasa Anda. Saya yakin, yang berpikiran sama tak hanya saya. Ada puluhan, ratusan, bahkan mungkin ribuan calon pembeli barang/jasa Anda yang akhirnya memilih kompetitor Anda yang punya website. Iyalah, hari gini kan semua orang pada punya hape. Internet bukan lagi hal yang asing. Dan belanja online sudah jadi gaya hidup masyarakat kita.

Anda punya usaha tapi masih belum punya website untuk usaha Anda? Kenapa? Masih belum yakin? Atau belum tahu manfaatnya? Sini… sini, saya ceritain apa saja manfaat website untuk usaha Anda.

1. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan
Ini yang saya rasakan tadi. Saya sudah suka dan butuh pada suatu barang. Karena terbiasa belanja online, saya cari produk tersebut di internet. Nah dengan Anda punya website untuk usaha Anda, maka kebutuhan saya bisa terpenuhi. Jika tak ada website, maka pelanggan seperti saya sudah  pasti beralih pada produk kompetitor yang sudah punya website-nya.

2. Penjualan Tak Terbatas Ruang dan Waktu
Usaha offline itu mengenal toko tutup. Saat malam, tanggal merah, atau bahkan saat pemiliknya ada keperluan. Otomatis, penjualan tidak terjadi selama toko tutup. Nah dengan adanya website, penjualan tak mengenal batas waktu. Mau itu malam, tanggal merah, atau pun saat Anda ada keperluan, transaksi penjualan bisa tetap terjadi, karena ada sistem di dalam website yang akan melakukannya. Anda hanya tinggal mengeceknya saja.

Tak sampai di situ saja, penjualan juga tak hanya menjangkau daerah lokal di mana toko offline Anda berada. Orang yang berada di ujung pulau Indonesia, atau ada di belahan benua Afrika, bahkan bisa belanja produk Anda.

3. Menambah Jumlah Pelanggan
Ini jelas ya, dengan adanya website, di mana pelanggan bisa belanja kapan saja dan di mana saja, jumlah pelanggan akan lebih banyak lagi. Tak hanya pelanggan lokal yang dekat dengan toko offline Anda. Tetapi global dari seluruh penjuru dunia. Apalagi jika website Anda sudah bermain SEO. Hasil pencarian Google atau mesin pencari lainnya, akan mengarahkan calon pelanggan ke website Anda.

4. Menambah Omzet Penjualan
Ini juga adalah imbas dari produk Anda yang terakses secara global. Dengan bertambahnya pengunjung ke website Anda, maka potensi pelanggan akan betambah. Dan akhirnya, omzet dari produk usaha Anda pun akan meningkat.

5. Beriklan dengan Budget Murah
Anda pernah mengiklankan produk/jasa usaha Anda? Di mana? Di radio, koran, majalah, spanduk, atau bahkan tv? Berapa budget-nya? Lumayan mahal, kan? Nah dengan punya website, Anda bisa beriklan secara murah. Sebab nanti calon pelanggan akan langsung terhubung ke website Anda dengan hanya satu klik saja. Anda bisa beriklan di Facebook, Instagram, Twitter, atau website-website terkenal lainnya. Dan budget-nya, itu relatif murah. Bisa 10 ribu rupiah, 20 ribu rupiah, atau sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Bahkan iklan gratis juga ada.

6. Hubungan yang Lebih Baik dengan Pelanggan
Pengalaman saya yang akhirnya beralih ke kompetitor suatu produk pasti tak akan terjadi jika produsennya punya website. Andai saja mereka punya, saya mungkin bakal menjadi pelanggan tetap. Dan sudah barang tentu, jika jadi pelanggan tetap, hubungan produsen dengan pelanggan akan jadi lebih baik.

Di website biasanya ada tempat bagi pelanggan untuk testimoni. Nah dari sini, produsen bisa mengapresiasi, mengantisipasi, serta mengatasi apa pun keluhan atau testimoni pelanggan. Dari sini akan timbul hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Dan tentu, produk Anda juga akan lebih baik karena mendapat masukan dari pelanggan.

7. Menciptakan Klien Potensial
Jika kebutuhannya pelanggan terpenuhi, dan mereka puas dengan produk/jasa Anda, maka mereka bisa menjadi klien Anda. Bisa membedakan apa itu klien dan pelanggan? Pelanggan adalah mereka yang membeli produk/jasa Anda. Pelanggan bisa datang dan pergi kapan saja. Ada pun klien adalah pelanggan yang membeli secara rutin. Mereka loyal karena mendapat kepuasan dari Anda.

Nah website bisa menciptakan klien potensial itu. Karena segala keinginan, testimoni, kritik, hingga masukannya Anda terima dan lalu diperbaiki pada produk/jasa Anda selanjutknya, maka mereka akan terus percaya kepada Anda. Repeat order pun terjadi.

8. Selalu Update
Punya website akan membuat Anda selalu update. Ya, Anda akan terus menerus memperbarui produk/jasa Anda. Tentunya atas riset, masukan pelanggan, testimoni, dan lain sebagainya. Tersedianya produk/jasa yang baru dari Anda untuk pelanggan atau klien juga bisa Anda lakukan di website Anda.

Gimana, Mau Bikin Website?
Nah, itu dia beberapa manfaat dari memiliki website untuk usaha Anda. Pastinya, website ini akan semakin membuat usaha Anda berkembang. Iya, sekarang memang banyak tersedia marketplace. Anda bisa berjualan di sana. Tapi tetap sih, kedudukannya tidak bisa menggantikan website. Jangan salah, website juga merupakan sebuah prestise bagi para pelaku usaha.

Jika Anda berencana membuat website, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Misalnya saja adalah bonafiditas dari penyedia hostingnya. Jangan sampai, Anda keliru memilihnya. Sebab secanggih apa pun website usaha Anda, jika Cloud Hosting yang diberikan penyedia hosting jelek dan kapasitasnya kecil, semua akan sia-sia.

Sebaliknya, jika penyedia hostingnya bonafid dan sudah dikenal banyak kalangan, walau pun website usaha Anda sederhana, Anda akan mendapat manfaat yang maksimal. Dan dalam hal ini, saya bisa merekomendasikan Qwords sebagai perusahaan Hosting Indonesia yang berkualitas itu. Kredibilitasnya bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang mempercayakan hosting website mereka ke Qwords. Banyaknya testimoni positif juga semakin memperkuatnya.

Baiklah, itu dia sekelumit hal soal website usaha online. Di era milenial seperti sekarang, semua jenis usaha sudah seharusnya menjajal dunia online. Termasuk usaha Anda. Karena kebutuhannya memang demikian adanya. Semoga bermanfaat. Mari merambah dunia online!


44 komentar:

  1. Setuju banget mba, sebaiknya memang punya website, biar gak 24 jam pantengin hape hahaha.
    Cuman emang kalau penjualan barang mending dikasih keterangan, takutnya orang belanja pas libur, kita juga lagi liburan trus barangnya ga dikirim-kirim hehehe

    BalasHapus
  2. setuju teh, soalnya kalau via hape doank, konsumen suka ga tau waktu ngechat atau nelp :( *pengalaman pribadi kalau di web kan ada jam operasionalnya

    BalasHapus
  3. nah bagus nih memang... kalau usaha harus punya website sendiri supaya terkesan professional juga ya.

    BalasHapus
  4. waah iya banget ini, aku sendiri sebagai pembeli suka sebel kalo ada olshop yang slow respon, olshop sekarang masih banyak yang ga nyantumin harga kalo jualan di IG, kalo di website kan biasanya udah lengkap ya teh, hihihi

    BalasHapus
  5. Saya sering menemani suami bikin website sendiri untuk proyek proyek dia di bidang jasa penjualan Mbak. Alhamdulillah jadi senengm suami ngerti bagaimana cara bikin website dan saya juga pasti dapat ilmu baru dari dia. Perlu banget memang, pelaku usaha memiliki website, selain terlihat profesional juga menjaring pelanggan sebanyak banyaknya

    BalasHapus
  6. Penting mbak kalau usaha ada website juga yang dikelola, selain produk yang ditawarkan jelas, ketentuan dan sebagainya juga lebih informatif. Di samping itu, website itu sendiri juga memberi penghasilan selain dari jualan. Kalau jasa hostigng Qwords udah tahu lama mbak, cuma memang belum ngulik lebih jauh apa promo yang diberikan. Mau berselencar ke web nya dulu.

    BalasHapus
  7. bener nih mbak , aku kadang kalau mau belanja lewat online trs nanya adminya bales super lama dan yang ditanyain kadang dijawabnya yang lain suka gemes banget huhu dan sebel sih kadang kalau ada olshop yang gak nyantumin harga juga karena jadi lama nanti musti tanya2 blm lagi td kl slowres kan mls huhu

    BalasHapus
  8. Website bagaikan kantor utama sedangkan market place seperti kantor cabang. Biar enak dan gampang informasi produk serta kegunaan lebih enak sih lihat di website

    BalasHapus
  9. Aku juga suka lihat-lihat di web daripada "Harganya aku DM yaa, sis.."
    Remfong banget kan yaa, teh.

    Kalau ada websitenya kan...enak liat-liat katalog produknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kualitas seller ditentukan dari brbagai macam hal yaa, teh...
      Kadang kalau pelayanan kurang baik, aku langsung menilai "Jualannya gak niat ini..."

      Hihii..padahal bisa jadi, mereka kurang informasi.
      Dan tulisan teteh menginspirasi sekali...

      Hapus
  10. Bener banget mba, kalau ada website jadi lebih mudah dan nggak ribet sih buat kita sebagai pelanggan, mau belanja kapan aja juga bisa

    BalasHapus
  11. Aku dulu punya usaha online dan punya website sendiri, rasanya lbh nyaman aja gtu dan kyk bikin kita sbg seller terpercaya. Bukan abal2 :D

    BalasHapus
  12. Bener ni, jaman sekarang kalo jualan online biasanya pada punya website sendiri, aku juga senenh kalo belanja di online di website resminya

    BalasHapus
  13. Tuntutan jaman ya Teh, dengan memiliki website memudahkan pelanggan untuk belanja lebih efisien.
    Bagi pengusaha juga lebih praktis menggunakan web dalam operasional perusahaannya

    BalasHapus
  14. Jadi tidak hanya untuk sebagai katalog jualan tapi juga sebagai branding dari produk dan merek termasuk bahan promosi juga ya, penting banget ya Punya website untuk yang punya usaha online

    BalasHapus
  15. Sebagai pecinta belanja online aku emang paling suka kalau ada yang punya websitenya dibanding kepoin di IG suka kesel ga ada harga dan mesti DM wkwkwk..

    btw aku dan suami juga pake qwords teh, jauh sebelum punya blog suami duluan yang udah kecantol qwords buat websitenya

    BalasHapus
  16. memang ya teh kalau online shop punya web jadi lebih percaya gitu buat belanja disana, dan bisa liat lebih detail tentang produk-produknya

    BalasHapus
  17. Setuju Mak Nia, website itu penting. n ngisi websitenya lebih penting hehe. Ingat website jualan saya yg masih terbata2 ngisinya

    BalasHapus
  18. betul teh punya usaha online pakai website itu bisa lebih menguntungkan, saya juga pernah dulu waktu aktif jualan online pakai website hasinya lumayan. Tapi udah lama gak diterusin hehehe

    BalasHapus
  19. Saya juga paling seneng kalau window shoping langsung ke website brand, biasanya lebih lengkap dan suka banyak promo produk dari brand-nya langsung, jadi kepikiran bikin websitw kalau kalau mau bisnis lagi

    BalasHapus
  20. Iya juga ya mbak..sejauh ini bisnis online saya terkesan "gini-gini aja" karena memang blm menyediakan websitenya. Makasih mbak..saya cb koreksi lagi deh.

    BalasHapus
  21. Aku pernah pegang bisnis online juga mba. Setuju banget website ibarat rumah, yang di medsos2 gitu bisa diarahkan ke website. Kalo jago SEO malah bisa mendulang lebih banyak customer lagi ya.

    BalasHapus
  22. sebagai pembeli, saya juga lebih suka berbelanja di online shop yang punya website. Kesannya tuh lebih profesional dan terpercaya :)

    BalasHapus
  23. Setuju banget jika media online menjadi lebih memudahkan buat memulai bisnis ya mbak. Saya pun jg pernah berjualan dgn media online

    BalasHapus
  24. Kalau punya usaha memang baiknya offline dan online juga untuk zaman sekarang. Habisnya pembeli memang datang dari mana saja sih. Dan nyari penyedia hosting yang oke tuh wajib banget

    BalasHapus
  25. Dari dulu aku paling suka kalau ada penjual online yang punya website apalagi kalau di-update secara berkala karena itu memudahkan banget buat yang belanja

    BalasHapus
  26. Bener sih kudu punya web. Jd semacam membangun trust gt kpd customer. Trus jd bisa liat2 katalog lbh enak

    BalasHapus
  27. Ada yang ga berpikiran punya website itu penting mba. Katanya lebih cepat 'tik tok'nya kalau lewat medsos marketplace dan WA aja. Tapi yah sebenarnya banyak keuntungan punya web seperti yang dijelaskan di sini.

    BalasHapus
  28. Kebetulan mbak kemarin2 Saya ikut kelas ttg website utk usaha ini, jaman skrg kalau ga ngikutin jaman bisa kelelep ya..apalagi kalo di bidang enterpreneur Dan gak punya website, bisa kalah sama yg lain krn website bikin pelanggan jadi terbantu banget Dan memudahkan mereka..

    BalasHapus
  29. Minggu lalu, aku dibuat jengkel pas belanja di pasar tradisional, Mbak. Beli celana dalam harganya selangit. Padahal di online shop saja harganya setengah dari yang ditawarkan lho. Bebas ongkir pula. Hiks hiks. Kalau semua penjual di pasar tradisional seperti itu, oasar bakalan sepi.

    BalasHapus
  30. Iya penting banget nih aku jg dulu ga punya website susah cari pembeli begitu punya asyik deh jd mulai rame.hehe..

    BalasHapus
  31. Buat nguatin branding juga ya Mbak Nia kalau punya website sendiri ya. Orang gampang kalau nyari info lebih lanjut pas google.... :)

    BalasHapus
  32. Aku nggak kepikiran ini mba Nia
    iya juga ya, meski usahaku masih kecil-kecilan nggak ada salahanya juga ya bikin website hehehe

    BalasHapus
  33. Wah ini saya banget lebih suka belanja online dan lihat dar WEb karna untuk kepercayaan lebih nyaman buat saya yg suka belanja

    BalasHapus
  34. soalnya kita kalua cek segala macem kan di website yaa mba. Apa-apa tinggal browsing. Jadi penting bangeet untuk punya website saat berbisnis online

    BalasHapus
  35. bener banget mba. usaha online butuh banget website. jadi membangkitkan rasa percaya pelanggan sama jualan kita. ga ribet dan pelangan mudah mencari barang yg dia mau.

    BalasHapus
  36. Bener Teh, saya juga lebih suka belanja online karena biasanya kita hanya belanja barang yang dibutuhkan aja. Lebih hemat energi, waktu dan ongkos lain-lainnya juga. Makin jarang jadinya belanja fisik, kecuali memang sekalian pas ada beberapa kebutuhan lain.

    BalasHapus
  37. Intinya lebih profesional,dan percaya ya Teh,lebih menguntungkan buat si penjual onlen

    BalasHapus
  38. Memang lebih profesional kalau punya web Teh, kadang walau udah punya brand gede, kalau gak punya web pelanggan baru mau liat-liat produknya apa aja jadi kesulitan.

    BalasHapus
  39. Betul banget, teh.
    website juga berguna untuk membangun branding usaha kita di mata pelanggan ya

    BalasHapus
  40. Update barang adalah pekerjaan yang butuh konsisten tinggi kalau emang udah buat WEB. Hihihihi.

    BalasHapus
  41. bener ini, kalau mau bisnis online website emg perlu banget. apalagi selama google masih kepake. Makin banyak change konsumennya hihi

    BalasHapus
  42. Biar branding kita kuat dan biasanyaebih kredibel aja ya. Pemilihan nama domain juga bagus itu biar yang pas

    BalasHapus
  43. Iya kalau memang mau merambah pasar yang lebih besar dan mendapatkan omzet yang lebih tinggi, kayanya memang perlu punya website ya mbak. Apalagi kalau websitenya menarik dan informatif, pasti banyak orang yang tertarik juga.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)