11.2.19

Tips Membuka Workshop Cetak Kaos


Untuk Anda yang memiliki bisnis cetak kaos, guna menunjang kelancaran operasional bisnis tersebut, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk membuat workshop jasa cetak kaos. Tempat ini khusus digunakan untuk memajang jenis-jenis bahan kaos dan beberapa hasil cetakan. Tentu saja hal tersebut ditujukan agar konsumen lebih tertarik bekerja sama dengan Anda.

Kebanyakan orang yang menjalani bisnis cetak kaos hanya menyiapkan satu ruang saja. Ruangan ini di dalamnya berantakan dan terlihat semrawut, campur aduk menjadi satu. Pemandangan seperti ini tentu tidak akan membuat konsumen menjadi tertarik.

Jangan harap Anda bisa menaikkan target penjualan jika pelayanannya saja tidak Anda perhatikan dengan baik. Untuk itu, jika Anda ingin menjalankan bisnis cetak kaos, tips berikut bisa Anda lakukan di dalam membuka workshop cetak kaos.

1. Pisahkan Antara Workshop dengan Tempat Produksi
Agar bisnis Anda tampak lebih rapi dan sempurna, Anda wajib memperhatikan pengaturan lokasi dan tempat yang disesuaikan dengan fungsinya. Antara gudang penyimpanan, tempat produksi, dan juga workshop, sebaiknya tidak dicampuradukkan menjadi satu. Sediakan masing-masing tempat agar proses operasional bisa berjalan lancar.

Khusus untuk workshop, Anda bisa mendesainnya sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menarik dan rapi. Sebagai saran, jika Anda berkenan, pajang poster-poster sejarah perusahaan dari awal hingga sekarang di dalam bingkai yang rapi. Begitu pula di tempat produksi, bisa dipajang prosedur edukatif dan informatif. Hal ini guna mengingatkan kepada para pekerja agar mengikuti prosesnya dengan baik. Membuat sebuah open workshop dengan tujuan berbagi ilmu dan pengalaman juga bisa memberikan efek yang bagus untuk bisnis Anda.

2. Buatlah Tata Letak dan Desain yang Menarik
Desain antimainstream dan unik memang masih menjadi sorotan utama banyak orang. Jika Anda sudah memutuskan untuk membuka workshop, sebaiknya Anda pikirkan matang-matang konsepnya seperti apa. Supaya konsumen menjadi tertarik untuk datang. Hanya sekedar datang saja pun sudah pasti akan membuat senang. Setidaknya mereka sudah mendapatkan informasi. Siapa tahu, di lain kesempatan, karena ketertarikannya, mereke pada akhirnya akan kembali datang dan lalu menjalin kerja sama bisnis dengan Anda.

Tidak hanya desain yang menjadi perhatian. Tata letak yang Anda putuskan juga akan berpengaruh pada kenyamanan. Jadi Anda wajib memikirkannya baik-baik dan jangan asal meletakkan barang.

3. Buatlah Jam Kerja Operasional yang Jelas
Jika Anda sudah menentukan jam kerja operasional, maka Anda harus konsisten agar konsumen tidak kecewa karena sudah jauh-jauh datang ke workshop Anda. Ketidakkonsistenan jam kerja operasional akan berdampak pada berkurangnya konsumen. Kecuali memang jika ada kepentingan mendesak dan tidak bisa ditinggalkan.

4. Buatlah Program dan Event Menarik
Saat membuka workshop, keberadaan program-program pemasaran tertentu bisa dijadikan sebagai daya tarik tersendiri untuk memikat calon pembeli. Jika Anda tidak pernah mengadakan program atau pun event khusus, maka tampilan workshop Anda akan terasa membosankan.

Jangan berpatokan pada besarnya biaya yang akan Anda keluarkan di dalam membuat  tersebut. Anda juga harus melihat sisi keuntungan jangka panjang yang bisa Anda rasakan di di waktu ke depannya. Membuat program atau pun event kan sebenearnya tidak perlu mewah juga. Program atau event yang sederhana namun unik, sudah cukup membuat konsumen tertarik. Anda cuma harus pandai-pandai mencari ide. Dan di situlah letak kunci terbaik yang bisa dilakukan.

Itu dia tips membuka workshop cetak kaos yang sangat memungkinkan untuk dilakukan. Semoga saja sedikit ulasan di atas bisa membawa banyak faedah bagi Anda. Jangan lupa, yang paling penting dalam menjalankan bisnis adalah kejujuran, kerja keras, dan berdoa. Serta tentu saja inovasi dan ide-ide segar. Semoga bermanfaat, dan semoga sukses!


23 komentar:

  1. Waah bisnis memang harus profesional ya mba, semua tertata dan rapi.
    Pasti akan lebih menarik konsumen dibanding pengelolaan yang asal-asalan.
    Trims tipsnya mba NIa, bisa aku praktikkan di usaha kecil suami aku nih, perkayuan

    BalasHapus
  2. Yang penting mah itu teh, jam operasional kudu jelas yah. jangan sampe gak konsisten yah. Nuhun teh Nia pencerahannya.

    BalasHapus
  3. Penataan ruang yang menarik Dan konsistensi membuat bisnis dapat bertahan dan berkembang

    BalasHapus
  4. Program yang menarik itu penting banget ya, apalagi zaman milenial dengan passionnya yang luar biasa. Workshop yang menarik banyak dicari

    BalasHapus
  5. workshop sebagai salahsatu cara promosi ya kak, memang membutuhkan bajet tersendiri, namun efeknya akan terasa bagi brand awarness kita

    BalasHapus
  6. Tipsnya bermanfaat bgt mba, jadi tau apa saja yang perlu dipersiapkan utk membuka workshop cetak kaos. Sekarang inisih suamiku masih merintis usaha kecil-kecilan, semoga bisa berjalan lancar

    BalasHapus
  7. Apalagi workshop dgn outlet ya kudu pisah. Ibaratnya dapur sama ruang tamu hehe

    BalasHapus
  8. Workshop memang harus terpisah dari tempat produksi ya. Biar terlihat rapi dan professional. Bisa juga nih buat program kerjasama atau ikut pameran semacam jakcloth atau pameran2 yang diadakan oleh Bekraft. Biar makin hits dan dikenal oleh khayalak banyak.

    BalasHapus
  9. Wow ini bisnisnya bis double donk ya? Ya produksi kaus, tapi jg bisa bisnis dr buka2 workshop. Emang bener sebaiknya ruang produksi aslinya dan tempat buat ws dipisah ya

    BalasHapus
  10. Aku pernah ada pelatihan ini waktu SMA. Dicontohin orang mah asa gampang. Pas aku nyoba nyablon sendiri, semua warna pacampur2 jadi satu. Hahaha

    BalasHapus
  11. Hmmhhh salah satu ide bagus ni teh bisnis kaos kebetulan kepikiran pengen expand ke jalur ini athun ini semoga dilancarkan prosesnya. Makasi teh :)

    BalasHapus
  12. Wah cuco yah kalo punya workshop cetak kaos sendiri. Jadi ga perlu lagi pake jasa lain. Selain menchallenge diri, bisa juga kan dijadikan modal untuk membuka distro

    BalasHapus
  13. Tata letak workshop juga ternyata berpengaruh sama efektifitas karyawan ya teh, dan ujung-ujungnya jadi ke penghematan juga. Penghematan waktu, dan tentunya penghematan pengeluaran..

    BalasHapus
  14. Bagus idenya bikin workshop. Apalagi musim pemilu gini banyak nih yang bisnis cetak kaos.

    BalasHapus
  15. Dulu ada tetangga yang punya usaha cetak kaos. Biasanya saat menjelang pemilu gini, usahanya semakin ramai. Dan yupp betul banhed Mba kalau mau ngadain workshop better tempatnya terpisah.

    BalasHapus
  16. Konsistensi yang paling susah ya teh.

    BalasHapus
  17. Event dan program sangat membantu banget. Agar bisnis bisa tetap eksis

    BalasHapus
  18. Iy y ...harus d pisah ni tempat workshop sana produksi ny , biar tampak bagus dan nyaman d datengin ya .

    BalasHapus
  19. Tipsnya bagus banget nih terutama bagi yang sedang fokus untuk buka usaha jasa cetak kaos.

    BalasHapus
  20. Hatur nuhun teh Nia, tipsnya membantu pisan. Iya nih jam kerja operasional harus jelas, biar disiplin dan ada batasannya yah

    BalasHapus
  21. seru banget workshop nya..
    dapet banyak ilmu step by step nya teh

    BalasHapus
  22. Wah ini keren perlu di coba

    BalasHapus
  23. Wah makasih teh buat pencerahannya. Pernah terpikir buat bikin usaha kaos ini dan ada tulisan ini jadi bisa menyiapkan banyak hal

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)