13.4.19

Liburan Murah dan Meriah dengan Berkemah


Manteman, bentar lagi libur panjang nih. Sudah pada punya rencana mau ngabisin liburan di mana? Kalo saya sama keluarga, kayaknya gak akan ngabisin liburan di satu tempat saja. Soalnya, tiap-tiap orang pada kepingin liburan di tempat yang beda-beda. Jadinya ya, biar adil, semua keinginan harus diwujudkan. Baik itu keinginan saya, suami, hingga ke anak yang paling kecil.
​​
Dari semua keinginan, punyanya 2 anak yang paling kecil adalah yang paling unik. Berkemah alias camping. Iya, gara-gara beberapa waktu lalu kakak sulungnya berkemah, mereka jadi kepengen ngerasain. Pengen di gunung katanya biar seru. Dan bukan cuma itu saja, pengalaman mengasyikkan selama di gunung beberapa waktu yang lalu, membuat mereka ketagihan main di gunung.

Ngomong-ngomong soal berkemah dan gunung, teman-teman pada tahu kan tempat-tempat berkemah di sekitar Bandung yang murah tapi cukup mengasyikkan? Kalo belom tahu, nih saya kasih bocoran.

1. Ranca Upas
Tempat berkemah yang satu ini saya kira semua udah pada tahu. Iya, Ranca Upas. Sebuah tempat di daerah Bandung Selatan, tepatnya di daerah Ciwidey.

Selain menawarkan tempat asyik untuk berkemah, Ranca Upas memberikan daya tarik yang lain kepada pengunjungnya. Misalnya saja tempat penangkaran rusa. Melihat bagaimana rusa-rusa tutul itu hidup, bertingkah laku, bahkan begitu friendly saat dielus dan dikasih makan, sangat disukai pengunjung.


Dua anak saya yang kecil belum pernah ke Ranca Upas. Cerita-cerita dan foto-foto keseruan dua kakaknya serta saya dan suami membuat mereka sangat penasaran. Mudah-mudahan deh, saat liburan tiba, cuaca cukup bersahabat. Sehingga kami bisa berkemah di Ranca Upas barang semalam atau dua malam.

2. Gunung Puntang
Ini adalah tempat berkemah murah meriah kedua yang ada di sekitar Bandung. Tepatnya di daerah pegunungan Malabar, Pangalengan. Tempat ini juga lumayan dekat dari rumah saya.

Main-main di Gunung Puntang

Dua anak saya yang kecil pernah main ke sini. Bareng saya dan suami. Walopun dulu tak sempat bermalam, keseruan yang dirasakan saat main air di sungai yang ada di sana, terutama saat di Kolam Cinta, tak terlupakan di memori anak-anak saya. Semoga deh, saat masa liburan tiba, cuaca Bandung sudah bersahabat. Biar saya dan keluarga bisa kesampaian berkemah di Gunung Puntang.

Main air di sungai Gunung Puntang

3. Cikole
Bumi Perkemahan Cikole adalah tempat ketiga tempat berkemah di sekitar Bandung yang murah meriah. Lokasinya ada di daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lumayan jauh dari rumah saya mah.

Di keluarga saya, yang pernah merasakan pengalaman berkemah di Cikole cuma saya dan suami. Tapi lagi-lagi, cerita keseruan saya dan suami membuat anak-anak kepengen juga berkemah di Cikole. Semoga kesampaian deh!

4. Gunung Masigit, Kareumbi, Cicalengka
Yang terakhir saya ceritakan mengenai tempat berkemah murah meriah di sekitar Bandung adalah ini. Gunung Masigit, Kareumbi, Cicalengka. Saya sendiri belom pernah ngerasain camping di sana. Tapi cerita suami yang beberapa kali menginap di rumah pohon di sana membuat saya penasaran. Anak-anak saya pun demikian.

Itu dia 4 tempat berkemah murah meriah di sekitar Bandung yang bakal jadi salah satu tempat kami mengisi liburan. Kami sudah tak sabar untuk segera ke sana.

Untuk teman-teman yang kepengen sensasi berkemah yang lain, teman-teman bisa mencoba camping premium. Hehe... maksud saya adalah berkemah di gunung tetapi dengan fasilitas layaknya di hotel. Sedang popular nih di Bandung. Misalnya seperti di Trizara dan Glamping.

Yang kepengen liburannya gak dengan cara berkemah, tetapi kepengen tetap murah meriah, tentu bisa. Ada banyak juga hotel di Bandung yang memiliki rate terjangkau. Teman-teman bisa mencarinya dengan mudah. Misalnya di Pegipegi. Fitur pencarian hotelnya sangat mudah sekali kita gunakan.

Ya, cuma dengan klik/tap ini dan itu di aplikasi Pegipegi, dalam sekejap kita sudah mendapatkan hasil yang kita mau. Dan jika ingin tahu lebih detailnya, kita tinggal klik/tap hotelnya. Jika dirasa cocok, kita pun bisa langsung booking hotel tersebut via Pegipegi. Mau nyari penginapan murah di Bandung atau villa di Bandung pun bisa di Pegipegi. Gampil pisan, kan?

Fitur pencarian hotel di Aplikasi Pegipegi

Tinggal pilih kota tempat hotel yang kita cari

Klik/tap Hemat untuk cari hotel murah

Cai info detail dengan klik/tap nama hotelnya

Oke deh manteman, segitu dulu tulisan saya kali ini. Semoga gak ada halangan deh liburan dengan berkemahnya ya. Dan semoga juga rencana liburan teman-teman bisa lancar. Ke mana pun itu. Sampai ketemu di tulisan saya selanjutnya. Bye!

26 komentar:

  1. n_n kalau Liburan memang harus dijadwalkan dan di budgeting.
    Apalagi tujuannya g cuma 1.

    BalasHapus
  2. Wah pengen coba kasih makan sambil mengelus rusa di Ranca Upas
    Pasti jadi pengalaman tak terlupakan nih

    Aku paling suka travelling seperti ini, kembali ke alam
    Tentu sambil tetap menjaga kebersihan ya

    BalasHapus
  3. Rasanya pengen teriak kalau saya udah kangen banget camping. Udah setahun lebih gak camping hehehe. Suka baper sih kadang-kadang kalau lihat yang camping :D

    BalasHapus
  4. Jadi pengin nih liburan bareng anak2 dengan berkemah. Belum pernah lhooo.. padahal dulu emak bapaknya hobi kemah dan naik gunung. Sekarang males mau pergi2 outdoor gitu, udah terlalu berat menanggung berat badan :))

    BalasHapus
  5. Pakai aplikasi Pegipegi bisa dapat hotel murah. Asyik banget. Jadi kabita untuk staycation, ha ha. Terutama hotel murah yang menawarkan fasilitas wifi gratis, kolam renang, dan sarapan. Paket komplet yang sangat menggoda.
    Saya dan keluarga belum pernah berkemah, pengen juga.
    Cicalengka itu berbatasan dengan Balubur Limbangan, Garut, lucunya saya tak tahu soal Gunung Masigit di Kareumbi. Kudet lagi.
    Oh ya, Bandung kayaknya lebih asyik dijelajahi di wilayah perkotaan karena saya yang orang kampung bisan lihat gunung mulu, di luaer rumah panoramanya bentangan gunung dari timur ke barat, juga utara (kecuali selatan yang daerah atas bukit yang merupakan perumahan). Pengen bisa ngerasain nginap di hotel murah kayak Imoerium agar leluasa menjelajahi Bandung dengan nyaman dari pagi sampai sesorean.

    BalasHapus
  6. mbaaaaa.. saya mupeeengggggg!!!
    Kami juga berniat mau liburan dengan berkemah nih, pengen ngajarin anak-anak bersahabat dengan alam, secara si kakak anak saya tuh anak mol mulu, gak betah main di taman, katanya gerah ckckck

    Baca ini jadi pengen segera mewujudkan rencana kemping tersebut :)

    BalasHapus
  7. Ya Allah liburan terfavorite ku ini berkemah. Apalagi banyak pilihan tujuan berkemah yang murah. Pengen segera berkemah nih habis lebaran

    BalasHapus
  8. Kalo berkemah kayak gitu, di lokasi punya tetangga nggak sih Mbak? Ada kekhawatiran binatang buas nggak? Pingin ngerasain tapi kok rada horror 😃

    BalasHapus
  9. Cikoleh lumayanjauh dari rumah Teh Nia, komo dari rumah aku ya hehehe. Sekali-sekali ngineo di tanda seru ya sama keluarga, asal ada listrik sama colokan :-D tetep gak lepas dari gadget

    BalasHapus
  10. Udah lama banget ngga liburan berkemah sepeti ini lagi.. aku pernah ikutan kemah ceria akbar dan memang seru dan menyenangkan ya.. apalagi bersama anak-anak jadi momen liburan menyenangkan tersendiri.. setuju banget kalo pegipegi bisa mewujudkan kita mencari tempat penginapan liburan dengan harga murah meriah, tentu bisa. Ada banyak juga hotel di Bandung yang memiliki rate terjangkau.. fitur pencarian hotelnya sangat mudah sekali kita gunakan.. tinggal klik aja sesuai kebutuhan kita

    BalasHapus
  11. Seneng banget bisa berkemah dan menikmati alam. Kalau hotel yang terbaik melalui pegi-pegi keren juga mbak dan biasanya banyak promo.

    BalasHapus
  12. Hihihi... aku tuh diam-diam suka kalau Teh Nia cerita di medsos tentang anaknya yang paling kecil. Kayaknya suka unik aja ya Teh tingkahnya. Aku tunggu deh Teh cerita camping pas liburannya entar. Coba deh, entar kan mesti ada aja cerita yang unik kalau tentang anaknya Teh Nia yang bungsu.

    BalasHapus
  13. Huwaaaa...itu pemandangan cakep banget mba. Jadi pengen ikut menikmati camping di alam bebas kaya gitu deh. Anak anakku juga suka kalau diajak main di luar. Pertanda kami harus agendakan main camping campingan yaaa

    BalasHapus
  14. Asyik yaa kalau camping sama anak2. Aku punya temen yg hobi ajak anaknya kemping dan mereka ada komunitasnya gt yg buat family. Seru bgt sih

    BalasHapus
  15. aku pengen ke rancaupas. pgn camping disana sama anak dan suami. pasti seru bgt yaa

    BalasHapus
  16. Kemping ini favoritku dan kluarga kecil juga mb, udh dibiasain sama baby sejak umur 7 bulan :)) btw dr sekian daftar, pernahnya di Cikole. Boljug tuh daftar yg lain!

    BalasHapus
  17. Belum pernah liburan keluarga dengan berkemah. Selama ini yang kemah anak-anak, itu pun dalam rangka kegiatan sekolah. Boleh juga ini idenya. Kebetulan di Jogja juga ada wisata yang menyediakan untuk kemah juga. Pastinya seru ya mbak. Btw, Tizara glamping, impian banget buat kesana. Suka baca reviewnya. Bikin mupeng deh

    BalasHapus
  18. Aku pernah tuh mbak, beberapa tahun yang lalu on the spot mau ke Ranca upas, tak bisa nginep karena terlalu mendadak. Lain kali aku mau coba arrange jauh jauh hari, biar bisa berkemah di sana. Aku udah install aplikasi pegi pegi nih, lumayan membantu sekali

    BalasHapus
  19. Bandung masih jadi idaman banget Mba Nia
    kemarin bloggerday cuma dua hari, pengen explore belum sempet
    semoga bisa mampir ke rekomendasimu buat berkemah, pesennya di pegi2 biar hemat

    BalasHapus
  20. Kalau sudah berkeluarga emang harus adil ya. Kalau sekarang sih, ortu ngikut aku :))) Jadi, jenis liburannya yang kekinian terus dan mostly restaurant/cafe hop (tapi pada dasarnya kita keluarga yg doyan kulineran sih). Kapan2 aku ke Cikole ah. Sekali2 haha

    BalasHapus
  21. Waah seru mbak kemping. Itu air sungainya jernih banget yaaa :D
    Anak2 pasti suka ya maen di sana :D
    Aku pengen jg nih bawa anak2 kemping tapi blm keturutan. Di area Bogor katanya jg ada bumi perkemahan ramah anak tapi aku blm pernah ke sana :D

    BalasHapus
  22. Saya belum keturutan ajak anak2 camping, baca ini jadi makin kepingin camping.. seru banget yaaa mba :)

    BalasHapus
  23. Aku belum kesampaian nih mak mau ngajak anak2 semua kemping. Apalagi sekarang anak2 udah besar dan ada yang lanjut sekolah di asrama tambah susah lagi ngumpulin nya. Padahal kemping sekeluarga kan asyik ya

    BalasHapus
  24. Saya belum pernah kemping dgn.keluarga...jd pengen nyoba nih yg di Ranca Upas..😍

    BalasHapus
  25. Aku kok takut yaa, teh...mau berkemah bareng anak-anak.
    Takut kedinginan, takut ada hewan, takut ga ada sinyal, eh...inisih emak bapaknya yaak...hahahah~

    Harus dicoba niih... yang paling ramah dulu sama anak-anak, dimana yaa teh?

    BalasHapus
  26. Ahhh pengen banget ini berkemah.. menunnggu anak-anak udah gedeean dikit baru deh rencana kemah akan dilanjutkan heheh...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)