28.1.19

Beragam Tradisi Unik Warga Tiongkok Saat Imlek


Pada saat Imlek, orang-orang Tiongkok bersiap untuk memeriahkannya. Warga Tiongkok di Indonesia itu sendiri cukup banyak bahkan terdapat satu komplek di mana dominan terdapat orang Tiongkok. Ketika Imlek tersebut, ada beberapa tradisi yang khas dan unik dimana hanya pada saat momen tahun baru Cina tersebut saja hal ini dilakukan.

Warga Tiongkok akan melakukan tradisi tersebut pada momen tahun baru Imlek bersama sanak saudara dan juga keluarga. Ada banyak orang yang ingin tahu apa saja tradisi unik khas momen perayaan tahun baru cina. Untuk Anda yang mau tahu atau penasaran apa saja tradisi unik khas momen perayaan tahun baru cina, Anda bisa langsung simak info berikut ini. Info mengenai tradisi unik khas momen perayaan tahun baru Cina itu sendiri dirasa sangat penting mengingat bahwa masih ada beberapa orang yang belum tahu bagaimana tradisi unik khas momen perayaan tahun baru cina.

Berbagai macam tradisi dilakukan untuk memeriahkan dan juga mengkhusyukan esensi dari momen tahun baru imlek. Ada salah satu tradisi momen tahun baru imlek yang sangat mudah diingat dan juga tentunya sangat familiar yaitu Angpao.

Untuk mereka anak-anak dan juga orang yang lajang, momen tahun baru imlek bisa berarti banjir akan uang karena tentunya orang tua atau pun mereka yang telah menikah diwajibkan memberi angpao yang merupakan amplop merah. Angpao tersebut pada momen tahun baru imlek biasa diisi sejumlah uang yang dimasukan di dalamnya. Jumlah uang tersebut tak harus besar, hal yang penting pada saat momen tahun baru imlek ini yaitu uang tersebut adalah uang kertas yang baru dan juga tidak bentuknya uang logam. Melakukan pembagian angpao juga memiliki makna tertentu sebagai tradisinya momen tahun baru imlek. Angpao tersebut dipercaya bisa semakin memperlancar rezeki di hari-hari selanjutnya.

Angpao

Amplop merah yang digunakan untuk tradisi momen tahun baru imlek yaitu Angpao ini tentunya banyak sekali dijual di berbagai pertokoan lingkup pecinan Jakarta serta daerah sekitarnya. Dengan adanya warna merah tersebut juga memiliki makna tertentu pada saat momen tahun baru imlek ini. Warna merah tersebut memiliki simbol kebahagiaan serta kesenangan sehingga telah menjadi warna yang merupakan simbolis utama pada saat berbagai macam tradisi Cina termasuk momen tahun baru imlek ini. Memang disamping dari tradisi unik khas momen perayaan tahun baru Cina tersebut, masih ada berbagai tradisi unik khas momen perayaan tahun baru Cina lainnya. Tentunya dengan Anda memperhatikan tradisi unik khas momen perayaan tahun baru cina ini, maka Anda bisa paham dengan jelas apa saja tradisi imlek pada umumnya.

Ada lagi tradisi khas momen tahun baru Imlek lainnya yaitu dengan mempersiapkan makanan. Ada cukup beragam biasanya makanan yang khas momen tahun baru imlek yaitu seperti jeruk dan kue keranjang. Bukan hanya itu saja makanan khas pada saat momen tahun baru Imlek, ketika Imlek disajikan juga makanan yang berada di atas penampan yang memiliki bentuk tertentu. Biasanya nampan yang digunakan pada saat momen tahun baru imlek yaitu berbentuk segi 6, bulat, atau pun segi 8 yang diisi dengan beragam makanan. Biasanya makanan yang ditempatkan pada nampan tersebut yaitu seperti biji-bijian, buah kering, permen dan juga kacang-kacangan. Ada beberapa orang Tiongkok juga yang menyiapkan makanan yang merupakan hidangan keberuntungan seperti hidangan mie yang tak dipotong yang memiliki makna melambangkan umur yang panjang.

Selain itu, ada lagi makanan khas momen tahun baru Imlek yaitu kue bulan. Ada satu lagi yang harus diketahui pada saat momen tahun baru imlek, ketika Imlek mereka para warga Tionghoa disarankan menghindari makanan berupa bubur karena untuk warga Tionghoa, hidangan bubur tersebut melambangkan kemiskinan. Tetapi tentunya beda dengan kepercayaan dan kultural yang lainnya. Dengan adanya tradisi unik khas momen perayaan tahun baru cina ini, kita bisa semakin memeriahkan momen suasana tahun baru Cina atau imlek. Tentunya ada banyak keperluan yang harus terpenuhi saat meramaikan tahun baru Imlek. Memanfaatkan layanan internet atau akses online saat Anda berbelanja barang seperti keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek tentunya akan memberikan berbagai keuntungan.

Kue bulan

Dengan Anda memilih belanja keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek melalui akses layanan online, maka akan sangat praktis dan pastinya mudah. Oleh karena itu, sudah banyak sekali toko online atau mall online yang bisa dimanfaatkan untuk dapat memenuhi barang kebutuhan seperti keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek tersebut. Anda bisa mendapatkan berbagai keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek yang asli dan berkualitas serta dengan harga yang murah. Bagi Anda yang berencana ingin membeli berbagai macam produk barang belanjaan seperti keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek melalui akses layanan online, Anda bisa membeli produk tersebut pada situs mall online populer dan juga sudah terpercaya. Pilihlah yang menjual banyak barang belanjaan kebutuhan termasuk keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek. Website iLOTTE.com contohnya yang merupakan situs toko mall online yang sudah sangat terkenal dan juga banyak dimanfaatkan sebagai pusat belanja keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek secara online khususnya di Indonesia.

Pada situs toko mall online iLotte tersebut, sudah terdapat berbagai macam varian atau pilihan produk barang belanjaan kebutuhan seperti keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek. Tak hanya terdapat begitu banyak produk barang belanjaan kebutuhan saja, tapi pada situs situs toko mall online iLotte juga lengkap tertera informasi atau deskripsi mengenai berbagai keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek tersebut. iLOTTE.com ini merupakan salah satu situs berbelanja keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek secara online yang terpercaya. Banyak sekali beragam produk keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek dengan beragam pilihan serta koleksinya lengkap. Terdapat juga berbagai macam produk lainnya yang sangat lengkap selain tersedia keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek. Setiap produk barang belanjaan seperti keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek sudah lengkap tertera informasi mengenai kisaran harga serta promo & diskon barang belanjaan kebutuhan tersebut.

Pastinya dengan adanya promo & diskon harga keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek, maka Anda dapat membeli produk tersebut pada kisaran harga yang lebih murah. Sekian saja artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui mengenai tradisi unik khas momen perayaan tahun baru cina dan tips belanja berbagai kebutuhan atau keperluan seperti keperluan dekorasi hiasan momen perayaan imlek melalui toko mall online. Dengan melakukan berbagai tradisi unik khas momen perayaan tahun baru cina, maka nantinya Anda bisa semakin menikmati serta memeriahkan perayaan tahun baru imlek.

10 komentar:

  1. Selamat tahun baru
    Gong xi pha cai
    Cu ni men chen kung
    Ru guo yo hong bao pu wang ci wo
    hao pu hao...

    BalasHapus
  2. Love kue Bulan hehe...enak banget ini makanan deh. Doyan banget aku.

    BalasHapus
  3. Aku paling demen kue bulan dan aksi barongsai saat imlek, belum lagi ada diskon imlek ❤

    BalasHapus
  4. Waah nggak terasa sebentar lagi imlek ya, kalau di sukabumi suka ada pertunjukkan barongsai yang meriah, mungkin karena memang banyaknjuga warga keturunan tionghoa yang bermukim di sini

    BalasHapus
  5. Poo baru tahu, kalau angpao itu untuk memperlancar rejeki mendatang. Wah asyik ya bisa pesan kue bulan via online jadi gak ribet nyarinya... Makin modern aja

    BalasHapus
  6. tradisi unik yang dipertahankan yaaa dan menjadi warisan dunia

    BalasHapus
  7. Pertama kali aku kenal implek saat usia SMP kalo ngga salah.. saat itu ada teman aku yang merayakannya.. jadi tahu apa itu kue keranjang dan juga tradisi saling memberi angpau.. menurut saya budaya atau tradisi warga tiongkok ini sangat unik dan memilik nilai kebaikan juga yaitu saling berbagi

    BalasHapus
  8. kalau pas imlek gini, aku sering beli kue keranjang..enak..

    BalasHapus
  9. Aku pernah nyobain kue bulan, enak ternyata. Berarti enak niyy buat yg mau belanja kebutuhan Imlek bisa langsung ke iLotte.com ajah yaa Mbaa.

    BalasHapus
  10. Angpau itu sebenarnya tradisi Tionghoa ya, diadop oleh orang Islam saat lebaran.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)