2.2.19

Bahayanya Langsung Tidur Setelah Makan!


Manteman, beberapa bulan belakangan, berat badan saya naik drastis. Ya, setelah angka timbangan di tahun lalu sempet nginjek angka 55 kg, kini dia nunjuk ke angka 65 kg. Wow… gak tedeng aling-aling ya? Naiknya 10 kg. Pantes aja, baju-baju saya kini pada gak muat. Dengan tinggi yang cuma 160 cm, jelas kini penampilan fisik saya terlihat sangat jumbo.

Diet Oh Diet
Tahun 2017 lalu saya ikut diet. Diet Ketofastosis (KF) tepatnya. Dan ya, saya berhasil nurunin berat badan sebesar 15 kg. Dari yang asalnya 70 kg menjadi 55 kg dalam kurun waktu sekitar 1 tahun. Tapi bukan diet namanya kalo tanpa godaan. So akhirnya, saya tergoda untuk cheating dan berhenti diet, hingga berbuntut berat badan yang sekarang ini.

Sebenernya, kalo cheating dikit-dikit sih, diet KF bisa mengatasinya. Tak terlalu masalah buat saya. Gak terlalu significant naik berat badannya. Tapi sayanya keenakan dan terlena. Sampe akhirnya, saya pun berhenti KF secara total. Saya makan segala macam makanan seperi zaman sebelum KF. Dan yang paling parah, karena habis makan atau ngemil banyak itu ngantuk, saya pasti langsung tidur. Terang aja dong ya, badan saya pun membengkak dengan tanpa hambatan.

Tapi kini saya mulai insyaf lagi. Saya sadar banget dengan kekhilafan yang setahun belakangan saya lakukan. Saya pun berniat kepengen hidup lebih sehat lagi. Sebab ternyata, dengan badan yang sekarang, banyak banget keluhan yang saya rasakan. Dari mulai gampang capek, napas ngosngosan dan sering sesak, tangan sering kebas, hingga kaki sakit setiap kali bangun tidur.

Bahayanya Tidur Langsung Setelah Makan
Teman-teman gimana, pada punya resolusi hidup lebih sehat kan di tahun ini? Sama, saya juga. Oh ya, saya mau ngingetin, hati-hati ya kalo ngantuk sehabis makan. Jangan sampe deh kayak saya. Badan membesar tidak terkontrol. Dan gak hanya itu saja, banyak penyakit juga yang mengintai kita kalo kita langsung tidur setelah makan. Baik itu tidur malam atau pun tidur siang. Penyakit-penyakit di bawah ini nih yang berisiko mampir ke tubuh kita jika kita sering langsung tidur sesudah makan.

1. Obesitas
Ini nih yang paling nyata: obesitas! Saya sedang berada di ambang keadaan ini. Kondisi badan yang kegemukan. Jelaslah badan akan kegemukan hingga obesitas jika langsung tidur setelah makan. Sebab semua kalori yang dihasilkan langsung ditimbun menjadi lemak di dalam tubuh kita.


2. Diabetes
Ini yang berikutnya: diabetes! Tentu saja tubuh kita akan diabetes jika setelah makan kita sering langsung tidur. Sebab setelah makan, kadar gula darah kita akan naik. Jika terus menerus seperti itu, insulin pankreas akan kebal. Sehingga pada akhirnya tak bisa lagi mengubah glukosa menjadi glikogen alias tak bisa lagi mengubah gula darah menjadi gula otot. Yang mengerikan dari diabetes adalah seringnya penyakit ini menjadi pemicu dari penyakit lain, seperti stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

3. Serangan Jantung
Selain dari tingginya kadar gula di dalam darah, lemak di tubuh juga akan tertimbun, termasuk di pembuluh-pembuluh darah. Keadaan ini akan mengakibatkan pembuluh-pembuluh darah menjadi sempit. Jadinya, jantung akan memompa darah lebih ekstra. Dan jelas, ini sangat berisiko menimbulkan serangan jantung.

4. Asam Lambung Naik
Saat makan, lambung akan mengeluarkan asam lambung yang membantu pencernaan. Saat kita langsung tidur setelah makan, tubuh akan menurun tingkat keaktivannya. Hal ini akan membuat lambung mengeluarkan asam langsung lebih banyak, supaya makanan bisa dicerna dengan cepat. Buat kita, ini bisa menjadi penyakit mag. Dan buat yang sudah menderita mag, hal ini akan semakin memperburuk keadaan.

5. Diare atau Sembelit
Saat tidur, badan menurun tingkat keaktivannya. Jika kita tidur setelah makan, proses pencernaan pada makanan tersebut, akan menjadi lambat. Akibatnya, kita bisa menderita diare atau sembelit karena hal ini.

6. Stroke
Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika otak kekurangan suplai darah. Jika kita tidur setelah makan, darah akan banyak terkonsentrasi di perut. Akibatnya, suplai darah ke otak bisa terganggu. Stroke ini juga bisa terjadi karena kondisi penyempitan pembuluh darah, dibetes, tekanan darah tinggi, dan lain-lain. Dan sudah disebutkan di atas bukan jika penyakit-penyakit ini juga bisa muncul jika kita sering langsung tidur setelah makan.

7. GERD
GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah kondisi yang terjadi ketika klep lambung longgar sehingga menyebabkan asam lambung mampu mengalir dari perut ke kerongkongan. Hal ini kemudian menyebabkan perut mulas, nyeri ulu hati, serta rasa perih dan terbakar pada dada hingga kerongkongan. Saat kita langsung tidur setelah makan, hal ini sangat memungkinkan terjadi. Sebab klep lambung menjadi longgar akibat efek gravitasi.

8. Asma
Ini nih yang saya rasakan juga. Saat saya sering langsung tidur setelah makan, saya jadi sering sesak napas alias asma. Hal ini terjadi karena timbunan lemak yang membuat saluran pernapasan menyempit dan tersumbat. Akibatnya, oksigen sulit masuk ke paru-paru dengan leluasa.


Nah tuh temen-temen, serem-serem kan penyakitnya? Banget! Semoga deh, kita semua terhindar dari semua penyakit-penyakit tersebut. Salah satu caranya ya dengan tidak sering langsung tidur setelah makan. Dan tentu saja, kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat mulai sekarang.

Tak perlu bingung dan takut dengan gimana caranya. Di zaman kayak sekarang mah, berbagai tips hidup sehat bisa kita dapatkan dengan mudah di berbagai portal kesehatan dan gaya hidup. Tinggal kita mau saja melakukan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Oke teman-teman, segitu saja curhat saya kali ini. Tetap selalu jaga kesehatan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

62 komentar:

  1. Jadi inget ceritanya om saya Teh. Dia nggak ada sama sekali keturunan diabetes. Pas sekitar umur 30-an akhirnya kena. Setelah dirunut, penyebabnya itu ternyata karena sering tidur setelah makan.

    BalasHapus
  2. Hmmmm harus di share nih tulisannya ke suami. Ku paling kerasa kl hbis makan tdur jd sembelit mba ... apalagi lg punya baby kaya gini. Pas beres makan, baby nya ga mau nenen duduk. Maunya sambil tduran. Sudahlah emaknya ikutan ketudran 😅😭😭😭

    BalasHapus
  3. Woaaa semoga kita istiqomah menjalahi hidup sehat ya teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin akupun berharap begitu hehe. 2019 hidup lebih sehat dan teratur :D

      Hapus
  4. Duh banyak banget ya dampak negatifnya, dulu saya gitu abis makan langsung tidur, ngeri ih teh. Nuhun ah remindernya

    BalasHapus
  5. Yampun ini kebiasaan aku, bahkan kalau lagi sambil nonton tv suka ngemil sambil tiduran. Bahayanya serem juga ya kalau langsung tidur habis makan. Gak lagi deh aku ngulangin kebiasaan buruk ku ini

    BalasHapus
  6. wah hebat teh bisa nurunin sampai 15kg, ayo teh semangatt hidup sehat lagi sekarang siapa tau akihr tahun bisa jadi 50kg :D ternyata serem ya efek dari tidur setelah makan.

    BalasHapus
  7. Yang penting niat dan menjalankannya ya teh. Tong siga saya, tiap resolusi tahun baru hayowe hidup sehat, menurunkan berat badan dll. Tapi ari makan tetap tidak dijaga. Hahaha. Sepertinya saya bohongi diri sendiri pan ya

    BB saya sekarang stabil sih, 49 sampai 50

    BalasHapus
  8. Wuih... Ternyata bahaya ya langsung tidur setelah makan itu. Aku nih, biasanya punya kebiasaan macem ini. Apalagi kalo pas siang2. Abis makan ngantuk. Atau selepas sahur gitu kalo lagi puasa2. Makanya pas bangun tenggorokan jadi panas rasanya

    BalasHapus
  9. Ngeri2 ya ini penyakit...makasih infonya kak.

    BalasHapus
  10. Aku juga lagi naik terus nih BB, Mbak...Sudah sekian lama biasa di 47-48. Awal tahun dah 50 dan merangkaka terus. Aku kan enggak tinggi, jadi bakalan keliatan bulet kalau gemuk..
    Tips nya bisa dicoba nih, juga pantau portal yang disarankan..tengkyu:)

    BalasHapus
  11. Duh penyakit emak emak mah sama ya mba, suka gagal diyet wkwkwk. Saya pun gituh. Jadi kalau mau diet mah sekrg suka parno duluan. Takut gak konsisten

    BalasHapus
  12. jadi inget dulu wktu kecil, abis makan pasti selalu diwanti-wanti sama ibuk: "gak boleh langsung tidur, pamali!"
    di balik semua pamali, ternyata selalu ada hikmahnya :D

    BalasHapus
  13. Aduh..ternyata serem juga ya akibat langsung tidur setelah makan..jadi sebaiknya berapa lama jarak dari makan ke tidur?

    BalasHapus
  14. Aku pun mengalami kenaikan berat badan dari 57 ke 65 kg. Dan untuk menurunkan berat badan sekarang ini cukup susah..

    BalasHapus
  15. alhamdulillah..saya juga berhaisl nurunin BB mbak. Cuma nyantai, ngurangi karbo dan rajin lari. dari 53 ke 47..moga2 bisa turun lagi sesuai target

    BalasHapus
  16. Sekarang aku sm suami juga sebisa mungkin nggak langsung tidur setelah makan. Karena ya itu, efeknya ga bagus buat kesehatan. Setidaknya nunggu 30 menit sampai 1 jam dulu kalau mau tidur. Awalnya memang susah banget nglakuinnya. Tp lama2 terbiasa juga.Demi kesehatanlah..drpd ntar nyesel.

    BalasHapus
  17. Makanya orang tua suka ngomelin anaknya untuk jangan langsung tidur setelah makan (aku termasuk yang suka dibilangin). Soalnya ada alasannya yakni bisa menyebabkan berbagai penyakit dan obesitas. Kalaupun kita ngantuk, usahakan tetap dalam keadaan terjaga selama beberapa menit dulu ya mbak. Setelah itu baru deh kita bisa tidur.

    BalasHapus
  18. Pola hidup sehat itu kadang bisa dilakukan, tapi sering nya gak konsisten. Ya itu tadi, suka cheating

    BalasHapus
  19. Daku pernah habis makan tidur karena memang lagi sakit waktu itu.. Terus nggak daku lanjutin lagi Teh, karena memang bahaya aja

    BalasHapus
  20. Ya ampun baru sadar kalau ternyata makan lalu tidur itu berdampak besar banget sama tubuh. Jujur aja aku kadang sering gitu e mbak. ya ampun, gak lagi2 deh

    BalasHapus
  21. Serem juga ya...tidur setelah makan, bisa mendatangkan banyak penyakit.
    Saya sendiri memang ngerasa gak nyaman kalau setelah makan langsung tidur.

    BalasHapus
  22. Hehe jadi ingat pesaanya nenekku 'bar msngan jo turu' yg kadang aku suka abaikan. Hiks. Padahal banyak manfaatnya menghindari tidur seteah makan ya mba.

    BalasHapus
  23. nah ini yang aku takutin kalau abis makan karena RAyi masih nenen dan sambil tidur wes bablas aku pun turut serta tidur :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal bahaya ya teh tapi Rayi suka ngamuk kalau dia ngantuk nenen sambil duduk :D semoga RAyi bisa baca ini wkwkk

      Hapus
  24. Ya ampun, pas baca ini jadi tertohok banget. Soalnya, akhir2 ini sering banget makan malam dan enggak lama setelahnya langsung ngelonin si kecil (ngeles aja tidur hihi), alhasil berat badan makin nambah dan makin gendats pula, bahaya ini kalau berlarut-larut.

    BalasHapus
  25. Galfok sama gambarnya hahaha. Tapi memang bawaaannya klo kenyang itu ngantuk. Hiks

    BalasHapus
  26. Loo...serem, teh Nia...
    Aku emm, termasuk yang gak disiplin masalah makan dan tidur.
    Hiiks~

    Mulai diinget-inget lagi niih...
    Serem juga penyakit-penyakitnya.

    BalasHapus
  27. Pantesan aku juga obesitas. Dulu tuh kalo habis makan, lalu menyusui, aku pasti ikutan tidur. Jadilah makanannya mengendap ya.

    BalasHapus
  28. Jadi gak baik juga ya makan malam langsung tidur bisa berakibat ke penyakit, tapi kalau habis makan lgs tidur juag begah juga sih belum turun makannya

    BalasHapus
  29. Nggak tidur langsung, cuman tiduran saja itu bikin perut kita buncit, Mbak. Yang kurasakan katak gitu. Hadeh, PR banget, BB ku juga 65an ini. Berharap banget turun lagi. Sudah banyak baju yang kukeluarkan dari lemari nih.

    BalasHapus
  30. Paling bahaya memang abis makan langsung tidur ya mba.. dan memang harus disiplin kaau urusan makanan ya mba

    BalasHapus
  31. Oo pantesan ya suamiku tetap perutnya agak dung karena kalau pulang dinas malam sering disuguhkan makan sama istrinya. Terimakasih info nya mba

    BalasHapus
  32. Ternyata bahaya banget ya setelah makan langsung tidur bisa menderita PTM. Tapi ga tau kenapa ya abis makan itu bawaanya pasti ngantuk, godaan banget ya. Semoga kita jauh-jauh deh dari penyakit PTM dan bisa kuat nahan ngantuk setelah makan.

    BalasHapus
  33. Huwaaa aku msh suka gtu, malam2 kelaparan, makan trus bobo :P
    Tapi emang sih, efeknya ke perut jd buncit haha :p
    Baeklah akan aku hilangkan kebiasaan buruk itu biar gk membunit apalagi amit2 obesitas hiks

    BalasHapus
  34. Aduh serem juga yah lihat bahaya-bahaya tidur langsung setelah makan. Pasalnya, saya kadang makan malem telat dan pasti setelah itu ngantuk. Harus diingat nih poin2nya, terutama si obesitas ini, yang bisa mengantarkan ke masalah-masalah lainnya.

    BalasHapus
  35. Aku pernah nih tiap habis makan pinginnya leyeh2 aja di kamar, trus ketiduran beneran. Akhirnya basan gampang lemes & timbangan geser ke kanan banyak banget hahahaa

    BalasHapus
  36. Lha ngantuk eh setelah makan, susah nahan godaan untuk rebahan di kasur. Kalau ngantuk, ku ingat bahaya di atas supaya Seger lagi.

    BalasHapus
  37. Orangtua aku sering banget bilang, jangan tidur habis makan... waktu itu sih kesel ya, padahal pengen banget gegoleran hehe.. tapi karena orangtua yang bilang ya aku turutin aja.. tanpa tanya lagi alasannya kenapa ngga boleh? huhu setelah baca ini aku jadi semakin paham kenapa ngga bolehnya.. well noted, dan memang ngga pernah aku lakukan lagi

    BalasHapus
  38. Owalah pantes aku tu suka sembelit jg, ternyata krn kebiasaan burukku yag langsung bobo abis makan ini. Biasnya pas abis makan malam kemalaman itu hiks,.

    BalasHapus
  39. Suami aku tuh yang sering.. sudah aku ingatkan beberapa kali, terus jawabnya bentar doang ko, ngelurusin pinggang.. huhu.. ini langsung aku kasih link tulisan teh nia.. supaya dibaca dan dipahami kembali.. dan ngga lagi tidur habis makan

    BalasHapus
  40. Aku jarang sih habis makan langsung tidur, hanya kadang bangun malam karena lapar, gimana tuh? hahahah.
    Biasanya aku makan, hanya tidur nunggu setengah jam lah

    BalasHapus
  41. Ya Allah aku baru tahu lho mba Nia, kalo berbahaya banget ya ternyata habis mam terus bobok. Pasti ini yang bikin asam lambungku dan gerd sering naik. Aku akan jaga kesehatan setelah tahu tentang hal ini

    BalasHapus
  42. Aku mengiyakan semua yang ada di poatingan mba nia. Aku kena GERd setelah ditelususi ternyata aku emang sering tiduran setelah makan.

    BalasHapus
  43. Nah, ini salah satu bahaya jika kita suka bekerja hingga larut malam. Misal pas ngejar deadline tulisan gitu. Biasanya kan malam suka lapar banget nih, padahal bentar lagi udah jamnya tidur. Duuuh... semoga masih bisa mengontrol perut nih ya.

    BalasHapus
  44. Iya petnah baca cerita anak TK yg tersedak terus meninggal krn kekenyangan terus sutuh tidur sama gurunya jd kingatkn lg ini

    BalasHapus
  45. Sementara aku sehabis makan memilih jalan dulu, kalau lagi dirumah ya jalan didalam rumah. KArena dokter waktu itu berpesan seperti itu, untuk kondisiku sehabis makan gak boleh duduk lama dan harus dibiasakan jalan gitu.

    BalasHapus
  46. Jadi ingat zaman dulu sering mendengar nasihat orang tua, "pamali tidur setelah makan", kayak ular saja, ntar bisa ganti kulit lho.

    Iya, begitulah orang tua zaman dahulu memberi nasihat.
    Ternyata memang banyak mudharat.

    BalasHapus
  47. Aku termasuk yang suka boboan kalau abis makan. Bukan sengaja mau bobokan, tapi terkadang anakku udah minta nenen aja. Paling nyaman kan bobokan ya?*kemudian digampar mbak nia*

    BalasHapus
  48. Saya dulu sering sekali habis makan langsung tidur karena belum tahu bahagianya tapi tidak mengetahuinya jadi paling istirahat setengah jam dahulu baru setelah itu tidur

    BalasHapus
  49. Duh pantes aku ga enak rasanya kalau habis makan langsung tidur. Langsung berasa asam lambung ke mulut semua. Hiks...

    BalasHapus
  50. Nah iya mba aku kira ngga boleh makan sebelum tidur cuma bakal bikin gemuk doank ternyata masih banyak bahaya kesehatan lain ya. Kalo aku sih kayak eneg mual aja gitu kalo abis makan, makanannya belum turun eh udah ditidurin badannya. hehe

    BalasHapus
  51. Saya selalu menghindari tidur setelah makan mbak, karena memang bahaya dan menimbulkan banyak penyakit.

    Meskipun tetiba bangun malam pengen makan. Makan dan setelah itu nunggu minimal 15 menitan baru deh tidur lagi,,,

    BalasHapus
  52. Duh itu, saya sampe salah fokus lihat lemak-lemak di atas itu hiihhi

    sama dengan suami saya itu mbak, abis makan terus tidur, ya udah deh, akhirnya banyak penyakit nempel sama dia, sekarang sih udah mulai dikurangi kebiasaan buruknya. padahal untuk sehat itu sederhana aja ya, berhenti sebelum kenyang dan tidak tidur setelah makan..

    BalasHapus
  53. Beberapa tahun belakangan ini, aku dan suami membiasakan makan saat sore hari (biasanya pulang kerja), jadi masih bisa beraktivitas ringan hingga menjelang tidur malam. Kadang-kadang saja makan malam. Ada hasilnya memang, berat badan tidak melambung tinggi dan perut terasa lebih enak ^^

    BalasHapus
  54. Aku dulu punya kebiasaan jelek kaya gini nih, abis capek subuh bangun beres2, masak, kenyang jam 11an udah ngejoprak pules apalagi gak ada anak. Dan temenku juga pernah bilang itu gak baik bisa diabetes ya dan mengundang penyakit lainnya. Sekarang kalo kenyang abis makan badan di gerakin dulu baru bobok hehe

    BalasHapus
  55. kalau buat orang kurus biasanya disaranin dudu nyender kalau abis makan, gak langsung tidur juga sih ya
    aku udah bgitu tp gak gemukan juga padahal program penggemukan hahahaha

    BalasHapus
  56. Ternyata banyak ya bahaya habis makan langsung tidur, bahayanya nggak tanggung-tanggung, bikin ngeri...
    Tulisan ini bermanfaat banget untuk aware terhadap kebiasaan sehari-hari yang bisa merugikan diri sendiri

    BalasHapus
  57. Ternyata banyak bgt bahaya tidur sebelum makan ya. Aku sering banget begitu. Kadang kebangun tengah malem, laper, trus makan, terus tidur lagi deh. Pantes asam lambung ku gak ilang2

    BalasHapus
  58. Eh, aku kf juga mba 2017 tapi ga lama. Ya aampuun,badan enaken banget, ringan ga sakit2 dan ga lekas capek. Tapi ya ituulaah, kalo nafsu lebih besar daripada niat, hiks.... Pengen balik lagi tapi yo opo rek, masya Alloh banget kudu kenceng niatnya

    BalasHapus
  59. memang engga baik, setelah makan langsung tidur karena makanan yang ada di perut seharusnya dicerna terlebih dahulu

    BalasHapus
  60. Serem banget deh penyakit2 yang disebabkan karena tidur setelah makan ini. Aku harus mewaspadainya nih. Thanks for share yaa mba*

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)