28.1.19

Mengecek Sinergi Akal Fisik Sosial Anak Melalui Kalkulator AFS


Manteman, kalo ngelihat anak-anak kita bisa ngelakuin apa saja, terus kemudian mereka terlihat sehat dan aktif, kita pasti mengira bahwa anak-anak kita tumbuh kembangnya sudah optimal, bukan? Ya, saya juga begitu. Menyimpulkan anak-anak saya tumbuh kembangnya sudah optimal, dari kacamata saya sendiri. Dari apa yang saya lihat sehari-hari. Sejak anak-anak bangun tidur, hingga mereka tidur lagi.

Puas Diri dan Lalu Tutup Mata
Apa yang saya lakukan memang tidak salah. Salah satu cara mengidentifikasi tumbuh kembang anak apakah sudah optimal atau belum adalah dengan melihat sendiri semua yang terjadi dan mereka lakukan setiap hari. Tapi jeleknya, ketika semua berjalan seperti yang saya harapkan, saya jadi puas diri. Dan lalu mengabaikan penilaian dari pihak luar. Bisa jadi kan, saya mis pada hal kecil yang mungkin luput dari perhatian. Toh saya bukan ahli gizi atau ahli tumbuh kembang anak.

Rayi, 6 tahun

Sebenernya bukan abai. Terkadang hal itu kepikiran juga. Bertanya pada ahlinya mengenai tumbuh kembang anak-anak saya. Tapi ada hal lain yang bikin parno duluan. Iya, saya kadang takut kalo setelah minta pendapat dari ahli tumbuh kembang anak, tiba-tiba saya dapet fakta yang tidak mengenakkan. Misalnya anak saya punya kelainan, ada gangguan, atau kurang ini dan kurang itu. Jadinya, untuk menghindari hal tersebut, saya memilih untuk tidak melakukannya.

Mengecek Besarnya Sinergi Akal Fisik Sosial Anak Melalui Kalkulator AFS
Bertanya pada ahlinya memang perlu. Tapi kini saya bisa sedikit tersenyum lega, saat saya mencoba Kalkulator Akal Fisik Sosial (AFS). Benar, dengan menjawab beberapa pertanyaan yang ada di sana mengenai anak-anak saya, saya jadi tahu kondisi mereka. Sudah pada tahu dengan Kalkulator AFS? Sudah mencobanya? Wah, sayang banget deh kalo belom tahu dan belom nyoba. Soalnya, Kalkulator AFS ini berguna banget buat kita sebagai orang tua yang punya anak berusia 6 bulan sampai 7 tahun. Ya seperti yang saya ceritakan di atas. Bikin kita jadi tahu kondisi tumbuh kembang anak. Dari sisi akal, fisik dan sosialnya.

Rayyan, 4 tahun

Kalkulator Akal Fisik Sosial sendiri adalah alat yang dibuat dan diverifikasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA(K). Seorang Dokter Spesialis Anak-Konsultan tumbuh kembang pediatri sosial yang sudah terkenal.

Kalkulator ini bisa membantu kita menilai tingkat sinergi akal, fisik, dan sosial anak kita yang berusia 6 bulan sampai 7 tahun. Dengan menjawab pertanyaan sesuai dengan jenjang umurnya, kita menemukan hasil lengkap dengan rekomendasi yang tepat untuk mengembangkan sinergi akal, fisik, dan sosial anak-anak kita.

Cara Menggunakan Kalkulator AFS Gampang Banget!
Bener, cara menggunakan Kalkulator AFS gampang banget. Yuk saya pandu!
  1. Yang pertama kali dilakukan adalah registrasi di web https://www.parentingclub.co.id/. Jangan takut, registrasinya cepet, kok. Kita tinggal isi data kita lengkap dengan emailnya. Terus nanti, kita aktivasi akun dulu melalui email yang dikirim ke email yang kita daftarkan. Baru deh akun kita aktif. Kita juga bisa registrasi dengan Facebook. Tapi nanti tetep, kita harus melengkapi data kita. Termasuk data anak-anak kita.
  2. Berikutnya kita bisa langsung mengisi pertanyaan sesuai dengan kemampuan anak di link http://bit.ly/Kalkulator-AFS. Jika teman-teman memiliki lebih dari 1 anak yang berusia 6 bulan sampai dengan 7 tahun, teman-teman bisa mengeceknya. Tapi pastikan, data anak-anak kita tersebut sudah terdaftar. Tak usah ragu, ngisi data-data anak ini juga tidak lama.
  3. Jika semua pertanyaan sudah selesai, kita pun bisa melihat hasilnya. Kita juga bisa melihat rekomendasi stimulasi yang bisa diberikan kepada anak kita supaya kondisi dan kemampuan akal, fisik, dan sosialnya meningkat.
Pertanyaan-pertanyaan untuk Rayyan di Kalkulator AFS

Pertanyaan-pertanyaan untuk Rayi di Kalkulator AFS

Ini Hasil Kalkulator AFS untuk 2 Anak Saya
Itu dia cara menggunakannya. Gampang, kan? Gampang banget. Saya aja pake Kalkulator AFS ini untuk 2 anak saya, Rayi (6 tahun) dan Rayyan (4 tahun). Cepet banget sampe dapet hasil dan rekomendasi. Dan tentunya, melegakan sekali mendapati keduanya hasil sinergi akal fisik sosialnya 100%. Nih lihat deh gambarnya.

Hasil Kalkulator AFS untuk Rayyan

Hasil Kalkulator AFS untuk Rayi

Tapi, meskipun hasilnya 100% tak lantas membuat saya puas. Ada rekomendasi yang diberikan dari ahli tumbuh kembang anak supaya sinergi akal fisik sosial anak saya semakin optimal. Jadinya, sejak mendapati hasil tersebut, saya mulai aja menstimulasi anak-anak saya berdasarkan rekomendasinya. Ada 9 rekomendasi yang disarankan untuk saya stimulasi kemampuan Rayyan ini. Satu demi satu, nanti saya praktekkan. Misanya saja untuk Rayyan. Saya mengajaknya menggambar bersama. Dan memintanya untuk menggambar seperti apa yang saya gambar. Tentunya gambar sederhana, ya. Dan Alhamdulillah, Rayyan bisa mengikutinya.

Rekomendasi yang diberikan untuk Rayi dan Rayyan

Untuk Rayi juga demikian. Ada rekomendasi juga. Jumlahnya 5 rekomendasi. Seperti halnya kepada Rayyan, saya juga mulai menstimulasi Rayi. Misalnya saja melatih keseimbangannya dengan menirukan gerakan burung bangau yang bisa berdiri di satu kaki. Dan Alhamdulillah juga, Rayi bisa mengikutinya.

Gimana, Seru Kan? Yuk Atuh Dicoba!
Menggunakan Kalkulator AFS buat saya lumayan seru. Kita jadi ‘ngeuh’ dengan sisi-sisi anak yang selama ini terabaikan. Misalnya kayak sisi keseimbangan dan koordinasi. Bener-bener deh saya gak pernah kepikiran soal itu. Yang saya perhatikan dari anak biasanya yang terlihat mencolok saja. Seperti bisa lari, bisa makan mandiri, dan lain-lain.

Kalkulator AFS memang tidak bisa mengganti peran ahli tumbuh kembang anak. Tapi setidaknya, buat yang parnoan kayak saya, besarnya hasil persentase yang didapat dan hasil positif dari stimulasi atas rekomendasi yang diberikan, cukup membuat tenang. Bahwa anak-anak saya masuk golongan anak yang tumbuh kembangnya optimal.

Kalo pengen detail sih, dan kemudian juga ingin dapat rekomendasi yang spesifik, tetap saja harus ke ahlinya. Tapi sebelumnya, tak ada salahnya mencoba dulu Kalkulator AFS ini. Biar kita tahu seperti apa gambaran kemampuan dan sinergi akal fisik sosial anak-anak kita.

Baik teman-teman, sampai di sini dulu cerita saya soal Kalkulator AFS ini. Yuk dicoba! Supaya kita bisa tahu keadaan anak kita. Sehingga nantinya kita jadi bisa mengoptimalkannya. Akan sangat disayangkan bukan jika anak kita keburu besar, tapi kemampuannya belum optimal, hanya karena kita telat menstimulasinya? Jangan lupa, link-nya di http://bit.ly/Kalkulator-AFS. Oke sip, sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya. Bye!


57 komentar:

  1. Wah, aku baru tahu AFS ini mba, makasih banget ya infonya, apalagi anak-anakku lagi masa tumbuh kembang yang harus diwaspadai juga kan, siapa tahu ada sisi mana yang kurang atau perlu distimulasi

    BalasHapus
  2. Wah makin kesini, orang tua banyak terbantu dengan aplikasi untuk mengetahui sisi kecerdasan anak. Pakai kalkulator AFS bisa membantu orang tua mengenal faktor lain tentang tumbuh kembang anak2 ya

    BalasHapus
  3. baru tau nih ada kalkulator AFS.
    subhanallah, Ibu jaman now dibantu banget dengan perkembangan teknologi :D

    BalasHapus
  4. wah udah kelewat atuh ya buat umur anakku :-D
    Enak juga sih ya jadi bisa memantau tumbuh kembang anak apakah sudah sesuai dengan umurnya atau gak. Tapi kadang juga cemas ya kalau gak sesuai kalkulator tapi setidaknya jadi tahu duluan & bisa mengejar ketinggal dengan menstimulasinya

    BalasHapus
  5. Wah aku belum nyoba pake kalkulator AFS, pingin tau kondisi Aqla sekarang. Penjelasannnya juga detail banget ya mbk, bener bener diarahkan.

    BalasHapus
  6. Langsung ku coba mbaaaa. Sempet donlot apps kaya gini tp khusus milestone bayi gitu. Tp hp ku udah ga kuat donlot apps wkwkwk jadi di uninstall lagi. Nemu info kaya gini jadi merasa dikasi solusi😍. Makasi banget mba infonya

    BalasHapus
  7. Wah afs mempermudahkan bunda dalam mengetahui perkembangan si anak.

    Hal inilah yang akan membantu kita untuk sering menstimulasi anak sesuai usianya

    BalasHapus
  8. Kalkulator AFS itu bermanfaat banget yaaa mba.. dan swmoga anak-anak terus tumbuh kembang dengan maksimal

    BalasHapus
  9. Kalkulator AFS wow banget ya. Akh akal fisik anak itu selalu seru ya buat di hitang hitung setiap perkembangannya.

    BalasHapus
  10. Mbak aku fokus sama dedeknya cakep banget terus aktif banget salut bund. Terus baru tahu ada Kalkulator AFS noted bangetlah

    BalasHapus
  11. mau registrasi juga ah, biar dapat manfaatnya secara maksimal yah, biar semakin joss jadi ibunya anak-anak

    BalasHapus
  12. anak saya usianya 7 tahun lebih , bisa ga mak paku kalkulator AFS?

    BalasHapus
  13. Aku udah cobain ini teh alhamdulilah dapat masukan stimulasi buat anak-anak jadi ga kepedean udah kasih stimulasi tepat atau belum hehehe

    BalasHapus
  14. Baru tahu tentang kalkulator AFS ini.
    Aku harus berbagi dengan keponakan yang juga punya balita
    Pasti mereka senang sekali!

    BalasHapus
  15. Seru ya sekarang ada kalkulator AFS seperti ini. Bagi orang tua ini membantu banget untuk mengetahui apakah tumbuh kembangnya sudah optimal atau belum

    BalasHapus
  16. Boleh ah dicoba juga kalkulator AFS nya..biar aktivitasnya lebih terarah ya kan..

    BalasHapus
  17. Saya jadi tertarik banget buat mencoba nih. Soalnya sama mba, saya rada parnoan kalo langsung ke ahli tumbuh kembang. Nanti kalo beneran ada yang kurang, saya bisa galau banget deh. Seenggaknya dengan ini, kan saya bisa antisipasi perasaan dulu.

    BalasHapus
  18. Skrg zaman digital jd serba mudah ya utk memantau perkembangan anak kita. Jadi tau PR kita dimana sbg orgtua. Apa yg hrs diachieve dan mana yg hrs diexplore.

    BalasHapus
  19. bagus banget info parentinya, jadi tahu ada kalkulator afs kayak gini

    BalasHapus
  20. Mantabs banget ini aplikasi ya teh bisa tau gimana cara - caranya buat stimulasi kecerdasan anak

    BalasHapus
  21. Wah bagus banget ini. Ada kalkulator AFS. Sayangnya anakku udah lewat, mereka 14 dan 9 tahun.
    Udah ngukur AFS ponakan aja deh yang masih balita.
    Thanks sgaring ya, Maaaak :)

    BalasHapus
  22. Aku kebetulan suka baca2 juga artikel parenting di parentingclub, tapi baru tau nih soal kalkulator ini. Mau juga ah cek tumbang anakku di kalkulator ini TFS

    BalasHapus
  23. Wah baru tahu nih. Keren yak tapi sdh ga bs dipake buat anak2 ku mah..sdh kegedean hahaha...

    BalasHapus
  24. saya juga mau coba kalkulatornya ahhh, mau lihat sudah optimalkah tumbuh kembang anak saya? :)

    BalasHapus
  25. OMG teh ini berguna banget nuhun pisan sharenya teh selalu yang ditakutkan saat menjadi ibu ada hal yang luput dari pantauan kita hehe

    BalasHapus
  26. Kayaknya aku pernah nyobain kalkulator AFS ini deh. Tapi lupa, haha. Pengen nyoba lagi ah. Makasih infonya ya, Mbaa. Sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  27. waah keren bangte nih mba, jaid ada tools yang membantu ibu-ibu untuk mengetahui perkembangan anak yah, mantap dah ini AFS

    BalasHapus
  28. Wih, berguna banget ini teh untuk ngecek keaktifan anak. Pengen coba cek ah..

    BalasHapus
  29. Wah keren amat. Kadang ortu memang butuh ukuran apakah yang kita lakukan buat anak itu sudah cukup atau masih kurang untuk menunjang tumbuh kembangnya. Kalau masih kurang, kurangnya dimana untuk memperbaiki cara pengasuhan.

    BalasHapus
  30. Wah keren nih..sayang sdh gak bs menerapkannya nih palingan nanti ke cucu ya...hehe..

    BalasHapus
  31. Bagus yah bun kalkulator AFS ini jadi bisa bener-bener ngasih tolak ukur ke kita sebagai orang tua tentang kemampuan si anak. Ya meskipun gak 100%. Perlu dicoba nih

    BalasHapus
  32. Wah, mau coba juga ah. Asyik ni ya Mbak, kita kadi bisa ngerti karakter anak dan mengopimalkannya ke arah mana.

    BalasHapus
  33. waah bookmark dulu mbak nia. makasiih ya infonya. membantuuu bangeet. btw, galfok nih sama foto rayyi dan rayyan. bisa ya mereka suruh gaya begitu. kalau anak2 saya susaah diminta gaya. alhasil banyakan candid hihihj

    BalasHapus
  34. Ih kok canggih ya. Hahaha. Dulu kakak ipar aku masih suka minjem bku psikologi perkembangan anak buat nilai perkembangan anaknya. Sekarang kalau pake kaya gini praktis bangeett.

    BalasHapus
  35. Wah bermanfaat banget nih mbak kalkulatornya. Membantu memantau tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  36. Wah terima kasih infonya mba. Sebagai seorang ibu 2 anak mungkin saya juga bisa mencobanya ya :D

    BalasHapus
  37. Aku belum berhasil registrasi di webnya hiiks. Apa harus dari laptop ya mba? Padahal udah penasaran banget sama kalkulator AFS ini

    BalasHapus
  38. aku belum coba mungkin bisa rekomendasikan untuk saudaraku yang udah punya anak

    BalasHapus
  39. Coba ngitung di kalkulator ini ah, aku juga orangnya parnoan soal tumbuh kembang anak. Ekekek

    BalasHapus
  40. Langsung ikutan ngevek juga nih biar makin yakin. Infonya manfaat banget teh cocok buat ibu dg anak-anak seumuran adek Rayyan

    BalasHapus
  41. Waw infonya bermanfaat sekali bund, recomendasi bgt untuk org tua agar dpt mengetahui perkembangan anak.

    BalasHapus
  42. Waah keren banget ini kalkulator AFS jadi tau perkembangan anak dengan praktis. Berhubung aku belum punya anak, bisa direkomendasiin dulu ke temen-temenku yang udah buibu nih teh, nuhun infonya :D

    BalasHapus
  43. Aku juga sudah coba pakai ini. Bagusnya aplikasi ini adalah karena kita juga diberi rekomendasi yang sesuai. Jadi nggak asal kasih skor terus udah... ada solusi yang ditwarkan gitu lho

    BalasHapus
  44. Wahh baru tau aku.. mksh ya teh ini beneran informatif dan detail bgt infonya

    BalasHapus
  45. Ini adalah aplikasi digital yang sangat fungsional dan keren banget sepertinya terukur dan tepat ya hitungannya?
    Harus banyak yang tahu nih para orang tua sama produk ini.

    BalasHapus
  46. Wah ilmu baru nih untuk aku. Mau ah Cobain kalkulator AFS ini untuk Keponakan.

    BalasHapus
  47. Sepupuku udah aku suruh nyoba AFS ini, mba. Entah hasilnya gimana, aku belum nanya lagi

    BalasHapus
  48. Wah, kalkulator model gini mah bikin kita sebagai ibu jadi hepi, karena bisa tau perkembangan anak dengan cara praktis dan gratis. Wah, tinggal anakku yang kecil nih yang bisa nyobain kalkulator AFS

    BalasHapus
  49. Woww, langsung kepengen nyoba nich, mksih infonya..

    BalasHapus
  50. Wahhh keren banget nih dengan Kalkulator AFS ini bisa ngecek sinergi akal fisik pada anak yaa, mantep banget dah.. bisa di download juga lagi, terima kasih infonya

    BalasHapus
  51. makasi bundaaa buat semua penjelasannya, karena aku jadi semakin mengerti buat memberikan apa yang dibutuhkan buat anak aku kelak.

    BalasHapus
  52. Lihat teman-teman pada pakai kalkulator ini aku tertark tapi belum coba, nanti deh mau coba juga

    BalasHapus
  53. makasih mbak infonya, mo kucoba untuk anak kedua, kalo kakaknya dah lebih dari 7 tahun siy

    BalasHapus
  54. Enak banget ya, ada kalkulator AFS. Jadi kita bisa ukur kemampuan anak-anak kita. Ngga perlu baperan lagi misal ada komentar miring dari orang lain yaa, karena kita sudah pegang rapor anak kita sendiri. 😊

    BalasHapus
  55. Bermanfaat banget ya kalau ada Kalkulator AFS ini bisa ngecek deh kemampuan anak baik fisik dan sosialnya, anak-anak juga terpantau pertumbuhannya.

    BalasHapus
  56. Karena belum punya momongan, saya rekomin ini ke tante ya Mba Nia. Ilmu banget soal kalkulator AFS ini, biar bisa mengukurkemammpuan anak-anak ya mBa

    BalasHapus
  57. Ini data data anak aman pasti ya Mbak?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)