7.1.19

Mau Ngasilin Materi dari Blog? Ini Tips dari Saya!


Hai manteman, selamat tahun baru 2019! Apa kabar? Semoga di tahun 2019 ini selalu sehat dan semua semakin baik, ya. Gimana tuh, sudah ngeblog berapa tulisan? Kalo saya sih, hehehehe… baru ini nih. Duh… katanya punya resolusi kepengen lebih produktif nulis, lha tulisan pertama di tahun ini, kok baru mulai tanggal 7 Januari. Beuh… payah, ya?!

Btw, ngomong-ngomong soal resolusi tahun 2019, pasti gak lepas dari pencapaian ngeblog di tahun 2018. Gimana, sudah sesuai dengan apa yang diharapkan? Saya sih, banyak sekali target ngeblog yang tercapai di tahun kemarin. Dan kalo ikutan temen-temen lain ngitung materi yang didapat dari ngeblog, angkanya lumayan banget. Kayaknya lebih dari 30 jt mah dapet. Alhamdulillah deh untuk ukuran monetize yang setengah-setengah. Iya setengah-setengah, sebab banyak juga tawaran di tahun kemaren yang saya tolak. Dari mulai kerjaan yang ada hubungannya dengan politik, hingga tidak memungkinkan karena faktor keluarga.

Tahun Ini Penginnya Gimana?
Tahun ini, saya tentu punya resolusi juga, meski tak saya tuliskan di blog, saya kepengin banget tahun ini lebih produktif. Bukan hanya dari sisi monetize blog, tapi juga produktivitas nulis yang lain. Kendala waktu yang selama ini jadi penghalang, kayaknya tahun ini bisa sedikit teratasi. Dua bocah yang dulu selalu nempel ke mana pun saya pergi, kini sudah lebih besar. Mereka sudah bisa anteng main, sementara saya bisa ‘curi-curi’ nulis.

Selain pengin lebih produktif nulis, saya juga kepengen lebih sering ikut acara off air. Iya, banyak-banyak kopdar alias gathering dengan teman-teman blogger, penulis, atau pun komunitas lain. Selain seru, ketemu banyak temen-temen akan menambah silaturahim serta wawasan baru. Semoga deh, semua lancar, banyak kesempatan, dan gak banyak halangan. Aamiin.

Untuk monetize blog gimana? Masih dong, hehehe… kalo bisa ngasilin materi dari tulisan, kenapa enggak, ya?! Jadinya kan sambil menyelam minum air. Sambil ngejalanin hobi, ya dapet materi juga. Dobel-dobel sensasinya. Tapi masih, saya ngandelinnya ke tulisan. Untuk Google Adsense, saya masih belom pede ngajuin. Takut ditolak euy. Saya mah baperan kalo untuk urusan tolak-ditolak. Cukuplah ditolak cinta sama gebetan zaman baheula saja, sama Google mah gak mau ngerasain. Hehehehe.

Oh ya, di tahun ini, saya juga kepengen belajar lagi ikutan lomba blog. Walopun tahu seperti apa lomba zaman sekarang; ya, makin susah-susah, dengan semakin banyaknya blogger-blogger muda yang jago-jago lomba; dan walopun saya sebenernya jiper, saya tetep kepengen nyoba. Lomba blog itu bikin kita tertantang untuk lebih kreatif. Selain tentunya, hadiahnya yang bikin mupeng. Bismillah, semoga si rasa malas dan jiper bisa jauh-jauh dari diri saya. :))))

Mau Ngasilin Materi dari Blog? Ini Tips dari Saya!
Duh, kok nulis ini! Temen-temen kan udah pada ngasilin materi dari blog juga, ya. Mana lebih gede pula dari saya. Heuheu… malu saya jadinya. Kayak ngajarin berenang sama ikan. Tapi gapapa deh, barangkali aja ada yang belom, atau kepengen lebih lagi. Dan ya, walopun udah banyak temen-temen kita yang bahas tentang ngasilin materi dari blog ini, tapi tips ala saya, ala Nia Haryanto kayaknya belom. Hahaha… siapa saya, ya? Wkwkwkw… gapapa deh, walopun bukan siapa-siapa dan belom apa-apa, semoga saja deh sedikit tips dari saya bisa bermanfaat. Sekaligus reminder juga buat saya. Ini dia tips ngasilin materi dari blog ala saya.

1. Nulis, Nulis, dan Nulis
Kita sering denger temen kita yang tiba-tiba kepengen ngasilin materi dari blog. Padahal usia blognya mungkin baru beberapa minggu saja. Dari sini jelas, tujuan dia ngeblog memang kepengen nyari materi.

Itu sah-sah aja ya sebenernya. Tapi di dunia ini tak ada yang instan, kecuali mie rebus. Hehehe… iya, untuk bisa di tahap ngasilin materi dari blog, kita kudu banyak nulis dulu. Nulis nulis dan nulis. Ya, ini menggambarkan proses. Semua orang pasti berproses. Sampai di mana? Tidak ada batasannya. Tergantung titik start-nya juga.

Saya sendiri nulis dari nol. Saya dulu benci nulis. Malah di zaman SMA, saya paling benci pelajaran Bahasa Indonesia. Pelajaran menulis Subjek, Predikat, Objek, Keterangan, dll, di dalam membuat kalimat yang baik dan benar serta efisien, itu sangat membosankan. Tapi saya dulu rajin nulis buku diary. Walopun bahasanya kacau, ini jadi bekal saya. Dan lalu di tahun 2000-an saya tertantang adik kelas yang tulisannya selalu muncul di koran. Akhirnya saya coba-coba ngirim ke koran juga. Eh, dimuat. Keterusan deh.

Menjadi editor buku di sebuah penerbit dan lalu menulis buku menjadi salah satu milestone saya di dunia tulis menulis. Setelah resign kerja kantoran dan lalu nambah 2 anak, saya pun vakum menulis dan mengedit buku. Tapi karena udah cinta nulis, saya pun beralih ke blog. Jadilah blog tempat saya mencurahkan segala hal. Tak disangka, dari sekadar curhat ini saya dapet rezeki berupa materi. Pertama kali saya dapet tawaran job ngeblog itu tahun 2013. Sekitar 5 tahun sejak saya bikin dan nulis di blog.

2. Join di Banyak Komunitas
Ini yang bikin kita jadi tahu banyak hal. Join komunitas, terutama komunitas nulis dan ngeblog. Komunitas Forum Penulis Bacaan Anak (FPBA) dan lalu Komunitas Emak Blogger (KEB) adalah 2 komunitas pertama yang saya ikuti. Dari 2 komunitas ini saya jadi tahu tentang dunia menulis dan juga dunia ngeblog. Barulah, setelah itu saya banyak gabung di komunitas-komunitas penulis dan komunitas blogger lainnya.


Join di komunitas tak hanya dapet ilmu dari banyak senior, saya juga jadi dapat banyak rezeki materi. Iyes, di komunitas-komunitas seperti ini tak jarang diposting juga tawaran pekerjaan. Dari menulis job review, hingga membuat konten web. Tapi tetep, untuk bisa dapet jobnya, kita harus masuk kualifikasi. Seperti kualitas tulisan, traffic blog, dan hal-hal yang sifatnya kuantitatif dari blog kita. Dulu mah ada Page Rank, Google Rank, Alexa, dan lain-lain. Nah kalo sekarang biasanya Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA), serta Google Analytics.

Oh ya, masuk ke grup-grup job untuk blogger juga ya. Di sana ada banyak yang posting mengenai pekerjaan yang membutuhkan blogger untuk kerja sama. Cari aja di Facebook. Banyak deh!

3. Banyak BW dan SW
Kalo dibilang ribet, dunia blogging memang ribet. Tapi kalo dibawa enjoy, asyik-asyik aja tuh! Bener, untuk bisa dapet job dari blog, kita kudu melakukan usaha yang banyak. Salah satunya Blog Walking (BW) dan Social Media Walking (SW) atau Social Media visit. Saya sih, karena ngerasa bukan selebriti yang tulisannya bisa langsung dikunjungi orang tanpa share ke sana-sini, jadinya saya blog walking. Supaya tulisan saya banyak yang baca.

Iya sih, visitor dari Google bisa jauh lebih banyak. Tapi mereka jarang komen di blog kita. Nah dengan BW, engagement blog kita jadi sedikit kelihatan. Banyaknya yang komen ini bisa menarik ‘pemberi job’ untuk ngasih kita kerjaan. Begitu juga dengan IW atau SW.

4. Maintain Blog dan Socmed
Ini masih jadi PR besar juga buat saya. Maintain blog dan sosial media saya. Caranya ya dengan rajin apdet. Misalkan Instagram posting setiap hari atau berapa hari sekali; Twitter apdet setiap hari; blog apdet berapa hari sekali, Facebook apdet berapa hari sekali, dan lain-lain. Selain biar interaksi dengan follower terjaga, engagement juga bisa tetap stabil. Maintain ini juga termasuk BW dan juga SW.

bikin tamplate jadi menarik dan posting status serta foto yang bagus juga termasuk salah satu cara mantain blog dan sosmed. Ini masih PR besar juga buat saya.

5. Pakai Domain Pribadi
Job review di blog memang tak selalu ngasih ke blogger berdomain TLD. Tapi kalo ngelihat di grup-grup job untuk blogger, sekarang lebih banyak yang meminta syarat ini. Saya jelas merekomendasikan teman-teman untuk beli domain sendiri. Baik itu domain dot com, dot net, dot id, web id, atau doman lain yang popular.

Ya, kita memang kudu ngeluarin uang untuk belinya. Tapi saya rasa itu worth it. Domain sendiri bikin kita terkesan profesional. Untuk beli domain, pastikan teman-teman gak salah pilih ya. Beli di tempat terpercaya, karena ini ngaruh banyak ke blog kita. Dari soal kecepatan loading, hingga traffic. Jangan cuma milih karena harganya yang murah saja.


Domainesia bisa jadi pilihan teman-teman untuk beli domain. Domainesia aman, support tanggap, aktivasi instan, serta managed DNS. Dan tentunya, tawaran di Domainesia juga menarik.

6. Ikut Acara Off Air
Banyak yang kita dapatkan dari ikut acara off air atau gathering. Terutama gathering dengan komunitas blog. Kita dapet banyak ilmu, banyak pengalaman, banyak teman, banyak jaringan, dan banyak kesempatan. Salah satunya kesempatan untuk dapet job.


7. Jangan Lupa banyak Doa
Ini sebenernya yang paling penting. Banyak doa. Hehehe, iya ya, usaha jor-joran juga kalo tanpa doa mah percuma. Dan tentunya, dengan diiringi doa, kerjaan dan rezeki yang kita dapat pun menjadi lebih berkah.

Yuk Lebih Produktif!
Nah, itu dia beberapa tips untuk bisa ngasilin materi dari blog. Intinya, kita ya tetep kudu kerja keras. Dan materi yang dihasilkan gak selalu uang lho ya. Berbagai kesempatan, produk-produk, bahkan fasilitas-fasilitas tertentu juga merupakan rezeki yang harus kita syukuri. Dan jangan juga kita langsung berharap dapet materi yang besar. Yang penting kita meningkatkan dulu kualitas konten dan sisi kuantitatif blog kita.

Ah ya, mau langsung jadi blogger ‘melejit’ yang berkesempatan besar dapet banyak job? Menangkan lomba-lomba blog! Sudah banyak blogger yang mengalami hal ini. Saya juga mengalaminya. Walopun saya cuma beberapa kali saja menang lomba blog. Itu pun beberapa tahun ke belakang saja.

Oke deh, segitu dulu corat-coret saya. Meskipun sudah banyak yang bahas, semoga saja bisa bermanfaat. Punya tips lain? Hayuk kita sharing! Sampai jumpa….

49 komentar:

  1. Hai mbak Nia, ini tulisannya bermanfaat kok. Saya ngeblog lama tapi sejak punya baby langsung vakum dan baru mau mulai lagi, belajar jadi blogger pemula. Dan baru tau kalau ngeblog sekarang bisa banyak ngasilin materi. Jaman saya masih single ngeblog masih jadi media sharing ilmu, paling banget media curhat. Sempet ikutan lomba2 dan pernah menang sih.. dan ini baru mau mulai lagi, kayaknya bisa jd motivasi juga biar rajin ngeblog yaaa..

    Nuhun 🙏

    BalasHapus
  2. Job pertama saya dari blog itu setelah saya ngeblog 3 tahun dan awalnya cuma 75rebu perak. Tapi dulu seneng banget, karena itu pertama kali blog dapat uang (menang lomba nggak masuk hitungan ya). Kalau diseriusin blog memang menjajikan ya, mbak. Bisa jadi nggak langsung dapat dari blognya, tapi dapat gara-gara jaring pertemanan sesama blogger. Terus saling bagi kerjaan di luar dunia blogging, dan ini kadang nominalnya jauh lebih besar hehe. Cuma ya satu lagi yang harus diingat, konsisten dan terus memperbaiki kualitas tulisan.

    BalasHapus
  3. pakai domain berbayar memang salah satu cara yang menurutku paling mudah untuk dapat penghasilan dari ngeblog (menurut pengalaman pribadi)

    BalasHapus
  4. Dari semua poin di atas, ada beberapa yang belum aku jalankan dan ada beberapa yang sudah. Semoga tahun ini bisa lebih produktif dan konsisten lagi nulisnya, mau coba nerapin tips-tipsnya, Terima kasih, Mbak. :'D

    BalasHapus
  5. Saya pernah ditolak untuk adsense di salah satu blog. Gak bikin baper, hanya gak mengerti aja salahnya di mana. Perasaan udah ikutin smeua aturan hehehe.

    Abis itu saya malas ngurusin Adsense. Lagian kayaknya memang bukan minat saya ke sana. Saya lebih suka dan nyaman praktekin tips-tips seperti di postingan ini ^_^

    BalasHapus
  6. Kuncinya, nulis dan nulis terus. Ini yang saya pegang terus agar Bisa suatu saat menghasilkan. Alhamdulillah kemarin udah diterima sama Google adsence yang sebelumnya ditolak duh ternyata sakit juga ditolak gk cuma cinta yang ditolak #eh 😁

    BalasHapus
  7. Wow penghasilan dari blognya 30juta, luar biasa, aku masih 2,5juta, aku izin praktekin ilmunya yaa

    BalasHapus
  8. Wah..selamat y mba..penghasilan dr blog sdh tinggi.. Semoga makin sukses di th ini.. Aamiin..

    BalasHapus
  9. Saya juga pengen ikut lomba blog lagi. Tapi blogger zaman sekarang mereka kece badai banget tulisannya. Jadi suka minder deh saya.


    Ini tema yang oke, mba Nia. Mendapatkan penghasilan dari blog, kan lumayan ya.. Domain yang berTLD salah satu hal wajib ya biar blog kita dapat menghasilkan pundi-pundi uang.


    Semoga tahun 2019 makin sukses ya..

    BalasHapus
  10. Kalau aku inginnya tahun ini semakin konsisten dengan terus update blognya. Melawan diri sendiri nih penting banget karena kalau sudah kumat malasnya jadi gak kepengen ngapa-ngapain.

    BalasHapus
  11. Penghasilan dari nge blog cukup menjanjikan . Hal inilah banyak orang yang tertarik masuk di dunia ini.

    Terus belajar dan memperbaiki kesalahan

    BalasHapus
  12. eh kok murah sih ga sampai 100ribu pertahun buat yang dot com? ini harga promo apa saat perpanjang tetap segitu?

    BalasHapus
  13. Join banyak komunitas emang bikin semangat membara yah teh, catet ah poin2 pentingnya biar ngeblog saya tambah cuco

    BalasHapus
  14. makasiih tipsnya mbak nia. umur blog saya sudah tua, tapi blm mhasilkan apa2 krn semangat ngeblognya juga ikutan tua :(. baca2 kayak gini slalu memantik semangat lagi

    BalasHapus
  15. Wah kalau 33 juta/tahun mah udah lebih dari cukup atuh Mbak. Hehehe. Buat bloger daerah, kayaknya buat ikut acara offair mah udah mustahil bin mustahal. Hanya mengandalkan imel yang nggak sengaja masuk, sama ikut lomba kalau berani.

    Hihiihi, aku juga sekarang udah jiper Mbak ikut lomba blog. Tapi kalau ada tema yang menarik selalu tertantang.

    Ini jiwaku kompetitif banget ya, hahahaha.

    BalasHapus
  16. Saya dong, nulis konsisten kira2 8 bulanan baru dapat job sendiri hahaha
    Masih PR nih di atur waktu.
    Bingung mau apdet semua.
    Fokus di blog, sosmed terbengkalai, fokus di IG, Twitter kacau hahaha

    BalasHapus
  17. Tipsnya betul banget ini. Nulis nulis nulis. Dan saya bahagia karena sudah setahun ini bergabung dengan komunitas blogger dan banyak sekali mendapat ilmu dan kadang-kadang bisa dapat pengalaman baru yang asik banget.

    BalasHapus
  18. Ikut acara off air belum pernah..selama ini cuma nikmati dari tulisan teman2 blogger...

    Sisanya ...semoga penuh semangat buat BW n sw... Kadang males...hi2

    BalasHapus
  19. wow wow wow, 30 jutaaa.. saya kayaknya nggak nyampe sepertiganya deh, soalnya nggak dicatat juga. semoga tahun ini lebih banyak lagi ya, Mbak..

    betewe, saya juga mau mulai menseriusi mamakepiting. semoga dimampukan, aamiin YRA.

    BalasHapus
  20. Sip banget ini tipsnya. Yuuuk terus menulis dan tak bosan-bosan mencari sumber referensi alias bacaan dari berbagai tempat. Bisa dari web, atau bahkan bewe ke blog teman kan. Makin banyak temannya, ngeblog itu makin semangat ya rasanya.

    BalasHapus
  21. Teh Nia mah udah kece pisanlah, panutanqu, riweuh dengan bocah tapi sangat produktif, sering menang lomba blog, rajin bw, rajin sw, kalau aku blom bisa ikut off air entah sampai kapan, semoga ada rezeki bisa ikut acara offair dan bertemu dengan teman-teman blogger

    BalasHapus
  22. Terakhir itu yang paling nyes. Banyak doa.

    BalasHapus
  23. Tipsnya ngeeh bnget mba aoakagi bagian pertama, nulis, nulis dan nulis. Alhamdulillah merasa smakin terpacu dengan tulisan mba ini, sangat bermanfaat 😊

    BalasHapus
  24. Aku pun bertekad rajin BW dan IG tahun ini, Alhamdulillah niat BW-IW ini terbantu banget dg gabung di beberapa WAG yg super keren. Seneng karena hasilnya mulai kelihatan, DA melesat terus :)

    BalasHapus
  25. Wih 30 juta pertahun, keren euy...Kalau saya mah dah bisa balik modal beli domain aja sudah alhamdulilah. Semoga tahun ini sy juga bisa makin produktif. Tapi nggak ngoyo juga sih, soalnya masih masih ada anak bayi jadinya rada susah curi waktu nulis. Tanks ya mba tipsnya.

    BalasHapus
  26. Duh semangat sy lagi melempem nih buat nulis padahal resolusi dr tahun kapan itu pengen konsisten update blog seminggu minimal satu. Tp lagi dipaksain ini

    BalasHapus
  27. Baca ini bikin inget lagi kalau harus segwra ganti ke TLD. Setiap mau ganti, selalu ada tulisan SP yang naik. Takutnya jadi broken 🤣

    Lalu aku galaauu

    BalasHapus
  28. Mbaa, alhamdulillah ya jika blog bisa menghasilkan. Setuju banget kalau semuanya nggak bisa diperoleh secara instan
    Makasih tipsnya ya

    BalasHapus
  29. Aku nih jarang apdet twitter. Padahal suka mampir twitter buat nyari recehannya twitter yg bikin ngekek2.

    BalasHapus
  30. Saya lebih sepakat untuk lebih produktif dengan konten yang searchable. Karena percuma juga nulis kalau ga ada yang cari hehe

    BalasHapus
  31. Yang penting harus tetap konsisten menulis ya mbak, kalau mood hilang sebentar aja udah deh memulai nulisnya kayak berat lagi:)

    BalasHapus
  32. PR buatku malas jawab komen sebenarnya bukan malas tapi jadi wzktu tuh di hape terus, akhirnya cuma bw, iw tanpa balas komen hiks

    BalasHapus
  33. Waaa doa itu yang paling utama ya! Aku kurang kuat di doa nih, jadi kayaknya Allah juga masih belum tahu aku maunya apa meski sebenernya ngerti ya. Aku belum begitu kuatnya berdoa, jadi ya begini2 aja yang dikasih Allah. :(

    BalasHapus
  34. ayo nulis,nulis,nulis...tipsnya bagus banget. aku juga blm daftarin google adsense. job yg datang kebanyakan dr komunitas dan link dr teman2. semoga rejeki kita terus bertambah ya...

    BalasHapus
  35. Iya alhamdulillah banyak rezeki dari ngeblog ini. Aku mah belajar banyak dari teh Nia...jangan bosen ngajarin akuh ya...

    BalasHapus
  36. Setujuu semua tipsnya, terutama join di banyak komunitas. Karena nggak hanya nambah ilmu. Kadang ada job yang dibagi, atau info job dari luar sering dishare di komunitas

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah ya teh, dengan menulis di blog bisa jadi sumber penghasilan juga. Tipsnya manfaat banget nih, bisa jadi panduan tuk blogger newbie atau yang mau serius ngeblog.

    BalasHapus
  38. Keren banget nih tips dari blogger handal. Teh Nia mah udah expert, jadi banyak job yang menghampiri, hihi. Semoga rezeki dan semangat ngeblognya nular ke saya ya, Teh.

    dari saya yang lagi pengen lebih rajin nulis blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah nyobain daftar Adsense dan ditolak, sakit hati eyke Teh. Sekarang blm pede daftar lagi, hihi

      Hapus
  39. Sama banget ni Teh, aku juga belum PD ngajuin Google Adsense. Sadar diri blog dan tulisannya masih begitu. Jadi takut ditolak akutuuu, hahahaha.

    Aku pengennya sederhana, nulis konten yang berkualitas dengan konsisten.

    Beuuugh, iya sih ditulis sederhana, tapi dilakukannya beraaat jendral! Hap hap semoga bisyaa. Semangat!

    BalasHapus
  40. Teh Niaa...
    Ini mau curhat niih teh...

    Keknya ada yang ga bener dari akunya kali yaa..
    Hahah...DA PA ku stuck gitu...

    Padahal...
    Nulis mah ((seminggu 2 kali)) rutin. Trus BW juga.


    Pasti ada yang salah yaa teh?
    Hiiks~
    Apakah itu teh Nia?

    BalasHapus
  41. Mba Nia makasih banget ini tipsnya sangat membantuku. Nah adsen ini yang tahun ini aku pengen bisa menghasilkan, hehehe pengen belajar dari yang expert. Yang udah pada ngasilih, aku pengen nulis juga biar konsisten tapi mood males kadang ada aja. Hehehe semoga kita semuda dimudahkan dalam ngeblog aamin

    BalasHapus
  42. Semangat aaahh menjemput impian berupa pendapatan yang terus menerus melalui blog. Meskipun niatan utamanya untuk sharing, apa salahnya kan ya mengelola blog secara profesional agar menghasilkan. semoga kita terus semangat untuk update blog.

    BalasHapus
  43. itu yg maintain blog dan sosmed saya masih minim niih Mbak. maintain blog siih iyaah, lumayan rajin posting kalau lagi rajin, eehh. tapi yg sosmed masih mood-moodan niih postingnya, hihih, kurang PD, karena pengennya yg dishare gak sekedar yang narsis2an saja tapi yang berfaedah juga *haalaahh.

    yang hadiri event karena disini emang belum ada event2 jadilah cuma bisa gigit jari doang, huhuhh.

    anyway makasih tipsnya ya Mbak ;)

    BalasHapus
  44. Huhuhuhu...ini mah bunda banget deh yg pengen dpt materi dr blog tp tampilan blognya gitu2 aja mana ada yg ngelirik bllg bunda. Eeeitts, ampuun ya Allah, bukan aku tdk. bersyukur tp usaha hambaMu ini kurang berusaha semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  45. Alhamdulillah kabar baik, harapan di tahun 2019 bisa lebih produktif. Salam kenal hehe

    BalasHapus
  46. sepakat banget dengan tipsnya mb.. gapapa lho nulis ini, aku belum tauu, hehehhe. rasanya pengen sih rajin nulis dan maintain socmed, cuma banyak yang lain juga yang haryus dikerjakan, hahah. alasaaan.

    BalasHapus
  47. Tipsnya asyik banget, sebagian besar sudah saya lakukan semuanya teh, Alhamdulillah memang akhirnya ngasilin juga nih blog.

    BalasHapus
  48. Wah selamat ya atas pencapaiannya tahun 2018. Moga makin bagus ya tahun ini. Bener juga tuh tips2nya bisa bikin job mengalir ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)