26.4.19

Lelang Rumah, Solusi Pintar Dapatkan Rumah Murah


Mahalnya harga rumah kerap menjadi batu sandungan seseorang untuk membeli hunian idaman, apalagi bagi di kawasan perkotaan harga jual rumah di sana tiap tahun selalu melesat naik, tidak sebanding dengan pendapatan masyarakatnya.

Namun tahukah Anda, ternyata masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk membeli rumah  dengan harga yang bersahabat, salah satunya dengan mengikuti lelang rumah online, melalui cara ini Anda bisa mendapatkan harga jual rumah dengan murah di lokasi yang tersebar diberbagai wilayah di Indonesia.

Lelang rumah sendiri merupakan aktivitas lelang dari hasil sitaan bank karena cicilan rumah gagal dibayar oleh debitur. Nah, bagi Anda yang ingin mengikuti proses lelang rumah online, berikut ini adalah caranya: 

Daftar ke Situs DJKN
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri ke situs Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), di website tersebut Anda bisa menemukan banyak rumah dijual dengan berbagai tipe, ukuran, dan lokasi.

Cara mendaftar ke website ini sangat sederhana, Anda hanya mengklik menu sign up. Kemudian mengisi biodata diri seperti nama, alamat, alamat email kemudian Anda akan mendapatkan kode  kode aktivasi melalui balasan email.

Pilih Rumah
Setelah mendapatkan kode verifikasi, setiap pencari rumah akan langsung bisa mengakses website DJKN, kemudian di sana mereka bisa langsung melihat dan memilih rumah yang ditawarkan berikut dengan harga jual rumah nya, lokasi dan spesifikasi. Sedikit saran, perhatikan kondisi fisik rumah yang dijual, karena banyak kasus ditemukan ternyata rumah memiliki banyak kekurangan seperti plafon yang rusak, genteng yang bolong ataupun keramik yang sudah copot.         

Daftar dan Bayar
Usai memilih rumah lelang, Anda bisa langsung mendaftarkan diri untuk bisa mengikuti dengan mengklik tombol “ikut lelang” yang berada di bagian bawah rumah lelang.Saat mengikuti lelang, pembeli rumah juga diwajibkan untuk mengirimkan nomor KTP dan NPWP dalam bentuk softcopy, setelah itu akan dikirimkan nomor virtual account yang digunakan sebagai uang jaminan. Uang jaminan yang harus dibayarkan adalah sebanyak 20% dari total harga rumah lelang yang ingin dibeli.
 
Proses Lelang
Setelah uang jaminan ditransfer maka calon pembeli akan mendapat nomor token yang kemudian menjadi kunci pembuka untuk melakukan lelang atau bid. Sebelum memulai, Anda diharuskan terlebih dahulu menyetujui pernyataan syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti kewajiban untuk melunasi harga jual rumah tepat waktu. Kemudian dapat melakukan penawaran berulang kali hingga masa waktu lelang ditutup.

Pengumuman Pemenang Lelang
Penentuan pemenang akan dilakukan setelah tanggal lelang ditutup, jika memang penawaran Anda yang paling tinggi, maka Anda dipastikan memenangkan lelang. Kemudian sistem akan memberitahukan kepada pemenang melalui email, usai memenangkan lelang Anda pun wajib untuk melunasi rumah dijual maksimal 5 hari, serta biaya lelang sebesar 2-5% dan BPHTB. Lalu bagaimana jika kalah? Jika kalah maka uang jaminan yang telah disetorkan akan dikembalikan.

Itulah caa mendapatkan rumah murah melalui lelang rumah secara online. Semoga bermanfaat.

20 komentar:

  1. Gampang banget beli rumah sekarang pakai lelang ya. Gak perlu ribet nyari satu per satu. Belum pernah nyobain beli rumah lelang seperti ini. Nanti kalau duitnya cukup pengen nyobain beli properti lelang yg murah ah. Aamiin semoga ada rezekinya

    BalasHapus
  2. Makasih teh jadi tau sekarang nih tentang lelang rumah gini. Jadi emang harus berani harga juga yah

    BalasHapus
  3. Ho baru tau ada fasilitas lelang buat beli rumah..bermanfaat banget nih infonya..tfs teh Nia

    BalasHapus
  4. baru tau kalo ikut lelang rumah ternyata mudah banget

    solusi untuk dapetin rumah murah ya?

    BalasHapus
  5. Aku baru tau teh ada lelang rumah kayak gini, bener-bener harus diperhatiin pisan ya rumahnya nggak cuma dari luarnya aja yang kelihatan bagus, dalemnya harus terawat 😁

    BalasHapus
  6. fair ya teh kalau kalah uang jaminan kembali lagi yang ngenes aja kalau ga balik hehehe

    baru tau sistem lelang rumah begini nih

    BalasHapus
  7. Fair ya teh kalau yang kalah dikembalikan lagi uangnya jadi ga nyesek teuing wkwkwk..aku baru tahu nih aturan lelang rumah ternyata begini ga serumit dibayangkan

    BalasHapus
  8. Jadi tau informasi baru nch, seputar lelang rumah, lain kali boleh dicoba.

    BalasHapus
  9. Pernah dulu ditawarin sama temen yang kerja di Bank, teh..
    Aset lelang begini...
    Banyak keuntungannya selain tempat strategis, pasti harganya lumayan dibandingkan rumah baru.

    BalasHapus
  10. Kalau beli rumah lelang gini harganya jauh lebih murah daripada di pasaran ya teh? Baru tahu tentang DJKN, yang dilelang rumah aja? Atau ada barang lain seperti kendaraan?

    BalasHapus
  11. Wah, ternyata ada ya lelang rumah kayak gini. Bagus juga kalau uang yang kalah dibalikin jadi ga kapok ikutan.

    BalasHapus
  12. Wah seru ya kalau punya uang mau juga ya. Jadi memang terdaftar ya rumah itu. Maklum kadang ada aja ya asal info rumah dilelang nih murah. Padahal belinya dan rumah itu juga resmi terdaftar ya.

    BalasHapus
  13. Kek nya proses lelang seperti ini lebih mudah yah, dan bisa disesuaikan dengan bujet kita sendiri

    BalasHapus
  14. Keren nih ada lelang rumah. pasti lebih murah kalau dibandingkan yang baru.

    BalasHapus
  15. Nuhun Teh. Jadi tahu caranya. Siapa tahu Kedepannya bisa menangin tender beli lelang. Kan jadi gak bingung lagi

    BalasHapus
  16. Belum pernah mencoba nya. Sepertinya menarik juga buat dicoba. Sepertinya caranya juga ngga begitu sulit ya kak. Nanti uang yang sudah dideposit dikembalikan utuh tanpa potongan ya kak?

    BalasHapus
  17. Baru tau nih ada lelang rumah. Nyari rumah sekarang ngga cuma lihat2 di situs jual rumah aja ya, bisa daftar ke acara lelang rumah.

    BalasHapus
  18. Wow... boleh juga nih kalau lagi cari2 rumah murah. Aku mau coba daftar siapa tahu ada rumah bagus yg murah. Bbh

    BalasHapus
  19. Wah, aku baru tau ada informasi lelang rumah online seperti ini. Makasih mbak untuk infonya. Jadi enggak perlu repot lagi ya mbak kalau mau cari tempat hunian.

    BalasHapus
  20. baru tau saya teh tentang lelang rumah online gini heheh, lumayan yah kalau rezeki bisa dapatkan rumah dengan harga murah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)