1.12.16

Tips dan Ide Hiasan Dinding untuk Ruang Tamu Minimalis


Rumah yang cantik kenyataannya tak hanya didukung dari desain eksteriornya saja. Melainkan juga interiornya. Untuk itulah, banyak orang yang mengeluarkan nilai lebih guna mengisinya dengan beragam furnitur menarik. Sehingga manfaat yang didapatkannya juga double. Tak hanya untuk kebutuhan atau nilai fungsi langsung. Tetapi juga untuk mendukung keindahan. Hanya saja, tentu harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan konsep rumahnya. Tak semua jenis hiasan dinding yang digunakan akan cocok dan mencerminkan huniannya. Tak jarang, justru beberapa di antaranya nampak tidak sesuai.

Pemilihan hiasan untuk interior ini sendiri, biasanya dilakukan setelah bangunan jadi. Namun jauh-jauh hari, tentunya kita sudah memikirkan rancangan rumah seperti apa yang akan dibangun. Cukup dengan konsep biasa atau konsep yang lain. Misalnya konsep yang cukup populer belakangan ini, yaitu rumah minimalis modern. Bagi beberapa orang yang memiliki ukuran lahan terbatas, menggunakan konsep tersebut adalah lebih baik. Karena memang, dengan ukuran lahan yang sedikit, bangunan yang lengkap bisa dibangun. Mulai dari kamar tamu, ruang tidur, ruang keluarga, kamar mandi, hingga dapur dan ruang makan.

Untuk urusan hiasan atau dekorasi, ketika proses perancangan rumah, hal tersebut sudah harus dibicarakan dengan arsitek. Sehingga nantinya tak harus bongkar pasang lagi. Dan tentu lebih hemat dalam hal pengeluaran. Berbeda mungkin jika kita lebih suka konsep hiasan dinding biasa pada bagian akhir. Semuanya, tinggal ditempatkan begitu saja tanpa mengubah gaya apa pun. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih hiasan. Khususnya bagi ruang tamu minimalis agar tampak lebih cantik.

  • Ukur luas dinding rumah terlebih dahulu untuk menentukan jumlah dan besar biasan. Sebab dengan keberadaan hiasan yang terlalu banyak, tentunya akan membuat ruangan nampak lebih sempit. Wajib bagi kita menentukan berapa luas dinding kosong ini. Jika sudah, tentukan secara proporsional. Misalnya saja  1/3 bagian. Proporsi sebesar itu sudah cukup membuat rumah minimalis kita terkesan lebih lega.
  • Gunakan karya seni. Kita tak harus membelinya. Anda yang memiliki kegemaran di dalam melukis sendiri maka bisa memajang lukisan tersebut di ruang tamu. Jauh lebih hemat bukan? Karena harga untuk sebuah lukisan sebenarnya juga sangat mahal. Sekalian memperkenalkan karya Anda kepada orang lain yang datang untuk bertamu. Jika ingin memajang karya buah hati juga bisa. Hal ini sekaligus memacu mereka untuk terus meningkatkan keterampilan dalam menghasilkan karya seni.
  • Menyesuaikan dengan kepribadian. Hal yang satu ini mungkin sering kali tak terpikirkan. Biasanya, ketika menemukan yang bagus dan cocok, maka langsung dipasang. Bisa jadi, hiasan tersebut sangat kontras dengan kepribadian kita. Pentingnya memilih hiasan yang sesuai dengan diri kita adalah untuk membuat hati menjadi tenang ketika melihatnya. Tak merusak mood atau membuat kita terburu-buru ingin mengganti dengan yang baru.
  • Harmoni. Apa yang harus diselaraskan? Tentunya ada banyak sekali. Mulai dari desain ruangan hingga pemilihan warna. Sebab pada kenyataannya, tak semua akan cocok menggambarkan ruangan tersebut. Jangan ragu untuk mencoba-coba warna yang mencolok. Terkadang hal ini justru akan memberikan tampilan berbeda.
  • Gunakan benda-benda unik sebagai pajangan. Misalnya saja souvenir yang kita bawa pulang setelah jalan-jalan ke beberapa tempat. Selain memperindah, souvenir-souvenir ini juga berguna untuk mengingatkan kita pada memori-memori terdahulu yang pernah dilakukan bersama dengan keluarga atau teman.
  • Menggunakan kaca. Kaca akan memberikan tampilan ruangan menjadi lebih luas. Namun tentunya, kaca yang dipilih juga memiliki nilai desain yang unik. Jadi selain membuat ruangan tampak lebih luas, juga ruangan tetap cantik.

Itulah beberapa ide hiasan dinding yang bisa dipilih untuk hiasan dinding ruang tamu Anda. Apa pun pilihannya, pastikan yang membuat penghuninya nyaman. Semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. kadang suka galau bimbang kalau pas milih hiasan dinding nih Mbak. :)

    BalasHapus
  2. Aku paling suka yg etnik2 Mbak. Kadang bikin horor sih hehehe

    BalasHapus
  3. Wah menarik nih, aku sih senengnya lukisan geometris/tegel2 lucu gituu

    -M.
    https://inklocita.blogspot.co.id/2016/11/impulsive-weekend-trip-awal-mula.html

    BalasHapus
  4. makasih mba tipsnya..rumahku juga belum 100% jadi masih ada lahan yang belum dibangunnya sih.. pengen dapat konsep rumah yang bener2 pas di hati mulai dari eksterior ataupun interiornya..tapi ya itu menyesuaikn dg budget juga..kalau rumah udah nyaman kayanya betah deh..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, budget nih yang paling krusial. Heheheh...

      Hapus
  5. menarik sekali mba dan patut di coba nih, hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)