8.1.19

Lika-Liku Berbelanja Online


Manteman, sekarang ini, belanja online semakin berkembang ya? Gak cuma baju, sepatu, tas, sembako, atau barang-barang primer dan sekunder saja. Bahkan barang kebutuhan tersier kayak perhiasan emas dan berlian, hingga asuransi, kini bisa dibeli secara online. Saya sih, sejauh ini belom pernah coba beli barang-barang kebutuhan tersier ini. Selain belom ngerasa perlu, juga karena masih takut-takut. Paling banter, ya beli barang elektronik semacam handphone.

Kapok Belanja Online!
Ngomong-ngomong soal belanja online, saya masih inget pertama kali melakukannya. Kayaknya sekitar tahun 2010 deh. Waktu itu saya belanja di toko online yang ada di Facebook. Iya, sepertinya saat itu belom banyak toko online yang punya website sendiri. Dan Facebook menjadi tempat strategis bagi para pedagang untuk membuka lapak.

Hanya 5-6 kali saja saya berbelanja online via Facebook. Sebab yang terakhir kalinya saya kapok. Barang yang saya terima gak sesuai dengan gambar. Barangnya berupa dompet. Salah saya sih, reseller kan memang pada begitu. Jual barang dengan gambar yang didapat dari katalog. Harusnya saya beli barang yang memang memakai foto aslinya.

Sejak itu saya berhenti belanja online. Kalau pun belanja dari lapak online, biasanya dari temen. Saya pilih barangnya secara online, dan bayar setelah melihat barangnya secara offline. Lebih aman dan memuaskan.

Marketplace Membuat Suka Belanja Online
Kemunculan marketplace membuat saya kembali menyukai belanja online. Sekali, dua kali, hingga puluhan kali sampai sekarang, tak pernah saya merasakan kekecewaan seperti yang saya rasakan saat belanja online di Facebook. Harga yang bersaing, barang yang sesuai harapan, dan amannya bertransaksi membuat saya lebih banyak belanja online daripada belanja secara langsung untuk barang-barang selain sembako dan makanan. Baju, sepatu, sandal, hijab, aksesoris, make up, toiletries, tas, dompet, hingga handphone kebanyakan saya beli secara online.

Tokopedia adalah marketplace pertama yang saya kenal. Kesan pertama yang memuaskan membuat saya enggan beralih ke marketplace lain. Harga barangnya murah-murah, para pedagangnya yang responsif, prosesnya yang cepat, transaksinya yang mudah, serta cepatnya barang sampai di rumah, adalah alasan-alasannya. Pernah sih saya sedikit kecewa. Saat itu karena barang yang sudah saya bayar ternyata tidak tersedia. Dan si pedagang tidak menginfokan itu di lapaknya. Tapi karena si pedagang menyadari kekhilafannya, dan kemudian segera menghubungi saya, saya pun akhirnya bisa mendapat barang lain sebagai gantinya, selain opsi refund uangnya. Terus kemudian, hal ini juga tidak menghambat sampainya barang tersebut di rumah saya. Jadinya, saya tak harus menunggu lebih lama.

Karena penasaran, saya juga sempat mencoba belanja online di marketplace yang lain. Hampir semua marketplace terkenal saya coba. Sebenernya tak ada masalah juga dengan marketplace lain. Tetapi karena saya sudah dibuat terkesan dengan puluhan kali belanja di Tokopedia yang selalu memuaskan, jadinya sekarang saya memilih menjadi pelanggan setia Tokopedia saja. Kalo butuh sesuatu, saya pasti langsung nyari di Tokopedia.

Eh Tapi,
Ya, saya memang pelanggan setia Tokopedia. Tapi, ada momen-momen tertentu di mana saya juga belanja di marketplace lain. Momen-momen itu misalnya saja saat di marketplace lain ada tawaran menarik. Seperti saat Harbolnas yang ngasih diskon besar, promo istimewa, atau flash sale. Tapi gak sembarang marketplace juga. Saya biasanya membanding-bandingkan harganya terlebih dahulu dengan Tokopedia. Kalau untuk belanja reguler sih, tidak demikian. Langsung aja ke Tokopedia. Saya udah gak mau lagi ribet dengan hal-hal yang lainnya.

Well…
Kehadiran marketplace membuat belanja online jadi menyenangkan. Barang-barangnya yang murah, kepraktisan, kemudahan, kenyamanan, dan keamanannya dalam bertransaksi membuat pelanggannya seperti saya ketagihan berbelanja. Tapi tetap, sepercaya apa pun dengan marketplace, kehati-hatian di dalam berbelanja mutlak dilakukan pembeli. Memprioritaskan berbelanja di toko yang sudah banyak melakukan transaksi dan mendapat rate bagus; membaca review pelanggan Indonesia terhadap Tokopedia; menggunakan fasilitas chat dengan pedagang terlebih dahulu untuk tahu ketersediaan barang; membaca detail produk yang akan kita beli; hingga selalu memantau status barang yang sudah dibeli adalah beberapa tips saya. Dengan selalu melakukan tips tersebut setiap kali berbelanja, saya saya pun mendapatkan kepuasan di dalam berbelanja online.

Beberapa daftar transaksi saya di Tokopedia

Nah teman-teman, sampai di sini curhat saya soal belanja online. Gimana dengan teman-teman, punya lika-liku berbelanja online juga kayak saya? Yuk sharing pengalamannya di komentar. Siapa tahu kan, pengalaman teman-teman dalam berbelanja online akan menginspirasi atau jadi reminder buat teman-teman yang lainnya. Sampai jumpa di curhatan saya selanjutnya!

47 komentar:

  1. Tokopedia mah andalan saya banget belanja online, hehee. Nyaman aja bawaannya kalau belanja di TOKOPEDIA (sambil nyanyi). Eh teh nanti belanja online ke Marwah Style yah heheh

    BalasHapus
  2. Tahun 2013 aku pertama kali belanja online, sedih banget karena ternyata produknya jauh banget dari detail produk. Dibilang kain tebel ternyata yg datang kain tipis banget. Kapok banget, agak parno gitu jadinya kalo belanja baju via online. Beberapa tahun ini sering banget belanja lewat tokopedia, banyak pilihan disana^^

    BalasHapus
  3. Tokopedia aku suka banget untuk bayar-bayar seperti PLN, indihome dan pasca bayar, dapat cashback dan bisa untuk belanja. Asiikkkkk.

    BalasHapus
  4. Untuk lika-liku berbelanja online, kurang lebih sama, ehehe. Mulai dari barang yang beda dengan gambar, pengiriman yang lamaaaaa banget, sampe barang yang gak kunjung sampai tujuan. Dari kejadian-kejadian itu, saya jadi semakin berhati-hati kalau mau belanja online:'D

    Tokopedia ini salah satu marketplace fav-ku juga nih, Mbak.Heheh

    BalasHapus
  5. Aku juga termasuk salah satu orang yang suka melihat review pelanggan dulu, Mbak.


    Habisnya lebih aman gitu ya. Cuma kadang-kadang khawatir juga kalau testimoni dari temennya si penjual dulu, wkkwkkk. Tapi kebanyakan e-comerce sih insyaAllah testimoninya bisa dipercaya ya.

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah belanja di Tokopedia. Kalau belanja online sih biasanya aku beli buku dan tas. Pernah beli barang elektronik secara online tu tapi ternyata membuat kecewa.

    BalasHapus
  7. Kalau tokopedia ini udah jelas tidak diragukan lagi. Sempat ketemu William Tanuwijaya dan ngobrol banyak. Idenya memang keren...

    BalasHapus
  8. Barang pertama yang saya beli dari cara online adalah T-Shirt. Meluncur mulus tanpa kendala hanya saja ngambil paketnya jauh karena jasa pengiriman yang belum semudah sekarang

    BalasHapus
  9. saya belum pernah nyoba belanja di Tokopedia nih, tapi banyak juga yang bilang kalau Marketplace ini terpercaya barang-barangnya, sesuai seperti di gambar. kapan-kapan aku mau nyoba deh....

    BalasHapus
  10. Haha sama Mbak aku pelanggan setia tokopedia. Sampai² keanggotaanku di toped sudah centang (nah ini lupa warna centangnya hehe) dan statusnya silver.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah belanja online nyaman dan aman ampe hari ini. Tahun baru ini udah 2 tempat buat belanja online nih hahaha

    BalasHapus
  12. Tokopedia memang bagus lho. Saya pernah belanja di situ, dan jadwal pengirimannya tepat. Enggak molor, terus barang yang dikirim juga sesuai.

    BalasHapus
  13. Tokopedia masih menjadi e-commerce favorit bersama yang lain.

    Pernah juga sih kecewa dengan pemain baru e-commerce. Aku belanja di situ karena menjadi pemenang dan harus belanja di situ. Tak ada pilihan!

    Aku percaya, belanja online memang selalu punya resiko, tinggal bagaimana mempelajari kiat untuk memperkecil setiap resikonya.

    BalasHapus
  14. So far aku masih ke tokopedia sih utk belanja online yg paling sering...
    Mungkin krn banyak pilihan vendornya yaaa
    Marketplace bantu yg ga punya waktu banyak buat belanja belanji langsung

    BalasHapus
  15. Lika liku belanja online pernah kecewa beberapa kali karena bahan tidak sesuai...
    Elanja di marketplace memang enaknya ga cape muter..hehe..

    BalasHapus
  16. Jadi ingat beberapa cerita pengalaman sobat belanja online yang gagal dapat barang bagus mbak. Setelah dibeli, ternyata fisiknya jauh beda ama yang ada di gambar dan itu membuat orang bimbang kalau mau belanja online. Nah kalau marketplace, aku saranin emang yang terpercaya sih biar gak kena tipu :D

    BalasHapus
  17. Tokped emang andalan emak2 doyan belanja online teh kalau aku suka banget fitur yang bisa saring kota sama mudah kalau mau sameday delivery pake gojek tokped tuh top banget, kayak waktu aku kehabisan kantong ASIP di kantor langsung buka tokped pake gojek 1 jam kemudian datang deh :)

    BalasHapus
  18. Aku suka yang gratis ongkirnya buanyaaaaak, terus bisa dibayar di rumah. wkwkwk. Maklum,Mbak, kan aku di daerah ya. Pasti carinya yang bebas ongkir. Aku pernah belanja kerudung sama celana anakku di Tokpedia dan nyaman-nyaman saja.

    BalasHapus
  19. Saya pernah tertipu belanja online, waktu itu beli hape. Dan membuat saya sedikit frustasi karena uang yang dikeluarkan cukup banyak. Sempat bikin saya ga berani belanja online. tapi sekarang banyak marketplace yang terpercaya, dan saya mulai berani belanja online lagi...

    BalasHapus
  20. Tokopedia memang salah satu marketplace terpercaya Mak. Aku pun suka belanja online jika memang harga sesuai kualitas barang. Irit waktu keluar rumah dan jajan kalau beli online sih hahaha

    BalasHapus
  21. Sekarang saya juga lebih suka belanja di marketplace seperti Tokopedia. Testimoninya cukup membantu saya. Udah gitu, kalau ada seller yang gak kirim barang, saya gak khawatir uang akan lenyap

    BalasHapus
  22. Saya termasuk orang yang jarang banget belanja online mba karena takut kecewa gak sesuai seperti yang di harapkan,,pernah suami coba beli di tokopedia dan alhamdulilah amanah dan sesuai dengan yang di gambar..

    BalasHapus
  23. Puas banget rasanya ya Kak, kalo nemu marketplace yang cucok dengan kita. Tokped memang harganya bersahabat banget, bikin sering belanja

    BalasHapus
  24. Saya dan adik suka banget belanja online. Kalau saya lewat instagram, kalau adik lebih ke Shopee

    BalasHapus
  25. Saya juga suka belanja online Teh, biasanya fashion. Dan sejauh ini saya salah satunya belanja lewat Tokopedia, sejauh ini selalu memuaskan.

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah belum pernah kapok belanja online, selama ini selalu oke-oke aja, dan menurut aku di Tokopedia tuh segala ada, kalau cari barang secara offline susah, tinggal search di Tokped dan selalu ada penjual yang menyediakan barangnya

    BalasHapus
  27. Sekarangmarket place aku jadiin andalan kalau cari apapun, daripada pusing-ousing cari di toko offline

    BalasHapus
  28. Kalau udah punya pengalaman buruk belanja online jadi bisa lebih hati2 sekarang. Kalo di tokopedia aku suka cari toko yang trpercaya

    BalasHapus
  29. Tokopedia, Bukalapak beberapa kali nyoba ternyata puas dgn pelayanannya...yg bikin males tuhilih barangnya...lamaaa haha

    BalasHapus
  30. Aku tuh pelanggan setia Tokopedia banget, bayar semua tagihan listrik, telfon, tv kabel, pulsa, dll semua melalui Tokopedia, sampai beli tiket pun melalui Tokopedia..suka banget dengan program Cashback nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cashback nya bisa buat bayar-bayar yang lain..keren memang program cashback nya Tokopedia

      Hapus
  31. Aku termasuk yg gk begitu keranjingan belanja online teh,, klo gk kepepet puas beli offline,, tapi tipsnya benerlah udah dijalanin

    BalasHapus
  32. Aku juga jadi seller nih di Tokopedia Mba Nia hehehe, Alhamdulillah sering dapet orderan dari sini. Suka sih selama ini sama platformnya, enak pemakaiannya dan gampang uploadnya.

    BalasHapus
  33. Salah satu toko online favorit keluarga saya, yaitu Tokopedia. Dari barang kecil sampai barang besar, kami senang berbelanja di sana. Sejauh ini selalu memuaskan, deh!

    BalasHapus
  34. Aku seneng bayar2 taguhan di tokopedia, soalnya dpt cashback. Klo udh banyak bisa buat belanja baju. Wkwk

    BalasHapus
  35. Iya, banyak lika l iku belanja online, pernah barang tidak sesuai pesanan, pernah barang ternyata kualitasnya jelek, macam-macamlah. Tapi tidak jarang juga dapat barang bagus dengan harga murah, kalau di Toped aku sudah berapa kali belanja

    BalasHapus
  36. aku tuh maniak belanja online waktu di NYC mba..semuanya belanja di platform itu, apalagi yang cashbacknya oke banget hehehe. Tapi di Indonesia aku malah jarang banget mba! Belum sempet explore aja kali ya..dan dapet yang pas

    BalasHapus
  37. So far aku selalu menikmati proses belanja online dan alhamdulillah enggak bermasalah dengan para sellernya. Memang harus pilih marketplace yang terpercaya ya.

    Selain itu juga perlu memanfaatkan fitur chat dengan penjual seperti yang Nia tulis di atas itu. Paling enggak kalau ada interaksi gitu kan kita jadi yakin kalau sellernya beneran, bukan akun bodong :))

    BalasHapus
  38. Kalau aku rutin pake tokopedia untuk bayar listrik mertua ku karna belum pake token.klo utk yg lain2 sih belum hehe

    BalasHapus
  39. Skrg kalo mau belanja onlen aku lebih prefer ke market place sih mba, di banding akunnya langsung di IG atau FB, karena ga ada jaminan.

    BalasHapus
  40. Aku dan anak-anak juga suka belnbel di Tokopedia. Gak tipu-tipu karena selalu lancar selama ini

    BalasHapus
  41. Aku jg suka belanja di tokopedia. Udah bbrp kali transaksi, so far belum pernah mengecewakan. Barang sampai tepat waktu dan sesuai dg pesanan. Program cashbacknya pun oke. Ga nyesel lah belanja di tokopedia

    BalasHapus
  42. Saya blom pernah coba Tokopedia karena saya juga baru baru ini aja coba belanja di online shop dan sukurnya selama ini masih aman laa belanja d online shop

    BalasHapus
  43. Aku belum ada kapoknya kayaknya nih Teh, hahahaha.
    Selama belanja online belum pernah nemu kasus gimanaa gitu yang bikin kecewa. Paling agak nelen ludah pas masih di Palopo ngliatin ongkirnya yang mahal amaaat.

    Eh sekarang udah di Jawa, ongkir cincay dan PR selanjutnya lebih kenceng ngekepin dompet aja biar jangan kalap belanja di Tokopedia, hihi.

    BalasHapus
  44. Hamdalah saya belum pernah kapok belanja online, semua pesanan selalu sampai. Aku juga sering belanja di Tokopedia karena tampilannya mudah dan dapat cashback juga :D

    BalasHapus
  45. aku demen nih belanja di tokopedia, kudu sabar tapi takut kalap hihihi

    BalasHapus
  46. pernah barang tidak sesuai pesanan, pernah barang ternyata kualitasnya jelek, macam-macamlah. Tapi tidak jarang juga dapat barang bagus dengan harga murah, kalau di Toped aku sudah berapa kali belanja

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)